Cara Jualan Online Makanan Basah


Bagaimana cara jualan online makanan basah? Makanan basah di sini adalah makanan yang mudah basi. Sebagai contoh adalah kue basah. Rata-rata kue basah seperti martabak, pecel sayur dan lainnya memiliki daya tahan yang lemah atas kebasian. Berbeda dengan makanan kering seperti keripik, kue dan lainnya sering memiliki daya tahan yang kuat atas kebasian. Bila seperti itu, cara jualan online atas makanan basah dan kering bisa dianggap berbeda. Di sini, penulis akan menjelaskan cara jualan online khusus untuk makanan basah. Tentunya, secara garis besar, cara jualan online antara makanan basah dan kering bisa dianggap sama. Perbedaannya pada spesifikasi strategi bagaimana mengejar target penjualan agar tidak merugi.


Di sini, penulis mengambil studi kasus warung pecel milik Sambal Bu Kaji yang tentunya menjual makanan-makanan basah seperti pecel sayur, gorengan dan sebagainya. Di sini, sambal milik Sambal Bu Kaji pun bisa masuk dalam jenis makanan basah karena sambal bisa langsung dimakan atau untuk keperluan campuran sayural alias pecel sayur.

1. Memperhatikan Jumlah Pesaing Terlebih Dahulu

Apakah makanan basah banyak dijual secara online? Banyak. Tetapi makanan khusus kunci. Anda jangan salah pikir dulu. Penulis mencoba meriset ke salah satu situs marketplace dengan kata kunci “makanan basah”. Ternyata, kata kunci itu memunculkan deretan makanan basah untuk kucing. Lalu penulis meriset kembali dengan kata kunci “rendang” yang mewakili makanan basah. Nah, banyak penjual rendang ternyata. Ini menjadi kunci bahwa makanan basah memiliki banyak penjual. Lalu saya meriset kembali dengan kata kunci “pecel” sebagai perwakian makanan basah yang lain. Ternyata, banyak penjual yang menjual sambal pecel saja. Lalu penulis meriset kembali dengan kata kunci “pecel sayur”. Ternyata kata kunci “pecel sayur“ banyak pencarinya.

Kesimpulannya, makanan basah banyak penjual termasuk Sambal Bu Kaji dan bisa dijual di berbagai situs marketplace walaupun situs tersebut menjual berbagai jenis produk selain makanan. Namun, pecel sayur milik Sambal Bu Kaji masih dijual di situs aplikasi khusus masakan.

Penjelasan di atas sebagai inspirasi cara jualan online makanan basah. Artinya, anda tidak perlu khawatir membuka usaha jualan online makanan basah. Walaupun demikian, banyak pesaing mengidentikan bahwa produk makanan basah online anda harus bisa bersaing.

2. Memperhatikan Ketahanan Makanan Basah Atas Basi

Kalau masalah ketahanan makanan basah, kebanyakan memang cepat basi. Memang hal seperti itulah yang ada di dalam mananan basah. Tetapi, tetap, kecepatan basi setiap makanan basah pun berbeda-beda. Namun anda tetap memperhatikan ketahanan basi, apakah bisa untuk 1 hari atau 3 hari. Kalau sudah mengetahui ketahanan, anda bisa mencari cara jualan online makanan basah yang tepat untuk setiap jenis makannya. Ya, setiap jenis makanan basah memiliki cara jualan online yang berbeda-beda.

Penulis perlu memberikan contoh cara jualan online makanan basah pada kasus pecel sayur dari Sambal Bu Kaji. Tentunya, contoh cara jualan online makanan basah sampel pecel sayur ini tidak bisa diterapkan untuk semua jenis makanan basah. Ini sebagai contoh bagaimana memperhatikan ketahanan makanan basah atas basi atau lebih tepatnya contoh bagaimana mengelola makanan basah agar terhindar dari basi sebelum terjual.

Cara pengelolaan makanan basah sayur pecel tidak terlepas dari olahan sayur dan sambal. Pembeli akan membeli makanan basah pecel sayur dengan kondisi sayur yang sudah dimasak. Solusi atas kebasian atas sayur olahan, anda bisa mensiasati dengan mengolah sayur setelah ada pemesanan. Agar tetap bisa hangat ketika sampai ke tangan pembeli, anda bisa membungkus sayuran dengan plastik khusus. Hal ini bisa diatasi.

Masalahnya, bagaimana dengan sambal? Ini yang anda perlu pikirkan. Sambal bisa kuat dari basi tetapi bisa jadi rasanya berubah. Tahan atas basi saja, ini belum dianggap cukup untuk sambal. Rasa bisa saja berubah yang bisa merusak bisnis. Ini bisa identik dengan basi atau semi basi. Jadi, anda harus bisa mempertahankan rasa pada intinya. Bagaimana? Biasanya, sambal bisa bertahan lama bila ditaruh dalam lemari pendingin. Ini menjadi solusi. Ketika ada pemesanan pecel secara online, anda bisa mengambil sambalnya dari lemari pendingin.

3. Harus Membuka Warung atau Tempat Penjualan Fisik

Cara jualan online makanan basah yang bisa dianggap terpercaya adalah memiliki tempat penjualan secara fisik. Anda bisa saja berjualan sambal pecel, pecel sayur dan makanan basa lainnya tanpa toko alias tempat fisik untuk berjualan bila secara online. Tetapi, untuk memaksimalkan hasil, memiliki tempat fisik memang harus dipenuhi. Di samping untuk memperkuat kepercayaan, anda bisa mendaftarkan bisnis anda pada My Businnes Google yang akan membantu dalam penjualan. Memang, membangun warung makanan khususnya makanan bisa menghabiskan modal banyak. Tetapi, itulah fakta yang harus diperhatikan.

Dalam membangun tempat penjualan fisik, hal ini pun dilakukan Sambal Bu Kaji dengan warung pecelnya. Bisa jadi mereka yang berkunjung ke semarang mencari tempat kuliner pecel sayur lewat onine. Akhirnya, mereka menemukan warung pecel Sambal Bu kaji.

4. Jangan memaksakan Kehendak Menjual Makanan Basah

Anda tidak salah menjual pecel sayur secara online. Penjualanya masih diminati banyak orang yang satu kota. Tetapi, bila anda ingin menarget pasar lintas kota, anda jangan memaksakan menjual pecel sayur. Di samping lama dalam waktu pengiriman, pengemasan produk pun harus memenuhi standar pabrik. Bila seperti ini, anda bisa memilih produk lain yang layak dijual lintas kota. Pada intinya, cara jualan online makana basah harus benar-benar diperhatikan dalam hal bagaimana kemasan produk bisa sampai dalam waktu cepat tanpa ada masalah.

Berikut target penilaian atas produk yang bisa anda ambil:
  • Tentang harga sebuah produk makanan basah. Penjualan yang mampu berharga mahal jauh lebih efektif atau per item murah dengan penjualan paket.
  • Tenang pengemasan. Semakin jauh pengiriman, makin harus dipikirkan dalam keamanan.
  • Tentang daya tahan produk makanan basag. Produk cepat basi harus dijual dalam lingkup kota.

5. Ikuti Semua Situs Marketplace Yang Melayani Kurir Ojek Online alias Ojol

Entah produk anda sesuai standar baprik atau tidak, anda harus mengikuti banyak situs marketplace yang tersedia. Mengapa harus banyak? Masing-masing memiliki pelanggannya sendiri dalam bertransaksi. Penulis sendiri terbiasa berteransaksi di satu jenis situs marketplace. Jadi, memiliki banyak situs marketplace adalah solusi memperlebar pelanggan. Apalagi, anda tidak memiliki situs dan hanya menarget sesamakota dalam penjualan. Lagi pula, pendafaran anda gratis di beberapa situs marketplace yang anda kenal. Di samping itu, anda akan difasilitasi banyak rekening sehingga bisa terbantu dalam menjangkau banyak pelanggan

Mengapa harus banyak memanfaatkan media penjualan gratis? Produk makanan basah anda berurusan dengan waktu basi yang cepat. Jadi, anda membutuhkan tingkat penjualan yang banyak dalam waktu cepat. harus bila tidak ingin merugi. Ini salah satu cara jualan online makanan basah yang perlu diperhatikan.