Jualan Rumbah Asem Yang Bikin Ketagihan


Bagaimanakah wujud dari rumbah khususnya rumbah asem? Kalau anda sudah menikmati atau melihat pecel, berarti anda sudah bisa menggambarkan wujud dari rumbah khususnya rumbah asem. Menurut penulis, rumbah adalah bahasa lain dari pecel. Kalau rumbah, ini bahasa berasal dari Cirebon-Indramayu. Kalau pecel, kemungkinan berasal dari jawa. Jadi, antara rumha dan pecel ada kesamaan sehingga tidak perlu diperdebatkan. Ini hanya masalah faktor bahasa saja. Perbedaannya terletak dari pengelolaan sambal/bumbu untuk rumbah dan pecel. Biasanya bumbu rumbah tidak dibuat kemasan. Kalau bumbu pecel, sudah banyak beredar penjualan sambal/bumbu pecel. Perbedaan lainya juga terletak dari pencampurannya. Rumbah khususnya rumbah asem tidak bercampur dengan nasi dalam penjualannya. Sedangkan pecel, sebagian pecel ada mencampurkan dengan nasi.

Sumber: resepmasakanjawakita.blogspot.com

Tetapi, sepertinya, rumbah asem akan benar-benar berbeda dengan pecel pada umumnya. Biasanya, bumbu atau sambal pecel memberikan kacang dalam sambalnya. Tetapi, rumbah asem tidak demikian. Justru, bila rumbah asem diberi kacang, rasa gurih yang berasal dari trasi akan berkurang sehingga ciri khas rumbah asem pun berkurang. Tetapi, bisa saja rumbah asam masuk dalam salah satu jenis pecel yang memang berada di daerah jawa barat, khususnya Cirebon-Indramayu. Karena pada dasarnya, defisini pecel adalah menumbuk yang mana ada aktifitas penumbukkan cabai dan bahan lainnya sebagai sambal.

Bagaimana Resep Membuat Rumbah Asem Untuk Jualan?

Resep mudahnya, anda tidak perlu menghadirkan kacang tanah goreng dalam pembuatan sambal. Anda bisa menggunakan sambal trasi sebagai pengganti rasa gurih dari kacang. Di samping itu, sambal asam tentunya harus diberi asam untuk menciptakan sambal yang segar. Memang, sambal tanpa asam bisa masih terasa enak walaupun ciri khas rumbah asam hilang. Jadi, penggunaan asam sebagai bagian dari sambal rumbah karena sudah menjadi ciri khas rumbah yakni rumbah asam. Namun, bahan lainnya tetap masih dibutuhkan seperti cabai, garam, gula dan air. Tetapi, sambal asam biasanya menggunakan cabai rawit, tidak memakai cabai merah.

Apaka anda masih kesulitan membuat sambal untuk rumbah asam? Terpenting adalah kepandaian anda dalam memberikan takaran dalam masing-masing bahan pembuat sambal rumbah asam. Ketika penggunaan bahan yang pas, rasa sambal asam akan terasa enak sehingga rumbah asam anda diminati banyak pembeli.

Temani Rumbah Asam Dengan Bakwan Kenyal

Ada beberapa jenis bakwan, baik bentuk atau rasa. Namun di sini, bakwan yang dimaksud adalah bakwan kenyal yang sebagai teman memakan rumbah asam. Kalau anda sudah memakan bakwan yang kenyal, berarti anda sudah bisa membayangkan bahwan yang seperti apa. Bakwan ada yang renyah, memang. Maka untuk rumbah asam, anda bisa menyediakan bakwan kenyal. Mengapa bahwan kenyal yang dijadikan teman memakan rumbah asam? Hal ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri dalam menikmati rumbah asam dengan bakwan kenyal. Hal ini dianggap menyatu.

Jualan Rumbah Asam Bisa Dengan Sistem Penjualan Rumbah Dadakan

Dari pengamatan penulis, judul yang tertulis adalah “rujak dadakan”. Memang, ada beberapa penjual yang memang memakai judul “rujak dadakan” dalam penjualannya. Tetapi, hal ini bisa diplesetkan dengan judul “rumbah asam dadakan”. Hal ini sebagai pembuktian bahwa jualan rumba asam dadakan pun bisa dan memang bisa. Tujuanya, agar anda bisa berjualan di tempat yang jauh dari rumah. Dengan mengandalkan gerobak keliling, anda bisa berjualan rumbah di tempat jauh. Tetapi, penjualan rumba tidak dan jangan berkeliling agar para pelanggan berdatangan sendiri. Kalau keliling, pelanggan tidak tahu jam kelilingnya dan kebutuhan akan rumbah asem dadakannya. Rata-rata penjualan rumbah asem dadakan memang tidak berkeliling.

Sistem jualan rumbah asam dadakan ini bermanfaat untuk mencegah kebasian pada sayuran. Jadi, dadakan yang dilakukan ada di olahan sayur yakni kangkung. Dengan dadakan, anda bisa menghadirkan sayuran yang selalu hangat. Para konsumen akan merasa senang dengan suguhan sayur hangat yang masih segar.

Apaka Bisa Menggunakan Variasi Sambal?

Sepertinya, anda tidak perlu memakai variasi sambal. Hal ini bisa membingungkan dalam hal judul dan pelayanan. Bisa saja, anda salah menaruh sambal pada yang seharusnya tidak untuk ditaruh. Ini bisa merusak kepercayaan. Di samping itu, anda tidak bisa memberikan kepastian judul rumbah. Ya, anda tidak menghadirkan variasi sambal. Hal terpenting yang harus dilakukan dalam variasi rumbah selain rumbah pecel adala suguhan makanan pendampingnya. Hal ini sudah dilakukan para penjual pecel. Mereka menghadirkan pecel beserta pendampingnya seperti telur, rempeyek, nasi dan sebagainya. Jadi, anda tidak perlu menghadirkan variasi sambal, cukup variasi hidangan rumbah asam.

Jualan Rumbah Asam Bisa Dijual Di Sepanjang Pulang Jawa

Daerah jawa sudah mengenal dengan pecel. Bila mereka disuguhi rumbah asam, ini sudah dianggap hal yang biasa. Artinya, mereka tidak merasa asing dengan suguhan rumbah asam. Bahkan, bisa jadi mereka tetap menganggap dengan sebutan pecel daripada rumbah. Seperti yang sudah dijelaskan, rumbah khususnya rumbah asam adalah kata yang biasa disebut orang Cirebon atau Indramayu. Sedangkan pecel, sudah biasa disebut orang jawa tengah atau timur. Jadi, kemungkinan, hidangannya sama tetapi penamaannya dan cara penyajiannya berbeda.

Maksudnya, bila anda yang memahami resep rumbah asam dan berniat berjualan di daerah jawa, kebetulan merantau di sana, anda akan mendapatkan kemudahan langkah. Pasalnya, hidangan rumbah asam seperti pecel, jadi lidah mereka tidak terasa asing. Hanya saja, anda menyuguhkan rumbah asam yang sepertinya agak berbeda dengan pecel yang banyak dijual di jawa.

Bagaimana Solusi Warung Rumbah Asam?

Di sini, penulis ingin menyatukan pembahasan antara pecel dan rumbah asam. Antara pecel dan rumbah asam masih tergolong jenis makanan yang sama, hanya berbeda nama sepertinya. Maka, tips solusi warung rumbah asam pun bisa diterapkan untuk usaha pecel. Bagaimana tips solusi warung rumbah asam? Berikut penjelasannya.

1. Membuka Warung Jajanan Seperti Pada Umumnya Warung

Cara membuka warung rumbah asam atau pecel adalah dengan membangun warung yang memang menjual aneka jenis produk jajanan. Ini yang utama. Adapun ada produk lain yang bukan sejenis jajanan, ini hanya menjadi alternatif dalam peningkatan penjualan.

2. Tempat Jualan Berada di Luar Rumah

Maksud di luar rumah adalah tempat jualan berada di teras. Mengapa harus di teras? Tujuannya agar mereka dengan senang hati duduk-duduk di situ. Memang, ada sebagian warung yang berada di dalam. Tetapi, mereka pun sengaja menyiapkan tempat duduk untuk menikmati makanan. Tetapi, warung di dalam mengharuskan syarat-syarat tertentu. Rata-rata warung rumbah khususnya rumbah asem yang sering menjadi tempat tongkrongan adalah warung yang berada di luar rumah. Ini harus anda perhatikan.

3. Menjaga Kebersihan Warung

Tidak jarang, mereka yang memiliki warung tidak mementingkan kebersihan. Biasanya, warung yang menjual kebutuhan ibu rumah tangga yang sering terlihat kotor. Maka dari itu, anda tidak perlu membuka warung kebutuhan ibu rumah tangga karena tidak bisa menjamin menjaga kebersihan. Padahal, warung rumbah atau pecel harus mementingkan kebersihan agar menjualan laku banyak.