Cara Meningkatkan Penjualan Online Berlipat-lipat

sambal pecel

 Bila anda mau meningkatkan penjualan online yang bisa menghasilkan penjualan yang berlipat-lipat, tentu perlu cara yang tepat yang bisa mewujudkan apa yang diinginkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana produk usaha online yang dijualnya. Karena tidak semua produk tidak mudah dalam mendapatkan pelipatan penjualan.



Bila mau mendapatkan peningkatan penjualan berlibat, anda bia memfokuskan pada produk penjualan produk fisik. Ini tema besarnya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan penjualan online pada produk fisik?

Apakah Layak Produk Online Dinaikkan Penjualan Online-Nya?

Mungkin anda selalu memikirkan soal cara meningkatkan penjualan produk. Alasan ingin menaikkan jumlah penjualan tentu karena ingin meningkatkan jumlah keuntungan.

Masalahnya, apakah anda juga memikirkan bagaimana kondisi produk yang akan dinaikan jumlah penjualannya. Bisa jadi anda mengabaikan masalah memikirkan kelayakan.

Seharusnya, pikiran anda memikirkan cara meningkatkan dan juga soal kelayakan.

Upaya meningkatkan jumlah produk yang terjual memang bisa dianggap sebagai alternatif meningkatkan penghasilan. Dianggap alternatif karena penjualan sebelumnya sudah mengalami keberhasilan. Sudah ada bukti kelayakan untuk upaya meningkatkan penjualan berlipat-lipat secara online.

Permisalan, penjualan online anda sudah terbilang lumayan. Kunjungan yang dihasilkan untuk mendapat penjualan bisa dikatakan tidak membutuhkan jumlah banyak. Hanya membutuhkan 1000 kunjungan atau konsumen, anda sudah bisa menghasilkan 100 transaksi dengan variasi jumlah penjualannya.

Ukuran kelayakan di atas bisa dimungkinkan untuk meningkatkan jumlah penjualan dengan menambah kunjungan.

Meningkatkan Penjualan Online Jangan Sebanding Dengan Meningkatkan Pengeluaran Modal Penjualan

Untuk apa ada berbangga ketika mendapatkan banyak penjualan ketika sudah mengeluarkan banyan modal untuk kebutuhan iklan? Walaupun memang, anda bisa membuahkan hasil dari mengeluarkan modal. Untuk keuntungan yang membanggakan, seharusnya jangan sebanding dengan banyaknya modal yang dikeluarkan.

Keuntungan yang didapat tentunya akan mengalami pengurangan untuk hal-hal lain, termasuk modal penjualan seperti untuk periklanan. Anda bisa berbangga mendapatkan keuntungan 10 juta dalam waktu 1 bulan. Namun, ternyata, modal yang dikeluarkan lebih 5 juta. memang, anda masih mendapat keuntungan walaupun masih dibagi untuk hal lain.

Dimana keuntungannya?

Sangat wajar bila perlu pengeluaran modal untuk meningkatkan jumlah penjualan. Hanya saja perlu memperhatikan jumlah keuntungan yang didapatkan dengan modal. Jangan sampai hasilnya malah seimbang. Sebagai misal, modal 5 juta, menghasilkan 5 juta kembali setelah dipotong-potong. Kalaupun sebanding hasilnya,  perlu ada hasil membangun pelanggan.

Teknik untuk Meningkatkan Penjualan Online yang Berpotensi Pelanggan dengan Minim Modal

Anda bisa memperhatikan dalam menerapkan bagaimana cara untuk memberikan peningkatan penjualan produk yang potensi penjualannya bisa untuk peningkatan pelanggan. Apalagi, anda hanya mengandalkan permodalan yang terbatas.

Iklan yang anda pasang harus bisa meningkatkan penjualan. Namun hasil yang lebih perlu diperhatikan dengan konsep beriklan yang berpotensi menghasilkan repeat order yakni pelanggan.

Jumlah pelanggan yang meningkat bersesuaian juga dengan jenis produk dan bagaimana penawaran produknya. Tidak semua produk bisa mengalami peningkatan jumlah yang sama sekalipun kualitasnya bagus, akibat dari faktor pengolahan atau harga. Produk olahan dadakan tentu akan berbeda hasil dengan produk siap jual.

Tentunya, penjelasan di sini tidak menjelaskan tentang produknya, mana yang bagus dan tidak dalam meningkatkan penjualan dan pelanggan. Di sini akan me bagaimana langkah untuk meningkatkan pelanggan setelah berhasil menjalankan momentum peningkatan penjualan, baik dengan beriklan atau lainnya.

  • Memiliki dua harga jualan yaitu harga eceran dan juga grosir
  • Memberikan media untuk kebutuhan komunikasi seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lainnya.
  • Member diberikan harga spesial dalam harga grosiran
  • Menyediakan situs untuk kebutuhan membership (bila perlu membuat aplikasi karena menyesuaikan zaman)
  • Membuat akun toko online di situs marketplace
  • Menginfokan produk sesuai apa adanya.
  • Menyediakan beberapa rekening atau aplikasi pembayaran (namun kalau anda mengikuti situs marketplace, tidak perlu menyiapkan)
  • Menjaga stok agar tidak kosong dalam waktu lama
  • Memberikan pelayanan yang maksimal sesuai kemampuan


Jadi, titik tekan yang perlu dilakukan adalah menyediakan situs profesional atau membuat toko di situs marketplace. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan produk secara online. Setelah itu, langkah lainnya yang bersifat teknis bisa diupayakan kembali yang berfokus mempertahankan pelanggan berbelanja.

So, meningkatkan pelanggan = meningkatkan kepercayaan penjualan online.

Pembahasan Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan

Bagaimana meningkatkan jumlah penjualan produk secara online? Tentunya, caranya harus dengan menggunakan strategi pemasaran. Apalagi ini didukung dengan pernyataan Tung Desem Waringin di dalam buku Revolution Marketing.

Menurutnya, penjualan seseorang bisa menjadikan dia kaya tanpa harus menggunakan marketing alias pemasaran, dalam arti bisa mendapatkan banyak penjualan. Namun bila disertai strategi marketing, tentunya yang tepat, bisa menjadikan si penjual lebih kaya lagi.

Walaupun membahas strategi pemasaran untuk meningkakan jumlah penjualan, saya tidak membahas jenis pemasaran apa yang terbaik untuk penjualan anda. Titik tekannya adalah menemukan celah bagaimana jenis atau strategi marketing yang memang cocok untuk jenis produk. Tidak lupa, anda harus berusaha maksimal menerapkannnya sekali masih menguntungkan.
 
Dalam buku ini, saya ingin menjelaskan macem-macem strategi pemarasan yang mungkin bisa cocok untuk produk anda.

Meningkatkan Penjualan Dengan Meningkatkan Kunjungan Secara Gratis

Kunjungan yang meningkat berpotensi untuk meningkatkan penjualan secara online. Ini menjadi fakta yang perlu anda perhatikan dalam usaha meningkatkan penjualan yang dilakukan secara online, baik berbayar atau gratisan.

Misi utama menghasilkan kunjungan tentu conversi yaitu penjualan.

Karena itu, bagaimana menghadirkan conversi terbaik dimulai dari bagaimana menarget market. Lalu, ketika anda menjalankan strategi marketing, tentu harus memiliki kejelasan. Intinya, anda harus berusaha maksimal. Proses konversi dari kunjungan ke pembelian memang tidak mudah.

Lalu bagaimana langkah untuk meningkatkan junjungan secara gratis agar bisa memiliki potensi untuk terjual?

1. Penting!: Membuat Blog

Tokopedia, Bukalapak mempunyai media marketing berupa blog. Padahal, situs marketplace memiliki pelanggan yang sering berbelanja ke tempat yang dianggap di minimarket. Memperbanyak pelanggan memang terbilang bagus.

Berikut blog milik situs marketplace:

-    https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/
-    https://www.tokopedia.com/blog/

Konsumen dengan mudah menemukan produk, tidak lagi mengandalkan Google. Bahkan, membershipnya berpotensi berlangganan.

Ujung dari kepemilikan blog tentunya adalah terjadi peningkatan penghasilan seiring terjadi penjualan pada member online shop.

Ada beberapa topik yang memang sulit bisa untuk menjadi pembahasan untuk blog. Sebagai contoh mengenai topik tas. Namun, anda bisa berusaha untuk mengatasi keterbatasan pembahasan seputar tas, dengan menghadirkan varian topik. Apalagi, banyak orang yang membutuhkan tas, terutama masalah review.

Terpenting ketika pengunjung mampir di blog, ada strategi konversi marketing sehingga bisa membuat mereka teralihkan pada strategi yang anda buat.

2. Membuat Akun Instagram

Saya pernah membuat post gambar di intagram. Hasil dari jangkauannya lebih dari 5000 akun. Ini sebagai tanda bahwa Instagram memang cocok bila dikatakan untuk meningkatkan kunjungan.

Bila ingin menjadikan instagram sebagai sumber kunjungan ke situs penjualan anda, jadikanlah instagram sebagai mini blog. Artinya, kekuatan konten ada di gambar. Ya, anda tidak perlu membuat banyak tulisan di bagian deskripsi. Terpenting, gambar yang dibuat memiliki banyak hastag. Hastag inilah yang bisa menjangkau ke banyak pengguna instagram.



sambal pecel