Usaha Makanan Nasi Tumpeng Gudangan Unik dan Kreatif


Usaha makanan apa yang membutuhkan nilai keunikan dan kreatifitas? Mungkin, salah satunya adalah usaha makanan nasi tumpeng gudangan. Mengapa? Nasi tumpeng dibuat dengan membentuk bangunan krucut yang disampingnya dikelilingi aneka lauk macam. Tentunya, pembuatan nasi tumpeng tidak bisa sembarangan walaupun tidak sulit untuk membuatnya. Tetapi, pada dasarnya, banyak usaha makanan yang memang mengunggulkan tampilan unik dan kreatif.


Apakah peluang usaha makanan nasi tumpeng gudangan dianggap peluang yang bagus? Hal yang harus dipahami adalah bagaimana kepentingan nasi tumpeng gudangan untuk kesehariannya? Bila berbicara keseharian, apakah nasi tumpeng gudangan sering dijadikan konsumsi harian? Di lihat dari sejarah dan tradisinya, nasi tumpeng khususnya nasi tumpeng gudangan diperlukan ketika ada pesta atau hajat tertentu. Kalau nasi tumpeng gudangan dijadikan produk bisnis makanan, pemesanannya bersifat momentum. Kalau seperti ini, bagaimana memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari?

Sebagai pengusaha, anda harus bisa memecahkan masalah usaha makanan nasi tumbeng gudangan. Walaupun penjualan atau pemesanan makanan nasi tumpeng gudangan bersifat momentum, tetapi, ini tidak menjadi halangan untuk mendapat keuntungan setiap hari. Kok bisa mendapat keuntunga setiap hari?

Baca: Bisnis Makanan Ringan Pedas

Membangun 1000 Pelanggan Nasi Tumpng Gudangan Unik Dan Kreatif

Membabangun 1000 pelanggan hanya istilah belaka. Pada intinya adalah usaha makanan nasi tumpeng gudangan membutuhkan banyak pelanggan. Jangankan bisnis yang bersifat momentum seperti nasi tumpeng gudangan, bisnis makanan yang bersifat harian pun membutuhkan pelanggan. Membangun 1000 pelanggan dibutuhkan untuk mendapatkan pemesanan secara rutin.

Menariknya, walaupun usaha makanan nasi tumpeng gudangan membutuhkan 1000 pelanggan, usaha ini tidak akan bangkrut hanya karena efek tidak laku, tidak terbeli. Bayangkan, banyak penjual makanan yang mengeluhkan sebagian makanannya tidak terbeli. Padahal, makanan memiliki batas basi, batas tidak layak makan. Karena alasan ini, banyak pengusaha gulung tikar. Tetapi, usaha nasi tumpeng gudangan tidak akan mengalami seperti ini. Mengapa? Penjualan terjadi ketika ada pemesanan.

Resikonya, tentu ada untuk usaha makanan nasi tumpeng gudangan. Apa resikonya? Resikonya, semakin banyak pemesan, penanganan akan semakin berat. Hal ini masih bisa diatasi dengan menyetop pemesanan sementara dalam batas waktu tertentu. Resiko lainnya adalah, pemesanan batal di saat proses pembuatan. Ini juga masih bisa diatasi.

Cuma, membangun 1000 pelanggan memang sulit. Kalau sulit, bagaimana nasib usaha makanan nasi tumpeng gudangan yang unik dan kreatif ini? Pemasukan harian bisa tidak ada. Bagaimana memenuhi kehudupan sehari-hari bila tidak ada pemasukan?

Bernaung Dalam Badan Usaha Ala Sambal Bu Kaji

Apa yang dimaksud badan usaha? Sebenarnya, apa yang dimaksud badan usaha adalah badan yang mewakili beberapa produk. Intinya, usaha kreatif yang bisa melayani beberapa pepesanan. Agar mudah dipahami, penulis akan mencontohkan usaha Sambal Bu Kaji. Jadi, Sambal Bu Kaji mewadahi beberapa jenis sambal, salah satunya sambal gudangan atau bumbu gudangan. Nah, bila mengarah pada variasi usaha, sambal pecel dari Sambal Bu Kaji untuk kebutuhan pecel sayur sedangkan sambal gudangan untuk kebutuhan nasi tumpeng gudangan. Dari sini, anda mungkin makin jelas apa yang dimaksud badan usaha. Sekalipun Sambal Bu Kaji sudah mendaftarkan diri ke beberapa lembaga legalitas, anda tidak perlu bersusah-payah untuk ini.

Dari gambaran di atas, usaha nasi tumpeng gudangan bisa menjadi produk tambahan dari produk-produk lainnya. Walaupun pembeliannya sedikit, si pemilik tidak perlu khawatir pemasukan harian

Barangkali ingin tahu harga penawaran nasi tumpeng gudangan, Sambal Bu Kaji memberikan harga 300.000. Harga seperti itu sudah paket komplit pisang sepasang. Posri ini isa untuk porsi 15-20 orang.

Sajikan Nasi Tumpeng Gudangan Dengan Unik Dan Kreatif

Usaha unik dan kreatif adalah usaha yang mampu bertahan atas persaingan. Bila ingin usaha nasi tumpeng gudangan anda laris, dalam arti banyak pemesanan, anda harus membangun usaha yang unik dan kreatif. Bagaimana membuat gudangan yang unik dan kreatif? Nah, anda bisa memikirkannya. Sebagai contoh bentuk unik dan kreatif pada desain nasi tumpeng. Memang, bentuk tumpeng yang umum adalah berbentuk kerucut. Tetapi bila mementingkan usaha unik dan kreatif, anda harus memvariasikan bentuk nasi tumpeng.

Siapkan Tim Pekerja Dari Orang Terdekat

Mungkin, usaha pertama anda adalah usaha nasi tumpeng. Anda menjual nasi tumpeng yang kebetulan memiliki keahlian sedikit. Dengan modal terbatas, anda siap melayani pepesanan walaupun hanya di momen tertentu. Tentunya, tenaga pekerja untuk mengurusi pembuatan nasi tumpeng gudangan pun tidak terlalu banyak, mungkin hanya anda.

Selanjutnya, anda mendapatkan pemesanan yang banyak persoalan pembuatan nasi tumpeng gudangan. Kebetulan, anda menerima pemesanan tumpeng gudangan mini sehingga bisa dipesan dalam jumlah banyak untuk kebutuhan hajat. Bila seperti ini kasusnya, anda tidak bisa mengandalkan tenaga anda sendiri. Pun, anda tidak bisa sembarangan memilih beberapa pegawai. Disini, tidak ada mencari pegawai dadakan. Anda tidak profesional mengurusi nasi tumpeng gudangan bila mencari pegawai dadakan.

Anda perlu menyiapkan tim pekerja sedari awal. Artinya, anda melibatkan keluarga bisa di awal pengelolaan usaha makanan nasi tumpeng nasi.

Siapakah Orang Pertama Berminat Olahan Nasi Tumpeng Gudangan Anda?

Pembahasan ini menarik sebagai langkah awal memulai usaha makanan nasi tumpeng gudangan. Membuka usaha tentu akan mendatangkan para pembeli. Siapakah pembeli pertama atas nasi tumpeng gudangan? Kalau anda tidak bisa mejawab, anda belum mendapatkan satu pemesan pun. Bila seperti ini, langkah yang harus dilekukan adalah melakukan aktifitas marketing. Disini, anda harus menyiapkan beberapa hal kebutuhan marketing.

1. Ikuti Langkah Usaha Sambal Bu Kaji

Kalau anda membuka usaha makanan tumpeng gudangan langsung pada inti usahanya, anda akan kesulitan. Buktinya, anda belum bisa menjawab siapa pemesan pertama atas nasi tumpeng gudangan anda. Kalau sudah ada pemesan atas nasi tumpeng gudangan, ini sebagai dasar melangkah menuju keberhasilan dalam usaha makanan produk nasi tumpeng gudangan. Kalau tidak ada, anda jangan membuka usaha ini. Sifatnya yang memontum membuat anda perlu langkah lainnya.

Anda bisa meniru langkah dari perusahaan sambal yaitu Sambal Bu Kaji. Sambal Bu Kaji berawal mengelola sambal pecel. Namun sekarang, Sambal Bu Kaji melayani beberapa sambal diantaranya sambal gudangan.

Sebenarnya, gudangan bukan termasuk sambal. Tetapi, ciri khas pedas dalam gudangan membuatnya bisa disebut sambal.

Apa yang harus anda lakukan? Anda bisa membuka usaha sambal pecel. Dari sambal, anda bisa membuka usaha pecel sayur. seterusnya, anda bisa membuka pemesanan nasi tumpeng dengan suguhan sambal pecel dan juga gudangan. Nah, kalau sudah seperti ini, usaha anda akan terus mengalami kemajuan seperti usaha yang sudah dilakukan Sambal Bu Kaji dengan suguhan beberapa sambal dan olahan berbahan sambalnya.

Baca: Bisnis Makanan Modal Kecil

2. Menawarkan Makanan Gratis

Nah, ketika sudah memiliki memiliki produk unik hasil kreatif, anda bisa melakukan strategi memberikan makanan gratis yaitu berupa kumpulan produk yang dihimpun dalam nasi tumpeng. Anda jangan meremehkan langkah ini. Ketika lidah mereka sudah menempel produk anda yang enak hasil kreatif anda, marketing dari mulut ke mulut akan berjalan mempopulerkan usaha anda. Tentu, pemesanan tumpeng akan terus berdatangan setiap waktu.