Bisnis Cemilan Enak Online Tanpa Modal Sistem Waralaba


Mungkin anda sudah terbiasa berjualan sekalipun jualan cemilan enak pecel sayur dengan taburan sambal dari Samal Ibu Kaji. Dari pengalaman ini, anda berkeinginan menjalankan bisnis online tanpa modal. Apakah bisa bisnis tanpa modal? Bisa saja dengan persyaratan yang ada. Tetap, anda membutuhkan modal tetapi modal dari orang lain. Ini yang dimaksud bisnis online tanpa modal.


Masalanya begini, anda mengarahkan bisnis online tanpa modal pada usaha waralaba cemilan. Seperti yang sudah banyak beredar, banyak sekali bisnis waralaba cemilan, mulai dari tahu goreng isi, sosis bakar sampai dengan cireng. Intinya, bisnis waralaba cemilan menjadi trend tersendiri sehingga anda mau mencoba bisnis ini tanpa mengggunakan modal. Bukan tanpa alasan. Anda berniat memakai strategi menjaga modal di awal pembangunan bisnis.

Di dalam artikel seputar Bisnis Waralaba Minuman, penulis sudah menjeskan mengenai pembangian bisnis waralaba. Di dalam pembahasan ini, penulis akan menjelaskan bisnis waralaba cemilan yang dikhususkan pada para peminat produk waralaba. Walau demikian, anda berfokus pada pengalihan modal dalam menjalankan bisnis online tanpa modal lewat waralaba cemilan.

Baca: Bisnis Rumahan Modal kecil Untung Besar

Bagaimana kah cara bisnis online tanpa modal lewat waralaba cemilan? Mengapa waralaba cemilan berurusan dengan online? Bila anda tahu cemilan Sang Pisang, anda pastinya mengetahui bagaimana cara pengiriman produknya. Dari studi kasus cemilan naget pisang, ini bisa menjadi contoh cemilan yang layak untuk dijual. Berikut pembahasan bagaimana cara bisnis online tanpa modal

Pemahaman Bisnis Online Tanpa Modal dan Waralaba Cemilan Enak Online

Mungkin anda masih belum memahami maksudnya bagaimana. Untuk itu, penulis ingin menjelaskan mengenai pemahaman bisnis online tanpa modal dan waralaba cemilan enak online. Berikut penjelasannya.

1. Pemahaman Bisnis Online Tanpa Modal

Anda perlu memahami bahwa bisnis harus menggunakan modal, baik materi atau imateri. Masalahnya, modal dari siapa? Nah, anda bisa menebak bahwa permodalan bisnis bisa didapatkan di mana saja dengan tanpa label “utang”. Anda bisa bekerjasama dengan orang lain dalam menjalankan bisnis online, dalam hal ini waralaba cemilan enak. Nah, ketika investor mau berinvestasi dengan modal yang sudah menjadi ketenuan, inilah yang dimaksud bisnis online tanpa modal. Artinya, orang lain merelakan modalnya untuk ditangani anda.

2. Pemahaman Waralaba Cemilan Online

Secara pengertian sederhana waralaba online termasuk jenis bisnis online. Mengapa? Waralaba diiklankan secara online. Tetapi, bila menyangkut pengertian yang berurusan dengan sistem bisnis online, waralaba online bukan termasuk bisnis online. Mengapa? Transaksi dijalankan secara offline. Masalah bisnis yang di-online-kan, ini bisa disamakan dengan bisnis yang diklankan di radio. Tetapi, mungkin bisnis yang dionline-kan menurut pandangan masyarakat umum masih tetap dianggap bisnis online sekalipun sama dengan bisnis yang di-radio-kan.

Pengertian berikutnya mengenai bisnis waralaba cemilan enak online adalah bisnis yang membangun sistem bisnis yang bisa dijual-belikan. Jadi, pembahasan ini bukan untuk pembeli waralaba. Pembahasan ini untuk para pebisnis yang mau membangun bisnis bersistem waralaba.

Apakah Bisa Bisnis Waralaba Cemilan Enak Bisa Tanpa Modal?

Pembahasan bisnis online tanpa sudah basi. Maka dari itu, penulis tidak perlu menjelaskan mengenai persoalan logis tentang bisnis online tanpa modal. Jelas, bisnis membutuhkan modal, apalagi bisnis yang berlabel PT. Bisnis berlabel PT bertujuan untuk membangun bisnis waralaba. Berapa biaya untuk membangun sebuah PT? Hal ini pun masih berkaitan dengan pengurusan hal teknis yang berkaitan dengan sistem waralaba. Berapa modal lagi yang harus diurus sering perkembangan bisnis waralaba? Jadi, pembahasan bisnis waralaba tanpa modal lebih kepada stategi bisnis.

Strategi bisnis seperti apa yang kaitannya dengan bisnis online waralaba tanpa modal? Tentunya, strategi ini sebagai upaya mendapatkan kucuran modal tanpa utang. Jadi, bisnis tanpa modal sebenarnya adalah bisnis yang permodalan bisnisnya berasal dari orang lain alias investor. Strategi bisnis yang mengarah pada permodalan adalah seperti ini.

1. Mengikutsertkan dalam Inkuasi Bisnis

Setiap bisnis barus membutuhkan penanganan serius bila ingin mendapatkan kesuksesan besar. Salah salatu cara jalannya adalah dengan mengikutsertakan pada program inkubasi bisnis. Hal ini pernah dikuti perusahaan Sambal Bu Kaji dan lolos menjadi peserta inkubatsi. Konon, peserta bisnis yang lolos akan mendapatkan faslilitas pengembangan bisnis dan tentu permodalan bisnis.

Tetapi, cara seperti ini tidak sepenuhny bisnis tanpa modal. Tetapi setidaknya, ini strategi bisnis yang harus dilakukan agar mendapatkan uang investasi. Bila perusahaan mendapatkan uang investasi dari investor, ini pertanda bisnis yang menjanjikan keuntungan. Salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan adalah perusahaan memiliki produk unggulan yang unik dari yang lainnya. Sehingga, karena menjanjikan keuntungan, investor berinvestasi.

2. Mengunggulkan Tenaga Ahli Bisnis

Bagi seorang tenaga ahli bisnis, katakanlah anda, membangun bisnis semudah membalikkan telapak tangan. Cukup mencari tenaga ahli untuk pembangunan tim bisnis, bisnis sudah terbangun. Masalah perkantoran, si pebisnis cukup menyewa. Masalah produksi, si pebisnis cuma membeli peralatan mesin yang sudah disediakan. Masalah modal bagaimana? Nah masalah modal, si pebisnis cuma mencari para investor yang sudah dikenal dekat. Biasanya, si pebisnis memiliki keluasan pergaulan terutama dengan sesama pebisnis dan juga investor.

Karena si ahli bisnis bisa mewujudukan bisnis untuk si investor, si ahli bisnis mendapatkan saham dan bayaran di muka. Bila berbentuk saham, penghasilans i ahli bisnis bisa setiap waktu. Ini bisa dianggap si ahli bisnis sudah memiliki bisnis. Si ahli bisnis hanya mengandalkan modal dengkul dalam membangun bisnis.

Catatan:

Bisnis online tanpa modal memang sulit dijalankan. Jarang orang yang menjalankan bisnis tanpa modal. Biasanya, bisnis online tanpa modal diperuntukkan untuk bisnis target menengah-keatas. Mengapa demikian? Bisnis online tanpa modal mengharuskan dalam bentuk bisnis yang bersistem, yang mana bisa menghasilkan keuntungan yang tidak melibatkan si owner bekerja tiap hari. Intinya, bisnis online tanpa modal ini diperuntukkan untu pembangunan aset bisnis. Di samping itu, para pemilik modal harus diberikan kejelasan dalam arus kas dalam penentuan penghasilan sesuai saham yang dimiliki.

Temukan Cemilan Enak Kekinian Yang Banyak Diminati

Sebelum membuka bisnis online tanpa modal dengan mengandalkan cemilan, anda harus memperhatikan terlebih dahulu, cemilan apa yang sering diburu orang. Nantinya, anda melakukan penggabungan atau pemisangan untuk mengkreasikan sebuah produk menjadi hal yang baru.

Kali ini penulis ingin mengandalkan kasus Sang Pisang dengan naget pisangnya. Dari dulu, cemilan pisang goreng menjadi favorit. Dahulu terkenalnya pisang goreng. Pisang goreng menjadi favorit. Sekarang, pisang goreng kurang diminati. Penggantinya adalah piscok. Hampir mirip pisang goreng, piscok menghadirkan sesuatu yang diminati remah: cokelat. Belum hilang minat atas poscok, pisang naget sekarang sudah menguasai pasar. Naget pisang adalah gabungan dari naget ayam, pisang goreng dan piscok.

Intinya apa dari variasi makanan gorengan pisang di atas? Intinya adalah makanan cemilan bisa dikreasikan menjadi sesuatu yang baru. Kalau masalah bisnis waralaba, nilai kebaruan yang harus dijadikan andalan. Waralaba sendiri adalah menjual hak usaha yang masih terikat, yang di dalamnya menyangkut masalah pemerekan.

Beberapa Pembahasan Seputar Cemilan Enak Untuk Kebutuhan Produk Waralaba

Penulis perlu menghadirkan pembahasan yang mencakup beberapa cemilan enak. Penghadirkan ini mungkin menjadi inspirasi sendiri dalam membuka bisnis, baik dengan modal atau tanpa modal.

• Cemilan Pedas

Banyak cemilan pedas. Biasanya, sejenis makanan gorengan yang berasa pedas. Tetapi, cemilan pedas tidak mesti digoreng. Sebagai contoh adalah pecel sayur. Pecel sayur salah satu cemilan enak yang tidak digoreng. Dengan taburan sambal pecel dari Sambal Bu Kaji, cemilan pecel menjadi terasa lebih enak dan khas jawa.

• Cemilan Gurih

Cemilan gurih biasanya berbentuk gorengan. Apakah ada cemilan gurih pada makanan yang dimakak. Biasanya, makanan gurih identik dengan makanan yang renyah dengan rasa yang cendereng asin. Cemilan gurih enak ini bisa terdapat dalam cemilan singkong, kentang, dan sejenisnya.

• Cemilan Sederhana Dari Tepung Terigu

Cemilan apa yang menggandung terigu? Biskuit, roti, bolu dan sejenis kue-kuean lainnya. Bisa juga bukan dalam bentuk kue-kuean. Banyak juga gorengan yang terbuat dari tepung terigu. Bukan gorengan saja, cemilan rebusan pun banyak

• Cemilan Goreng

Apapun bahannya, cemilan enak ini wajid di goreng. Kalau tidak di goreng, ini bukan cemilan goreng. Rata-rata cemilan goreng yang paling laku. Memang, ada pesaing yakni cemilan bakar. Tetapi, sepanjang jalan para pedagang kecil di sekolah, mereka berjualan sebangsa goreng-menggoreng.

• Resep Cemilan Kering

Cemilan kering lebih banyak pada makanan gue kering dan biskuit. Disebut kering karena tidak mengandung air dan minyak. Bila persyaratannya ini, bisnis waralaba cemilan enak seperti ini sepertinya kurang diminati para peminat bisnis waralaba.

• Resep Cemilan Manis

Banyak jenis cemilan manis enak ini. Cemilan manis bisa terdapat dalam kue-kuean. Biasnaya, pengolahannya tidak memakai goreng, tetapi lebih kepada kukus. Memang ada makanan manis jenis goreng seperti donat. Intinya, cemilan manis bisa anda coba sebagai target bisnis waralaba.

Membangun Bisnis Waralaba Cemilan Enak Yang Mudah Bahan Produksinya

Sebagai pengusaha pecel, anda pasti tahu bahwa kangkung menjadi bahan utama pecel sayur. Hal ini karena usaha pecel anda menggunakan bahan baku kangkung. Semua orang bisa mendapatkan kangkung dengan mudah, dimanapun anda berada. Bila anda membuka bisnis waralaba cemilan, mereka bisa mendapatkan bahan baku kangkung dengan mudah. Kecuali, anda menyetok kebutuhan kangkung.

Begitu juga dengan pengusaha naget pisang. Pisang pilihan, katakanlah pisang kepok, banyak dicumpai di pasar-pasar. Anda yang sebagai pengusaha diuntungkan dengan kehadiraan para petani pisang. Bahkan, anda membangun perkebunan pisah demi terpenuhinya stok bisa untuk beberapa cabang bisnis cemilan.

Ketika anda membangun bisnis online tanpa modal dengan memfokuskan pada cemilan, seberapa bisa memenuhi stok bahan produk? Biasanya, waralaba kecil hanya menyapkan bumbu atau sejenisnya dengan peralatan penjualannya. Tetapi, mereka tidak memahami bagaimana bumbu itu bisa diterapkan dalam pembuatan produk. Bagaimana mau mengurusi sampai ke tangan pedagang alias pembeli bila modal bisnis terbatas sampai disini? Walaupun nanti anda membangun bisnis tanpa modal, anda jangan sampai teledor dalam operasional praktisnya di pedagang makanan cemilan.

#Studi Kasus: Membangun Bisnis Waralaba Cemilan Yang Sulit Bahan Produknya

Penulis pernah cerita dalam artikel sebelumya, kasus adik penulis yang asal membeli waralaba. Harganya memang murah. Waralaba itu cemilan tahu krispi dan es cincau. Memang, waralaba itu memberikan bumbu cemilan dan juga bumbu pembuat es cincau. Tetapi, si pengelola waralaba tidak menjelaskan dari mana sumber tahu dan cincaunya; bagaimana jenis tahu dan cincaunya, bagaimana cara pengelolahan yang layak untuk jualan. Pengelola waralaba tidak memberikan hal ini, bisnis tahu krispi dan es cincau adik saya gagal.

Jangan karena mengandalkan bisnis tanpa modal, baik secara ofline atau online, dalam membangun waralaba cemilan, anda mengabaikan aplikasi penjualannya. Apalagi, bila membangun bisnis online waralaba, anda harus mempersiapkan sistem yang mampu menjangkau jarak jauh dalam stok produk. Modal kecil atau tanpa modal bukan sebagai “alasan”. Ini menjadi pendorong semangat membangun sistem bisnis waralaba lebih bagus lagi.

Bagaimana Mem-BisnisOnline-kan Bisnis Waralaba Cemilan Enak

Bisnis waralaba cemilan enak tidak bisa dijalankans secara online manakala transaksinya secara ofline. Rata-rata, bisnis waralaba yang seperti ini. Anda harus mengunjungi tempat waralaba untuk melihat dan mempelajari. Bila anda membeli secara online, bagaimana mau mempelajari sistem penjualannya? Tetapi, kasus waralaba seperti bila mengharuskan memiliki gedung seperti minimarket dan sejenisnya. Jelas, waralaba seperti ini tidak bisa di-online-kan transaksinya. Jadi, perusahaan hanya menggunakan media online untuk memarktingkan bisnis waralabanya.

Bagaimana dengan bisnis waralaba cemilan enak? Ini bergantung jenis bisnis waralabanya. Bila konsep bisnisnya lebih kepada pembangunan gedung, rumah makan, waralaba seperti ini tidak bisa dijalankan secara online dalam hal transaksinya. Tetapi bila bisnis waralaba cemilan enak menggunakan konsep penjualan gerobak, ini masih bisa dijalankan secara online dalam transaksinya.

Jadi, konsep penjualan gerboak inilah konsep bisnis waralaba cemilan enak inilah yang akan dijalankan secara online. Bagaimana mem-bisnisonline-kan, dalam arti berjualan hak usaha cemilan enak secara online?

1. Penjualan Target Kota

Penjualan waralaba online tingkat kota memungkinkan bisa dijalankan. Hal ini pernah dialami adik penulis yang membeli waralaba di kotanya. Barang alias gerobak dan perlengkapan penjuala lainnya dikirim menggunakan mobil pickup. Penjualan tingkat kota pun untuk keberlangsungan kebutuhan bahan produksi seperti bumbu cemilan, bungkus dan sebagainya. Hal ini tidak bisa dilakukan kalau jarak tempuh dianggap jauh.

2. Membuat Media Marketing Membangun Brand

Anda membutuhkan beberapa media yang bertujuan membangun brand. Membangun brand dianggap penting untuk kelas bisnis waralaba sekapipun penjualan cemilan enak konsep gerobak. Ketika brand anda terbangun, dalam arti ciri khas atas bisnis waralaba anda melekat di hati orang, penjualan hak usaha alias waralaba akan laris-manis.

Bagaimana membuat media pembangun brand terbaik? Tidak ada yang lain kecuali kolaboratif. Anda tidak hanya membuat blog. Anda pun harus membuat akun media sosial. Di samping itu, anda harus hadir dalam media itu dengan cara memberikan konten khas anda. Media marketing paling efektif bila anda berada di depan pengunjung, menyapa mereka.

3. Melayani Kebutuhan Stok Bahan Produk Dengan Kurir

Efektif mana, menyediakan kurir pribadi atau jasa kurir? Kalau dilihat nominal pengiriman lewat jasa kurir, misalnya 1 pengiriman dengan biaya 8000/kg. Sehari ada 10 pengiriman, misalnya. Berarti 10 x 8000 (misalnya tidak ada yang lebih dari 1 kg) = 80.000. Anda bisa bayangkan, apakah mengelilingi kota, itu pun tidak saling berjauhan, biaya transportasi bisa sampai 80.000? Bagaimana bila bahan produk lebih dari kg karena mereka memesan sekaligus? Bisa saja menghabiskan 160.000. Tetapi, ini perhitungan ketika dalam jumlah sekari mencapai 10 pemesanan. Untuk itu, anda bisa menjadwal pengiriman barang bisa mencapai minimal 10 barang.