Tips Kotak Makanan Untuk Kesuksesan Bisnis Makanan


Mengapa kemasan makanan rata-rata kotak sampai disebut kotak makanan? Entahlah, yang jelas, di sini akan membahas tips kotak makanan untuk kesuksesan bisnis makanan kemasan. Sekarang ini, bisnis makanan kemasan sudah banyak yang menggunakan kotak makanan. Dahulu kala, mi ayam masih hanya dibungkus dengan plastik. Sekarang, mi ayam bisa dibungkus dengan kotak makanan sebagai pelindung. Pada intinya, produksi kotak makanan segarang ini sudah memasuki kepopuleran karena banyak jenis dan desain gambar yang berbeda-beda dan menarik. Hal ini bisa dibuktikan lewat pencarian google atau situs marketplace. Banyak penjual yang menawarkan kotak makanan untuk bisnis makanan.


Lalu bagaimana seharusnya memanfaatkan kotak makanan? Apakah anda harus membeli? Bagaimana bila desain gambar yang ada tidak disukai anda? Intinya, anda harus memikirkan mengenai kotak makanan, jangan salah dalam memilih kotak makanan yang akan menjadi kemasan produk. Ini bagian dari bagaimana mengelola bisnis makanan dalam segi kemasan.

Tentukan Gambar Produk Dulu Sebelum Membeli Kotak Makanan

Ya, lebih baik anda sudah memiliki logo dan gambar produk lainnya terlebih dahulu bila memang berkeinginan mengandalkan kotak makanan dari penjual lain. Nantinya, anda bisa memesan kotak makanan polos. Memang, cara ini agak merepotkan karena harus selalu menyediakan kertas bergambar yang akan ditempelkan ke kotak makanan. Berarti, anda membutuhkan dua tempat, tempat percetakan gambar produk dan juga penjual kotak makanan. Tetapi, cara ini bisa dilakukan bila memang kesulitan menemukan kedua itu dalam satu tempat.

Mengandalkan Jasa Cetak Kotak Makanan Berdesain Sesuai Pesanan

Setelah mengamati seputar kotak makanan, ada jasa yang memang menawarkan desain sesuai keinginan pada kotak makanan yang dipesan. Desain ini akan dicetak dengan teknik print. Cara ini jauh lebih efektif karena tidak perlu melakukan penempelan secara manual yang melelahkan. Tentunya, anda harus berlangganan pada perusahaan jasa kotak makanan berdesain. Tentunya, pada awalnya anda menyediakan desain jadi yang akan dicetak bila memang sudah memiliki desainnya. Bisa juga, anda mengandalkan jasa ini untuk mendesain logo dan gambar produk dalam kemasan yang sesuai anda inginkan kalau memang jasa ini menyediakan jasa desainnya.

Lebih Baik Memesan Kotak Makanan Di Tempat Terdekat

Kotak makanan rata-rata berharga murah. Tetapi, anda harus memesan banyak yang membuat biaya ongkir juga mahal. sekali pesan, bisa saja lebih dari 15000 atau lebih padahal anda memesan lebih dari 1kg. Belum pemesanan tok yang memang berdesain, harga jual bisa makin mahal. Padahal, kotak makanan hanya digunakan sebagai kemasan, tidak untuk dijual kembali. Jadi, anda harus memperhitungkan pengeluaran untuk pembelian kotak makanan dengan keuntungan penjualan makanan.

Dimana tempat terdekat? Tentunya, anda bisa melihat di sekitar anda. Bila tidak ada, anda bisa memilih di tempat yang lain. intinya, anda bisa mengandalkan jasa dalam satu kota.

Tentukan Kemasan Kotak Makanan Sesuai Jenis Makanan

Pada intinya, ini bersifat opsional. Tentunya, makanan basah tidak bisa menggunakan kotak makanan terbuat dari kertas. Biasanya, makanan basah ditempatkan dalam kotak makanan gabus, seperti yang sudah terkenal sekarang. Begitu juga sebaliknya, makanan kering jauh lebih bisa mengandalkan beberapa tempat, baik menggunakna plastik atau kertas. Tetapi, makanan kering atau makanan yang tidak memiliki air akan menggunakan kertas.

Tentunya, kemasan yang digunakan sesuai kepantasan porsi. Anda bisa meniru untuk masalah ini pada usaha yang sudah beredar di jagat online atau lainnya.

Pastikan Kotak Makanan Anda Bisa Tertutup Rapat

Pedagang pasti memikirkan hal ini. Maksud tertutup rapat adalah makanan bisa terhindari dari kotoran dan juga terkena air. Tetapi, ada kotak makanan tertentu seperti wadah gabus seblak yang memang kurang memiliki kerapatan sehingga bisa rawan bila dibawa jarak jauh. Tetapi, pada intinya, setiap kotak makanan memiliki tingkat kerapatan yang berbeda-beda. Bila memang anda tidak membutuhkan wadah tertentu yang tidak bisa menjamin keamanan, anda tidak perlu memakainya.

Kotak Makanan Standar Pemesanan Online Harus Aman Terjaga

Apakah makanan anda diiklankan di sebuah aplikasi marketplace agar bisa dijual secara online? Penjualan ini mengandalkan ojeg online dalam pengiriman produknya. Setiap pengiriman produk lewat ojeg online tentu memiliki resikonya sendiri seperti kedatangan hujan secara tiba-tiba yang beresiko pada makanan yang dikirimnya. Maka dari itu, anda harus memilih kotak makanan yang memang layak digunakan untuk pengiriman jarak jauh atau yang sesuai standar pemesanan online.

Memberikan Warna Yang Serasi Dengan Produk Anda

Masing-masing perusahaan biasanya memiliki warna khusus yang akan mempengaruhi di banyak hal seperti di dalam kemasan yakni kotak makanan. Hal ini penting diperhatikan bila bisnis makanan anda berkeinginan menjadi besar bahkan menjadi perusahaan yang terdaftar. Warna khas akan mempengaruhi brand suatu bisnis. Jadi, anda harus menentukan terlebih dahulu warna yang akan dipasang di dalam produk anda, secara khusus kemasan kotak makanan anda.

Dalam kotak makanan, memang, anda tidak mengharuskan mengikuti warna produk. bisa jadi, anda menginginkan warna putih pada kotak makanan. Hal ini dikarenakan anda memakai desain tertentu. Kalau mengikuti warga produk, bisa jadi desian akan terlihat kurang bagus. Jadi, untuk kotak makanan, harus menyesuaikan bagaimana tampilan desain produk bila ditempelkan di kotak makanan.

Membeli Cadangan Kotak Makanan Kertas Jauh Lebih Disarankan

Mungkin, anda tidak mau membuang-buang waktu hanya untuk mengurusi kotak makanan kertas. Apalagi, kotak makanan kertas anda mengandalkan jasa cetak desain sehingga membutuhkan waktu dalam pemrosesan. Maka dari itu, anda tidak perlu melakukan pemesanan bertahap dalam jumlah puluhan atau ratusan saja. Anda bisa memperhitungkan jumlah kotak makanan kertas dalam satu bulan. Bila dalam sebulan berhasil mengandalkan kotak makanan lebih dari 100 biji, ini artinya anda harus memesan lebih dari dari 100, bisa 500 biji agar bisa dipakai selama 6 bulan. Hal ini untuk mengurangi ongkos transportasi bila memang jarak pemesanan jauh.

Masalahnya, bagaimana penaruhannya? Biasanya, kotak makanan kertas belum dalam bentuk kotak tetapi masih dalam lembaran. Terpenting, plastik pembungkus kotak makanan masih aman menutupi rapat, penyimpanan lama tidak akan merusakkan kertas.

Solusi Pemesanan Kotak Makanan Plastik

Memang, pembelian kotak makanan plastik agak sulit bila memang diperlukan untuk kebutuhan cadangan agar pembelian tidak berlangsung cepat. Masalahnya, pembelian banyak bisa memakan ruangan sehingga kondisinya bisa tidak kondusif. Tetapi, kalau anda membeli dalam jumlah kecil, tingkat kebutuhan transportasinya makin banyak. Maka, solusinya adalah, menghadirkan makanan yang memiliki keuntungan besar. Tetapi, prinsip makanan murah tidak berlaku. Atau, bisa juga anda menyengaja menyiapkan ruangan khusus untuk penyimpanan kotak makanan plastik.

Pada dasarnya, barang cadangan akan ditempatkan di tempat khusus. Sebagai pemilik usaha katering, tentunya, mereka memiliki bahan cadangan termasuk kotak makanan yang sebagai kemasan. Jadi, alangkah baiknya bila memang anda menyediakan tempat untuk penyimpanan kotak makanan plastik atau kertas.