Tips Bisnis Waralaba Minuman Laris Modal Kecil


Bisnis waralaba minuman berawal dari kebutuhan minuman siap minum yang sedang menjadi tren sekarang ini. Minuman terlaris adalah minuman yang dibungkus wadah cup, gelas plastik. Banyak yang berminat akan minuman siap saji ini, kecil atau gede. Biasanya, para pelajar, mahasiswa atau karyawan membutuhkan minuman ini karena mudah dibawa di dalam ruangan tertentu. Bayangkan, dahulu, minuman es masih terbungkus plastik yang bisa merepotkan tangan dan mudah tumpah. Sekarang, minuman cup solusi atas minuman kemasan plastik.


Masalahnya, membuka bisnis minuman memang tidak bisa dianggap remeh. Bagaimana mengolah minuman jus agar enak dan bisa mempertahankan rasa yang setabil? Kalau pun anda hanya membuka bisnis minuman teh,misalnya, ini juga membutuhkan racikan minuman yang sepadan dengan minuman teh yang sudah beredar terlebih dahulu. Jangan sampai bisnis baru kalah saing dengan bisnis lama dalam hal olahan produk minuman tehnya. Belum selesai masalah produk, anda masih disulitkan dengan gerobak yang akan membantu anda berjualan. Pembuatan tempat berjualan pun tidak sembarangan karena membutuhkan modal.

Apakah bisnis waralaba minuman menjadi solusi bagi yang memiliki modal kecil? Nah, di sini akan dijelaskan apakah bisnis waralaba minuman termasuk sebagai solusi atau tidak bagi mereka yang memiliki modal kecil.

Baca: Bisnis Rumahan Modal kecil Untung Besar

Maksud Dari Tips Bisnis Waralaba Minuman Laris Modal Kecil

Pembahasan bisnis waralaba minuman perlu digarisbawahi. Pasalnya, status bisnis waralaba menarget dua pembagian. Pembahasan kedaunya harus dipisahkan karena memang berbeda cara.

Pembagian pertama, bisnis waralaba minuman ini menarget kalangan yang membutuhkan paket sistem kerja menjalankan bisnis. Mereka khususnya mungkin anda belum memahami bagaimana membangun sebuah bisnis. Nah, daripada merasa sulit membangun bisnis walaupun sekelas bisnis grobak, lebih baik anda mengandalkan bisnis waralaba minuman yang sudah banyak terbedar. Dengan modal kecil, anda sudah bisa memiliki bisnis tanpa mikir.

Pembagian kedua, bisnis waralaba minuman pembagian ini lebih kepada para pembangun sistem kerja bisnis. Artinya, pihaknya sebagak suplier sistem bisnis waralaba minuman untuk kebutuhan bisnis waralaba. Bagi mereka yang membutuhkan sistem bisnis siap pakai, suplier sistem waralaba minuman sudah menyediakan.

Nah, pembahasan yang akan dijelaskan nanti adalah pembahasan pembagian pertama. Pembahasan ini jauh lebih bisa diterima banyak kalangan pelaku bisnis yang berkeinginan.

Mengapa Memilih Bisnis Waralaba Minuman?

Anda sudah disiapkan sistem bisnis sekalipun penjualan kelas gerobak. Inilah alasan utama mengapa anda memilih bisnis waralaba minuman. Anda tinggal memperhatikan bagaimana lokasi penjualan yang akan dibangun. Pemilik waralaba utama atau disebut juga suplier waralaba bisnis makanan hanya menyadiakan bagaimana tempat dan produk anda bisa untuk berjualan. Mungkin ini pula yang menyebabkan banyak pembeli waralaba bangkrut bisnisnya. Hal ini dikarenakan anda hanya membeli sistem bisnis tetapi tidak sampai ditangani langsung sampai ke pasar bisnsinya.

Memilih bisnis waralaba sebagai solusi membangun bisnis bisa jadi karena modal bisnis ada yang kecil, cocok untuk kalangan menengah-kebawah. Modal kecil ini untuk kebutuhan pembelian hak usaha. Walaupun modal bisnis dianggap kecil, tetapi bagi sebagian pemula masih dianggap mahal untuk hal lainnya selain pembelian hak usaha. Contoh, pembeli waralaba harus memikirkan tempat berjualan kembali dan sebagainya.

Tetapi, untuk kepentingan bisnis serius dalam jalur bisnis, pemula bisa langsung mengandalkan bisnis minuman lewat jalur waralaba

Memilih Waralaba Minuman Kekinian

Bagaimana seharusnya memilih waralaba minuman sebagai bisnis harian anda? Hal ini perlu anda perhatikan baik-baik. Kebetulan penulis mmiliki adik yang membeli waralaga, sejenis makanan ringan tahu dan es cincau, tetapi seakang bisnisnya tidak mendapatkan untung. Padahal uang sudah keluar 5 juta untuk mendapatkan perlengkapan. Jadi, pemilihan waralaba minuman harus diperhatikan di beberapa sisi. Adik saya, ia membeli waralaba hanya karena memelas pada temannya yang baru membuka waralaba. Ternyata, sistem waralabanya kurang matang. Kejadian seperti ini diharapkan tidak terjadi pada anda. Anda harus memilih waralaba minuman yang menguntungkan anda.

1. Perhatikan Owner Waralaba

Memperhatikan owner alias pemilik utama bisnis waralaba minuman berarti melihat bagaimana waralaba dibangun. Tidak semua owner waralaba memiliki jejak yang bagus dalam berbisnis. Hal ini seperti bisnis pada umumnya yang bisa bangkrut atau sukses. Memperhatikan owner waralaba minuman adalah melihat pengalamannya dalam berbisnis secara umum. Memang, tidak semua pelaku bisnis sukses terjun dalam bisnis waralaba. Jadi, anda tidak perlu melihat seberapa pengalaman dalam berbisnis waralaba khususnya waralaba minuman.

2. Bagaimana Sistem Operasional dan Tempat Penjualan Yang Dibangun

Seperti kasus adik saya, bisnis waralaba tahu dan minuman cincau tidak matang dalam sistem. Dalam hal ini, minuman es cincau yang akan dibahas sebagai kasus. Dalam hal ini, cincai sebagai bahan baku tidak jelas arahanya bagaimana. Olahan es cincau pun belum matang. Memang, sistem waralaba minuman menyediakan bahan pembuat cincai. Tetapi, kriteria cincau yang dibeli tidak jelas. Belum lagi, bagaimana kemasan minuman yang akan diserahkan ke pembeli. Pada intinya, waralaba minuman cincau ini belum matang dalam operasioal bisnis. Memang, dalam segi tempat penjualan sudah dianggap tepat. Tetapi hal ini belum dianggap cukup.

3. Menjangkau Pasar Luas

Tidak semua waralaba minuman bisa menjangkau luas pasar. Bila jangkauan pasar tidak luas, ada keuntungan besar yang seharusnya diperoleh di setiap transaksi. Tetapi, seberapa besar keuntungan hasil menjual minuman kemasan cup? Sedikit. Bila waralaba minuman tidak menjangkau pasar yang luas, penjualannya bisa dianggap sulit. Waralaba minuman membutuhkan banyak agar mendapatkan keuntungan yang banyak dari jumlah total keuntungan.

4. Waralaba Minuman Kekinian

Setelah waralaba minuman bisa mengjangkau luas pasar, waralaba minuman dianjurkan lebih kekinan. Memang, bila target pasar dianggap luas, ini sudah menunjukkan bahwa waralaba minuman lebih ke produk kekinian. Tetapi, pemilihan waralaba bersifat kekinian agar penjualan lebih laku lagi. Rata-rata, produk minuman kekinian yang menjangkau luas pasar mendapatkan penjualan dalam jumlah banyak. Siapa sih yang tidak doyan teh manis cup yang menyegarkan? Minuman teh ini memang sudah terkenal sejak dulu. Tetapi, minuman teh kemasan cup baru sekarang. Inilah yang membuat bisnis waralaba minuman teh dianggap kekinian.

Pilih Waralaba Lanjutan Pembangun Aset

Waralaba minuman biasanya berskala kecil. Tentunya, ini tidak bisa sebagai pembangun aset. Tetapi, bila berkeinginan mengambil skala kecil, hal ini bisa dilakukan. Tentunya, anda tidak mengerjakan penjualan sendiri. Anda mengandalkan pekerja untuk mengurusi beberapa waralaba minuman yang anda miliki. Inilah cara membangun aset skala kecil.

Tetapi, resikonya, semakin banyak waralaba kelas kecil yang ada pada anda, anda semakin sibuk. Bagaimana memenuhi bahan dasar kebutuhan waralaba? Bagaimana pengambilan tenaga kerjanya? Bagaimana juga target tempat penjualannya? Tentunya, ini tidak efektif. Lebih baik tahap pengembangan lebih memilih waralaba yang jauh lebih besar yang bisa dikerjakan beberapa pegawai.