7 Kiat Bisnis Franchise Minuman Coklat Murah


Bagaimana membangun bisnis franchise minuman cokelat murah? Barangkali anda mau membuka bisnis franchise minuman cokelat. Hal ini bisa anda lakukan dengan mengawali membangun perencanaan sistem waralaba. Anda disini adalah pengelola waralaba cokelat yang usahanya bisa dijual dengan mengatasnamakan franchise minuman cokelat. Memang, membangun bisnis franchise minuman cokelat tidak mudah karena sudah melibatkan pendaftaran perusahaan ke beberapa pihak yang berkepentingan khususnya masalah merek usaha.


Apakah pembahasan bisnis franchise minuman cokelat tidak mengarah pada seseorang yang berminat membeli franchise dari usaha cokelat? Dalam hal ini, penulis sudah menjelaskan dalam bisnis waralaba minuman. Pembahasan ini lebih dikhususkan untuk para pembeli franchise minuman cokelat atau bahasa lainnya mirip seperti reseller atau pengecer. Kalau dikaitkan dengan pembangunan sistem bisnis cokelat, pembahasan ini tidak sampai kesini.

Mari membahas lebih dalam mengenai pembangunan bisnis franchise minuman cokelat dalam cara pandang yang lain yang diperuntukkan untuk kalangan berduit, modal gede. Disini, pembangunan franchise minuman cokelat diperuntukkan untuk mereka yang minim modal. Artinya, anda membangun bisnis franchise minuman cokelat yang akan dijual pada mereka yang membutuhkan waralaba berharga murah.

Bagaimana membangun bisnis franchise/waralaba minuman cokelat? Pembahasan ini juga bisa masuk untuk beberapa produk franchise lainnya yang mana pihak pemilik franchise mengelola bahan baku pembuatan produk. Berikut penjelasan sederhana yang bisa menjadi pendorong untuk bisnis anda.

A. Menjadikan Sampel Franchise Minuman Cokelat Sebagai Pembelajaran

Banyak franchise khususnya franchise minuman cokelat yang beredar dipasaran. Harga jual franchise pun dianggap murah. Mengapa murah? Mereka cukup membeli peralatan penjualan saja dengan harga franchise yang mungkin gratis atau murah. Sampel yang sudah banyak beredar ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran. Tentunya, anda bisa melakukan penelitian terhadap franchise khususnya franchise minuman cokelat yang banyak beredar di pasaran.

Apakah harus membeli franchise? Pembelajaran yang bagaimana lagi bila tidak membeli sebuah franchise khususnya franchise minuman cokelat? Dari sini, anda bisa mempelajari sistem bisnis franchise minuman cokelat.

B. Mengembangkan Ide Kreatif Franchise Minuman Cokelat

Siapa yang menyangka minuman cokelat berhasil merebut pasar minuman yang sebelumnya dikuasai minuman sebuk blender? Minuman cokelat seperti halnya minuman hasil serutan es batu pada umumnya. Karena sudah canggih, alat pelembut es batu menggunakan blender. Hanya saja, bahan taburannya diberi cokelat dan lainnya. Dari kasus seperti ini, minuman cokelat bukan yang pertama kali. Mungkin dari ide kreatifitas menghadirkan franchise minuman cokelat, minuman ini dianggap hal yang baru.

Maka dari itu, franchise minuman cokelat yang pernah anda beli, bila mau berfokus pada franchise minuman cokelat, anda bisa memikirkan ide kreatif agar menghasilkan minuman jenis cokelat yang baru. Tentu, ide baru ini bukan sekedar berbeda. Kalau sudah berurusan dengan franchise, perusahaan anda tidak boleh menjiplak produk orang lain. Bukan sekedar ide produknya saja, tempat penjualan pun harus dikreasikan menjadi hal yang baru.

Terpenting, bagaimana sih pengolahan bahan-bahan minuman cokelat? Apakah dalam hal ini anda sudah menjadi pakar minuman cokelat yang mudah dibuat? Atau, anda mengandalkan otak orang lain dalam meramu minuman cokelat. Ide kreatif pemenuhan bahan-bahan pembuat serbuk cokelat sampai cara pembuatan harus dibuat dengan matang.

C. Mendaftarkan Franchise Minuman Cokelat Pada Lembaga Legalitas Perusahaan

Sampel yang harus diangkat adalah kasus Sambal Bu Kaji walaupun kasusnya belum ke pokok masalah franchise/waralaba. Tetapi ini menjadi sebuah pembelajaran. Waktu itu pengelola Sambal Bu Kaji mengikuti berbagai pertemuan dan pelatihan yang intinya bila penjualan sambal mau dijual secara online, produk harus didaftarkan ke lembaga-lembaga yang berkepentingan mengurusi legalitas produk. Hal ini berlaku untuk produk yang bernaung dalam franchise khususnya cokelat. Tentu, pendaftaran pada lembaga terkait dianggap sangat dianjurkan. Di samping melegalkan perusahaan, bisnis franchise minuman cokelat aman dari pembajakan yang dilakukan pembeli franchise anda sendiri.

D. Persiapkan Tim Pekerja Gerobak

Artinya, bisnis franchise minuman cokelat anda harus memiliki pabrik pembuatan gerobak (atau istilah penyebutan lainnya). Bagaimana mau membuka bisnis franchise minuman cokelat model gerobak bila tidak ada tenaga khusus yang menangani hal ini. Pembuatannya bukan melulu gerobak. Stiker dan lainnya yang melengkapi penjualan minuman cokelat harus ada tenaga khusus yang membuatnya.

Secara simpel, anda bisa bekerjasama dengan pihak yang mengurusi pembuatan yang dibutuhkan untuk franchise minuman cokelat anda. Bila bisnis sudah mengalami pengembangan yang bagus, alangkah baiknya perusahaan anda mengurusi sendiri masalah ini. Ini jauh lebih menghemat biaya daripada mengadalkan kerjasama dengan pihak lain.

E. Mengikuti Program Inkubasi

Sepertinya, hampir usaha baru yang masih tahap uji-coba, usaha yang masih dalam tahap perintisan, tidak lepas dari program inkubasi. Hal ini penting dilakukan guna menemukan berbagai masalah yang harus diperbaiki dan mendapat suntikan dana yang dibutuhkan. Memang, program ini tidak gratis. Tetapi, bila sedari awal sudah memiliki ide kreatif dalam berbisnis hasil meriset di lapangan, pemilik franchise minuman cokelat perlu mengikuti program inkubasi.

F. Membangun Sistem Marketing Online

Sekarang ini, franchise atau waralaba harus diiklankan, dimarketingkan secara online. Bisnis franchise alias waralaba ibaratnya sebuah produk. Hanya saja, pemilik franchise menjual franchise atau hak usaha kepada konsumen yang memang selaku calon pengusaha bersama pemilik franchise. Seperti pakar marketing bilang, bisnis yang tidak di-online-kan, betapa maju sebuah bisnis, akan dikalahkan dengan bisnis baru yang di-online-kan. Artinya, bisnis non online akan mengalami kebangkrutan. Jadi, bisnis franchise minuman cokelat harus dimarketingkan. Apalagi, target pasar anda membutuhkan konsumen yang berada jauh antar pesaing.

Bagaimana membangun jaringan marketieng online? Anda bisa membuat situs blog. Situs blog sangat efektif membangun brand. Bila anda membutuhkan branding bisnis atas franchise minuman cokelat anda, blog bisa menjadi solusinya.

G. Membuka Cabang Bisnis Franchise Minuman Kopi

Biasanya, ada franchise yang menyediakan stok bahan pembuat produk, katakanlah bubuk cokelat, agar mereka tidak keluar dari rel franchise cokelat. Bayangkan bila franchise minuman cokelat menyerahkan sepenuhnya kebutuhan cokelat kepada masing-masing pemilik franchise minuman cokelat. Bagaimana hasil rasa dari minuman yang sudah dikenal enak? Hal ini bisa saja mengacaukan pemilik franchise pusat bila ada salah satu atau beberapa pihak pemilik franchise salah dalam pengolahan.

Baca: Minuman Segar Kemasan untuk Usaha Kecil

Masalahnya, semakin jauh jangkauan market, pemenuhan bahan baku bubuk cokelat makin sulit. Apakah harus menempuh 24 jam hanya untuk membeli bubuk cokelat? Katakanlah, bisnis franchise sudah menembus skala nasional. Bila seperti ini, anda tidak bisa berfokus pada satu titik dalam pemenuhan bahan baku buku cokelat. Bisnis franchise harus membuka cabang baru guna pemenuhan bahan baku bubuk cokelat.

Hasilnya, bisnis franchise ternyata membangun sebuah bisnis bercabang-cabang. Padaha, keduanya adalah jenis sistem pengembangan perusahaan.