Inspirasi Bakso Pecel Untuk Warung Pecel Bu Kaji


Selama ini, warung pecel Bu Kaji hanya menghidangkan pecel yang umum ada di Semarang. Tetapi, bagaimana bila warung pecel Bu Kaji menghadirkan bakso pecel? Konon, usaha bakso pecel sudah ada yang memulai dan ini sudah dimuat dalam berita televisi. Hanya saja, penjual bakso pecel belum banyak, sepertinya. Kalau ditanya laku atau tidak, info yang ada bahwa penjualan bakso pecelnya lagu. Kalau warung pecel Bu Kaji menghadirkan bakso pecel, sepertinya akan bertambah pelanggannya yakni dari golongan pecinta bakso. Bakso pecel tentunya perpaduan bakso kuah yang memiliki rasa yang khas berpadu dengan sambal pecel Bu Kaji yang sudah dikenal gurih. Bila memang sambal Bu Kaji bisa menjadi solusi bakso pecel, tidak ada yang salah menerapkan atau membuka jenis produk baru ke dalam warung pecel.

Sumber: travelingyuk.com

Di sini penulis akan sedikit menuangkan ide menghadirkan bakso pecel untuk warung pecel Bu Kaji.

Membuka Bakso Pecel Berjenis Kuah

Sepertinya, rasa bakso akan kalah bila bakso sekedar campuran pecel, seperti halnya ayam atau telur. Bakso pecel yang dihadirkan seharusnya bakso yang berkuah. Kekuatan rasa bakso sebenarnya bila berkolaborasi dengan kuahnya yang khas. Ketika bakso kuah bercampur dengan sambal pecel, ini tidak sampai merusak rasa khas kuahnya dan juga rasa baksonya. Ibaratnya, sambal pecel seperti sambal bakso pada umumnya. Tetapi karena sambal pecel memiliki bahan dari kacang, tentunya kuah bakso akan memiliki kegurihan rasa kacang.

Walaupun bakso pecel berjenis kuah-kuahan, penjualannya tidak perlu memisahkan diri dengan pecel sayur. Bisa berjualan dalam satu warung Bu Kaji. Tentunya, hal ini tidak akan mengganggu tempat hidangan bakso dan pecel sayur warung Bu Kaji.

Ganti Sayuran Kangkung Dengan Sayuran Yang Lebih Bersahabat Dengan Bakso Kuah

Sayuran kangkung jelas bukan solusi sayuran untuk bakso pecel kuah. Lebih baik, warung Bu Kaji memakai sayuran jenis lain. Mengapa sayuran kangkung kurang cocok untuk menjadi bagian dari bakso pecel kuah? Entahlah, penulis sendiri merasakan bahwa sayuran kangkung tidak bersahabat untuk bakso kuah dan segala masakan yang mengandung lemak atau sejenis mi. Bila anda membuat sayur sop memakai sayur kangkung, rasanya sudah pasti tidak enak. Kalau anda membuat mi rebus atau goreng memakai sayur kangkung, juga tidak enak. Begitu juga dengan bakso pecel kuah yang tidak cocok dengan kangkung.

Sementara, sayuran sawi hijau menjadi solusi daripada sawi putih. Bila ada sayuran jenis lain, ini bisa dipakai untuk campuran sayur di bakso pecel. Sayuran sawi hijau memang sudah terbiasa digunakan untuk campuran bakso kuah dan juga mi ayam. Ini sudah tidak bisa dipisahkan.

Mengganti Rempeyek Dengan Pangsit

Biasanya, pecel sayur atau lainnya di Semarang akan menggunakan rempeyek sebagai pendampingnya. Namun, bila menghadirkan bakso pecel, sepertinya, jangan menggunakan rempeyek. Mengapa? Rempeyek kurang enak bila sudah tercampur air alias tidak renyah lagi. berbeda dengan pangit yang justru tetap enak dimakan sekalipun sudah tidak renyah lagi. Bahkan, kebanyakan pangsit memang harus tercelupkan ke kuah bakso terlebih dahulu agar terasa nikmatnya.

Memang, bakso dengan pangsit biasanya memakai bumbu ala bakso Malang. Biasanya, bakso malang memiliki aroma yang menyengat, mungkin aroma bawang putihnya. Nah, bakso malang inilah yang sebenarnya tepat bila menggunakan. Tetapi, pangsit pada bakso pecel jauh lebih serasi daripada rempeyek. Jadi, apapun jenis bakso pecelnya, tetep menggunakan pangsit.

Memisahkan Tempat Penjualan Bakso Pecel

Bakso biasanya memiliki kuah. Kuah bakso biasanya berisi bahan yang berlemak sebagai citarasanya. Hal ini yang membuat penjualan bakso pecel harus terpisah dengan penjualan pecel sayur. Jangan disatukan dikhawatirkan ada kesalahan dalam pengambilan atau alat untuk pengambilan. Hal ini bisa mengurangi rasa. Apakah tidak aneh pecel sayur tetapi aroma daging? Memang, harusnya dipisah. Tetapi, pemisahannya ini membutuhkan biaya baru. Apalagi, bila penjualan secara online, maka akan memakan waktu bila si pembeli memesan pecel sayur dan juga bakso pecel.

Tetapi, dari kasus yang ada, kios yang dijadikan tempat berjualan pecel sayur dan lainnya, tidak bisa untuk menaruh dua gerobak. Hal ini yang membuat pengelola pecel tidak bisa memisahkan penjualan, antara pecel sayur dan bakso pecel.

Tetapi, terpenting harus harus diperhatikan adalah konsentrasi dalam pelayanan bakso dan sayur pecel. Hal lainnya, bisa memberikan sedikit jarak antara tempat kuah dan lainnya. Hal ini cukup untuk menghindari kesalahan pelayanan. Jangan sampai salah mengambil alat pengambil sayuran dan lainnya.

Fokus Hanya Pada Satu Sambal Yaitu Sambal Pecel

Enaknya berjualan bakso pecel adalah cukup menggunakan satu sambal yaitu sambal pecel. hal ini untuk meringankan pekerjaan. Dengan berfokus pada satu sambal, tidak perlu memikirkan bahan-bahan pembuat sambal yang berbeda jenis. Lagi pula, bakso pecel cocok menggunakan sambal buatan Sambal Bu Kaji. Ya, sambal kacang khas Sambal Bu Kaji untuk kebutuhan pecel memang cocok juga untuk dijadikan taburan pada bakso kuah. Rasa yang akan dimiliki serasi.

Berbeda bila bakso pecel menggunakan sambal khas pecel lele atau pecel ayam, jelas sambal pecelnya tidak cocok untuk taburan di bakso kuah. Ya, biasanya, sambal kedua pecel ini ada rasa trasi yang masih terasa di lidah. Inilah yang membuat sambal pecelnya tidak cocok untuk taburan di bakso pecel.

Jadi, bila anda pusing fokus satu sambal untuk kebutuhan penjualan bakso pecel dan pecel sayur, cukup menggunakan Sambal Bu Kaji. Begitu juga warung pecel Bu Kaji, cukup menggunakan sambalnya sendiri tanpa perlu membuat jenis sambal lainnya.

Berlangganan Butir Bakso Di Satu Tempat

Mencari bakso yang tepat memang sulit. Penjualan bakso yang dicari adalah grosir butiran bakso. Memang, ada cara yang mudah yaitu lewat online. Tetapi, ini terkendala masalah ongkir. 1 kilo bisa menghabiskan ongkir minimal 9000. Memang, pembelian grosir barang berat sudah sering terjadi, mungkkin ada fasilitas harga khusus bagi pembeli grosir bakso berjumlah banyak. Kesulitan lagi adalah, pembelian secara online tidak bisa mengatur pemesanan agar stok slalu tersedia. Mungkin, anda lebih baik memilih penjual grosir bakso secara ofline saja walaupun menyulitkan.

Tetapi, yang perlu ditekankan adalah anda harus konsisten mengandalkan butir bakso di satu tempat.

Mengandalkan Bakso Buatan Sendiri Jauh Lebih Baik

Mempertahankan ciri khas termasuk rasa yang khas memang harus dilakukan agar para pelanggan tidak kecewa. Sekalipun rasa baksonya tidak seenak pesaing, paling tidak rasa ini menjadi ciri khas. Bisa jadi para pelanggan memang menyukai rasa yang khas dari bakso anda. Hal ini yang mendasari kalau bakso untuk pecel harus dari buatan sendiri. Walaupun agak merepotkan karena harus memproduksi sambal dan bakso, tetapi ini jauh lebih baik.

Bukankah Sambal Bu Kaji atau warung Bu Kaji membuka bakso pecel karena sudah memiliki keahlian meracik bakso enak? Kalau sudah memiliki keahlian meracik bakso, untuk apa lagi berlangganan bakso buatan orang lain?