Aktifitas Bisnis Harian Oleh Pengelola Sambal Bu Kaji


Penggerak yang memajukan bisnis harian Sambal Bu Kaji adalah Ibu Maya. Memang, bisnis sambal pecel Semarang ini sudah berlangsung lama. Tetapi, selama perjalanan sambal pecel itu, masih belum menampilkan kemasan sambal yang menjual. Ketika Ibu maya bergerak melakukan perubahan, melakukan inovasi, biisnis Sambal Bu Kaji makin mengalami peningkatan dalam hal kemasan produk, penjualan dan pengembangan bisnis sampai dengan legalitas bisnis. Memang, Ibu maya sudah bisa dipercaya dalam menangani bisnis Sambal Bu Kaji. Sempat Ibu Maya menjadi pembicara untuk mahasiswa seputar UMKM. Hal ini membuktikan bahwa Ibu Maya berhasil mengembangkan Sambal Bu Kaji.

Tentunya, ada beberapa aktifitas bisnis harian yang dilakukan pengelola Sambal Bu Kaji. Aktifitas ini yang juga menentukan kesuksesan Sambal Bu Kaji. Sebagian orang sering berpikir, “Aktifitas apa saja yang dilakukan para pemilik bisnis?” Tentunya, mengajukan pertanyaan seperti ini karena ada dorongan ingin melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan para pebisnis sukses.

Berikut penulis mencoba aktifitas bisnis harian sederhana yang dilakukan pengelola Sambal Bu Kaji yaitu Ibu Maya. Sekalipun mungkin kurang memberikan kontribusi untuk anda, setidaknya saya sudah menyampaikan sebagian yang mungin saja berguna untuk yang lain.

Aktif Bermedia Sosial Dengan Konten Yang Mendukung Bisnis

Bermedia sosial adalah cara terkini memperkenalkan bisnis harian. Bahkan, sebuah bisnis bila tidak dikenalkan secara online akan tersingkir oleh pesaing yang memperkenalkan bisnisnya secara online. Jadi, apa yang dilakukan pengelola bisnis harian Sambal Bu Kaji dalam memperkenalan sambel pecel dan pecel sayurnya ke media sosial adalah upaya agar tetap bisa bersaing dengan penjual sambal atau pecel lainnya. Karena media sosial yang digunakan pengelola Sambal Bu Kaji adalah untuk memperkenalkan bisnis hariannya, tentunya update konten harus menyesuaikan dengan bisnis.

Ibu Maya sendiri aktif di dua media sosial yaitu Facebook dan Instagram. Kalau di Facebook, update informasi diperuntukkan untuk para temen Ibu Maya. Sedangkan di Instagram, update informasi kebanyakan untuk para follower karena jumlah followernya sendiri mencapai 100.000. Namun, sekalipun jangkauan update informasi hanya sekitar teman Bu Maya saja, informasi yang disampaikan jauh lebih interaktif daripada Instagram. Makanya, pengelola Sambal Bu Kaji sekarang aktif membuat konten yang bisa untuk Facebook dan Instagram. Tentunya, keinteraktifan tetap ada di Facebook.


Melakukan Iklan Di Media Marketing Seperti Google dan Instagram Pada Selebgram

Mengapa Instagram Sambal Bu Kaji memiliki follower lebih 100.000? Salah satunya adalah sering mengandalkan selebgram dalam mempromosikan produk sambal pecelnya. Biasanya, Sambal Bu Kaji melakukan iklan ke selebgram Diah Didi. Hasilnya, banyak orang yang follow Instagram pengelola Sambal Bu Kaji dan membeli sambalnya. Hal ini pernah disampaikan pada penulis mengenai hasil iklannya di selebgram Diah Didi, pakar kuliner.

Selain beriklan di Instagram selebgram terkenal, pengelola Sambal Bu Kaji pun melakukan promosi di Google. Penulis pernah membantu periklanan produk sambalnya dengan mengandalkan media Google. Setelah itu, pengelola kembali mengiklankan porduk sambalnya.

Selalu Mengandalkan Jasa Penulis

Pada dasarnya, penjualan produk fisik khususnya sambal pecel tidak mengharuskan mengandalkan penulis artikel. Biasanya, penulis artikel untuk kebutuhan update artikel di blog. Ya, media marketing blog memang efektif untuk penjualan online khususnya produk sambal pecel. Tetapi, penjualan produk fisik terpenting adalah repeat order. Sekalipun pelanggannya sedikit, asalkan menjadi pembeli kelas besar, tentunya ini sudah menguntungkan. Jadi, blog marketing kurang dibutuhkan untuk membantu penjualan online produk fisi. Tetapi, bagi pengelola Sambal Bu Kaji, memiliki blog marketing memang sudah dianggap penting. Hal ini bukan semata-mata penjualan produk sambal. Sambal Bu Kaji sendiri membangun blog adsense sehingga sekaligus dimanfaatkan untuk penjualan pecel.

Karena inilah, Sambal Bu Kaji membutuhkan jasa penulis khususnya saya yang bisa mengkolaborasikan bisnis adsense dengan bisnis sambal pecel. Hal ini karena pengelola Sambal Bu Kaji tidak mahir dalam menulis. Sedangkan ia memiliki kepentingan membuat blog. Memang, membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membayar jasa penulis. Untunglah, Sambal Bu Kaji mengandalkan penulis yang berharga murah, sekitar 4000 per 500 kata.

Aktif Mengikuti Kegiatan Yang Berhubungan Dengan Bisnis Sambal Dan Pecel Bu Kaji

Banyak kegiatan yang diikuti pengelola Sambal Bu Kaji demi mendapatkan kesuksesan yang lebih besar lagi. Bahkan sebagian kegiatan yang diikuti pengelola warung pecel membuahkan penghargaan, baik mendapatkan hadiah uang tunai atau pelatihan inkubasi. Hal ini sebuah kebanggaan tersendiri karena bagian dari langkah yang memudahkan untuk mendapatkan kesuksesan lebih besar lagi. Kalau anda mengira pengelola Sambal Bu Kaji atau pecel Bu Kaji mendapatkan kesuksesan Cuma aji mumpung, ini salah besar. Banyak tenaga dan waktu dalam memikirkan kemajuan bisnis hariannya.

Aktifitas Layanan Penjualan Ofline dan Online, Baik Sambal Atau Pecel

Apalagi kalau tidak maksimal melayani penjualan ofline dan online berupa sambal dan pecel sayur? Walaupun pengelola Sambal Bu Kaji sudah memiliki surat-surat, katakanlah surat legalitas, dari MUI dan lainnya, tetapi ini hanya mengangkut masalah produk dan produksi. Masalah melakukan pelayanan pembelian, bisa jadi Ibu Maya sendiri yang ikut andil dalam pelayanan. Hal ini karena sistem usaha Sambal Bu Kaji masih bergaya manajerial sehingga masih ikut andil atau ikut sibuk dalam pelayanan. Jadi,

Aktifitas Produksi: Sambal, Pecel Sayur dan Rempeyek

Pada awalnya, aktifitas pengelola Sambal Bu Kaji hanya berfokus pada pembuatan atau memproduksi sambal pecel. Produksi sambal pecel saja sudah menghasilkan kesuksesan. Karena Sambal Bu Kaji tidak memiliki bahan pengawet, pengelola berupaya mengamankan sambal pecelnya agar terhindari dari kebasian. Salah satu cara adalah dengan menjual pecel yakni membuka warung pecel. Aktifitas pengelola Sambal Bu Kaji bertambah lagi yakni mengurusi bahan baku pembuat pecel seperti kangkung, toge, dan sebagainya yang biasa ada dalam pecel. Salah satu yang ada dalam pecel adalah rempeyek. Tentunya, untuk masalah rempeyek tidak mau melibatkan suplier. Akirnya, Ibu Maya melakukan pelebaran produksi yakni produksi rempeyek untuk kebutuhan pecel. Penjualan rempeyek tidak sekedar pelengkap, tetapi juga untuk penjualan kiloan.

Melihat pola aktifitas bisnis harian pengelola Sambal Bu Kaji dan Pecel Bu Kaji di atas memang sederhana. Anda pun bisa melakukannya dengan lebih baik. Tetapi, anda belum tentu mendapatkan kesuksesan lebih dari pengelola Sambal Bu Kaji dan Pecel Bu Kaji jika belum menemukan formula kesuksesannya. Pengelola Sambal Bu Kaji sudah menemukan formula kesuksesannya. Sekalipun aktifitasnya untuk bisnis hariannya sederhana, tetapi karena sudah menemukan formula kesuksesannya, penjualan selalu laris setiap harinya. Apa formula kesuksesannya? Formula kesuksesannya ada di produk sambal olahannya. Sambal pecel hasil resep turun-temurun yang sudah teruji kualitas rasanya inilah yang menjadi formula kesuksesanya. Kalau pengelola menghadirkan bakso pecel, dimsum pecel, bisa akan mendapatkan penjualan yang bagus lagi.


Dunia Tulis-Menulis dan Kesastraan Pesantren Serta Jaringan Teks-teks Aswaja-Keindonesiaan Dari Era Wali Songo Ke Abad 19

Penulis: facebook.com/ahmad.baso.1
Hubungi Via Wa 0812 9383 1266