Iklan Produk Sambal Bu Kaji Bersama Diah Didi


Pada kesempatan ini, penulis ingin memberikan contoh iklan produk yang mengandalkan selebgram sekaligus pakar kuliner, dalam hal ini mengandalkan Diah Didi. Di sini, contoh iklan produk yang akan menjadi sampel adalah Sambal Bu Kaji dengan sambal pecelnya yang khas Semarang. Tentunya, Sambal Bu Kaji sudah mengandalkan Diah Didi yang dianggap seseorang yang terpercaya dalam hal kuliner. Lewat Instagram Diah Didi, Sambal Bu Kaji di-endorse oleh Diah Didi. Umumnya, contoh iklan produk yang dipasang di Instagram milik selebgram, khususnya selebgram Diah Didi, dinamakan iklan endorse. Dengan memberikan contoh iklan produk yang dilakukan Sambal Bu Kaji, diharapkan anda bisa melakukan juga.

Sebelum pembahasan, penulis ingin menjelaskan lebih lanjut mengenai Sambal Bu Kaji dengan sambal pecelnya yang “khas” Semarang. Sambal Bu Kaji adalah sebuah nama brnad untuk beberapa produk khususnya sambal pecel. Tentunya, Sambal Bu Kaji mengelola beberapa sambal yang bisa anda pesan. Ya, anda hanya bisa memesannya terlebih dahulu. Kalau sambal pecel, anda bisa menikmatinya dengan cara membeli kemasan sambalnya. Kalau malas membuat pecel sayur, anda bisa menikmati sayur pecel di warung Ibu Kaji. Sambal Bu Kaji berhasil menjadi industri yang patut diperhitungkan dalam tatanan bisnis kelas menengah-ke atas mengingat penangannyanya sudah berurusan dengan lembaga-lembaga terkait seperti MUI, Depkes dan sebagainya. Apalagi, kemasan sambal pecel milik Sambal Bu Kaji tidak kalah dengan produk keluaran perusahaan besar.

Jadi, menurut penulis, Sambal Bu Kaji dengan sambal pecelnya layak untuk memanfaatkan selebgram khususnya selebgram kuliner seperti Dia Didi untuk iklan produk. Hal ini sesuai cara pandang penulis bahwa untuk keberhasilan iklan mengandalkan selebgram atau iklan produk di Instagram orang lain harus memiliki produk yang diproduksi sendiri.

Pembahasan contoh iklan produk disini yang mengandalkan sambal pecel dari Sambal Bu Kaji dijelaskan dengan tips-tips iklan produk agar bisa anda tiru. Berikut pembahasan contoh iklan produk dengan pembahasan tips-tipsnya.

Mengandalkan Selebgram Terkenal

Anda harus paham, terkenal dengan memiliki banyak follower itu berbeda. Banyak yang diklaim sebagai selebgram karena memiliki follower lebih dari 100.000. Mereka kebanyakan wanita cantik. Mereka mendapatkan beberapa iklan produk dengan bayaran tertentu. Rata-rata mereka mendapatkan endorse iklan produk kecantikan atau produk yang berurusan dengan kepentingan wanita. Tetapi, para pemilik produk ini salah dalam menargetkan media iklan. Mengapa salah? Mereka bukan wanita terkenal. Mereka hanya memiliki banyak follower hasil iklan-iklan di Instagram penambah follower. Maksud selebgram tertenal adalah selebgram artis, pejabat, para pakar. Nah, selebgram terkenal memiliki kekuatan tersendiri dalam iklan produk.

Dalam hal ini, contoh iklan produk sambal pecel milik Sambal Bu Kaji mengandalkan selebgram sekaligus pakar kuliner, Diah Didi. Apakah Diah Didi seorang yang populer? Iya. Pertama, Dia Didi memiliki jumlah follower yang banyak. Kedua, Diah Didi dipercaya sebagai pakar kuliner. Jadi, contoh iklan produk ini dianggap tepat bila mengandalkan Diah Didi.

Menyesuaikan Spesialisasi Selebgram dengan Produk Yang Akan Diiklankan

Banyak selebgram terkenal yang bisa anda manfaatkan untuk mengiklankan produk. Contoh iklan produk yang sudah mengandalkan selebgram terkenal adalah Sambal Bu Kaji. Masalahnya, apakah selebgram terkenal terkenal itu sesuai dengan produk yang akan anda iklankan? Tentunya, iklan produk lewat selebgram harus menyesuaikan dengan fokus si selebgram agar hasilnya jauh lebih baik dengan biaya yang sama. Contoh iklan produk yang mengandalkan selebgram yang sesuai spesilalisasinya adalah Sambal Bu Kaji. Anda sudah tahu kalau sambal memang untuk kebutuhan kuliner pecel sayur dan lainnya. Jadi, kalau Sambal Bu Kaji mengandalkan selebgram Diah Didi, yang merupakan selebgram dari pakar kuliner, tepat sekali.

Menghadirkan Vidio Demonstrasi Iklan Produk

Jauh lebih efektif bila memasang iklan dengan menggunakan vidio daripada foto. Kesan serius akan dihasilkan dari konten iklan berupa vidio. Efek suara juga bisa berpengaruh bila memang vidio iklan memiliki suara. Terpenting, visualisasi iklan produk yang dihasilkan jauh lebih kuat. Memang, pembuatan vidio jauh lebih sulit. Tetapi, mengandalkan foto yang profesional juga sulit. Padahal, pembuatan vidio bisa sederhana, asalkan bakcground dibuat dengan rapih dan enak dipandang. Sebenarnya, konten vidio dan foto sama saja. Mereka lebih suka melihat vidio daripada harus membaca tulisan yang berisi iklan. Hal ini dilakukan oleh Sambal Bu Kaji ketika memasang iklan di Instagram milik Diah Didi.



Sayangnya, konten vidio yang dibuat Sambal Bu Kaji tidak menampilkan muka dan suara Diah Didi. Bila seperti ini, prinsip endorse kurang atau bukan dikatakan endorse. Endorse artinya, si selebgram memperkenalkan produk dengan meyakinkan. Tentunya, endorse yang bagus adalah lewat lisan agar benar-benar ril dari mulut si selebgram. Jadi, menurut penulis, contoh iklan produk dari Sambal Bu Kaji sekedar iklan semata bukan endorse. Tetapi, walaupun demikian, hasilnya bisa dirasakan. Sambal Bu Kaji mendapatkan banyak orderan. Hal ini sudah diinfokan penulis.

Tetapi, rata-rata iklan produk yang diangga endorse Cuma menghadirkan teks tertulis dan foto produk. Ini biaya paling murah. Bila mau mengandalkan foto si selebgram, ini membutuhkan tambahan biaya membayar model foto selebgram. Bila mengandalkan audio-visual, biaya akan lebih mahal lagi. Inilah contoh harga untuk iklan produk lewat selebgram, punya standar harga bak bintang iklan atau artis.

Meminta Izin Untuk Dipasang Ulang Di Media Lain

Pembahasan ini hanya berlaku bagi iklan produk yang menampilkan wajah atau audio-visual si selebgram. Anda bisa meminta kejelasan masalah ini. Kalau memang diizinkan, anda bisa memanfaatkan konten yang dibuat bersama si selebgram. Biasanya, untuk mendapatkan izin memiliki harga tersendiri, karena akan lama dipasang di media lain sebagai daya tarik iklan produk. Syukur, kalau si selebgram tidak memberikan harga khusus, anda bisa dengan senang hati menyebarkan konten iklan produk dengan endorse si selebgram.

Bila anda sudah mendapatkan izin untuk disebarkan konten iklannya, ada beberapa media yang harus disediakan:

• Instagram
• Facebook
• Blog

Mungkina anda tidak memiliki blog. Bila tidak memiliki blog, anda bisa memanfaatkan Facebook atau Instagram. Saran penulis, anda bisa memakai Instagram. Nanti, anda rajin membuat konten dengan disertai hastag yang memiliki jumlah pembuat hastag.

Mengukur Tingkat Keberhasilan Melakukan Iklan Produk Lewat Selebgram

Bagaimana cara mengukur tingkat keberhasilan? Tentunya, ini pembahasan gampang. Keuntungan harus dikurangi pengeluaran. Yang menjadi sulit adalah membuat laporan keuangan dengan baik dan benar guna memperkuat pengukuran tingkat keberhasilan. Tujuan melakukan pengukuran tingkat keberhasilan terhadap iklan produk di selebgram adalah untuk mencegah kerugian akibat boros dalam beriklan.

Pengukuran tingkat keberhasilan pun berguna untuk memutuskan penggunaan iklan produk menggunakan Instagram selebgram. Sekali gagal setelah anda melakukan langkah iklan yang benar, anda tidak perlu mengandalkan iklan lewat selebgram dan tidak perlu mencoba mengandalkan selebgram yang lain. Bila anda mengalami keberhasilan, bisa meneruskan iklan produk di selebrgam sebelumnya sampai ada kejenuhan konsumen. Bila sudah tidak menguntungkan lagi, berhenti saja.