Cara Bisnis Masakan Ayam Di Tengah Persaingan


Bila anda sudah memperhatikan di tempat keramayan, ada banyak variasi bisnis masakan ayam, termasuk masakan ayam goreng. Tentunya, ini menandakan bahwa bisnis masakan ayam cenderung banyak. Jenis bisnis masakan ayam pun beragam, ada ayam pecel sampai dengan sate. Namun pada intinya, masakan ayam lebih didominasi antara goreng dan bakar dalam bisnis masakan ayam yang banyak beredar. Anda bisa melihat di berbagai penjuru penjualan ayam, baik kelas kecil sampai menengah bahkan besar, rata-rata bisnis ayam didominasi dengan goreng atau panggang/bakar. Karena itu, banyak pesaing bisnis masakan ayam.
Sumber gambar: cookpad.com

Anda yang sebagai pebisnis baru dalam hal bisnis masakan ayam akan menghadapi beberapa pesaingan yang tidak kalah main. Bisnis masakan ayam anda bisa saja gulung tikar sebelum mendapatkan keuntungan. Ada beberapa bisnis masakan ayam yang memang cepat mengalami kebangkrutan. Maka dari itu, bisnis masakan ayam harus memiliki strategi menghadapi banyak pesaingan. Namun, ini tidak mudah dilakukan. Bisnis masakan ayam cenderung bisnis untuk kebutuhan teman nasi alias makan utama. Mereka membeli olahan ayam biasanya untuk kebutuhan makan harian. Tentunya, market bisa mengecil di saat beberapa pesaing siap merebut market.

Lalu bagaimana cara bisnis masakan ayam di tengah persaingan yang bisa membuat bisnis masakan baru anda bisa bersaing?

Memvariasikan Bisnis Masakan Ayam Yang Sudah Ada

Mungkin anda berkeinginan menjual pecel ayam. Bisnis masakan ayam pecel biasanya hanya menghadirkan gorengan ayam dan sambalnya. Pendampingnya biasanya memberikan sayuran timun, sayur kol dan kemangi. Ini biasa yang umum pada bisnis masakan ayam pecel. Namun anda bisa memvariasikannya agar memiliki nilai celah dalam menghadapi pesaingan. Bagaimana caranya? Cara yang terbaik adalah memvariasikan masakan ayam pecel.

Bagaimana cara memvariasikan bisnis masakan pecel ayam? Sebenarnya, ini masalah faktor kreatifitas anda sendiri. Terpenting, unsur variasi bisa dihadirkan. Variasi bisa disandingkan perbedaannya dengan bisnis masakan ayam pecel yang lain atau dengan produk anda sendiri. misalnya, anda menghadirkan masakan pecel ayam versi Sambl Bu Kaji dan juga versi sambal lainnya. Intinya, anda membuat variasi masakan ayam pecel dalam segi memberikan sambal yang bervariasi. Bisa juga dalam hal lainnya yang seharusnya sudah menjadi pikiran kreatif para pemilik bisnis masakan pecel.

Berfokus Pada Ayam Goreng Dan Bakar/Panggang

Variasi produk bisa anda hadirkan. Keunikan produk pun seharusnya menjadi hal yang dipentingkan. Tetapi, hal ini belum lengkap bila tidak memilih bisnis masakan ayam yang di goreng atau dipanggang dengan bumbu-bumbu rahasia anda. Mengapa berfokus pada bisnis ayam goreng dan panggang di tengah menghadapi persaingan? Karena market terbanyak adalah market yang menyukai ayam goreng dan panggang/bakar. Mungkin anda beranggapan bahwa dengan menjual masakan ayam tumisan atau sejenisnya akan memasuki celah persaingan. Anggapan anda ada benarnya. Tetapi, anggapan itu harus bersesuaian dengan

Memberikan Keterangan Halal

Langkah ini dilakkan bila bisnis masakan ayam anda cukup besar dengan pelanggan yang banyak. Tentunya, modal bisnis masakan yang dibutuhkan pun besar. Dengan memberikan keterangan halal, bisnis masakan ayam yang cukup besar itu akan terjaga dari informasi yang tidak benar seperti tuduhan ayam yang dijual tidak mengalami penyembelihan yang benar sesuai ajaran Islam. Ini penting sekali. Jika bisnis masakan ayam anda tidak dilindungi keterangan halal, biasanya dari MUI, mudah sekali untuk dihancurkan, dibuat bangkrut hanya persoalan tidak halal. Bayangkan, bisnis masakan ayam yang sudah dibangun sedemikian rupa, dengan modal besar pula, bangkrut hanya persoalan spele. Bisa jadi, pesaing anda melakukan tuduhan yang tidak benar dengan begitu licik yakni persoalan bisnis masakan ayam yang tidak halal.

Walaupun seorang ahl maksiat sekalipun, kalau memakan daging yang tidak sesuai ajaran Islam, mereka tidak mau memakannya. Menurut mereka, daging yang penyembelihannya tidak sesuai agama Islam dianggap daging bankai. Istilah bangkai mungkn yang bikin mereka tidak tertarik memakan daging yang tidak halal.

Masakan Ayam Jual Dengan Harga Murah Dengan Menyesuaikan Porsi

Bisnis masakan ayam alangkah baiknya dijual dengan harga murah. Tentunya, anda menyesuaikan porsi. Lagi pula, anda bisa menyiasati dengan memperbanyak tepung agar terlihat besar. Hal ini bila anda membangun bisnis masakan ayam goreng tepung. Pada intinya, bisnis masakan ayam murah akan menarik banyak pelanggan. Di samping itu, anda bisa mendapatkan keuntungan yang sama besarnya namun dengan jumlah pelanggan yang banyak. Bandingkan bila anda membuat porsi besar masakan ayam, harga mahal bisa mendapatkan pelanggan yang tidak jauh lebih banyak dari harga murah tetapi jumlah keuntungan sama. Jadi, masakan yam anda anda harus disesuaikan agar bisa dijual dengan harga murah. Apalagi, hidangan ayam cenderung hidangan yang mahal. Jadi, anda bisa berupaya mengatur porsi yang pantas agar bisa dihargai dengan murah.

Tetap Menghadirkan Pelayanan Maksimal

Pelayanan terbaik atau maksimal menjadi hal yang bagus untuk diterapkan. Hal ini penting dilakukan di tengah persaingan sengit. Pelayanan maksimal pun tetap menghadirkan variasi yang berbeda dengan bisnis pesaing lain. Ini solusi menghadapi persaingan. Bila pesaing bisnis masakan ayam anda sama-sama menghadirkan pelayanan maksimal, anda harus membedakan diri dengan sesuatu yang menarik. Misalnya, anda lebih menonjolkan pada sisi kemasan yang memang layak untuk kebutuhan katering.

Pelayanan ada beberapa jenis, pelayanan aktif dan pelayanan pasif. Pelayanan aktif adalah cara anda melayani pengunjung atau hal lain yang bersifat komunikasi atau transaksi. Pelanan pasif adalah pelayanan yang sudah dalam bentuk benda seperti ruangan, tempat penjualan, kemasan dan lainnya.

Hal yang perlu anda sadar, berjualan ayam adalah berjualan sesuatu yang cenderung “unggul” menurut anggapan semua orang. Walaupun, status “unggul” hanya terletak pada ayamnya, bukan masakan ayamnya. Jadi, menghadirkan pelayanan yang unggul atau maksimal memang seharusnya dilakukan.

1. Pelayanan Kemasan

Pelayanan kemasan cenderung pelayaan pasif, yang artinya anda sudah menghadirkan kemasan terlebih dahulu dalam melayani pelanggan. Banyak orang tertarik membeli masakan ayam atau produk lainnya dikarenakan kemasan yang menarik, disamping enak rasanya.

2. Pelayanan Tempat Penjualan dan Pengunjung

Pelayanan tempat pegunjung sama seperti pelayanan kemasan yakni sama-sama pelayanan pasif. Memperhatikan pelayanan tempat pengunjung apabila bisnis masakan ayam menghadirkan masakan ayam yang siap di santap di tempat seperti KCF. Memperhatikan pelayanan tempat, apalagi menarget tempat yang cocok diduduki kelas menengah-ke atas, harus annda lakukan guna menghadirkan fasilitas tempat yang memang memikat banyak pengunjung. Anda bisa melihat KFC, suasana tempatnya enak untuk berkumpul bersama keluarga.

3. Pelayanan Transaksi

Pelayanan transaksi adalah pelayanan aktif, yang mana mengurusi sambutan, pengurusan produk, pembayaran, dan lainnya yang sifatnya komunikasi hidup atau bersuara. Pelayanan hal ini jauh lebih perlu diperhatikan mengingat berurusan dengan psikologi pelanggan. Pelanggan bisa mudah pergi hanya karena sedikit kekecewaan atas ucapan dari penjualan. Walaupun sedikit kecewa, karena pelayanan mengganggu psikis hasil pelayanan oral si penjual, bisa dengan mudah pergi.

***

Begitulah cara bisnis masakan ayam yang bisa menghadapi persaingan sengit tanpa perlu bersaing dengan tidak sehat.