Jualan Di Tokopedia Hanya Satu Produk Makanan

sambal pecel


Kali ini,  penulis ingin membahas bagaimana jualan di tokopedia dan di situs marketplace lainnya hanya dengan mengandalkan satu produk makanan, baik makanan ringan atau makanan pokok. Dalam hal ini, penulis mengambil contoh makanan pecel yang merupakan makanan ringan atau bisa makanan pokok atau bumbunya.

Apakah bisa berjualan di tokopedia hanya mengandalkan satu produk makanan pecel? Secara umum, anda bisa berjualan menggunakan satu jenis produk saja. Hal ini bila memang anda sekedar ingin mewujudkan. Namun, bila anda ingin berhasil berjualan dengan satu produk saja, bisa jadi anda membutuhkan langah khusus.

Berikut langkah khusus yang bisa anda jalankan sebagai cara bagaimana jualan di tokopedia, atau situs marketplace apapun, dengan mengandalkan satu jenis produk.

Jualan dengan Memproduksi Produk Makanan Sendiri

Pebisnis yang mempunyai olahan priduk sendiri diawal-awal merintisnya biasanya hanya mengandalkan satu produk saja. Sebagai contoh, pengelola Sambal Bu Kaji, yang memulai bisnis

Pengusaha yang memiliki produk sendiri biasanya mengandalkan satu jenis produk untuk mengawali penjualannya. Mengapa demikian? Satu produk saja bisa mengurusi beberapa legalitas seperti merek, kehalalan, kesehatan dan lainnya.

Sebagai pengelola Sambal Bu Kaji, Bu Maya pun melakukan langkah ini untuk produk sambalnya demi mendapatkan pengakuan untuk market luas

Jadi, bila berjualan hanya mengandalkan satu jenis produk, alangkah baiknya produk hasil olahan sendiri. Tentunya, kemampuan untuk meningkatkan kualitas produk bisa sambil berjalan.

Kriteria produk olahan sendiri setidaknya ada dua poin, yaitu:

1. Produk Memiliki Keunikan

Anda harus memproduksi produk yang unik, berbeda dari pesaing, agar pembeli tidak ada pikiran lain selain membeli dari anda.

Ciri khas pecel Bu Kaji adalah menggunakan olahan sambal sendiri yang sambalnya sudah mendapat legalitas seperti setifikat halal dan dinas kesehatan. Tentunya, olahan pencelnya menjadi unik tersendiri daripada olahan pecel lainnya yang belum mendapat legalitas.

2. Produk Disukai

Memilih produk yang anda sukai dianggap opsional tetapi penting sekali untuk diterapkan ketika hanya menjual satu jenis produk, baik produk olahan sendiri atau dari suplier.

Ketika anda menyukai produk makanannya, tentunya anda bisa menarget market dengan jelas yang sesuai dengan selera anda.

Produk Makanan Jadi Kebutuhan Banyak Market

Ada baiknya, anda menjual produk yang memiliki nilai kebutuhan untuk banyak market. Sebagai contoh adalah makanan pecel

Apa yang dimaksud nilai kebutuhan? Tentunya, bila anda menjual roti tawar, berarti anda menarget orang-orang yang membutuhkan roti untuk sarapan pagi. Intinya, makanan yang bisa untuk kebutuhan harian konsumen.

Walaupun anda menjual satu jenis produk, tetapi produk anda dibutuhkan banyak market. Mereka membeli karena mereka membutuhkannya. Hal ini sudah dibuktikan pengelola Sambal Bu Kaji. Pada awalnya, menjual sambal yang laris. Lalu, membuka warung pecel Bu Kaji. Tentunya, pecelnya laris. Pada akhirnya, warung bu kaji membuka aneka menu.

Jualan Dengan Teknik Eceran Dan Grosiran Di Tokopedia

Kelebihan berjualan lewat situs marketplace seperti tokopedia adalah disediakannya fasilitas penjualan eceran dan juga grosir.

Harga eceran biasanya membeli dengan jumlah satu item produk.

Bila mau harga grosir, Anda cukup mengatur jumlah yang harus dibeli dengan caara grosir, seperti 3 item produk atau lebih. Secara otomatis, harga eceran dan harga grosir akan ada perbedaannya.

Atau, anda bisa membuat konten khusus penjualan grosir dalam jumlah tertentu.

Mengiklankan Produk Di Tokopedia Dengan Strategi Diskon

Mengiklankan produk yang ada di Tokopedia memang bisa melalui media iklan apa saja. Namun alangkah baiknya, produk diiklankan lewat Tokopedia. Peminatnya adalah orang yang memiliki akun tokopedia.

Bila memang anda baru berjualan untuk satu jenis produk, jenis iklan yang dipakai adalah iklan Top Ads. Fokus iklannya yaitu mengiklankan produk bukan tokonya. Nantinya, jangkauannya bisa menarget banyak market.

Anda bisa membuat konten khusus mengenai produk yang akan diiklankan dengan memberikan fasilitas diskon.

Walaupun menjual satu jenis produk, tetapi bisa membuat banyak konten yang memiliki variasi penawaran, salah satunya seputar diskon.

Upgrade Ke Power Merchant

Toko online anda bisa dibilang terpercaya bila sudah di-upgrade, setidaknya menjadi power Merchant.

Toko power merchant memiliki kualitas yang lebih baik karena memiliki bagi hasil yang lebih tinggi dengan pihak tokopedia yaitu sekitar 1,25%.

Nanun, anda jangan gegabah dalam mengambil keputusan mengganti ke power merchant. Anda bisa mengganti ke power merchant apabila sudah mendapatkan minimal 5 pengiriman penjualan tiap bulan.

Tujuan mengganti ke power merchant adalah untuk meningkatkan kunjungan lebih dari 4 kali lipat dari sebelumnya. Semakin banyak kunjungan, semakin berpotensi untuk mendapat penjualan.

Sampai di sini, apakah anda bisa berjualan? Tentu bisa!

Oke, sekian saja pembahasan jualan di tokopedia menggunakan satu jenis produk



sambal pecel