Usaha Pecel Lontong Yang Perlu Anda Coba


Bagaimana mengenai ide usaha pecel lontong? Mengenai ide usaha pecel ini, bisa dikorelasikan atau dianalogikan dengan usaha ketoprak atau gado-gado. Rata-rata, usaha ketoprak atau gado-gado mengandalkan lontong sebagai pengganti nasi. Mengapa lontong? Sepertinya, sambal yang mirip gado-gado atau bumbu ketoprak cocok bila menggunakan lontong. Di samping itu, lontong jauh lebih kenyal di lidah sehingga memang kekentalan bumbu atau sambal cocok berpadu dengan hal yang kenyal-kenyal seperti lontong.

Maka dari itu, masuk akal bila anda berniat membuka usaha pecel lontong. Apalagi, ada sejenis pecel yang mirip dengan pecel lontong yaitu bernama gendar pecel. Di jawa, usaha gendar pecel memang sudah tidak asing lagi. Bagaimana dengan pecel? Berbahan sama, yakni sama-sama dari beras, tetapi, kedua itu memiliki ciri khasnya masing-masing. Gendar terbuat dari nasi liwet yang mengalami pelembutan seperti dodol dengan cara dipenyet-penyet sampai mirip dodol. Kalau lontong, pembuatannya melalui pengukusan menggunakan daun pisang. Walaupun hasil akhirnya agak mirip dan layak untuk dihidangkan bersama taburan sambal pecel. Jadi, anda tidak perlu khawatir mengenai market pecel lontong bila memang anda lebih menyukai lontong daripada gendar pecel.

Seputar Lontong Untuk Bahan Pecel

Bagaimana bentuk lontong? Sepertinya, banyak orang yang sudah memahami mengenai bentuk lontong. Lontong berbentuk lonjong. Ada beberapa jenis lontoh yang bentuknya lonjong agak lebar. Intinya, ciri khas lontong adalah panjang.

Bagaimana pembuatan lontong? Lontong terbuat dari nasi putih. Sepertnya, belum ada lontong yang terbuat dari nasi merah atau hitam. Dengan bahan nasi putih, kondis lontong akan terlihat menggoda yang dipadukan dengan warna daun pisang. Jadi, di samping berbahan dari beras, lontong juga dikemas dalam wadah daun pisang. Apakah bisa lontong dibungkus dalam wadah prastik yang sering digunakan penjual ketoprak? Seperitnya, ciri khas lontong lebih kuat dengan pengemasan menggunakan daun pisang.

Apakah Harus Menggunakan Presto Dalam Pemasakan Lontong?

Begini, pecel lontong seharusnya mementingkan kekenyalan. Ini yang sebagai pengganti dari gendar untuk pecel. Gendar pecel cenderung kenyal. Mungkin, kekenyalannya gendar dengan lontong berbeda. Kekenyalan lontong cenderng kaku, tidak elastis seperti gendar. Bila pemasakan lontong menggunakan presto, biasanya lontong akan semakin keras. Maka dari itu, apakah harus menggunakan presto dalam memasak lontong? Kalau memang presto bisa menjadi solusi dalam hal waktu. Mungkin, anda berkeinginan menyingkat waktu pekerjaan. Jadi, mengenai penggunakan presto bisa diserahkan masing-masing. Bila memang sanggup menggunakan teknik perebusan yang membutuhkan waktu lama, silahkan saja.

Bagaimana Lontong Bungkus Plastik Sebagai Bahan Pecel Lontong?

Apakah pemasakan yang menggunakan plastik disebut lontong? Seharusnya, tidak disebut lontong. Lontong memiliki kekhasan sendiri yaitu memasak nasi dengan pembungkus daun pisang. Definisi pisang tidak lepas dari daun bukan plastik. Bahkan, rasa antara lontong dengan klaim lonton dibungkus plastik berbeda, jauh lebih enak lontong karena kondisinya kenyal tetapi tidak lembek.

Maka dari itu, klaim lontong yang dibungkus plastik tidak bisa menggeser menggantikan lontong yang memang memiliki khas tersendiri. Kalau menggunakan klaim lontong yang dibungkus plastik, nama usahanya bukan lagi nama usaha pecel lontong melainkan dengan nama lain walaupun masih bisa diterima sebagai variasi hidangan pecel yang lain.

Mengatasi Daun Pisang Sebagai Kemasan Lontong

Tidak ada daun singkong maka tidak ada lontong. Ini seperti halnya tidak ada janur maka tidak ada ketupat. Masing-masing makanan memiliki ciri khas lewat daun namun tetap berbahan beras. Bila memang ingin membuat lontong, tentunya harus menggunakan daun pisang, bukan pembungkus plastik. Masalahnya, mengandalkan daun pisang berarti harus ada yang menjual daun pisang setiap hari. Anda harus mencari daun terlebih dahulu sebelum pemasakan yang membutuhkan waktu lama bila memakai cara konvensional. Bila tidak terpenuhinya daun pisang, ini bisa menggagalkan usaha pecel lontong di hari dimana tidak ada daun pisang.

Berikut beberapa mengatasi daun pisang agar terpenuhinya daun setiap hari untuk membuat lontong agar usaha pecel lontong berjalan lancar.

1. Menyiapkan Daun Pisang Di Lemari Pendingin

Menyiapkan daun pisang di lemari pendingin sangat efektif untuk mencegah terjadinya kekurangan stok daun. Anda tinggal menyetok banyak daun pisang di lemari pendingin. Lemari pendingin efektif memperlambat kuningnya daun pisang. Tentunya, setiap mengalami pengurangan daun pisang, anda bersegera memesan daun pisang kembali dengan jumlah yang banyak.

Sepertinya, tidak ada judul bahwa usaha pecel lontong anda macet hanya karena kesulitan dalam stok daun pisang.

2. Menanam Pisang

Cara ini khusus bagi mereka yang memiliki tanah yang cocok untuk ditanami pisang. Dengan memanam pohon pisang yang bisa memenuhi stok daun pisang setiap harinya, anda tidak akan mengalami kekurangan daun pisang. Tentunya, pisang yang ditanam harus berjumlah banyak. Pisang yang ditanam pun tidak sembarangan pisang. Pisang gepok atau ambon biasanya yang harus ditanam mengingat kondisi daunnya yang bagus dan buahnya yang terbilang mahal dijual.

Walaupun ada pohon pisang, stok daun pisang di lemari pendingin harus tetap ada sekalipun dari membeli daun di pasar.

3. Bekerjasama Pembelian Daun Pisang Di Beberapa Penjual

Bekerjasama dengan beberapa penjual daun pisang penting dilakukan. Bisa dengan menarget para pemilik kebun pisang. Bisa juga, anda menarget para penjual yang memang menjual daun pisang. Bekerja dengan beberapa penjual daun pisang bisa mencegah terjadinya kekosongan stok daun pisang yang berakibat macetnya usaha pecel lontong.

Hadirkan Beberapa Jenis Variasi Pecel Ala Lontong

Memang, tema utama anda adalah menghadirkan usaha pecel lontong. Namun, anda bisa menghadirkan menu pendaming sebagai penglaris dari usaha anda. Kecuali, anda menjual dengan gerobak, cukup menggunakan lontong saja untuk usaha pecel lontong anda. kecuali, anda membuka warung pecel lontong, maka bisa menyediakan menu pendamping. Menu pecel pendamping yang seperti apa? Bisa saja, anda menyediakan pecel ketupat, pecel gendar dan pecel yang sejenis dengan pecel lontong. Yang jelas, anda tidak menyediakan pecel nasi.

Tentunya, Pecel Lontong Di Temani Sayuran

Alangkah bainya, anda menghidangkan pecel lontong ditemani sayur. Rata-rata penjual pecel yang berbahan gendar, mereka memberikan suguhan sayuran seperti kangkung, toge, kacang panjang dan lainya. Tetapi, mereka tetap menamainya dengan pecel gendar. Begitu juga dengan nasi pecel, sebagian penjual mencampurinya dengan sayuran juga. Nah, alangkah bainya, walupun bisa menghadirkan variasi tanpa sayuran, usaha pecel lontong anda memfokuskan memberikan sayuran.

Mengandalkan Sambal Pecel Dan Rempeyek Bu Kaji

Nah, bagi anda yang berada di wilayah Semarang, anda bisa berlangganan sambal pecel dan rempeyek kiloan milik Sambal Bu Kaji. Hal ini akan meringankan pekerjaan anda. Anda hanya berfokus pada pemasakan lontong. Mungkin saja anda berkeinginan menjual lontong tidak memakai panci presto agar hasilnya bisa kenyal dan tidak keras. Karena tidak mau mengurusi beberapa hal, pemilihan sambal pecel dan rempeyek bisa mengandalkan Sambal Bu Kaji.