Nama Bisnis Online Yang Bagus Ala Sambl Bu Kaji


Di sini, fokus yang akan dibahas seputar nama bisnis online yang bagus adalah fokus nama produk atau merek produk bukan nama perusahaan. Nama perubahaan biasanya formal dan tidak memiliki daya jual seperti nama perusahaan produk mi instan. Sedangkan nama produk seperti mengikuti selera pasar atau nama berusaha mempengaruhi pasar seperti nama “Sambal Bu Kaji”. Ya, nama produk “Sambal Bu Kaji” adalah nama yang berusaha mempengaruhi pasar. Semua produk sambal akan diberi nama Sambal Bu Kaji. Namun, Sambal Bu Kaji sendiri masih berfokus mengelola satu sambal saja yaitu sampal pecel. Fokus pembahasan pada nama produk lebih kepada upaya menjangkau semua kalangan pebisnis/pengusaha, baik kecil atau besar. Tentunya, produk yang menjadi ujung tombak bisnis harus memiliki nama yang bagus.

Sumbre: pengusahadahsyat.com

Seputar Nama Bisnis Online Sambal Bu Kaji

Sambal Bu Kaji lahir beberapa tahun kemaren, belum ada 5 tahun. Pada awalnya, nama produk sambal pecel yang dikelola oleh Ibu Maya dengan resep andalan dari Ibu Kaji Sartinah adalah bernama Sambal Pecel Semarang. Namun, Ibu Maya dan Ibu Sartinah, ibunda Ibu Maya, memiliki variasi resep sambal. Hal ini yang membuat Ibu Maya berinisiatif mengganti nama produk sambal pecelnya dengan nama Sambal Bu Kaji. Apalagi, Ibu Maya sudah menerjunkan produknya ke penjualan online. Dengan nama ini pula, Ibu Maya mendaftarkan nama alias merek produknya ke HAKI. Tentunya, nama produk bisnis ini sekedar penamaan untuk keseluruhan produk sambal. Masing-masing produk tentunya memiliki penamaan sendiri.

Menurut anda, terlepas bagaimana produknya, lebih baik menggunakan Sambal Bu Kaji atau Sambal Pecel Semarang yang akan dijadikan nama bisnis khususnya nama bisnis online?

Membuat Nama Bisnis Online Yang Bagus Ala Sambal Bu Kaji

Bagaimana membuat nama bisnis online yang bagus ala Sambal Bu Kaji? Mungkin anda berkeinginan membuta industri rumahan ala Sambal Bu Kaji walaupun berfokus pada kuliner atau bumbu yang lain. Tentunya usaha industri ru. Berikut cata-cara membuat nama bisnis online

1. Lebih Memilih Satu Atau Dua Kata Untuk Nama Bisnis Yang Bagus

Nama bisnis online yang bagus adalah nama yang tidak memiliki banyak kata, maksimal 3. Tetapi, idealnya memiliki nama satu atau dua kata. Nama Sambal Bu Kaji sendiri pada dasarnya dua kata karena Bu Kaji memang satu-kesatuan yang aslinya BuKaji. Tetapi, karena alasan tertentu, kata Bu dan Kaji dipisah agar lebih bisa dipahami. Banyak perusahaan besar bisnis online yang menggunakan satu kata untuk nama produknya. Katakanlah Youtube. Sebenarnya, nama Youtube berasal dari kata You Tube. Tetapi karena ini untuk kebutuhan nama iklan, ini dijadikan satu yakni Youtube. Jadi, nama bisnis online yang bagus bisa berasal dari satu kata murni atau penggabungan kata menjadi satu kata.

2. Nama Bisnis Yang Bagus Harus Mudah Diucapkan

Apakah anda mudah mengucapkan Sambal Bu Kaji? Bagaimana bila mengucapkan Sambal Pecel Semarang? Tentunya, bila dibandingkan, jaug lebih mudah mengucapkan Sambal Bu Kaji. perpaduan kata “sambal” dan “pecel” sendiri memiliki kesulitan pengucapan sendiri karena huruf akhiran “Bal” bertemu “Pec” yang sama-sama menggunakan lidah dalam pengucapan. Apalagi, penamaan ini ditambahi kata Semarang, jelas membutuhkan nafas lega karena disamping berat dalam pengucapan, juga panjang. Berbeda dengan Sambal Bu Kaji yang mengikuti lidah orang-orang jawa sehingga pengucapannya jauh lebih mudah. Kecuali, bila namanya adalah Sambal Bu Haji, ini memiliki kerumitan yang melebihi pengucapan Sambal Pecel Semarang. Mengapa? Orang jawa sulit mengucapkan Haji apalagi Hajjah.

Jadi, alangkah baiknya, bila mau menggunakan nama bisnis khususnya nama bisnis online, harus melihat dahulu kemudahan dalam pengucapannya agar menghasilkan nama bisnis yang bagus dimata konsumen.

3. Nama Bisnis Online Yang Bagus Harus Unik

Kalau sambal pecel semarang, kemungkinan sudah banyak yang menamai sambal pecelnya dengan tambahan Semarang. Tetapi, bagaimana dengan nama bisnis Sambal Bu Kaji? Yang jelas, merek dagang Sambal Bu Kaji sudah terdaftar di HAKI. Bila nama bisnis online sudah terdaftar pada lembaga yang berkepentingan, sudah dianggap unik. Mengapa demikian? Merek dagang alias nama bisnis memang mengharuskan dimiliki hanya 1 pemilik saja. Bila anda nama bisnis online lain, jelas, ini nama ilegal. Perkara dua nama dari pemilik yang berbeda bisa diselesaikan dengan jalur hukum. Kekuatan hukum ada pada mereka yang sudah mendaftarkan mereknya ke lembaga yang berkepentingan.

Jadi, perkara unik (berbeda) atau tidaknya, bisa dibuktikan dengan mendaftarkan diri ke lembaga yang mengurusi legalitas merek. Tetapi, selagi anda membuat nama bisnis online dengan kreatifitas yang unik-unik juga, nama bisnis online bisa dianggap unik. Hal ini karena melalui jalur proses yang unik.

4. Nama Bisnis Online Mencirikhaskan Kedaerahan

Penamaan ini sifatnya opsional. Artinya, nama bisnis online tanpa memberikan ini pun masih dianggap bagus. Tetapi, bila memang bisnis online yang akan dihadirkan lebih kepada resep leluhur seperti pecel, sambal pecel, gudeg, gudangan dan sebagainya, alangkah baiknya memilih nama bisnis online yang mencirikhaskan kedaerahan. Sebagai contoh Sambal Bu Kaji dan sebagainya. Menurut penulis, Sambal Bu Kaji sudah mewakili sambal yang dikonsumsi orang jawa yaitu sambal pecel karena penamaan “Bu Kaji” yang memang sesuai lidah orang jawa.

5. Nama Bisnis Online Mencirikhaskan Tentang Bisnis Anda

Apakah anda sudah mengenal Youtube? Youtube adalah media publikasi vidio. Kata Youtube adalah merek atau nama suatu situs, produk/jasa. Youtube kemungkinan berasal dari You Tube. Karena untuk kebutuhan nama bisnis online, kedua kata itu digabungkan sehingga menjadi Youtube. Nama ini mencirikhaskan tentang bisnis yang sedang diangkat iakni masalah pelayanan publikasi vidio secara gratis.

Memang, penamaan bisnis online yang mencirikhaskan bisnis anda bersifat opsional. Hal ini tidak membuat nama yang tidak mencirikhaskan hal ini menjadi jelek atau kurang bagus. Contoh, Facebook di luar maksud dari bersosial media. Namun, nama Facebook dianggap nama yang bagus karena memenuhi hal di atas.

Manfaat Nama Bisnis Online Sambal Bu Kaji

Apa manfaat memikirkan nama bisnis online yang bagus? Tentunya, paling inti adalah mendapatkan keuntungan lewat kekuatan nama bisnis online. Memang, naman bisnis online tidak bisa secara langsung mempengaruhi suatu bisnis. Tetapi, lewat nama bisnis online yang bagus inilah, mereka bisa menyebut tentang bisnis anda. Setiap mereka menyebut nama bisnis online milik anda, ini sebagai gambaran seputar bisnis anda. sebagai misal, bisnis KFC. Anda menyebut nama ini sebagai gambaran bagaimana seputar KFC. Karena penamaan singkatannya bagus, KFC, mereka akan mudah inget seputar bisnis KFC yang sudah anda jelaskan.

Ada beberapa manfaat selain masalah mendapatkan keuntungan. Namun hanya manfaat keuntunganlah yang menjadi fokus atau inti penting yang didapatkan dari nama bisnis online. Dari manfaat keuntunganlah yang bisa membuat manfaat-manfaat yang lain memiliki ikut hidup menyertinya.