6 Jenis Bisnis Makanan Modal Kecil Laku Terjual


Berapa banyak jenis bisnis model kecil? Khususnya, berapa banyak jenis bisnis makanan? Tentunya, banyak jenis bisnis model kecil khususnya bisnis makanan. Anda pun bisa memilih jenis bisnis yang bisa dikuasai. Apakah anda jenis bisnis makanan yang anda minati? Kalau anda berminat pada jenis bisnis makanan, ini pun memiliki banyak variasi market yang harus anda pilih. Apakah anda tahu bisnsi makanan pecel? Nah, itu salah satu jenis sub jenis bisnis yang berasal dari jenis bisnis makanan. Pada intinya, variasi jenis bisnis banyak sekali khususnya bisnis makanan.
Sumber:www.wikipedia.org

Jenis bisnis ini, walaupun dijalankan dengan modal kecil, tidak menutup kemungkinan mendapat keuntungan yang besar. Bahkan, berawal dari bisnis makanan dengan modal kecil yang tentunya kecil-kecilan, pemilik bisnis makanan bisa mendapatkan bisnisnya yang membesar. Hal ini yang sudah dialami Sambal Bu Kaji yang di kelola Ibu Maya. Sambal Bu Kaji berawal dari bisnis di rumah sekedar pelanjut mempertahankan resep sambal leluhur. Kini, Sambal Bu Kaji sudah memiliki brand yang sudah didaftarkan ke lembaga merek dengan nama Sambal Bu Kaji.

Baca: Bisnis Cemilan Enak Online

Di sini, penulis akan menjelaskan beberapa jenis bisnis makanan yang memang bisa dijalankan dengan modal kecil. Tentunya, penulis memilih jenis bisnis makanan yang berpotensi laku setiap harinya dengan keuntungan yang lumayan.

1. Bisnis Makanan Pecel Bikin Lidah Bergoyang

Bisnis makanan pecel meliputi variasi pecel seperti pecel sayur, nasi pecel, pecel ayam, pecel lele, gendar pecel dan campuran dari itu. Bisnis makanan pecel ini umumnya tersebar di daerah jawa tengah sampai jawa timur. Memang, makanan ini populer di kawasan jawa. Bila anda membuka bisnis makanan pecel di kawasan jawa timur, bisnis pecel anda akan bersaing dengan banyak bisnis pecel. Tetapi, anda berada di tempat yang tepat bila membuka bisnis. Hanya saja, anda membutuhkan kawasan yang belum di tempati usaha pecel lain.

Apakah bisa jenis bisnis makanan pecel dijual secara online? Sekarang ini musim aplikasi penjualan online yang bekerjasama dengan jasa kurir kelas ojeg. Tentu, jarak pengiriman tidak sampai di luar kota. Ini menjadi kesempatan emas para penjual pecel dan sejenisnya untuk berjualan secara online. Pengelola Sambal Bu Kaji yakni Ibu Maya pun melakukan hal demikian agar lebih memaksimalkan penjualan pecelnya.

Pengelola warung pecel perlu mempertimbangkan matang bila mau membuka bisnis pecel seperti sayur, nasi atau gendar. Anda harus menyiapkan variasi menu yang melengkapi warung ini. Pastikan kebutuhan ini untuk orang-orang lapar.

Keunggulan bisnis makanan pecel adalah terletak pada sambal. Inilah yang membuat laku penjualan. Di sini, anda tidak perlu belajar dari awal septar cara membuat sambal/bumbu pecel bila mau membuka usaha. Tentunya, anda bisa mengandalkan perusahaan Sambal Bu Kaji dalam penyetokan sambal khusus para pelaku usaha. Sambal Bu Kaji sudah dipercaya sebagai sambal yang bikin pecel sayur atau nasi pecel enak.

2. Bisnis Makanan Bakso Yang Lezat

Bisnis makanan bakso salah satu bisnis makanan yang merata. Artinya, dimanapun anda tinggal, bisnis makanan bakso selalu hadir dengan ciri khas yang sepertinya hampir sama di setiap daerah. Memang, bakso ini ada yang disebut bakso malang, bakso wonogiri dan bakso lainnya. Memang agak berbeda rasanya. Tetapi, rasa bakso di setiap daerah tidak lepas dari rasa kuah daging.

Bila anda ingin berjualan bakso, ada beberapa jenis usaha bakso yang bisa anda lakukan. Anda bisa berjualan bakso kuah yang sudah umum ada di setiap wilayah. Penjualan bakso pun bisa dalam bentuk penjualan bakso biji alias bakso kemasan. Keduanya sama-sama memiliki peminat yang bagus. Bakso biji pun bisa dijual dengan variasi lainnya seperti campuran mi ayam dan bakso goreng.

Bakso yang paling laris adalah bisnis bakso sapi. Maka dari itu, demi penjualan laku, anda bisa membuka usaha bisnis bakso sapi.

3. Bisnis Makanan Seblak Idaman Kaum Wanita

Mungkin ini jenis bisnis makanan yang sedang populer saat ini walaupun mungkin dahulu sudah ada yang membuka bisnis ini. Seblak lebih mirip mi goreng namun bahan olahannya yang berbeda. Bahan utama seblak biasanya kerupuk basah. Memang seblak itu berasal dari kerupuk basah. Namun, banyak seblak yang menggunakan bahan mi namun mengklaim sebagai seblak. Hal ini dikarenakan seblak dicirikan terletak pada bumbu seblak yang cenderung menyengat aroma.

Seblak sudah menggeser mi ayam. Bila anda penjual mi ayam, alangkah baiknya melirik juga usaha seblak. Tentunya, anda bisa mengkolaborasikan penjualan dalam satu tempat usaha. Anda bisa memberikan seblak campuran mi ayam sebagai bukti kolaborasi.

Dengan menarget konsumen wanita, bisnis makanan seblak bisa laku terjual dengan cepat.

4. Ayam Goreng Krispi Dengan Rasa Gurih Istimewa

Tidak perlu seperti KFC, ayam krispi buatan tukang masak rumahan pun bisa enak. Apakah laku bisnis makanan ayam krispi gurih? Hal ini berdasarkan kasus di pesantren yang memiliki banyak santri. Lalu, si penjual makanan untuk kebutuhan santri menyediakan menu ayam krispi gurih juga sebagai bagian dari lauk. Ternyata, penjualan ayam krispi dianggap laku untuk kalangan yang membutuhkan lauk enak.

Target penjualan laku untuk bisnis makanan ayam krispi adalah lingkungan sekolah dan kampus. Tetapi, mereka membutuhkan nasi. Jadi, persiapkan bisnis makanan ayam krispi anda dengan nasi. Kalau seperti ini, anda harus menyiapkan tempat makan. Jadi, bisnis ayam krispi anda akan menyamai KFC.

Memang, penjualan ayam goreng krispi bisa dilakukan dengan media grobak. Artinya, penjualan ayam goreng krispi tidak perlu menggunakan ruangan khusus. Hal ini banyak dilakukan para pedagang kecil. Penjualan ayam krispi pun tetap laku. Catatan: ayam krispi berharga murah.

5. Bisnis Makanan Tahu Selalu Menjadi Andalan

Entah kenapa, bisnis makanan tahu selalu menjadi andalan. Dahulu terkenal dengan bisnis tahu Sumedang. Walaupun tahu Sumedang tetap mendapatkan tempat di hati konsumen, tahu bulat sepertinya yang menjadi top sendiri dalam beberapa waktu walaupun sekarang namanya kian meredup. Di tengah keramayan para penjual tahu bulat, tahu petis yang kurang dianggap populer menjadi ciri khas tersendiri di setiap ada pesta besar seperti haul sesepuh warga, muludan dan sebagainya. Tahu jeletot tidak mau ketinggalan akan sebuah kepopuleran. Bisnis tahu jeletot isi yang berisi sayur-sayuran ini mampu menyedot pasar. Degan rasanya yang gurih dan bisa membuat lidah bergoyang karena pedas menyengat, tahu jeletot bisa menjadi andalan produk bisnis yang laris-manis. Apakah anda berminat bisnis makanan tahu?

Baca: Bisnis Kuliner Rumahan Modal Kecil

6. Bisnis Makanan Nasi Goreng Di Tunggu Saat Malam Hari

Bisnis nasi goreng adalah bisnis yang selalu hadir di malam hari. Mengapa? Nasi goreng bisa sebagai penghangat tubuh di tengah dinginnya malam. Apalagi, makan nasi goreng ditengani sang kekasih tercinta, luar dan dalam menjadi hangat. Mungkin musim hujan seperti ini makanan yang paling diburu adalah nasi goreng ketika lapar di malam hari. Jadi, bisnis nasi goreng bisa dianggap bisnis yang memiliki pasar yang tidak sedikit. Terbukti, penjual nasi goreng selalu ditunggu di malam hari.