6 Cara Buka Toko Di Tokopedia


Bagaimana cara buka toko di Tokopedia? Dalam hal ini, anda bisa menggunakan situs marketplace apa saja untuk buka toko online seperti Bukalapak, Shopee dan yang lainnya. Karena buka toko bisa di beberapa situs marketplace, tips atau cara buka toko di Tokopedia lebih bersifat strategi sehingga bisa digunakan di beberapa situs toko online lainnya. Penulis tidak ingin menjelaskan seputar hal tekniks langkah atau cara-cara buka toko di Tokopedia. Untuk masalah teknis, anda bisa mencari di Youtube atau lainnya. Tentunya, kalau bersifat teknis, masing-masing situs toko online memiliki cara buka toko yang berbeda-beda. Jadi, pembahasan strategi bisa menyatukan cara membuat toko di beberapa situs marketplace alias situs toko online.


Sekarang ini, banyak bermunculan situs marketplace atau biasa disebut situs untuk kebutuhan buku toko online, salah satunya adalah Tokopdia. Dengan menggunakan situs Tokopedia untuk berjualan produk secara online, anda bisa menghemat biaya pembuatan situs yang biayanya bisa lebih dari 1 juta. Belum masalah pembiayaan hosting dan domain yang harus dibayar. Belum masalah kepercayaan yang harus anda bagun. Dengan mengandalkan situs Tokopedia sebagai cara buka toko online, anda tidak hanya mendapatkan biaya gratis hosting+url toko online. Anda juga akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen/pengunjung yang lebih tinggi mengingat situs marketplace gratis di Tokopedia memiliki sistem terpecaya, khususnya masalah sistem transaksi.

Hanya saja, anda harus membangun kepercayaan sendiri sebagai cara membuat toko di tokopedia. Tentunya, anda membutuhkan strategi sebagai cara buka toko di Tokopedia. Strategi ini akan membangun kepercayaan yang lain, selain dari situs Tokopedia.

1. Memberikan Judul Toko Online Sesuai Produk Secara Umum

Sebenarnya, anda tidak membutuhkan penulisan judul dan deskripsi sesuai produk yang akan dijual. Mengapa? Deskripsi produk tidak bisa terindek di Google walaupun judul sendiri terindex Google. Rata-rata deskripsi hampir sama dengan banyak toko, sudah otomatisasi dari pihak Tokopedia. Anda bisa melihat contoh di bawah.
  • Belanja online aman dan nyaman di hemat kerudung, Jatinegara, Kota Administrasi Jakarta Timur - arsiteknya kerudung.
  • Belanja online aman dan nyaman di Elbuy Cellular, Astanajapura, Kab. Cirebon - Melayani Dengan Terbuka.
  • Belanja online aman dan nyaman di TRIkolsel, Karangampel, Kab. Indramayu - kepuasan anda adalah prioritas kami.

Tetapi, anda masih bisa menyiasati dengan memberikan judul yang memang mengacu pada kata kunci. Jadi, anda masih diberikan kesempatan untuk berusaha agar bisa menampilkan toko online di Google. Dengan judul yang produk yang dijual, tentunya sesuai kata kunci yang di tembak, toko online anda memiliki deskripsi yang bisa tampil di Google dengan pemuatan judul yang sudah ditulis.

Untungnya, Tokopedia memberikan kalimat untuk slogan toko online anda yang akan tampil di mesin pencari. Ini sebagai kepanjangan sekaligus pembeda antara toko online yang lain. Seperti contoh toko online milik penulis, walaupun tidak ada produknya, berisi slogan “melayani dengan terbuka”. Anda bisa menyiasati dengan kalimat yang memperlengkap dari judul produk yang ditulis.

Bagaimana dengan judul untuk produk?

Hasil pengecekan, hal itu sama dengan judul untuk doko online. Sayangnya, halaman produk tidak bisa membentuk desktripsi karena yang bisa ditampilkan hanya judul saja dan kalimat yang sama untuk semua produk.

  • • Jual CASING SAMSUNG G530 DORAEMON ,Casing dengan harga Rp 45.000 dari toko online Elbuy Cellular, Kab. Cirebon. Cari product Produk Lainnya

Tetapi, anda tetap berusaha mencantumkan judul sesuai target yakni judul sesuai produk.

2. Berikan Data Diri Toko Online Dengan Jelas

Cara buka toko adalah membuka identitas atau data diri toko online. Bila perlu, si owner menampilkan diri. Anda tidak perlu mikir data apa saja yang harus ditulis di dalam toko online Tokopedia. Biasanya, situs marketplace toko online seperti Tokopedia sudah mencantumkan kolom-kolom yang perlu ditulis. Nah, anda cukup mengisi kolom-kolom itu dengan jelas. Ini cara yang bagus untuk membangun kepercayaan pada toko online anda.

3. Pisahkan Produk Secara Spesifik

Biasanya, pedagang lalai dalam membuat postingan produk. Mereka akan menggabungkan berbagai jenis produk hanya karena satu nama jenis. Dalam satu nama jenis biasanya memiliki aneka warna. Nah, mereka menggabungkan semua menjadi satu. Ini cara yang salah dalam langkah buka toko online di Tokopedia. Pengunjung biasanya tidak memperhatikan bentuk deskripsi produk walaupun cara ini pun dianggap salah. Tetapi, harusnya anda jangan menganggap semua pengunjung berpikiran sama. Mereka tidak mau dipusingkan pada produk yang sudah jelas, tidak membutuhkan deskripsi. Bila sudah jelas, untuk apa membuat deskripsi untuk menjelaskan perbedannya? Harusnya, anda membuat postingan yang berbeda untuk jenis yang sama dengan berbeda warna dan lainnya.

Hal itu pernah penulis alami. Kebetulan mau membeli cashing hp. Ketika sudah menemukan tipe dan model yang cocok, penulis langsung memesan. Pas sudah memesan, penulis membaca ulang produk yang dijual. Ternyata, produk yang ditampilkan memiliki banyak gambar yang berbeda-beda warna. Ternyata, penjual menjelaskan deskripsi produk yang berbeda-beda itu. Penulis membatalkan pembelian karena warna yang penulis pilih tidak ada alias kosong.

4. Publish Gambar Produk Asli Bukan Hasil Google

Gambar asli buatan si penjual sendiri menunjukkan bahwa produk yang dijual memang sudah distok terlebih dahulu. Ini menandakan bahwa si pemilik toko online tidak mengikuti dropship. Biasanya, sistem dropship menggunakan gambar hasil copas di Google. Tetapi, anda tidak perlu memaksakan diri untuk memfoto produk. Barangkali, anda lebih memilih gambar bagus yang beredar di internet. Tetapi, anda harus memahami etika dalam memanfaatkan gambar. Tentunya, bila produk hasil olahan sendiri, gambar dibuat oleh si pengelola itu sendiri. Pada intinya, anda membangun kepercayaan dengan media gambar.

Nah, bia anda mau toko online anda terlihat bagus, cara yang bagus adalah mengandalkan foto pribadi dengan kualitas kamera yang bagus.

5. Buat Deskripsi Produk Yang Jelas dan Detail

Deskripsi produk sebenarnya konten postingan. Produk perlu menghadirkan deskripsi, apalagi produk berupa produk kecantikan dan kesehatan. Ini perlu juga dibuat guna memperkuat di mesin pencarian. Cara yang bisa dilakukan untuk postingan produk toko online adalah menulis deskripsi dengan mementingkan pengulangan kata kunci. Ini bisa membantu judul untuk bisa bersaing di mesin pencari Google. Di saming itu, deskripsi produk berguna untuk penjelasan. Walaupun sudah ada gambar, anda perlu menjelaskan di kolom deskripsi.

6. Membuat Etalase Dengan Benar

Sebelum membuat etalasi atau kata lainnya kategori, anda harus melihat atau memikirkan terlebih dahulu produk yang akan dijual. Berapa jenis produk yang akan dijual? Bila memang ada 10 jenis produk, anda bisa membuat 10 etalase/kategori. Ini untuk memudahkan pembeli dalam mencari produk. Kalau tidak ada etalase, pembeli akan kerpotan mencari. Jenis-jenis produk bila memang perlu pemisahan kembali, bisa membuat etalasi bari.

Contoh etalasi kartu dan vocer:
  • Kartu perdana (jenis)
  • Vocer Internet (jenis)
  • Vocer Internet Operator A (sub jenis)
  • Vocer Internet Operator B (sub jenis)
  • Vocer pulsa tri
  • Dst

Dengan cara pembuatan etalasi toko online di atas, pembeli bisa dengan mudah mencari produk.