Cara Pasang Iklan Di Google Skala Usaha Kecil


Dalam membahas bagaimana cara pasang iklan di Google dalam skala usaha kecil bukan dalam membahas hal teknis cara pasang iklan di situs Google Ads. Pembahasan hal teknis pasang iklan di Google memang tidak cocok untuk dijelaskan dengan tulisan. Perlu pembahasan detail menggunakan gambar atau vidio agar anda bisa memahaminya.



Oke, mari membahas bagaimana cara yang ringan pasang iklan di Google Ads untuk kepentingan usaha kecil.

Persiapan Awal Pasang Iklan di Google

1. Pengisian Saldo Di Google Adword Untuk Pasang Iklan Usaha Kecil

Untuk mengisi saldo sebagai langkah pertama pasang iklan di Google Ads, anda seharusnya sudah memiliki akun Google Ads terlebih dahulu. Sekarang ini, masuk di Google Keyword Planner. Jangan lupa, anda harus melakukan pengaturan terhadap uang yakni mengganti uang rupiah. Sebelumnya masih menggunakan uang dollar.

Menurut informasi, setiap akun akan diberikan perbedaan nomer virtual pembayaran semacam nomer rekening. Nomer itu adalah nomer pembayaran ke pihak Google. Anda tidak perlu mencopy nomer pembayarannya karena memang selalu tercantum di dasbor Google Ads (di Google Keyword Planner)

Kalau mau mencopas nomer pembayaran juga tidak masalah agar tidak selalu login ketika mau transfer. Karena sistem pembayarannya langsung transfer, tidak melakukan proses terlebih dahulu.

2. Siapkan Situs Untuk Pasang Iklan di Google

Cara pasang iklan di Google skala usaha kecil bisa dilanjutkan pada langkah menyiapkan situs. Menyiapkan situs yang dibutuhkan untuk iklan adalah membuat landing page. Landing page bisa berasal dari homepage atau halaman tertentu yang kepentingannya untuk penawaran.

Walaupun situs anda berbentuk blog, tetap saja, halaman yang diiklankan adalah halaman landing page. Artinya, bisa di halaman khusus yang memang disengaja untuk penawaran suatu produk atau jasa.

Berikut beberapa simpulan kriteria situs yang layak diiklankan di Google menurut buku Rahasia Jitu Berpromosi Dengan Google Ads:

  • Konten yang relevan, bermanfaat dan juga orisinil
  • Transparan dan dapat dipercaya
  • Kemudahan dalam navigasi
  • Memiliki kecepatan loading situs
  • Web situs dalam keadaan responsive


Cara Pasang Iklan Konten Yang Menarik Perhatian

Dalam cara pasang iklan konten yang menarik perhatian, pembahasannya berdasarkan pengajaran dari praktisi digital marketing sukses, Gm Susanto. Namun pembahasan ini menyatukan tips karena menyesuaikan dengan dua jenis yang ada di Google Ads. Dua jenis iklan Google Ads bisa berupa teks dan juga gambar.

Iklan teks dan gambar bisa dengan tepat menerapkan tips yang diajarkan Gm Susanto. Namun, bila memang mau diterapkan dalam iklan vidio, yang diambil hanya prinsipnya saja. Biasanya, iklan vidio di Youtube memiliki durasi detik yang perlu diperhatikan.

Dalam pembuatan konten iklan di Google, tetap harus mengandung unsur-unsur yang sering disingkat dengan WHOA atau WH-O-A:

  • W: bisa disebut dengan ‘who’. Siapa yang menjadi target market suatu iklan? Nah, anda bisa menentukan siapa yang menjadi target market dalam teks iklan seperti panggilan “ibu”, yang artinya targetnya wanita status ibu.
  • O: bisa disebut offer. Offer adalah memberikan penawaran yang mampu menarik konsumen melihat ikan. Offer bisa berupa pemberian testimoni, garansi, diskon dan yang lainnya.
  • A: bisa disebut ‘action’. Seperti arti katanya, berarti iklan menyarankan untuk memberikan keputusan action. Anda bisa memberi kata “segera dapatkan” atau “daftar disini segera”


Contoh konten iklan teks WH-O-A:

“Ghozali bisa menjadi kaya menghasilkan 1 M hanya dalam waktu 3 hari. Apa rahasia untukmu? Simak disini.”

Catatan pentingnya, siapa yang menjadi bagian dari “who” dari iklan di atas? Dalam iklan, menampilkan kata Ghozali yang artinya berjenis kelamin pria. Pastinya, Ghozali bagian dari pelanggan anda. Bila seperti itu, yang menjadi “who” adalah mereka seorang pria agar mengalami kecocokan dengan iklan.

Bagaimana dengan konten iklan gambar WH-O-A?

Kalimat WHOA seperti contoh di atas bisa dimasukkan di dalam gambar. Tentunya, gambarnya yang mewakili kalimat iklannya.

Bila memang pasnag iklan Google seputar kesuksesan Ghazali yang menghasilkan uang, bisa menggunakan gambar ghozali bila memang gambar sudah menjadi konsumsi publik. Tentunya, gambar uang sebagai hasil dari usaha apa yang dilakukannya.

Cara Pilih Jenis Iklan Google Sesuai Tujuan Iklan

Ada macam-macam iklan di Google yang bisa dipilih, sesuai karakter kemunculannya.

  • Iklan berdasarkan kata kunci: artinya ketika ada orang yang mengetikkan kata kunci di mesin pencari, iklan anda di Google bisa saja muncul bila memang ada kesamaan kata kunci.
  • Iklan berdasarkan penayangan: iklan berdasarkan penayangan biasanya akan tampil di website atau atau aplikasi. Tanpa perlu memasang kata kunci.
  • Iklan berdasarkan kata kunci penayangan: hampir sama dengan iklan berdasarkan penayangan. Hanya saja, di sini lebih tertarget yakni menyesuaikan dengan kata kunci yang dipilih.
  • Iklan penayangan youtube: iklan ini khusus untuk ditampilkan di media youtube. Karena itu, anda harus menyiapkan vidio.


1. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Kata Kunci Pencarian

Iklan jenis ini akan muncul di mesin pencari Google yang sesuai dengan kata kunci yang dipilih, baik di pilih dalam iklan atau dalam pencarian di Google. Ketika mengetik kata kunci, “cara cari uang” sesuai dengan kata kunci yang anda pilih dalam iklan, iklan anda akan muncul.

Namun, semakin banyak pesaing, harga kata kunci pun semakin mahal. Anda bisa memasang harga lebih tinggi lagi bila ingin muncul di bagian atas. Hanya saja, perlu strategi kenaikan harga agar tidak rugi.

Cara pasang iklan di Google dengan jenis penargetan kata kunci harus mementingakan tujuan anda. Apakah perlu atau tidak memilih jenis iklan penargetan kata kunci di mesin pencari Google.

Semahal apapun iklan, bila memang terbayar dengan hasil, tentu tidak perlu dipermasalahkan. Berbeda bila tidak ada hasil, walaupun kecil kalau sering dilakukan, bisa mengakibatkan rugi.

2. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Penayangan

Pasang iklan di Google bisa dengan iklan berdasarkan penayangan. Penempatannya biasanya di website publiser, aplikasinya atau memang dipasang di Youtube.

Anda bisa memiling cara pasang iklan di Google dengan jenis penayangan. Tujuannya untuk bisa menarget ke suatu wilayah tertentu. Bila memilih Indonesia, iklan akan dipasang untuk seluruh orang Indonesia.

Namun, pasang iklan di Google dengan jenis ini tidak terlalu tertarget seperti Facebook kalau masalah gender. Karena memang pemasangannya di media website bukan di akun milik pria atau wanita.

3. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Kata Kunci Penayangan

Anda bisa memilih alternatif lain dari iklan penayangan agar lebih tertarget. Bisa memilih iklan penayangan yang masih mengandalkan kata kunci. Hanya saja, kemunculannya tidak di mesin pencari.

Alurnya, ketika pengunjung memasukkan kata kunci di Google seperti ‘Tips Cepat Hamil” yang kemudian mengunjungi situs yang kebetulan ada iklan adsense. Ketika website informasi menghadirkan informasi yang relevan dengan iklan, dengan kata kunci iklan, maka konten iklan akan muncul.

Nah, jika situs dianggap layak untuk menerbitiklan iklan yang sesuai kata kunci maka akan menghadirkan konten iklan sesuai kata kunci yang dicari.

Ada tujuan tersendiri mengapa memilih iklan berdasarkan kata kunci dan juga penayangan yang tanpa kunci. Biasanya, untuk percepatan membangun pelanggan dengan cara menawarkan yang gratis-gratis seperti lewat newseletter, promosi aplikasi gratis dan yang lainnya.

Alasan lainnya, iklan berdasarkan penayangan biasanya lebih cepat menghasilkan kunjungan karena tidak terikat kata kunci. Ada saja kata kunci yang tidak membuahkan hasil. Barangkali kata kunci iklan anda termasuk yang tidak membuahkan hasil. Tentunya, iklan penayangan jauh lebih solutif.

4. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Penayangan Iklan Lewat Youtube

Pasang iklan dengan menggunakan Youtube, bisa dikatakan sama dengan penayangan iklan di beberapa jenis. Tentunya, pemasangan iklan Youtube karena memaeng hanya berlaku di Youtube.

Iklan yang efektif menjaring penonton bisa berbentuk vidio walaupun tidak selalu harus memakai vidio. Anda bisa menggunakan teks iklan. Iklan vidio akan lebih bagus lagi bila muncul di tengah-tengah konten tanpa skip walaupun harganya lebih mahal.

Iklan di Youtube juga bisa berbentuk link. Namun sepertinya tidak efektif. Jadi, kalau berbentuk link, lebih baik lewat penayangan iklan di website.