Bisnis Google Adsense Sambil Jualan Produk Makanan


Pembahasan ini berfokus pada bisnis google adsense sambil jualan produk rumahan. Artinya, bisnis adsense yang akan dilakukan berfokus pada google adsense. Anda perlu mengetahui, bisnis adsense tidak hanya ada di google saja atau biasa disebut google adsense. Di perusahaan lain alias di situs lain pun memiliki program bisnis adsense yang sama persis dengan google adsense. Anda bisa memilih dimana saja. Namun, bisnis adsense yang paling populer adalah bisnis bersama google. Di samping pembayarannya bisa dengan rekening, bisnis google adsense memiliki panduan berbahasa indonesia. Jadi, di sini, pembahasan bisnis google adsense cocok untuk publisher indonesia. Tentunya, kepentingan ini untuk kebutuhan jualan produk rumahan juga.


Pembahasan kolaboratif antara situs informasi bisnis google adsense dengan penjualan produk memang sebagian sudah ada yang melakukan. Jadi, anda tidak perlu khawatir mengenai penerapan kolaboratif ini. Tentunya, anda menginginkan kolaborasi ini sama-sama mendapatkan keuntungan.

Bagaimana langkah yang harus dilakukan dalam bisnis google adsense sambil jualan produk makanan? Mungkin pembahasan ini ada kemiripan dengan pembahasan sebelumnya. Tetapi, penulis menambahkan hal yang berbeda sehingga anda bisa membaca beberapa tulisan sebelumnya.

1. Membuat Situs Informasi Bisnis Makanan

Mengapa tidak membahas seputa resep masakan? Sebenarnya, pembahasan resep masakan adalah bagian di antara pembahasan yang lain. Penulis sendiri pernah membahas seputar resep masakan untuk kebutuhan penjualan Sambal Bu Kaji. Tetapi, penulis memiliki hambatan dalam menulis dengan teknik kreatif atau teknik rewrite kreatif. Karena, pembahasan resep cenderung begitu-begitu saja, sama seperti situs pada umumnya yang tidak bisa dianalisis kecuali seorang pakar resep makanan. Karena resep hanya bagian saja, lebih baik membuat situs bisnis makanan yang berisikan resep-resep juga per pembahasan resep makanan, bergantung jenis bisnis makanannya.

Pembahasan bisnis makanan bisa termasuk pembahasan global. Jadi, anda tidak perlu membuat situs informasi gado-gado alias situs portal. Cukup menghadirkan pembahasan seputar bisnis makanan dan keumuman tips bisnis. Hal ini saja, anda sudah bisa berhasil mendapatkan penghasilan bisnis google adsense sekitar ratusan ribu dengan 200 tulisan (menggunakan blogspot, media gratisan) sesuai yang penulis alami.

2. Menarget Pasar Lokal dalam Bisnis Google Adsense

Mengapa menarget pasar lokal dalam bisnis google adsense? Ingat, anda sedang menjalankan bisnis makanan secara online yang membutuhkan media online yakni situs informasi. Tentunya, situs informasi ini harus menghadirkan informasi berbahasa indonesia. Ini untuk membantu penjualan sekaligus mensukseskan bisnis google adsense.

Bila seprti ini, apakah anda membutuhkan akun google adsense dengan uang dollar? Bila anda memakai akun dollar, sepertinya, sayang sekali bila hanya membuat situs lokal. Apalagi, resiko banned akun google adsense uang dollar jauh lebih besar daripada akun google adsense uang rupiah. Jadi, alangkah baiknya memakai akun google adsense uang rupiah. Keuntungannya, uang langsung cair ke bank lokal tanpa pemotongan.

3. Menggunakan Situs Pribadi Model Homepage Laman atau Situs Marketplace

Berapa produk makanan yang akan dijual secara online? Rata-rata industri rumahan hanya menghadirkan variasi produk di bahwa 5 jenis bahkan 1 jenis seperti produk Sambal Bu Kaji. Bila seperti ini, anda tidak perlu mengandalkan toko online shop khusus seperti menggunakan situs marketplace seperti Tokopedia. Kelemahannya, memang mengharuskan memiliki beberapa rekening. Tetapi, bisnis makanan anda bisnis yang menghadirkan harga grosir sekaligus eceran. Anda cukup membuat situs informasi yang tampilannya full laman, artinya mengesampingkan tampilan postingan. Bisa dikatakan, ini mirip minisite naun tidak seperti minisite. Tetap, tampilan website seperti pada umumnya situs informasi, namun, mengesampingkan full informasi artikel. Biasanya, bagian posting berada di footer, bagian bawah. Berbeda bila produk makanan yang anda jual lebih dari 10 dan selalu update, anda membutuhkan situs marketplace Tokopedia karena ini akan memudahkan pembelian dan transaksi ketika produk yang dibeli dalam jumlah banyak dan bervariasi.

Manfaat menggunakan homepage laman adalah agar optimasi SEO cukup diwakilkan dengan homepage dalam kemenangan kata kunci. Otomatis, poin optimasi SEO ini akan secara otomatis tersebar ke halaman lain.

4. Mengarahkan Pembahasan Pada Penjualan Produk

Begini, produk makanan terikat dengan masa kebasian. Jangan sampai produk tidak terjual atau ada sebagian produk yang tidak terjual sampai memasuki masa kadaluarsa. Bila seperti ini, jualan produk makanan bisa merugi. Lantas, anda membangun media online untuk penjualan secara online agar produk terjual banyak dalam waktu cepat. Nah, solusi mengatasi hal ini adalah memperbanyak pengenalan produk di setiap membahasan yang disebut artikek marketing. Bila ada 500 tulisan dan masing-masing menghasilkan kunjungan 100 per bulan, lalu 50% pembahasan memberikan pengenalan pada produk, hal ini bisa membuahkan konversi dari kunjungan ke pembelian. Mereka tidak perlu membaca halaman khusus penawaran produk. Tetapi, mereka sudah membaca sekilas yang membuahkan rasa tertarik akibat racikan dari artikel marketing anda.

5. Menampilkan Pembahasan Produk Berisi Social Proof Via Vidio dan Foto

Nah, pembahasan bisnis makanan harus menampilkan informasi seputar bisnis anda. Jadi, anda tidak hanya menghadirkan informasi bisnis. Ini jelas kurang maksimal dalam memanfaatkan situs informasi untuk kepentingan jualan produk makanan. Maka dari itu, anda harus menyediakan kategori khusus yang menjelaskan jualan produk makanan anda. Anda bisa melihat kondisi bisnis makanan anda mulai dari proses pembuatan sampai dengan terjadinya pengiriman produk makanan. Inilah yang disebut social proof. Dalam pembahasan dalam kategori khusus, bisa disertai vidio. Bahkan, social proof yang lebih meyakinkan adalah dokumentasi bukan tulisan. Ada istilah keren, “No Pic dan Vidio, Hoax”.

Pertanyaannya, apa itu social proof? Social prof adalah usaha untuk mempengaruhi seseorang dengan mengandalkan orang lain. Hal ini bisa memanfaatkan pembeli. Jadi, anda bisa memanfaatkan pembeli produk yang sudah tertarik pada produk anda. jelas, ini bergantung jenis produknya. Bila anda menjual kursus makanan, ini berbeda lagi karena yang dihadirkan adalah lembaga kursusnya.

Jadi, sekalipun anda tidak membuat situs khusus seputar penjualan produk, anda sudah bisa mengkhususkan secara spesifik pada kategori tentang penjualan produk anda.

6. Memasang Banner Iklan Google Adsense Dan Produk Dengan Benar

Pemasangan iklan pun sebenarnya harus memfokuskan pada iklan penjualan produk makanan. Tetapi, anda tidak perlu memasang iklan penjualan produk dalam jumlah banyak alias ditempatkan di beberapa tempat. Penulis menyarankan untuk memasang iklan di akhir penawaran. Memang, pemasangan iklan di bagian bawah kurang efektif. Tetapi, bila mengacu pada prinsip artikel marketing, biasdanya iklan atau penawaran ada di bagian akhir. Iklan yang harus ditampilkan di beberapa tempat cukup iklan google adsense.

7. Memilih Template/theme Khusus Bisnis Google Adsense

Jangan sampai situs anda berat karena pemasangan iklan google adsense. Apalagi, situs anda memang sudah berat. Bisnsi google adsense mengharuskan memakai theme/template yang ringan. Bila ingin ringan, anda bisa membeli template yang berdasarkan rekomendasi. Biasanya, ada template/theme khusus untuk adsense. Bila modelnya kurang menarik, anda bisa mencari lagi atau mengandalkan jasa website.





,