5 Bisnis Yang Bagus Untuk Jangka Panjang

sambal pecel

Pembahasan ini mengenai bisnis yang bagus untuk jangka panjang. Tentunya, bisnis ini yang memang cocok dijalankan untuk pemula sekalipun, baik kalangan ibu rumah tangga, pelajar dan bia juga karyawan. Intinya, bisnis yang bisa dijalankan untuk umum. Tetapi di sini tidak menjelaskan spesifikasi jenis bisnisnya.

 

Bisnis jangka panjang sendiri bisa diartikan bisnis yang terus-menerus berjalan sepanjang waktu, tidak terkalahkan dengan produk keluaran baru. Namun pengertian ini hanya sebatas pengertian secara umumnya. Mengenai praktek bisnisnya, belum tentu menghasilkan atau tidak.

Berikut beberapa bisnis yang bagus untuk jangka panjang yang tidak menspesifikkan pada produk atau jasa tertentu.

1. Bisnis Yang Bagus Tidak Terikat Trend Bisnis

Bisnis yang bagus memang bisa bisnis yang terikat dengan trend. Hanya saja, bisnis yang bagus yang bisa bertahan lama, biasanya bisnis yang tidak tidak terikat dengan trend.

Anda bisa bisa melihat mi seblak yang mampu menyaingi mi ayam. Mengapa demikian? Banyak peminat mi ayam dari kalangan wanita yang seperti beralih ke seblak. Kalaupun mi ayam masih mendapatkan pelanggan, namun tidak sampai menyaingi seblak. Jelas, ini bisnis yang sudah menjadi trend.

Bila anda mau mengikuti bisnis seblak sesuai trend, tidak dianggap kesalahan. Hanya saja, apakah seblak bisa menjadi bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan jangka panjang?

Bisa jadi, bisnis seblak bisa mendapatkan hal yang sama seperti mi ayam yakni digeser oleh trend produk baru tanpa diduga. Bila seperti ini, seblak bukan menjadi solusi bisnis yang bagus untuk jangka panjang.

Tetapi, anda bisa mengambil ide bisnis yang bagus yang terikat trend seperti kasus binis seblak. Hal ini bisa merujuk pada contoh trend bisnis mi ayam yang pernah populer puluhan tahun yang lalu.

Untuk mendapatkan pendapatan dalam jangka panjang, bisnis mi ayam memang masih memiliki potensi pemasukan yang lumayan walaupun sudah tidak menjadi trend lagi. Bisa jadi, ini terjadi pada bisnis seblak ketika sudah tidak lagi menjadi bisnis yang bagus untuk jangka panjang.

Pada intinya, bisni seblak masih bisa bertahan di tengah persaingan yang mampu menggeser trend dirinya. Hal ini perlu dikuat dengan resep, menu dan pelayanan lainnya. Apalagi, bisnis seblak adalah bisnis yang bisa sebagai pengganti nasi.

2. Bisnis Yang BagusTerjual Dengan Harga Murah

Penulis akan memberikan contoh bisnis yang dianggap bagus yang dijual dengan harga murah yakni pada bisnis gorengan dan juga pecel zaman dahulu.

a. Bisnis gorengan

Bisnis gorengan seperti penjualan bakwan, tempe tepung, goreng isi tahu dan yang lainnya memang bisa mendapatkan penjualan yang bagus dengan mengandalkan harga murah.

Bisnis gorengan bisa berjalan kokoh dengan beraneka ragam gorengan yang baru seperti corndong, hotang, dan lainnya yang cenderung makanan kekinian. Karena memang bisnis gorengan cukup akrab di lidah orang Indonesia. Apalagi harganya yang cenderung murah namun kualitasnya gurih menggoyang lidah (mungkin karena faktor MSG juga).

Ada kasus penjual gorengan yang berfokus pada gorengan singkong, tepung tempe, bakwan. Kebetulan berjualan di depan minimarket. Hanya mengandalkan gerobak sederhana, tanpa kios. Namun jangan salah, penjualannya laku. Ini sebagai bukti, bisnis gorengan termasuk bisnis yang bagus bahkan untuk jangka panjang.

b. Bisnis pecel

Mengambil bisnis yang dianggap bagus yang tetap bisa mempertahankan harga jual yang murah bisa terdapat pada produk aneka pecel, apalagi pecel sayur. Bisnis yang satu ini bisnis yang sudah melegenda, sudah ada sejak dahulu yang masih tetap dipertahankan oleh pengusaha-pengusaha pecel zaman sekarang, khususnya Warung Pecel Bu Kaji.

Harga pecel sayur sendiri masih tergolong berharga murah, sekitar 4000-5000 dengan tamburan sambal yang mampu menggoyang lidah seperti sambal pecel milik Sambal Bu Kaji.

Intinya, membangun bisnis yang dianggap bagus dengan harga murah perlu menjadi pertimbangan sebagai bagian dari solusi bisnis jangka panjang. Karena banyak bisnis seperti ini yang mampu memberikan penghasilan jangka panjang untuk para penjualnya.

3. Bisnis Yang Bagus Berhasil Terjual Secara Online

Bisnis yang tidak mengikat pada trend masih bisa memiliki pasar yang bagus untuk jangka panjang. Bisnis dengan produk murah pun masih bisa terjual. Tetapi, pertanyaannya, apakah bila dijual secara online berhasil mendapat penjualan?

Anda perlu memfokuskan perhatian pada bisnis yang dijalankan secara online, yang bisa berbeda kondisi ketika dijual secara ofline. Hal ini bila anda ingin membangun bisnis secara online yang bagus untuk jangka panjang.

Sekarang ini penjualan online sudah menjadi kebutuhan sendiri, bahkan kebutuhan harian. Contoh sederhana penjualan online tingkat daerah adalah penjualan lewat aplikasi driver, yang mana aplikasi driver membuta pelayanan penjualan dan pemesanan makanan seperti Gofood, Grabfood dan yang lainnya.

Bahkan, marketplace seperti Tokopedia sendiri bekerjasama dengan driver Gojek sebagai solusi pengantaran produk tingkat daerah agar bisa terealisasi dengan cepat.

Bila anda memiliki bisnis yang dijual online, lantas mendapatkan banyak penjualan dan pelanggan, ini bisa jadi bisnis anda yang bagus untuk jangka panjang.

4. Membangun Aset Bisnis Adsense Untuk Bisnis Jangka Panjang

Membuat aset di dalam bisnis adsense adalah bagian dari cara bagaimana meraih bisnis yang dianggap bagus untuk masa depan yang bersifat jangka panjang.

Dengan berusaha mendapatkan banyak kunjungan melimpah setiap harinya ke dalam situs bisnis adsense, setidaknya 1000 per hari, anda akan menghasilkan uang tanpa henti sepanjang waktu selagi aset bisnis adsensenya masih berjalan normal bahkan membaik tiap waktunya.

Dengan memilih bisnis google adsense atau bersifat penghasilan adsense sejenisnya, tentunya mampu menghasilkan uang tanpa perlu bekerja.

Hanya saja, menurut pakar bisnis adsense, pasar yang terbaik untuk membangun bisnis adsense yang bagus adalah dengan menarget pasar luar negeri, lebih tepatnya pasar global. Hanya mendapatkan 1000 pengunjung setiap bulan, sudah mendapat penghasilan yang cukup bisa gajian setiap bulan.

Memang, bisnis adsense terkesan gampang dijalankan. Padahal, tuntutan kunjungan melimpah membuat bisnis google adsense terbilang sulit, apalagi bersaingan global dalam mendapatkan kunjungan melimpah.

5. Bisnis Yang Bagus Untuk Jangka Panjang Memenuhi Kebutuhan Online

Anda harus memahami bahwa bisnis yang bagus jangka panjang bisa berkaitan dengan bisnis yang kepentingannya untuk pembangunan website. Sebagai misal, anda berbisnis hosting dan domain. Bisnis yang lain bisa berfokus pada penjualan template website atau pada bisnis jasa pembuatan website.

Pada intinya, banyak bisnis yang kebutuhannya dengan kebutuhan online yang bisa dijadikan bisnis jangka panjang. Biasanya, bisnisnya dengan sistem penyewaan secara online.

Anda dianjurkan paham terlebih dahulu mengenai infomasi dunia online. Dengan memahaminya, anda tidak akan terkena dampak kerugian bisnis yang besar.

Katakanlah, anda membangun bisnis domain dan hosting. Bagaimana cara menjalankan bisnis ini? Tentunya, ini menjadi perhatian penting dalam menjalankan bisnis yang bagus untuk jangka panjang.

Seperti itulah pembahasan mengenai bisnis yang bagus untuk jangka panjang. Semoga bermanfaat.



sambal pecel