Kerjasama Bisnis Kuliner Spesial Rumah Makan Semarang


Anda pemilik rumah makan Semarang yang ingin menghadirkan variasi menu makanan baru yakni menu pecel sayur tetapi masih bingung masalah pengolahan sambal pecelnya? Anda bisa melakukan kerjasama bisnis kuliner bersama Sambal Bu Kaji. Kebetulan, Sambal Bu Kaji peroperasi di Semarang. Ya, salah satu jenis kerjasama bisnis kuliner adalah memadukan bumbu dengan makanannya, salah satunya bumbu pecel dengan sayur-mayurnya. Bila anda melakukan kerjasama bisnis kuliner bersama Sambal Bu Kaji, tidak salah tempat. Mengapa demikian? Sambal Bu Kaji tidak hanya menjual sambal kemasan untuk konsumen ibu rumah tangga semata. Sambal Bu Kaji pun melayani pemesanan sambal untuk kebutuhan usaha, seperti usaha pecel atau rumah makan.


Baca: Bisnsi Kuliner Rumahan

Mengapa Rumah Makan Layak Kerjasama Bisnis Kuliner Dengan Sambal Bu Kaji?

Pada dasarnya, pengusaha pecel pun layak melakukan kerjasama bisnis kuliner bersama Sambal Bu Kaji. Tetapi, rata-rata pengusaha pecel memiliki ciri khas sambalnya masing-masing. Artinya, mereka sendiri mengelola sambal pecelnya sendiri. Bagaimana dengan rumah makan? Rumah makan biasanya memiliki variasi menu yang berbeda-beda. Bagi rumah makan lesehan daerah jawa, kemungkinan mereka menghadirkan hidangan pecel. Tentunya, bagi pelaku bisnis kuliner yang memiliki aneka menu, akan kesulitan mengelola menu baru di luar kapasitasnya. Tetapi, mereka membutuhkan variasi menu baru atau mengganti menu yang lama, salah satunya dengan menu pecel, agar pelanggan mendapatkan yang baru. Cara terbaik adalah bekerjasama bumbu dengan Sambal Bu Kaji bila kesulitannya masalah penyediaan bumbu/sambal pecel.

Mengapa Rumah Makan Semarang Dalam Kerjasama Bisnis Kuliner Bersama Sambal Bu Kaji?

Tentunya, ini berkaitan dengan pengiriman barang. Semakin jauh barang dikirim, biaya ongkir akan semakin mahal. Jadi, rumah makan yang difokuskan pengelola sambal pecel semarang yakni Sambal Bu Kaji dalam kerjasama bisnis kuliner adalah rumah makan yang berada di Semarang. Tentunya, ini jauh lebih menghemat biaya pengiriman barang. Sebagai pemilik rumah makan, tentunya menginginkan mendapatkan keuntungan yang besar dengan nilai harga jual yang tidak mahal. Bila seperti itu, rumah makan harus memenuhi stok sambal untuk menu pecel pada suplier yang memang tidak jauh dari jangkauannya. Bila rumah makan berada di daerah Semarang, alangkah baiknya memilih sambal pecel di area Semarang. Hanya menggunakan mobil pribadi dengan biaya transportasi yang murah, pemilih rumah makan bisa berjualan pecel hidangan khas semarang dengan harga murah.

Mengapa Melakukan Kerjasama Bisnis Kuliner Bersama Sambal Bu Kaji?

Tidak ada alasan untuk tidak menghadirkan pembahasan sambal pecel dari Sambal Bu Kaji mengingat sambal pecel ini salah satu sambal yang sudah dikenal banyak masyarakat Semarang. Bahkan, tidak hanya dikenal dalam segi fisik, sambal pecel dari Sambal Bu Kaji dikenal dalam segi kualitas. Banyak masyarakat atau konsumen yang mengakui bahwa sambal pecel dari Sambal Bu Kaji memiliki rasa yang gurih, enak dan tentunya bisa membuat lidah ketagihan.

Bagaimana bila sambal pecel dari Sambal Bu Kaji ditaburkan untuk hidangan pecel di rumah makan anda? Bisa jadi, sebagian besar pelanggan rumah makan anda akan bernasib seperti para pelanggan yang sudah menikmati pecel sayur di warung Sambal Bu Kaji. Ya, Sambal Bu Kaji memang membangun warung pecel untuk memenuhi lidah para pelanggan sambalnya.

Tetapi, untuk kebutuhan bisnis kuliner, hal ini belum dianggap cukup bila tidak menyertakan hal yang lain yang lebih mendukung sambal pecel yang terpercaya. Untuk itu, agar rumah makan Semarang memilih kerjasama bisnis kuliner bersama Sambal Bu Kaji, penulis perlu menjelaskan alasan-alasannya. Berikut penjelasannya:

1. Jaminan Memenuhi Unsur Keseahatan

Sambal Bu Kaji sudah memiliki sertifikat penyuluhan keamanan pangan no. 3947/3374/16 dari Dinas Kesehatan kota Semarang. Hal ini sebagai penguat alasan mengapa rumah makan Semarang kerjasama bisnis kuliner bersama Sambal Bu Kaji. Menurut pengelola sendiri, Sambal Bu Kaji diolah dengan tidak memakai MSG, tidak memakai bahan pengawet dan juga tidak menggunakan bahan pewarna sekalipun hal ini dibolehkan dalam takaran yang dianjurkan. Jadi, bila rumah makan sehat berisi hidangan pecel sayur dengan taburan sambal pecel dari Sambal Bu Kaji, hal ini dianggap sesuai standar kesehatan.

2. Jaminan Memenuhi Unsur Kehalalan

Bagi kebanyakan muslim, makanan halal dijadikan makanan utama sebelum standar sehat. Maka setiap perusahaan yang produknya berkepentingan untuk kebanyakan muslim, makanan harus dalam kondisi halal. Bukan sekedar dalam kondisi halal, makanan harus terdaftar di lembaga kehalalan yaitu MUI. Sebenarnya, tanpa mendaftar ke MUI, makanan bisa layak jual dan banyak yang minat selagi mananan berjenis yang dihalalkan. Tetapi, demi memenangkan pesaingan, makanan harus terdaftar dalam MUI. Banyak orang awam yang merasa ragu dengan makanan perusahaan. Salah satu produk yang terdaftar dalam lembaga MUI adalah sambal pecel dari Sambal Bu Kaji.

Jadi, pengelola rumah makan tidak perlu khawatir melakukan kerjasama kuliner dengan Sambal Bu Kaji dalam kebutuhan stok sambal pecel. Sambal Bu Kaji sudah terdaftar di lembaga MUI.

3. Jamiman Terpenuhinya Stok Sambal Dari Industri Rumahan Terdaftar

Bisa dikatakan, Sambal Bu Kaji adalah perusahaan kecil yang bergerak dalam pengelolaan sambal pecel atau disebut IRT, industri rumah tangga. Perusahaannya pun terdaftar di lembaga terkait yang mengurusi isin bisnis. Dengan memiliki surat hak untuk melakukan usaha industri, tentunya, industri rumahan Sambal Bu Kaji bersifat legal. Arti legal disini bukan diartikan lawan dari perusahaan yang tidak terdaftar. Ketika ada permasalahan industri, baik karena persaingan atau masalah apapun, Sambal Bu Kaji memiliki perlindunangan hukum. Sifat legal disini lebih kepada bisa mendapatkan hak perlindungan hukum atas permasalahan yang menimpa.

Nah, apakah anda berniat melakukan kerjasama kuliner bersama Sambal Bu Kaji? Tentunya, anda akan diuntungkan dengan melakukan penggabungan usaha-usaha yang memiliki surat legalitas perusahaan/industri.

Bagaimana Tahap-Tahap Melakukan Kerjasama Bisnis Kuliner

Sambal Bu Kaji sering melakuakan kerjasama bisnis dengan pihak lain, ada yang disetujui dan ada yang tidak. Salah satunya pihak yang menyutuji adalah pihak yang berkeinginan dengan stok sambal kebutuhan bisnis kuliner. Kalau pihak yang tidak mengalami kesepakatan, termasuk dari pihak Sambal Bu Kaji sendiri adalah kerjasama dalam pemenuhan stok sambal kemasan. Dengan pengalaman seperti ini, tentunya, anda bisa menganalisis terlebih dahulu bila ingin melakukan kerjasama bisnis kuliner bersama Sambal Bu Kaji, baik dalam persoalan harga, kesepakatan pengiriman barang dan sebagainya. Di sini adanya pengawalan sebuah komunikasi. Menurut Sambal Bu Kaji, sambal kebutuhan usaha harus dikomunikasikan terlebih dahulu untuk kebutuhan stok tanpa dadakan. Bila mengalami persetujuan, barulah terjadi transaksi sampai dengan penyerahan sambal.

Biasanya, permasalahan kerjasama yang perlu dibicarakan serius adalah masalah harga. Tetapi, Sambal Bu Kaji sendiri sudah memberikan dan menetapkan harga sambal, baik kemasan atau curah. Terpenting, Sambal Bu Kaji sudah membuktikan diri bahwa usaha sambal pecel bisa mengandalkan Sambal Bu Kaji dengan harga terjangkau. Ini bisa menjadi ukuran harga pecel di rumah makan anda, mengikuti harga sambal pecel dari Sambal Bu Kaji sampai dengan penentuan harga pecelnya.