Peluang Bisnis Kerupuk Pedas Cabai Kering


Waktu kecil, penulis menyukai kerupuk pedes. Pedes sambalnya itu yang terasa nikmat. Padahal, kerupuknya sendiri terbuat dari tepung tapioka yang digoreng ada yang menggunakan pasir, termasuk nenek penulis waktu itu. Hasilnya, kerupuk pedes hasil penggorengan dengan pasir persis seperti digoreng dengan minyak karena kerupuk akan dicelupkan ke dalam sambal yang berminyak. Memang, kerupuk pedes seperti ini bermasalah untuk mereka yang anti makanan berminyak. Walaupun begini, kerupuk pedas bisa disejajarkan dengan makanan gorengan lainnya. Kondisi berminyaknya tidak terlalu dibandingkan dengan sejenis gorengan bakwan atau lainnya. Yang pasti, sebagian besar memang menyukai kerupuk pedes, termasuk saya.

Sumber: www.liputan6.com

Apakah kerupuk pedas memiliki beberapa variasi? Kalau variasi kerupuknya berupa warna dan bentuk, sepertinya ada. Tetapi kalau variasi bahan pembuat, sepertinya tidak ada. Karena kerupuk pedes sendiri terbuat dari tepung tapioka yang direbus dengan bentuk seperti selinder lonjong atau bentuk lainnya. Nantinya, seperti pembuatan keripik singkong, bahan dasar kerupuk yang sudah direbus akan dipotong-potong menjadi kecil, lempeng. Setelah itu, bahan kerupuk di jemur sampai kering. Bila sudah kering, digoreng. Untuk zaman sekarang, penggorengan sepertinya menggunakan minyak. Kerupuk pedes seperti ini akan keras sehingga kuat sekalipun di celupkan ke sambal. Jadi, bisa disimpulkan kerupuk pedes cuma satu variasi saja. Hal ini bersesuaian dengan keselarasan dengan sambal kerupuk pedes ini.

Memahami kerupuk pedas tentu erat kaitannya dengan cabai pembuat sambalnya. Ciri khas kerupuk pedas adalah memakai cabai kering. Kalau tidak memakai cabai kering tentunya bukan disebut kerupuk pedas tetapi seblak pedas.

Hanya saja, entah karena penulis kurang detail mengamati, sepertinya kerupuk pedes kurang diminati. Mengapa? Cenderung berminyak dan keras. Memang, sekarang ada kerupuk keriting pedes tetapi kurang enak. Walaupun kurang diminati, sepertinya, tetapi untuk pelengkap menyantap pecel di warung Ibu Kaji, kerupuk pedes bisa menjadi bagian produk bisnis yang bisa menguntungkan.

Lalu bagaimana cara menjalankan peluang bisnis kerupuk pedas sambal keriting?

Menjadi Bagian Produk Di Warung Pecel

Penulis sendiri menyukai kerupuk pedes. Biasanya, kerupuk pedes sebagai campuran dalam menikmati semacam pecel, namanya rumbah khas Cirebon-Indramayu. Ini menandakan bahwa kerpuk pedas bisa menjadi teman serasi pecel dan sejenisnya. Karena memang lapisannya yang keras sehingga awet ketika bercampur dengan pecel. Ada kerupuk yang memang bisa menjadi teman pecel namun mudah layu ketika terkena taburan sambal. Walau keras, tetap dalam taburan sambal harus dipisahkan. Menurut saya, campuran pecel dengan kerupuk pedas adalah campuran yang serasi karena memang berbahan tambahan sambal yang memang agak mirip.

Menjadi Laku Ketika Dijual Dipasar

Bagaimana cara berjualan kerupuk pedas yang paling laku? Caranya, anda bisa menstok di pasar. Tetapi, penyetokan ini bila memang anda memiliki lapak di pasar. Kalau tidak, memang agak sulit. Tetapi, dengan berjualan kerupuk pedas di pasar, tingkat penjualannya besar. Mengapa? pembelinya memang kelas para pedagang rumahan atau para pelaku usaha makanan yang membutuhkan kerupuk pedas. Tentunya, penjualan kerupuk pedas di pasar tidak hanya kerupuk pedas karena akan memfokuskan pelanggan pada pembeli kerupuk.

Menempuh Jalur Penyetokan Kerupuk Pedas Di Warung Rumahan

Cara ini cenderung memiliki resiko yang jauh lebih tinggi daripada dijual di pasar. Sekalipun cara ini jauh lebih simpel, anda harus memperhatikan target warung. Tidak semua warung berpotensi menguntungkan dalam penjualan. Mengapa? Bisa jadi warung sudah menyetok kerupuk pedas dari suplier lain. atau, warung tidak memiliki banyak pembeli. Belum lagi, target penjualan kerupuk yang memang tidak jelas untuk siapa. Mungkin, jalan satu-satunya yang bisa dijadikan warung penyetok kerupuk pedas adalah para pemilik warung pecel atau makanan harian yang memang mengharuskan menghadirkan kerupuk. Tetapi, warung seperti ini hanya ada di area sekolahan, kampus dan tempat ramai lainnya. Warung sekitar rumah tanggan sepertinya hanya warung penjualan kebuutuhan harian ibu rumah tangga.

Solusi Menjual Kerupuk Pedas Di Pasar Online

Mereka yang ingin menikmati kerupuk pedas secara online hanya konsumen biasa, bukan penjual pecel atau lainnya. Mengapa? Karena para pembeli kerupuk adalah orang-orang yang malas bepergian, apalagi macet. Kalau penjual kerupuk dibeli secara online, bisa remuk atau setidaknya berat diongkos saja. Harga kerupuk pedas berapa sih? Masa kerupuk pedas seharga 10.000 dengan untung 2000 dibeli secara online? Masa Cuma belanja kerupuk doang? Kalau orang yang membeli kerupuk doang, rata-rata adalah konsumen. Karena itulah, anda perlu memperhatikan suguhan kerupuk pedasnya, apakah layak untuk penjualan kelas konsumen biasa?

Anda perlu menghadirkan kerupuk pedas yang unik. Anda tahu kan keripik singkong? Keripik singkong yang diwarung-warung kecil biasanya tidak menarik. Ada keripik singkong pedas sebagai variasinya. Tetapi, bila keripik sudah menjadi olahan perusahaan besar, setidaknya perusahaan sistem manajerial, keripik singkong menjadi hidangan spesial. Mengapa tidak bisa dengan hidangan kerupuk pedas? Tentunya, bisa saja dengan mengolah kerupuk pedas dengan cara profesional. Tujuannya, agar konsumen biasa tertarik untuk membeli kerupuk pedas. Bahkan, para pengecer bisa berbelanja besar.

Membuka Warung Pecel dan Sejenisnya.

Membuka warung pecel dan sejenisnya seperti rumbah khas Cirebon-Indramayu, atau Rujak, memang bukan solusi satu-satunya. Tetapi, warung pecel ini menjadi penolong dalam penjualan kerupuk pedes. Alasanya, tidak sedikit orang yang berkeinginan menikmati pecel dengan teman kerupuk, khususnya kerupuk pedas, atau pendamping lainnya. Memakan pecel tanpa kerupuk atau pendamping lainnya seperti hambar. Memang, biasanya, pecel berteman dengan rempeyek. Tetapi, selera orang berbeda-beda. Bisa jadi, sebagian pelanggan ada yang berminat dengan kerupuk pedas buatan si pemilik warung pecel.

Menjual Kerupuk Spesial Sambal Pecel

Sebagian orang mungkin tidak menyukai samal dari cabai kering. Maka dari itu, anda bisa membuka varian kerupuk pedes cabai basah. Hal ini bisa diatasi dengan menghadirkan sambal pecel sebagai cocolannya. Kesulitannya mungkin ada pada pengemasan. Tetapi, ini bisa diatasi dengan pembelian pecel. Pembuatan kerupuknya tetap menggunakan bahan yang sama. Namun, anda tidak bisa mencampurkan pecel di atas kerupuk dengan sambal pecel. Cara yang aman adalah menghidangkan sambal untuk cocolan kerupuk. Jadi, ada menu khusus untuk menikmati kerupuk bersama pecel. Memang, langkah ini dianggap agak ribet. Tetapi, demi variasi penjualan, seharusnya anda mempertimbangkan menu kerupuk pecel pedas walaupun mungkin bisa memakai tanpa hidangan pecel sayur.

Penjualan Bahan Pembuat Kerupuk Dengan Sambal Kerupuk Pedesnya

Penjualan bahan kerupuk memang sudah musim. Bahkan variasi kerupuk pun bermacam-macan, bukan hanya kerupuk untuk kebutuhan kerupuk pedes. Nah, inspirasi ini cocok untuk anda yang memang masih khawatir mengenai masa kadaluarsa kerupuk pedes yang sudah dipasak. Biasanya, kerupuk pedas yang sudah dimasak memang bisa cepat basi, yang diawali dengan layu. Kalau penjualan bahan kerupuknya, bisa memiliki waktu yang lama, berbulan-bulan. Penjualan kerupuknya pun bisa grosiran dengan target para penjual kerupuk. Tentunya, sebagai nilai plus kerupuk, anda menghadirkan sambalnya.