Bisnis Makanan Ringan Pedas Khas Sambal Bu Kaji


Ada banyak makanan ringan yang dijadikan produk bisnis modal kecil. Disini, anda bisa terlalu dipusingkan dalam menentukan. Begitulah era dimana produk makanan unggul. Dengan munculnya beberapa aplikasi pemesanan online yang bekerjasama dengan kurir ojek online, peluang bisnis makanan khususnya makanan ringan menjadi lebih populer lagi.


Dahulu sebelum era ojeg online yang bisa melayani jasa antar makanan, usaha makanan masih kesulitan dalam transportasi. Kalau menggunakan pegawai transportasi, masalah ini jauh lebih ribet lagi dalam penggajian. Syukurlah kolaborasi antara aplikasi penjualan online dan jasa kurir ojeg online bisa membantu pedagang makanan khususnya makanan ringan. Tentunya, pengusaha alias pedagang makanan ringan tidak membutuhkan pegawai khusus.

Baca: Bisnis Makanan Modal Kecil Laku Terjual

Lalu bagaimana dengan bisnis makanan ringan pedas khas Sambal Pecel Bu Kaji? Tentunya, disini tidak mungkin menjelaskan banyak jenis bisnis makanan ringan. Kalau dijelaskan semua, pembahasan bisa lebih dari 10 halaman. Mengenai pembahasan “Bisnis Makanan Ringan Pedas Khas Sambal Bu Kaji”, ini lebih bersesuaian dengan yang senafas dengan makanan ringan yang menggunakan sambal. Masalah ini pun, pembahasan bisa panjang. Mengapa? Makanan ringan yang menggunakan sambal memiliki banyak jenis.

1. Bisnis Bakwan Goreng

Bisnis makanan ringan berupa bakwan goreng memang tidak bisa berdiri sendiri. Bakwan biasanya berteman dengan jenis gorengan lagi. Banyak pedagang kecil yang menjual makanan ringan bakwan dengan ditemani gorengan lainnya.

Tetapi, dengan polesan resep, makanan ringan bakwan bisa menjadi bisnis yang berdiri sendiri. Hal ini bisa dikombinasikan dengan berbagai variasi bakwan. Mungkin, anda bisa mensiasati bakwan udang, bakwan jagung, bakwan daging dan sebagainya. Bila bila seperti ini, bakwan bisa untuk kebutuhan bisnis anda, bisnis makanan ringan.

Sebagai cocolan sambal, bisa menggunakan sambal pecel. Dalam hal ini, Sambal Bu Kaji menyediakan sambal khususnya sambal pecel untuk cocolan bakwan.



2. Bisnis Mendoan

Siapa yang tidak ingin mencocol tempe mendoan ke dalam sambal pecel milik Sambal Bu Kaji? Pastinya, banyak pelanggan yang sudah mencicipi sambal pecel olahan Sambal Bu Kaji. Mungkin diantaranya adalah mencicipi sambal untuk kebutuhan memakan tempe mendoan. Tempe mendoang terbuat tempe tipis setipis ATM.

Tetapi, bisnis mendoan kurang diminati pasar mengingat selera kekinian yang ingin variasi yang baru. Sebagai pengganti, ada jenis gorengan tempe tipis mirip mendoan yang lebih mengikuti selera pasar atau selera kekinian. Jenis gorengan tempe tipis mirip mendoan ini sebagai pengganti atau variasi lain dari mendoan. Hanya saja, gorengan tempe tipis ini tidak terbuat dari tempe setipis ATM. Gorengan tempe tipis ini pun lebih kering dan gurih dari tempe mendoan. Jenis gorengan tempe tipis ini yang banyak dijual di pinggir jalan, kampus dan sekolah.

Karena variasi yang diminati pasar luas agak kering, makanan ringan mendoan KW lebih condong dinikmati dengan cabai atau paling sering dengan sambal petis.

3. Bisnis Cilok

Siapa yang tidak kenal makanan ringan sejenis cilok? Biasanya cilok dijual untuk kalangan anak kecil. Cilok yang terbuat dari aci ini bisa menyerupai dengan siomay walaupun masih ada perbedaan yang mudah dikenali. Cilok makanan ringan khas anak kecil ini bisa dinikmati siapa saja mengingat rasanya yang cocok untuk lidah orang dewasa. Hanya saja, taburan sambal yang bisa membedakan untuk akan kecil atau dewasa.

Cilok juga bisa dengan taburan sambal pecel yang dikelola Sambal Bu Kaji. Tetapi, rata-rata sambal cilok lebih kental dalam rasa kacang. Sambal cilok mirip dengan sambal yang digunakan untuk sate.

Apakah bisnis makanan ringan pedas sejenis cilok masih diminati pasar? Sampai saat ini, cilok masih diminati pasar bahkan tidak berkurang. Artinya, bisnis makanan ringan cilok dianggap peluang yang bagus. Cilok bisa masuk dalam era kekinian yakni termasuk makanan yang bisa mengikuti selera kekinian.

4. Bisnis Siomay Dan Batagor

Banyak restoran ternama menyediakan makanan ringan sejenis siomai. Tetapi, banyak juga pedagang keliling yang menawarkan siomai dengan variasinya: bulet dan berbentuk bunga. Bisa diartikan, siomay mampu menjangkai kelas bawah-keatas bergantung jenis bisnis yang dibangunnya. Kalau sekelas restoran ternama, kalangan menengah-keatas yang menikmati siomai.

Mungkin bagi pemodal tipis, mereka akan membuka bisnis siomai kelas gerobak. Walaupun bisnis makanan ringan sekelas gerobak, sebagian besar pasar masih berminat membeli. Bahkan, siomai kelas menengah-kebawah alias siomai kelas gerobak jauh lebih laris dibeli.

Lalu bagaimana dengan batagor? Sepertinya, batagor adalah siomai yang digoreng. Antara siomai dan batagor tidak ada perbedaan mencolok kecuali antara digoreng atau sekedar direbus saja. Mengapa demikian? Proses dan bahan pembuatannya sama.

Siomai dan batagor masih senafas dengan cilok yang memakai sambal. Tentunya, bila seperti ini, keduanya masih senafas dengan olahan sambal milik Sambal Bu Kaji. Kalau siomai dan batagor berkeinginan ditaburi sambal pecel, ini masih bisa diterima dengan perbedaan rasa yang akan berbeda.

5. Bisnis Pecel Sayur

Nah, makanan ringan sejenis pecel sayur ini memang sangat cocok menggunakan sambal olahan Sambal Bu Kaji. Secara Sambal Bu Kaji memang mengelola sambal untuk kebutuhan pecel. Bila anda berbisnis makanan ringan pecel sayur menggunakan sambal pecel buatan Sambal Bu Kaji, tentunya ini dianggap tempat. Di samping rasanya yang sudah dipercaya enak, Sambal Bu Kaji dijamin halal dan tentunya sehat karena sudah mendapat sertifikat halal dari MUI dan juga sertifikat dari Depkes.

Mengapa bisnis pecel sayur dianggap sebagai makanan ringan? Karena makanan ini cocok untuk sekedar cemilan. Bagaimana dengan pecel nasinya? Sepertinya, ini tidak cocok dianggap sebagai cemilan. Tetapi, demi variasi penjalan, bisnis pecel sayur bisa dikombinasikan dengan pecel nasi, pecel gender. Tentunya, ini menjadi strategi untuk menghindari kejenuhan mengkonsumsi makanan.

Walaupun pecel sayur termasuk olahan zaman dahulu, peluang sambal pecel tidak kalah dengan bisnis pada umumnya yang sedang trend saat ini. Mengapa? Pecel sambel dengan sambalnya seperti tidak mudah untuk dilupakan pasar. Jumlah peminat pecel masih tetap banyak bahkan bertambah banyak.



Baca: Bisnis Rumahan Modal kecil Untung Besar Aneka Pedas

Kesimpulan

Pada dasarnya bisnis makanan ringan yang memang mewakili rasa pedas memang banyak. Tentunya, anda bisa memilih salah atu atau mengkombinasi bisnis makanan ringan atau memilih salah satu sebagai bisnis makanan ringan. Sebagai contoh, anda bisa memfokuskan pada bisnis pecel sayur (dan beberapa jenis pecelnya). Juga, anda bisa berfokus pada bisnis kolaboratif yang menggabungkan antara pecel sayur, mendoan, bakwan goreng dan sebagainya. Hasilnya, terpenting, bisnis makanan ringan pedas yang anda bangun laris-manis. Ini yang terpenting dalam usaha.

Hal terpenting, bila berkebutuhan dengan sambal-sambalan, anda bisa merujuk pada sambal yang di kelola Sambal Bu Kaji. Dalam hal ini, Sambal Bu Kaji berfokus pada sambal pecel sehingga cocok untuk bisnis makanan ringan yang berfokus pada pecel sayur.