Cara Buka Usaha Online Ala Sambal Bu Kaji


Bagaimana cara buka usaha online ala Sambal Bu Kaji? Mengapa menggunakan sampel Sambal Bu Kaji sebagai pembahasan cara buka usaha online? Tentunya, pembahasan ini mengguanakan sampel Sambal Bu Kaji karena situs blog ini memfokuskan pembahasan bisnis Sambal Bu Kaji dan memang ini blog milik pengelola Sambal Bu Kaji. Selanjutnya, penggunaan sampel Sambal Bu Kaji karena usaha ini yang penulis ketahui perjalanannya, mulai dari penjualan online kelas kemasan sederhana sampai kelas kemasan premium. Hal ini menjadi dasar dalam pembahasan cara buka usaha online yang secara khusus ala Sambal Bu Kaji.


Lebih dari itu, pembahasan perlu juga membutuhkan pembatasan. Pembahasanya terbait cara buka usaha online untuk produk fisik di saat tidak memiliki keahlian di dalam online atau penanganan operasional media online untuk kebutuhan buka usaha online.

1. Memiliki Produk Usaha Online Hasil Produksi Sendiri

Salah satu cara buka usaha online ala Sambal Bu Kaji adalah memiliki produk sendiri. Ya, Sambal Bu Kaji menjual sambal pecelnya secara online hasil olahan sendiri, lebih tepatnya hasil olahan keluarga. Hal ini lebih memperkuat posisi usaha online bila dijalankan secara online. Kalau Sambal Bu Kaji mengandalkan sambal olahan orang lain, posisi usaha online tentunya akan berada di bawah suplier. Penjualan sambal milik suplier tidak memiliki kekuatan usaha online bila produk yang dijual hanya berupa sambal pecel.

Jadi, masalah produk yang layak dijual online, pada dasarnya memang mengukur produk itu sendiri. Namun, tingkat kelayakan jauh lebih dekat bila produk itu dihasilkan oleh si pemilik usaha sendiri. sebagai contoh, anda menjual pecel secara online. Kira-kira, penjualan pecel secara online layak atau tidak? Sebenarnya tidak layak bila penjualan pecel menarget tempat jauh yang membutuhkan jasa kurir sekalipun ini produk pribadi. Tetapi, sekalipun penjualan jarak tekat, bila usaha pecel mengandalkan stok orang lain, ini kurang mendekati kata “layak”, apalag penjualan secara online.

1. Percaya Diri Tampil Secara Online

Waktu pertama online, alias baru buka usaha secara online dengan pembuatan blog, tampilan pengelola dan sambalnya biasa saja. Sambal pecel masih memakai pembungkus plastik bening biasa yang dijadikan foto. Jelas, bila ditampilkan secara online, kurang menarik sehingga bisa berpotensi pengunjung tidak tertarik walaupun sambalnya enak. Tetapi, karena langkah membangun produk kemasan premium masih belum terpikirkan dan belum tahu caranya, pengelola Sambal Bu Kaji hanya bermodalkan percaya dir dalam membuka usaha online.

Sampai ada konsumen yang komplen mengenai penampilan sambal pecel. Tetapi, sikap kompelen dari konsumen membawanya menuju langkah terbaik. Dengan rasa pecaya diri, pengelola Sambal Bu Kaji, ibu Maya, melakukan perubahan menjadi lebih baik.

Memang, tampil rasa tidak percaya diri sering dialami para pemula pelaku usaha. Lebih besar rasa tidak pecaya itu, bila produk yang dijual hasil olahannya sendiri. Mungkin, penjual yang mengandalkan produk orang lain akan merasa percaya diri mengingat mengandalkan produk yang sudah dianggap layak dijual secara online. Kalau penjual mengandalkan produk buatan sendiri, yang belum memiliki keyakinan atas produknya untuk lidah orang lain, ini akan menjadi beban psikis tersendiri. Bisa jadi tidak optimis buka usaha online. Di sinilah arti penting membangun rasa pecaya diri sebagai cara buka usaha khususnya usaha online.

3. Mau Banyak Belajar

Dengan rasa pecaya diri yang dimiliki pengelola Sambal Bu Kaji, ia mau belajar bagaimana cara meningkatkan usaha online. Cara meningkatkan atau mengembangkan usaha online tidak semudah anda menjual tempe atau pecel secara ofline. Kalau menjual tempe atau pecel secara ofline, mereka cukup bertransaksi tanpa perlu peralatan teknologi. Hal ini mengalir saja, tanpa perlu banyak penanganan khusus. Berbeda bila usaha online, pengelola dan pembeli sama-sama harus mengerti masalah internet. Secara khusus, penjual harus memahami lebih dalam mengenai internet dan media online. Hal ini menjadi cara pendamping bagaimana membuka usaha online.

Namun, banyak belajar yang harus dilakukan yang utama adalah belajar masalah cara usaha online itu sendiri. Walaupun anda tidak mengerti hal teknis internet, anda tetap belajar bagaimana usaha online yang sudah dibuka bisa mendapatkan keuntungan dan terus untung. Di dalam bisnis online, ada beberapa teknik marketing sepeti artikel marketing, email marketing, affiliate marketing dan yang lainnya. Hal ini yang perlu anda pelajari.

Tetapi mau banyak belajar yang dilakukan pengelola Sambal Bu Kaji bukan masalah cara usaha onlinenya. Mengapa demikian? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, produk belum mencapai titip premium alias produk olahan ala pabrik. Salah satu syarat buka usaha online adalah menghadirkan produk kemasan premium atau sekiranya dikemas dengan cara menarik. Apalagi, penjualan sambal pecel milik Sambal Bu Kaji mengharuskan untuk lintas daerah. Bila seperti ini, produk wajib dikemas dalam kemasan premium. Karena inilah, pengelola Sambal Bu Kaji banyak sering melakukan proses belajar untuk pengembangan bisnis.

4. Mengandalkan Jasa Yang Memahami Media Online

Menggunakan jasa yang memahami dunia atau media online memang sudah dilakukan Sambal Bu Kaji. Penulis menjadi bagian dari jasa yang dipilih Sambal Bu Kaji. Penulis mengurusi masalah media marketing online. Inilah salah satu cara untuk buka usaha online.

Banyak orang yang enggan mengandalkan jasa online atau jasa yang mengurusi media online yang dibutuhkan. Mereka berpikir bisa melakukan sendiri. Hal ini masuk akal. Tetapi, ini tidak masuk akal bila anda tidak punya banyak waktu untuk mempelajari ini. Apalagi, anda berfokus pada mengembangan skill yang berfokus pada produk dan bisnis anda, belajar menguasai media online sepertinya bisa mengganggu.

Memang, mengandalkan jasa orang lain membutuhkan banyak biaya. Biasanya, orang yang berkeinginan mengurus sendiri masalah dunia online dikarenakan sedang berhemat dalam biaya. Tetapi, seharusnya, bila memang belum sanggup dalam mengeluarkan biaya untuk membayar jasa online, anda tidak perlu bersusah-payah mengandalkan online untuk buka usaha. Anda cukup melakukan usaha secara ofline bukan online. Produk yang berkualitas akanlaku dimana saja, begitu juga sebaliknya. Bila sudah dirasa laku di pasar ofline seperti halnya Sambal Bu Kaji, anda bisa menambah market baru secara online.

5. Membuat Dua Situs

Cara buka usaha online berikutnya adalah membuat dua situs. Cara ini dilakukan sambal bu kaji. Hal ini beralasan. Pertama, Sambal Bu Kaji membutuhkan situs yang hanya menampilkan produk sambal pecelnya saja. Tentunya, pembahasannya lebih mengarah pada persoalan sambal. Kunjungannya tertarget hanya orang-orang yang membutuhkan sambal. Masalahnya, cara seperti ini tidak membuahkan banyak kunjungan. Padahal, peminat sambal bisa saja dari pengunjung yang menginginkan tema resepnya saja. Kedua, Sambal Bu Kaji membuka usaha online lain yaitu adsense sehingga membutuhkan media blog yang membahas banyak kata kunci namun berfokus pada kepentingan bisnis sambal pecel.

Untuk masalah situs penjualan, bisa menggunakan situs marketplace seperti Tokopedia, Madhang, Grabfood dan sebagainya. ini bisa anda manfaatkan tanpa mengeluarkan modal namun bisa mendapatkan fasilitas seperti situs mahal.

Untuk situs blog, bisa mengandalkan blogspot.com yang bisa secara gratis didapatkannya. Kalau mau serius lagi, bisa menggunakan hosting pribadi menggunakan wordpress.

6. Membuka Beberapa Media Untuk Komunikasi Online

Cara buka usaha online bisa hanya mengandalkan media komunikasi atau biasa disebut medsos. Hal ini cara sederhana yang bisa dilakukan banyak orang. Anda tidak perlu ribet dalam buka usaha online. Cukup mengandalkan media sosial, sebenarnya ini sudah bisa dijalankan dan mendapat pelanggan. Apalagi, produk yang dijual adalah produk buatan sendiri seperti produk sambal pecel milik Ibu Maya, pengelola sambal Bu Kaji.

Namun, membangun media sosial atau media komunikasi lebih dari sekedar untuk berjualan. Media ini untuk komunikasi yang juga penting diperhatikan.

Tetapi, ada media komunikasi selain media sosial yaitu Whatsapp. Media ini digunakan untuk kebutuhan komunikasi. Sayangnya, banyak orang yang sengaja membuat grup untuk media penjualan. Mereka mendambahkan anggota dengan sengaja. Jelas, cara ini cara yang salah.