Usaha Ayam Geprek Sambal Pecel Rumahan


Usaha ayam geprek sambal pecel memang belum banyak yang menghadirkan. Sambal pecel sendiri sambal yang sudah menjadi khas tersendiri terlepas dari definisi sambal pecel. Sambal biasanya diolah secara halus dengan perpaduan dengan bahan lain, salah satunya kacang atau trasi. Sepertinya, sambal dari ayam geprek sendiri pun ada ciri khasnya tersendiri yang tidak bisa mengolah sambal sembarangan. Sambal untuk ayam geprek biasanya diolah kasar, tidak lembut dengan ada perpedaan dengan sambal pecel. Namun, di sini akan membahas soal usaha ayam geprek yang memadukan dengan sambal pecel. Hal ini agar bisa berkolaborasi dengan hidangan pecel lainnya yang ada di warung pecel.

Sumber: selerasa.com

Tentunya, pembahasan usaha ayam geprek ini untuk kelas rumahan. Kalau pembahasan mengarah pada warung atau rumah makan, sepertinya sudah bosen dibahas karena sebelumnya sudah membahas persoalan usaha warungan. Di sini, pembahasan usaha ayam geprek sambal pecel berfokus pada rumahan. Tentunya, definisi rumahan adalah di area rumah, baik membuka warung atau tidak. Jadi, bisa saja membahas usaha warungan. Tetapi, pembahasan ini lebih disederhanakan mengingat usaha yang dijalankan membutuhkan modal gede untuk membeli ayam.

Lalu bagaimana pembahasan usaha ayam geprek sambal pecel yang memang belum banyak orang atau bahkan tidak ada orang yang mendirikan usaha ayam geprek dengan tamburan sambal pecel.

Pahami Dahulu Definisi Ayam Geprek Dan Tradisi Olahan Kulinernya

Definisi ayam geprek adalah ayam olahan yang digeprek atau mirip dengan ayam penyet yakni upaya melakukan pemipihan walaupun tidak sampai hancur. Namun, dalam segi olahan, ayam geprek memiliki kebiasaan atau tradisi pemasakan dengan menggunakan tepung sehingga ayam geprek bisa juga disebut ayam krispi atau ayam tepung. Kalau ayam penyet, pengolahannya tidak memakai tepung. Inilah yang perlu dipahami seputar ayam geprek.

Bagaimana dengan sablal geprek? Seperti yang sudah dijelaskan, sambal ayam geprek tidak seharus sambal pecel. Sambal ayam geprek diolah kasar. Sehingga bila memang mau memakai bumbu yang biasanya untuk sambal pecel, pengolahan cabainya harus terjaga agar tetap kasar, tidak lembut. Tentunya, ayam geprek biasanya memiliki rasa yang pedas karena bijinya tidak dibuang. Jadi, sepertinya, apapun jenis sambalnya, bisa masuk untuk kebutuhan ayam geprek.

Harus Mengacu Pada Definisi Pecel Ayam

Disinilah pembahasan akan semakin runyam. Pertanyaannya, apakah ayam geprek yang banyak beredar masuk makanan ayam pecel? Kalau berbicara persamaan memang akan selalu susah untuk memisahkan. Tetapi, ayam geprek memiliki perbedaan tersendiri pada olahan sambal sekalipun sama-sama mirip pecel.

Tetapi, usaha ayam geprek anda tidak sedang menjadi ayak geprek sebenarnya. Usaha ayam geprek anda menggunakan sambal pecel. Tentunya, sambal pecel untuk ayam memiliki ada yang memiliki perbedaan. Nah, kondisi sambal pecel yang biasa untuk ayam inilah yang bisa dipakai untuk usaha ayam geprek. Tentunya, ciri khas olahan sambal ayam geprek harus terjaga yaitu olahan tidak lembut. Memang, agak kurang menyatu bila ayam berbentuk kerispi. Maka dari itu, anda harus mengolah sambal pecel yang lebih contoh mirip sambal untuk ayam geprek.

Menciptakan Resep Sendiri Untuk Ayam Geprek

Resep utama ayam geprek adalah olahan tepung kerispinya dan juga sambal ayam gepreknya. Inilah resep yang harus dipikirkan agar memiliki cita-rasa yang enak tetapi berbeda. Bila usaha ayam geprek anda memiliki cita-rasa yang berbeda dan enak, ini bisa menjadi andalan untuk membuka jacang usaha atau waralaba usaha ayam geprek. Tetapi, intinya, menciptakan resep sendiri yang berbeda dan enak adalah untuk memenangkan persaingan penjualan.

Memang, menciptakan resep sendiri untuk ayam geprek bukan hal yang mudah. Pertama-tama, anda harus belajar memasak ayam yang kebutuhannya untuk penjualan. Mencari tempat belajar tentunya sulit bila memfokuskan pada kuliner ayam. Maka solusinya harus memilih kuliner secara umum. Terpenting, inti utama belajar mengolah resep adalah mempelajari kegunaan bagan-bahan untuk membuat kuliner. Sebagai contoh kegunaan tepung yang cocok untuk membuat ayam geprek krispi. Ya, kesultan berikutnya adalah pemenuhan praktek untuk memasak kuliner sesering mungkin, khususnya memasak aneka hidangan ayam.

Memadukan Sambal Pecel Dengan Sambal Ayam Geprek

Memadukan dalam pengolahan sambal memang tidak dianjurkan menggabungkan mengingat sambal pecel dan sambal ayam geprek memiliki ciri khas tersendiri. Tetapi memadukan ini bukan dalam proses pembuatan sambal melainkan dalam proses penyajian. Ketika penyajian, sambal pecel dalam kondisi cair. Hal ini bisa digabungkan dengan campuran sambal ayam geprek yang tidak cair. Pemaduan ini membuat sambal pecel tidak lagi cair, karena tujuannya memang untuk taburan ayam krispi. Bisa jadi penggabungan ini atau pemaduan ini memiliki cita rasa yang spesial di lidah para penikmat ayam geprek

Mencoba Membuka Lapak Online Goreng Hangat

Sekarang ini sudah banyak marketplace yang mendukung penjualan produk makanan khusus usaha rumahan. Bahkan, ada aplikasi khusus yang memang menjual kuliner atau makanan. Hal ini yang bisa anda manfaatkan untuk penjualan ayam geprek sambal pecel. Tentunya, anda hanya menarget wilayah tertdekat, bisa sebatas kecamatan atau desa. Memang, kendala marketplace tetap ada pada promosi atau memperkenalkan. Bagaimana cara memperkenalkannya? Hal ini yang membuat anda tidak perlu banyak berharap bila mengandalkan gratisan.

Tetapi, membuka lapak online mengharuskan anda memiliki aneka rasa atau aneka ayam geprek sambal pecel; aneka masakan ayam; atau memang segala makanan pecel. Anda tidak memilih hal ini karena harus membutuhkan banyak bahan.

Melayani Pemesanan Besar Untuk Acara Penting

Sekarang ini, banyak orang yang mengandakan sebuah acara atau hajatan mengandalkan makanan katering. Di samping simpel, tidak membutuhkan banyak tenaga, kualitas rasanya pun memang bisa jauh lebih unggul walaupun harga pemesanan pun jauh lebih membutuhkan banyak modal daripada mengolah sendiri. Inilah salah satu peluang usaha ayam geprek yang bisa anda manfaatkan. Maka dari itu, anda bisa membuka pemesanan besar ayam geprek sambal pecel untuk kebutuhan acara, rapat atau lainnya.

Memang, membuka katering ayam geprek sambal pecel membutuhkan banyak modal. Tetapi, anda tidak perlu khawatir, justru permodalan bisa didapatkan dari pembayaran alias DP. Bila seperti ini, pengolahan makanan dalam jumlah besar pun tidak menjadi masalah karena sudah terjamin terbeli.

Membuka Warung Pecel Ayam

Nah, anda bisa membuka warung untuk penjualan ayam geprek karena anda menggunakan sambal pecel. Nantinya, anda menggabungkan dengan olahan ayam pecel lainnya. Jadi, warung untuk usaha ayam geprek sambal pecel anda menggunakan nama “warung pecel ayam”. Hal ini untuk lebih menonjolkan makanan ayam termasuk ayam geprek. Ketika anda menggunakan nama “warung pecel”, bayangan ayam atas pikiran konsumen akan berkurang. Barangkali, mereka tidak berminat menikmati pecel sayur. Kecuali, anda bisa menghadirkan produk pecel sayur dan lainnya. Tetapi, masalahnya, anda mempopulerkan ayam geprek sambal pecel yang masih asing di mata mereka. Jadi, alangkah baiknya berfokus pada penjualan ayam pecel di warung pecel ayam agar bisa menserasikan ayam geprek.


Dunia Tulis-Menulis dan Kesastraan Pesantren Serta Jaringan Teks-teks Aswaja-Keindonesiaan Dari Era Wali Songo Ke Abad 19

Penulis: facebook.com/ahmad.baso.1
Hubungi Via Wa 0812 9383 1266