Aneka Minuman Segar Kemasan untuk Usaha Kecil


Apakah anda mau membuka usaha minuman segar kemasan dengan modal usaha yang kecil? Perlu diketahui bahwa usaha ini sangat cocok untuk musim kemarau. Tentunya, lebih laku lagi untuk musim kemarau yang lagi kedatangan bulan ramadhan, bulan puasa. Minuman segar memang selalu diminati orang. Banyak, rata-rata penjualannya laris dengan catatan bahwa minuman segar memang diolah dengan cara yang baik. Jadi, anda bisa memilih salah satu jenis minuman segar untuk usaha atau mengambil semua sebagai usaha aneka minuman segar.


Namun disini pembahasannya lebih kepada per item dari anek minuman segar yang bisa dijadikan usaha. Anda tidak perlu membuka banyak aneka minuman segar dalam satu usaha. Anda bisa melihat contoh kasus minuman jus segar. Berapa jenis minuman segar yang bisa anda jadikan produk minuman dalam satu usaha? Banyak sekali: ada jus jambu, jus mangga, jus apel. Belum masalah minuman lainnya yang tentunya bisa membuat anda bingung bila mengambil semua dari aneka minuman segar. Cukup salah satu yang dijadikan usaha modal kecil. Terpenting, usaha minuman segar mendapatkan penjualan.

Bila seperti itu, pembahasan di sini lebih kepada analisa per item minuman segar dari sekian banyak aneka minuman segar. Penulis perlu membatasi seputar usaha minuman segar yang bisa dengan modal usaha kecil.

Baca: Bisnis Waralaba Minuman

Aneka Usaha Minuman Segar Kemasan Cup Modal Kecil

1. Usaha Minuman Segar Teh Kemasan Cup

Siapa yang menyangka kalau minuman segar teh kemasan cup bisa bersaing dengan minuman lainnya yang jauh lebih kekinian. Jenis minuman segar yang satu ini bisa bersahabat di segala suaca mengingat kondisi airnya yang tidak membuat lidah lengket seperti jus atau sejenisnya dan juga tidak terlalu manis dalam pembuatannya. Kalau anda mengenal teh dalam botol, minuman segar teh cup adalah bentuk lainnya. Sebenarnya sama antara minuman teh dalam botol dengan teh dalam cuk alias gelas. Perbedaannya adalah kesimpelan. Minuman teh cup jauh lebih lebih simpel. Mungkin bis disamakan dengan minuman cup yang sering nongol di tv. Tetapi untuk usaha modal kecil, kemasan cup teh cukup dengan memakai gelas sederhana.

Usaha minuman segar teh ini hanya bisa dijual secara ofline agar mendapatkan banyak penjualan. Mengapa tidak bisa dijual secara ofline? Tentunya, ini masalah kemasan dan harga jual yang tidak memungkinkan secara online.

Biasanya, para penjual tergabung dengan perusahaan teh ternama. Bisa jadi perusahaan teh meroketkan penjualan untuk mengalahkan minuman teh botolan yang sudah terlebih dahulu familiar. Hasilnya, minuman cup teh merek ternama cukup mengena di hati konsumen secara luas.

2. Usaha Minuman Jus Buah Kemasan Cup

Jus buah yang paling banyak diminati adalah jus buah jambu merah. Rasanya yang manis ketika sudah dikasih gula, minuman pantas dijadikan minuman segar untuk pelepas dahaga. Walau demikian, penjualan jus buah tidak sekedar mengandalkan jus buah jambu merah. Anda bisa memvariasikan minuman segar pendamping jus buah jampu. Biasanya, penjualan minuman segar jus buah yang laris adalah jus yang memiliki rasa manis yang sedang, tidak terlalu asam, tidak ada pahitnya dan tidak membuat lengket lidah. Mungkin jus kolaboratif bisa jauh lebih diminati karena nilai segar dalam minuman jauh lebih terasa.

Apakah usaha minuman segar jus buah bisa dijual secara online? Buah mahal tentu bisa dijual secara online. Tentunya, anda menjual minuman segar jus buah dengan kemasan yang tahan banting seperti dalam botol plastik. Bila seperti ini, penggunaan bahan pengawet memang dibutuhkan agar bisa bertahan lama. Hanya saja, penjualan minuman segar jus buah ini tidak tidak bisa berdiri sendiri bila secara online. Anda bisa ditemani dengan jenis minuman lainnya.

3. Usaha Minuman Segar Cup Capuccino Cincau Dingin

Minuman segar yang satu ini sedang mengalami naik daun. Waktu dulu, cincau hanya digunakan untuk olahan es cincau biasa dengan campuran sari kelapa dan gula. Sekarang, cincau bisa digunakan untuk hal lain yakni minuman segar capucinno cincau. Minuman ini sebenarnya daya tariknya ada di rasa capucinno. Ini dalam segi rasa. Masalah cincau hanya sekedar variatif tampilan, tidak sampai mempengaruhi rasa.

Penjualan minuman segar capucinno cincau hanya bisa dilakukan seketika itu juga. Artinya, pembuatan dan penghabisan harus dalam waktu cepat. Hal ini karena berurusan dengan cincau yang sebagai pendampingnya. Bila seperti ini, minuman segar ini tidak bisa dijual secara online. Hanya saja, banyak penjual bubuk capucinno cincau. Ini menjadi pertanda bahwa pembuatan capucinno cincau bisa anda lakukan sendiri. Anda tinggal membeli bubuk capucinno cincau pada toko yang terpercaya.

Tips Usaha Minuman Segar Kemasan Cup Modal Kecil

Penjualan minuman segar kemasan cup membutuhkan strategi khusus. Alasannya, penjualan ini tidak melibatkan hal lain seperti usaha makanan. Biasanya, minuman segar akan berteman dengan makanan. Kalau minuman cup tidak berdampingan dengan makanan, bisa jadi akan mengalami kesulitan dalam penjualan. Sebagai contoh, usaha jus buah segar yang menggunakan gerobak. Pertanyaannya, dimanakah penjualan jus buah segar ini? Ini kasus contoh penjualan minuman segar jus buah. Rata-rata, mereka membeli minum karena membeli makanan.

Untuk itu, berikut tips mudah menjalankan usaha minuman segar yang tidak melibatkan diri dengan penjualan makanan atau sejenisnya.

1. Usaha Minuman Segar Mengandalkan Waralaba Minuman

Anda tidak perlu pusing-pusing membuat produk dan tempat penjualan. Lagi pula, ini bisa memakan waktu. Mereka yang menawarkan waralaba minuman segar pun membutuhkan waktu lama dalam peracikan. Maka dari itu, agar tidak mengikuti para pengelola waralaba, lebih baik anda membeli paket waralaba yang akan memberikan untuk anda paket usaha siap launching.

2. Usaha Minuman Segar Berada Di Tempat Strategis

#Minimarket. Anda pernah melihat para penjual kelas kecil berada di samping minimarket? Mereka berjualan apa? Yang pasti, sebagian mereka ada yang berjualan minuman segar kemasan cup. Artinya, bila memang ada kesempatan berjualan produk minuman segar di area itu, anda bisa berjualan minuman segar di samping minimarket. Tetapi, peluang ini sulit sekali.

#Samping Sekolah Atau Kampus. Banyak pelajar dan mahasiswa menjadi kesempatan emas untuk para penjual es. Asalkan, berada di tempat yang tepat. Walaupun berada di pinggir pinggir sekolah atau kampus, bila posisi gerobak minuman segar berada di posisi yang bikin pembeli malu membeli, penjualan minuman segar tidak banyak mendapatkan penjualan.

3. Lakukan Penjualan Online dengan Standar Legal

Maksudnya bagaimana berstandar legal? Artinya, produk anda terjamin asli tanpa tiruan. Disini, anda bisa meniru Sambal Bu Kaji yang mendaftarkan produk dan mereknya ke lembaka pemerekan. Sambal Bu Kaji akhirnya resmi menamakan usahanya dengan brand “Sambal Bu Kaji”. Menurut beberapa ahli, penjualan onlie harus sudah terdaftar, baik mendaftarkan ke Depkes, BPOM, MUI, HAKI dan yang lainnya.

4. Menjadi Pendamping Usaha Pecel

Pembahasan ini sebagai tambahan jika memang anda terpleset tidak bisa dijalankan ke tempat manapun. Artinya, anda belum memiliki kesiapan untuk dijual secara mandiri tanpa usaha makanan. Daripada susah-payah mencari tempat, lebih baik usaha makanan atau minuman yang sudah ada sebelumnya, anda bisa memanfaatkan ini untuk usaha minuma segar. Salah santunya adalah usaha pecel yang butuh minuman segar sehabis memakan pecel di warung usaha Sambal Bu Kaji.