Pengusaha Kuliner Semarang Sambal Bu Kaji Di IKM Award


Bulan lalu, Semarang mengadakan IKM Award yakni sebuah ajang pemberi penghargaan kepada pelaku usaha, dalam hal ini industri kecil dan memengah. Fokus usaha yang menjadi kriteria IKM Award adalah usaha kuliner dan pakaian. Turut serta pengusaha kuliner semarang, Sambal Bu Kaji, yang diwakilkan Ibu Mayaꟷselaku pengelola usahaꟷdalam IKM Award Semarang. Tujuan diselenggarakannya IKM Award Semarang ini sebagai upaya mendorong para pelaku usaha agar lebih serius mengembangkan dan mempertahankan usahanya.


Sekarang, penulis ingin mengucapkan kepada Sambal Bu Kaji, secara khusus Ibu Maya, yang telah berhasil meraih penghargaan yakni menjadi juara dalam IKM Award Semarang di kategori kuliner. Sambal Bu Kaji menghadirkan olahan sambal dan juga hidangan pecel dalam mengikutsertakan dalam IKM Award Semarang. Walaupun belum lama dalam membuka warung pecel, Sambal Bu Kaji mendapatkan hal yang diinginkannya. Tentunya, ikut serta dalam IKM Award Semarang ini mendapatkan hadiah dan beberapa keuntungan. Sambal Bu Kaji sendiri mendapat uang 3 juta karena masuk dalam juara 3.

Memang, tidak aneh bila Sambal Bu Kaji mendapat juara 3 dalam IKM Award Semarang. Sebelumnya, Sambal Bu Kaji meraih penghargaan demi penghargaan dalam ajang yang diadakan pemerintah Semarang.

Ada beberapa alasan Sambal Bu Kaji memenangkan IKM Award Semarang dalam kategori kuliner. Tentunya, ini hanya anggapan, opini penulis belaka yang memang ditugaskan untuk menuliskan seputar kegiatan yang dilakukan Sambal Bu Kaji setiap waktunya. Dengan pembahasan ini, anda diharapkan bisa meniru apa yang pernah dialami Sambal Bu Kaji dalam IKM Award Semarang.

Pengelola Sambal Bu Kaji Ibu Maya bersama Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam IKM Award Semarang

Menghadirkan Kuliner Semarang Sambal Pecel

Maksud kuliner semarang adalah kuliner khas semarang dan juga kuliner yang sudah mentradisi dikonsumsi masyarakat semarang. Apakah sambel pecel dan pecelnya sudah mentradisi dikonsumsi masyarakat semarang? Bila iya, ini menjadi kuliner semarang. Akhirnya, Sambal Bu Kaji telah membangun usaha yang berkepentingan untuk semarang, masyarakat semarang karena menghadirkan kuliner yang sudah mentradisi ada di semarang. Sambal Bu Kaji menghadirkan sambal, warung pecel, dan nasi tumpeng, gudangan yang biasa dikonsumsi dan menjadi hidangan acara.

Itulah yang mungkin menjadi alasan mengapa Sambal Bu Kaji meraih IKM Award Semarang.

Bagi pegiat kuliner Semarang, anda bisa meniru apa yang sudah dilakukan Sambal Bu Kaji. Penghadirkan aneka jenis produk usaha harus dilakukan bila ingin menjadi terbaik lebih dari Sambal Bu kaji. Memang, tidak semua kuliner bisa diterima masyarakat sekarang. Sambal dan warung pecel yang dikelola Sambal Bu Kaji memang masih diminati masyarakat luas. Intinya, anda bisa memilih kuliner Semarang yang diminati masyarakat luas.

Resep Kuliner Semarang Warisan Leluhur

Bisa saja anda membuka usaha kuliner Semarang dengan mengandalkan keahlian hasil belajar di tempat yang khusus mempelajari beberapa kuliner Semarang. Tetapi, menguasai kuliner dari warisan leluhur jauh lebih terkesan berharga, terkesan jauh lebih bernilai seni. Apalagi, resep kuliner warisan leluhur memiliki nilai market yang bagus. Artinya, resep kuliner sambal hasil warisan leluhur ini masih diminati pasar secara luas. Tentu, usaha sambal pecel hasil resep warisan leluhur akan membuahkan kesuksesan.

Nilai ini mungkin yang dinilai dari kegiatan IKM Award Semarang sehigga membuat Sambal Bu Kaji menjadi juara 3.

Kemasan Kuliner Semarang Yang Sudah Standar Pabrik

Kali ini penulis ingin berfokus membahas sambal yang dikelola Sambal Bu Kaji. Pada awalnya, sambal yang dikelola Sambal Bu Kaji masih menggunakan kemasan sederhana, plastik pembungkus. Padahal, waktu itu berkeinginan dijual secara online. Walaupun tampilanya sederhana, sambal yang dikelola Sambal Bu Kaji mendapatkan pemesanan. Lambat laun, Sambal Bu Kaji mengganti kemasan sambalnya menjadi lebih profesional yakni standar pabrik. Hal ini sesuai arahan dari pelatihan UMKM bahwa penjualan online lintas kota harus produk yang sudah berstandar pabrik: seperti memiliki tanggal kadaluarsa, takaran gizi dan lainnya.

Dan perlu anda ketahui, Sambal Bu Kaji adalah brand alias merek yang menaungi beberapa produk. Brand sendiri sudah terdaftar dalam lembaga yang mengurusi merek dagang. Jadi, memang sudah paket komplit dalam standar produk pabrikan.

Banyak pendapat bahwa produk yang dikemas secara profesional jauh lebih tinggi penjualannya daripada yang tidak. Tentunya, ini berlaku untuk mengikutsertakan dalam berbagai even usaha, even usaha kuliner khususnya kuliner Semarang seperti di IKM Award Semarang.

Membangun Industri Yang Membangkitkan Pertanian

Menurut informasi dari pihak Sambal Bu Kaji yakni dari pengelolanya, Ibu Maya, bahwa Sambal Bu Kaji berusaha memfokuskan melakukan pemberdayaan petani cabai. Di samping untuk kebutuhan pemberdayaan petani cabai itu sendiri, Sambal Bu Kaji pun memiliki stok cabai yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Bila seperti ini, apakah bukan usaha industri yang kreatif? Ini salah satu jenis usaha indrustri yang kreatif karena industrinya bekerjasama dengan pertanian. Jadi, indsutri Sambal Bu Kaji ada usaha untuk menyemangatkan para petani cabai.

Tetapi, untuk masalah ini, penulis belum mengetahui detailnya seperti apa. Yang jelas, Sambal Bu Kaji sudah membahas seputar mementingkan pertanian. Pembicaraan persoalan ini sudah lama. Penulis belum bertanya kembali. Bisa jadi, sekarang program ini sepertinya sudah berjalan. Sudah ada satu tahun berjalan sejak pembicaraan pemberdayaan pertanian cabai dan lainnya.

Sebagai pengusaha kuliner Semarang, anda harus bisa mencontoh pengusaha kuliner Sambal Bu Kaji yang sudah berpengalaman lama.

Memenuhi Lidah Para Penikmat Pecel Dengan Taburan Sambal Bu Kaji

Kuliner Pecel adalah salah satu kuliner Semarang. Walaupun mungkin kuliner pecel Semarang bukan asli Semarang, tetapi, makanan ringan yang satu ini selalu dikonsumsi masyarakat Semarang. Pada umumnya, orang Jawa khususnya semarang menyukai hidangan pecel, baik pecel sayur atau nasi. Karena itu, Sambal Bu Kaji menghadirkan variasi lain dalam penjualan sambal pecel yakni dengan membuka warung pecel. Warung pecel menghadirkan aneka pecel: pecel sayur, pecel nasi, gendar pecel. Tentunya, Sambal Bu Kaji dalam warungnya menghadirkan makanan pelengkap hidangan kuliner pecel semarang.

Bagi mereka yang malas bepegian menuju warung pecel Sambal Bu Kaji, mereka bisa memesannya lewat online. Artinya, mereka mengandalkan kurir online yang sekarang berfungsi sebagai pengirim kuliner semarang yang sebelumnya sudah bekerjasama.

Kalau dikatakan Sambal Bu Kaji adalah bentuk usaha kreatif, hal ini patut dibenarkan. Jadi, wajar bila setiap mengikuti kompetisi, Sambal Bu Kaji selalu menjadi yang unggul di antara yang unggul. Dalam hal ini, Sambal Bu Kaji unggul dalam IKM Award Semarang dengan meraih juara 3.

Baca: Bisnis Kuliner Rumahan

Di Dukung Media Penjualan Secara Online

Sambal Bu Kaji memang melakukan penjulalan secara online. Karena itu, Sambal Bu Kaji membutuhkan media online. Media online yang digunakan adalah situs blog, My Business Google, Madhang, Grabfood, dan situs marketplace lainnya. Ini membuktikan bahwa Sambal Bu Kaji dengan serius mengelola usaha kulinernya secara online.




,