9 Cara Membuat Toko Online Di Instagram


Bagaimana cara membuat toko online di Instagram? Cara membuat toko online di instagram memang mudah. Hanya saja, instagram mementingkan gambar yang terlihat profesional dan bagus. Ini sulit dilakukan bila anda tidak memiliki kemampuan menghasilkan gambar. Walaupun begitu, kualitas gambar sebenarnya tidak menjadi persoalan. Terpenting, anda memfoto produk anda sendiri. Bila anda memfoto produk anda sendiri, artinya, anda memang serius berjualan. Mengapa dianggap serius? Anda menyetok produk.


Apakah anda mau berjualan produk kuliner atau makanan secara umum dengan toko online media instagram? Bila mau, anda bisa membaca informasi cara membuat toko online di instagram di bawah.

1. Buat Berdasarkan Nama Brand Toko Online Anda

Instagram sulit tembus di mesin pencari. Artinya, instagram sulit berada di halaman pertama sekalipun menarget kata kunci yang sifatnya kata kunci panjang. Maka dari itu, anda tidak perlu menerapkan teknik SEO untuk Instagram. Mungin anda berpikiran bahwa dengan bantuan url posting gambar, instagram akan mendapatkan kunjungan dari mesin pencari. Bila seperti ini pemikiran anda, pikiran anda salah. Anda bisa mengecek dengan url site:instagram.com/ubayzaman. Anda tidak akan menemukan satu url postingan gambar pun di mesin pencari. Jadi, lebih baik anda membuat brand untuk nama akun Instagram anda.

2. Buat Icon Alias Logo Brand Toko Online Instagram

Foto profil anda harus dibuat dalam bentuk logo. Memang, anda tidak selalu menggunakan logo di dalam foto profil. Bisa jadi, anda menggunakan gambar produk. Tetapi, pada intinya, anda harus membuat logo toko online bila memang anda belum memproduksi produk sendiri. Terkecuali, anda sudah memproduksi produk sendiri, anda bisa menggunakan brand perusahaan anda. Hal ini seperti kasus Sambal Bu Kaji yang menggunakan logo perusahaan itu sendiri. Jadi, logo untuk toko online instagram mengikuti logo perusahaan.

Pembuatan logo atau icon salah satu cara bagaimana membuat toko online di instagram yang harus anda pikirkan matang. Pembuatan logo bisa menggunakan jasa. Tetapi, paling tidak, anda sudah memiliki brand simpel terlebih dahulu sebelum merogoh kocek untuk pembuatan logo.

3. Aktifkan Instagram Bisnis

Cara membuat toko online berikutnya adalah membuat akun Instagram bisnis. Anda tidak perlu mencantuman email dan nomer hp karena di akun Instagram bisnis sudah bisa membuat tombol email dan telepon. Memang, Instagram memiliki kotak pesan private sehingga bisa berkomunikasi secara private. Tetapi, penulis belum mengetahui apakah si penerima pesan bisa melihat informasi pesan atau tidak. Mungkin, bila Instagram bisnis, pemilik akun akan mendapatkan informasi pesan private, tidak seperti Instagram biasa. Tetapi, jika memang tidak bisa, anda sudah memberikan alternatif pesan private yakni melalui email dan nomer hp.

4. Tulis Bio Dengan Jelas

Anda harus membuat bio yang jelas mengenai toko online di Instagram. Terpenting, cara membuat bio harus mengandung kalimat menarik. Hal ini terinspirasi oleh seorang guru marketer, Gm Susanto. Kebetulan penulis adalah salah satu murid beliau. Berikut tulisan bio yang bisa anda tiru dalam toko online di Instagram.

Digital Marketing Mentor
• E-Commerce Expert
• Penulis Buku The PowerOf Digital Marketing.Sudah 5x Cetak,10 Rb Copy Terjual.Tanpa Promosi Massive

Anda sudah melihat bagaimana cara membuat bio yang powerfull di toko online Instagram? Anda bisa menerapkan hal itu untuk toko online Instagram anda.

5. Bangun Kekuatan Konten Di Toko Online Instagram

Sebelum Instagram anda diiklankan lewat media sosial, anda harus membangun kekuatan konten tersendiri. Cara ini yakni cara membuat toko online seperti ini sudah bagian dari proses. Kekuatan konten bisa dalam bentuk penyatuan gambar yang terbagi di 4 postingan gambar. Masih belum paham? Jadi 4 postingan gambar membangun kesatuan gambar. Ini sering ada pada Instagram. Inilah salah satu bentuk kekuatan konten. Harusnya, anda bisa memfoto produk secara online agar tidak membayar biaya fotografer. Anda cukup mengandalkan hp yang bagus dalam pemotretan. Hal ini sederhana namun bila anda mengurus sendikit konten dengan hasil yang prefesional, toko online anda Instagram terlihat profesional.

Mengapa membuat konten di Instagram bagian dari cara membuat toko online? Karena cara membuat toko online di instagram cenderng mudah, tidak perlu seting sana-sini. Jadi, anda berfokus membuat toko online di Instagram dengan cara membangun kekuatan konten di awal membuat toko online sebelum diiklankan.

6. Serasikan Warna Konten Di Toko Online Instagram

Cara berikut dalam membuat toko online di Instagram adalah keserasian warna. Keserasian warna menjadi penting. Hal ini bila anda sudah menentukan warga untuk brand dan logo anda. Rata-rata perusahaan akan menserasikan warna untuk keseluruhan. Bila perusahaan membuat toko online di Instagram, keserasian warna dalam konten Instagram akan diperhatikan. Jadi, setelah anda membuat brand, anda harus menentukan warna dari tulisan brand. Setelah itu, anda bisa memikirkan bagaimana warna logo dan background gambar. Tentunya, anda harus memperhatikan bagaimana keserasian warna membantu mengindahkan toko online di Instagram.

7. Membuat Tag Konten Toko Online Yang Banyak Dicari Orang

Cara membuat toko online di instagram berikutnya adalah membangun hastag. Ya, ini bagian dari membangun kekuatan konten. Tetapi, pembahasan hastag harus dipisahkan agar anda memahami bagaimana sumber trafik kunjungan berdatangan secara otomatis. Ya, hastag bisa menjadi sumber trafik kunjungan otomatis ke toko online instagram. Namun, hal ini bisa terjadi jika anda memilih hastag yang populer dicari orang. Ciri-ciri hastag populer adalah hastag yang memiliki peng-tag minimal 1000. Biasanya, hastag busana atau dunia fashion yang paling pupuler karena instagram erat kaitannya dengan fotografi. Tetapi, bagi pengusaha kuliner, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa memilih hastag makanan populer.

8. Tampilkan Sorotan Story Dalam Toko Online Instagram

Anda harus memasang sorotan story sebagai salah satu . Biasanya terpasang di atas gampar posting. Sorotan story biasanya berisi vidio terstimoni. Hal ini bisa anda atur sendiri. Dengan membuat sorotan story, toko online anda akan terlihat serius. Apalagi konten sorotan story yang dihadirkan memang serius dan bermanfaat, toko online instagram anda akan diminati banyak orang.

9. Jangan Disetting Private

Sebagian online shop alias toko online banyak yang mem-private-kan halaman tokonya. Mereka bisa melihat bila sudah disetujui pemilik akun Instagram. Jelas, cara seperti ini tidak efektif dalam menspesialkan kunjungan pertama. Seharusnya, kunjungan pertama harus memudahkan pengunjung dalam membaca informasi. Kalau harus memfolow terlebih dahulu, apalagi anda telat menyetujui, ini bisa mengurungkan niat mereka mempelajari apa yang anda tawarkan.

Kesimpulan

Cara membuat toko online di Instagram memang mudah. Anda tidak perlu melakukan penyetingan yang rumit. Hanya saja, kesulitan terbesarnya adalah menjaring pengunjung. Memang, anda bisa melakukan periklanan. Tetapi, hal ini membutuhkan biaya. Anda harus memikirkan biaya yang terbuang dengan pemasukan yang dihasilkan setelah pemasangan iklan.