Jajanan Yang Cocok Dijual Di Sekolah

sambal pecel

Jajanan yang cocok dijual di sekolah seperti apa? Setelah memperhatikan penjual-penjual jajanan, kebanyakan dari mereka menghasilkan penjualan, keuntungan. Yang menjadi fokus tidak sekedar melihat cocok atau tidaknya. Jajanan yang sering dibeli konsumen khususny anak-anak itulah yang cocok dijual di sekolah. 

Sumber: kompasiana.com


Anak-anak di sekolah tidak bisa lepas dari jajanan yang mengenyangkan atau cemilan untuk bekal belajar di sekolah. Semakin banyak anak-anak yangmembutuhkan jajanan untuk bekal belajar, semakin berpotensi memiliki banyak penjualan. Biasanya mereka akan menikmati jajanan di sekolah di waktu istirahat.

Dari pembahasan ini, saya mencoba membahas jajanan yang cocok dijual di sekolah yang memang mendapatkan banyak penjualan setiap harinya.

A. Cara Jualan Produk Jajanan yang Cocok Dijual di Sekolah

Pembahasan cara jualan jajanan ini diharapkan akan menjadi perhatian bagi beberapa penjual yang jualan jajanan di sekolah.

Apakah mampu menjual banyak jajanan untuk anak sekolah ketika memiliki keterbatasan waktu dalam istirahat? Pertanyaan ini bisa menjadi perhatian penting dalam merencanakan jualan jajanan di sekolah.

1. Jajanan Siap Saji

Anda harus merencanakan jualan jajanan dengan serius di saat waktu istirahat yang tidak lama. Salah satunya memilih produk jajanan siap saji yang cocok dijual di sekolah. Apalagi, anda berjualan produknya di luar sekolah, tentunya, memilih produk jajanan yang siap saji memang sudah menjadi keharusan.

Jangan sampai para siswa menunggu laman hanya demi seculil jajanan di sekolah. Bila produk anda lama diolah, bisa mengakibatkan sulit mendapat banyak penjualan di waktu yang terbatas. Jadi, sangat disayangkan produk jajanan yang diminati anak sekolah terhalang dengan mengolah jajanan dalam waktu yang lama.

Sebaiknya, anda mengurangi waktu dalam memproses produk jajanan gorengan atau rebusan dadakan. Biasanya, penjual gorengan atau rebusan, akan melakukan persediaan sebelum masuk jam beristirahat. Memang, produknya sudah disiapkan sebelum mereka pesan. Tapi, cara seperti ini tidak mengurangi kualitas produk.

Bisa juga memilih jajanan olahan dadakan yang bisa diolah untuk beberapa pesanan namun tidak membutuhkan waktu dalam dalam prosesnya seperti olahan mi rebus, mi ayan dan juga rujak dadakan. Jajanan seperti ini cocok dijual di sekolah walaupun tidak diolah sebelum jam istirahat.

2. Mementingkan Produk Jajanan Di Bawah Harga 5000

Memang, jam istirahat biasanya para anak sekolah akan membeli menu makanan yang bisa mengenyangkan seperti nasi, mi ayam, mi rebus dan sejenisnya. Harganya biasanya sekitar 5000 ke atas.

Tetapi, jangan salah, jajanan yang dihargai 5000 ke bawah menjadi daya tarik anak sekolah. Walaupun anda menjual nasi, jangan sampai melupakan gorengan dan teman makan lainnya. Biasanya, sehabis makan, mereka akan menikmati makanan ringan yang harganya terbilang murah, di bawah 5000.

3. Siapkan Uang Kembalian

Bisa jadi, uang kembalian menjadi bagian penting dalam jualan yang dijalankan di sekolah. Bila anda kesulitan menyediakan kembalian, bagaimana solusinya?

Sebenarnya uang kembalin menjadi masalah yang menakutkan ketika tidak bisa bertanggungjawab memenuhi uang kembalian, apalagi, anak sekolah yang tidak menetap dekat di area sekolah

Apakah anak sekolah harus merelakan bila tidak ada uang kembalian? Andaikan uang mereka 100.000, bagaimana bila tidak ada pengembalian? Anak sekolah akan pulang ke rumah dalam jarak jauh. Kalau sampai tidak ada pengembalian uang, bisa jadi dianggap hilang. Penjual pun tidak bisa  ingat dalam waktu lama.

4. Siapkan Gerobak Dorong

Saya menyarankan untuk tidak mangkal di area sekolah. Terkecuali, area sekolah berdekatan dengan kios-kios yang ramai pembeli. Anda bisa memanfaatkan kios yang ada untuk tempat mangkal. Namun bila tidak ada, kembali pada saran awal yaitu tidak perlu mangkal.

Bila hanya menargetkan anak sekolah, di mana tempat untuk menaruh gerobaknya? Padahal, di area tersebut tidak ada tempat pangkalan untuk pedagang. Jelas, anda tidak bisa menaruh gerobak di area yang tidak aman.

Saran yang bisa anda terapkan agar bisa berjualan di sekolah namun tidak terfokus di area situ adalah menggunakan gerobak dorong. Anda atau pegawai anda bisa berkeliling setelah jam sekolah sudah selesai.

B. Beberapa Produk Yang Bisa Cocok Dijual Di Sekolah

Apakah anda sudah memahami mengenai pembahasan di atas? Saya anggap anda sudah memahaminya. Bila sudah, langkah berikuntnya adalah memahami beberapa jenis jajanan yang cocok dijual di sekolah. Titik tekannya produk jualan yang bisa berharga di bawah 5000 dan lebih siap saji.

Berikut sebagian jenis makanan jajanan yang dianggap cocok untuk dijual untuk anak sekolah di area sekolah.

  • Jajanan Siomai
  • Jajanan Cilok
  • Jajanan Telur Gulung
  • Jajajanan Kue Leker
  • Jajanan Batagor
  • Jajanan Rujak Buah
  • Jajanan Bakso Ikan
  • Jajanan Bakso Sapi
  • Jajanan Sosis Bakar
  • Jajanan Bakso Bakar
  • Telur Gulung
  • Jajanan Naget
  • Nasi pecel


Apakah jenis produk jajaan makanan siap saji di atas membutuhkan waktu lama dalam pengolahan. Bila memang masih ada yang membutuhkan waktu lama, berarti tidak masuk kriteria. Intinya, anda bisa mencari kembali jenis produk jajanannya.
    

C. Memilih Produk Yang Bisa Dijual Di Luar Sekolah

Dalam waktu yang singkat, mengandalkan waktu istirahat, tentu tidak bisa berusaha untuk menghabiskan produk semua produk jajanannya. Memang, penjualan terbilang banyak. Tapi, bila masih ada sebagian sisa, tentu perlu dihabiskan kembali di tempat lain agar makin menguntungkan.

Karena itu, anda perlu mengambil jajanan yang bisa juga dijual di tempat lain selain di sekolah.

Bisa saja, jualan jajanan yang bisa dijual di luar sekolah hanya opsional. Bisa saja, jualan anda habis di jam istirahat. Tetapi, sekalipun opsional, apakah anda hanya mengandalkan waktu penjualan hanya sampai jam sekolah?

Anda pun mungkin punya target lain yang memiliki potensi penjualan yang bagus seperti area pesantren, tempat bermain anak, di area kios dan sebagainya.

Contohnya apa jajanan yang bisa dijual di luar sekolah? Hal ini berdasarkan kepantasan saja. Contoh:

-    Dimsum
-    siomai,
-    batagor,
-    bakso,
-    dll

D. Membahas Penjualan Di Kantin dan Di Luar Kantin

Disini bukan lagi mengulas masalah ide berjualan di kantin. Biasanya, jualan di kantin punya kesempatan peluang yangterbatas akibat keterbatasan tempat. Penulis hanya ingin mengulas bahwa ada perbedaan soal produk di kantin dengan produk di luar kantin.

Kantin bisa dimiripkan dengan restoran atau rumah makan. Ada banyak variasi menu makanan yang harus dimiliki kantin. Penjualan di luar kantin lebih kepada bentuk pecahan menu yang ada di kantin: jenis jualan gorengan, jenis batagor, dan lainnya.

Intinya, penjualan jajanan di kantin lebih kepada penjualan yang diatur sekolah, karena memiliki tempat-tempat khusus selayaknya kios. Karena itu, ada kesamaan dengan penjual luar sekolah yang mangkal kios.

Sebagian sekolah ada yang tidak memiliki penjual-penjual di luar sekolah atau lebih tepatinya di depan pintu gerbang. Sekolah seperti ini lebih memfasilitasi kantin-kantin untuk kebutuhan jajanan anak sekolah.



sambal pecel