Rahasia Usaha Makanan Ringan Pecel Sayur Sukses


Penulis ingin bertanya, apakah makanan pecel sayur termasuk makanan ringan? Bila anda menjawab “Iya”, berarti makanan pecel sebagai usaha makanan ringan dianggap tepat. Berbeda kalau anda “tidak”, berarti makanan pecel bukan termasuk makanan ringan. Tetapi, variasi pecel memang banyak. Pecel bisa dalam bentuk sayur, ayam-sayur, sayur nasi dan lainnya. Dimanakah letak makanan ringan sebuah pecel? Biasanya, hidangan pecel akan menjadi makanan ringan jika tidak diberi banyak asupan karbohidrat. Apakah pecel sayur dianggap makanan ringan? Bila menyesuaikan penjelasan ini, usaha warung pecel fokus pecel sayur dianggap warung yang menjual makanan ringan.


Sebelum menjelaskan panjang lebar, anda harus sepakat bahwa makanan pecel dianggap makanan ringan. Bila begitu, pembahasan kiat sukses usaha makanan ringan spesial pecel dianggap tepat.

Baca: Bisnis Makanan Ringan

Bagaimana rahasia sukses usaha makanan ringan spesial pecel? Mungkin pembahasan ini dianggap sama dengan pembahasanyang sesudahnya.

1. Mengandalkan Olahan Sambal Pecel Dari Sambal Bu Kaji

Apakah anda mau direpotkan dengan pembuatan sambal setiap harinya untuk keutuhan usaha pecel? Kalau anda merasa memiliki keahlian, ini tidak menjadi persoalan. Tetapi banyak orang yang menginginkan membuka usaha makanan tetapi mereka sendiri tidak memiliki keahlian meracik sebuah resep makanan. Mereka mengandalkan bahan-bahan yang sudah diolah dengan baik dari pabrik. Jadi, inti utama dalam usaha makanan pecel bukan terletak seberapa ahli seseorang mengenai makanan pecel. Jadi, disini, anda bisa mengandalkan produk olahan sambal dari Sambal Bu Kaji bila mau membuka usaha makanan ringan spesial warung pecel.

Alasannya memakai Sambal Bu Kaji mungkin karena di area sekitar wilayah anda tidak ada sambal khusus pecel. Daripada membuat sendiri yang tidak jelas rasanya, anda mengandalkan Sambal Bu Kaji dalam mengolah pecel sayurnya. Dengan ongkos kirim yang bisa ditutupi dengan keuntungan penjualan, anda bisa berjualan tanpa perlu memikirkan olahan sambal setiap harinya. Lagi pula, Sambal Bu Kaji bisa aset selama beberapa hari ketika ditaroh di dalam lemari pendingin.

2. Penjualan Fokus Pecel Sayur


Apakah usaha makanan ringan bisa laku mengandalkan hanya berfokus pada pecel sayur? Hal ini dihubungan dengan usaha berbahan kangkung dan sambal pada umumnya. Dengan menggandalkan gerobak, usaha mirip pecel ini laris dijual. Bagaimana dengan penjualan pecel sayur? Tentunya, ini bisa bernasib sama dalam penjualan sekalipun memakai gerobak. Jadi, pengusaha usaha makanan ringan pecel tidak melibatkan bahan lain seperti nasi, daging ayam atau gendar dalam usaha pecel kelas gerobak. Terpenting usaha makanan ringan pecel kelas gerobak mendapatkan penjualan yang sesuai target.

3. Pakai Teknik Rebus Sayur

Kelemahan penjualan pecel adalah perebusan kangkung dan sayur lainnya di awal. Ketika kangkung rebusan disimpan terlalu lama, ini bisa mempengaruhi rasa cemilan pecel sayur. Akibatnya, pelanggan merasa kecewa karena hidangan pecel sudah tidak enak. Di samping tidak enak, rebusan kangkung pun sudah dingin. Kalau direbus lagi, makanan ringan khas jawa ini sudah pasti akan lembek. Kalau direbus lagi, biaya pembelian gas pun membengkak.

Agar usaha makanan ringan pecel sayur sukses, kangkung dan sayur lainnya direbus setelah ada pemesanan. Perebusan bergantung dari jumlah pemesan. Hal ini jauh lebih efektif. Lagi pula, perubusan kangkung dan sayur lainnya tidak membutuhkan waktu lama. Ini menjadi alasan mengapa pemasakan ketika ada pemesanan. Hanya saja, air rebusan harus selalu panas. Bila seperti itu, api harus selalu nyala tiap waktunya walaupun tidak selalu menyala. Memakai pemasak nasi yang rapat dari keluarnya uap harus menjadi perhatian penting agar air selalu panas.

4. Usaha Pecel Mangkal Di Area Pendidikan

Kasus lagi penjual mirip pecel. Mengapa mirip pecel? Hal ini karena memakai sambal yang mencirikhaskan sambal terasi dan asam. Kasusnya bagaimana? Kasusnya berjualan di sekolah dan kampus. Setiap berjalan di area itu, banyak pembeli yang selalu mengantri. Ini mengidentikkan penjualan yang memakai sayur kangkung campur sambal dianggap peluang usaha makanan ringan yang bagus. Hal ini bisa untuk percontohan usaha makanan ringan pecel. Penjualan yang dilakukan pun tidak sulit, hanya menggunakan gerobak dorong yang mangkal di salah satu tempat (kalau sudah sepi, pedagang pulang)

5. Bungkus Menggunakan Plastik, Mangkok Gabus, Kertas Makanan

Sebenarnya, pengemasan ini menjadi kesulitan tersendiri dalam usaha makanan ringan kelas gerobakan mangkal. Mengapa? Makanan pecel mau dibungkus memakai apa? Bagaimana keefektifan memakan pecel sayur? Ini menjadi perhatian serius yang harus dipecahkan.

  • Solusi Plastik Untuk Pecel Sayur
Ingat! Anda sedang menjual pecel sayur. Sayuran memang sulit untuk dimakan ketika dibungkus plastik. Rata-rata pecel sayur dimakan dalam wadah piring. Namun kalau kelas gerobak, pembungkus plastik menjadi pilihan pembungkus pecel sayur. Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana memakai pecel sayur menggunakan plastik. Namun bila sudah ada contoh kasus, dan anda sudah menikmati memakai makanan ringan yang satu ini dalam plastik, anda bisa memakai pembungkus plastik.

  • Solusi Mangkuk Gabus
Solusi terbaik adalah anda bisa menggunakan mangkok gabus. Ketika pecel sayur menggunakan mangkok gabus, para konsumen bisa dengna mudah menikmati makanan ringan yang satu ini. Masalahnya, menggunakan mangkok gabus membutuhkan biaya yang agak mahal, sepertinya. Tapi, bila selisih harga antara pembungkus dari plasti dan mangkok gabus tidak terlalu besar, anda bisa menggunakan mangkok gabus dalam pembungkusan makanan ringan pecel sayur.

  • Solusi Bungkus Kertas Makanan
Ini solusi terakhir yang mungkin jauh lebih efektif dari 2 wadah makanan pecel sayur di atas. Mengapa lebih efektif? Karena tidak membutuhkan tempat yang repot dibuka dan juga tidak membuat tumpah ketika terjatuh. Harga mungkin jauh lebih murah mengingat bahan kertas terbuat dari kartas yang mudah didaur ulang.

6. Sediakan Gorengan Dan Kerupuk

Biasanya, teman terbaik pecel adalah gorengan dan kerupuk. Anda bisa menambahkan ini dalam usaha makanan ringan pecel sayur. Ya, disini pembahasanya adalah pecel sayur. Ketika anda menambahkan ini, mereka akan membeli dua sekaligus: pcel sayur dan gorengan/kerupuk. Tentunya, keuntungan bisa berlipat ganda.

7. Membuka Pemesanan Via Online

Tidak ada yang salah dong bila ternyata makanan ringan pecel sayur anda terasa enak. Jelas enak, usaha pecel anda mengandalkan Sambal Bu Kaji yang dari semarang. Karena enak, anda memberanikan diri membuka usaha makanana ringan yang satu ini secara online. Anda tidak perlu membayangkan yang rumit. Dengan mengandalkan aplikasi Madhang, Grabfood atau sejenisnya, makanan ringan pecel enak anda akan sampai ke tangan pembeli. Para kurir ojeg online siap mengantar pemesanan pembeli. Tentunya, ini jauh lebih bisa menarget para pelanggan luas.

Hanya saja, anda perlu memikirkan masalah tempat pecel sayur yang akan dijual menggunakan aplikasi Madhang atau sejenisnya. Kalau menggunakan mangkok gabus, khawatir pecah akibat benturan ke motor atau lainnya. Tentunya, anda bisa mengetahui bagaimana kemasan para penjual online dengan cara membelinya.