6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Pecel Sambal Bu Kaji


Anda mau usaha pecel bersama olahan sambal pecel dari Sambal Bu Kaji? Masalahnya, anda tidak memiliki modal yang cukup untuk usaha pecel. Nah, anda tidak perlu khawatir dengan kondisi anda yang masih kekurangan modal. Dengan langkah yang akan dijelaskan, diharapkan anda akan mendapatkan modal usaha untuk usaha pecel yang mengandalkan olahan sambal dari Sambal Bu kaji. Tetapi, anda tidak perlu selalu memikirkan masalah modal berupa uang. Ada banyak modal usaha yang perlu anda hadirkan agar usaha pecel anda sukses.


Modal usaha memang menjadi inti bisnis. Hal ini dikarenakan menjadi standar arus kas suatu bisnis. Ada modal usaha yang dibelanjakan untuk kebutuhan usaha pecel, ada penghasilan yang masuk ke kantong anda. Ini sudah menjadi aturan baku dalam berbisnis. Namun modal tidak harus selamanya mengandalkan modal sendiri. Anda bisa mengandalkan modal dari orang lain. Terpenting, anda tidak ada pikiran bahwa untuk membuka usaha pecel tidak harus mengandalkan modal alias cukup bermodal nol. Ini pemikiran yang salah.

Dalam kontek kebutuhan modal bisnis, usaha pecel memang tidak perlu membutuhkan banyak modal bisnis. Banyak penjual pecel media grobak dengan omzet yang tidak bisa dibilang sedikit. Bahan-bahan yang diperlukan tidak membutuhkan harga mahal. Apalagi, anda memiliki perkebunan cabai dan kangkung sendiri, ini jauh lebih menghemat modal usaha pecel. Namun bila ingin berbisnis kelas rumah makan, anda harus membutuhkan banyak modal bisnis.

Lalu bagaimana cara mendapatkan modal usaha pecel Sspesial Sambal Bu Kaji? Berikut beberapa cara yang mungkin cocok dengan kondisi anda.

1. Mengandalkan Uang Orang Tua Untuk Modal Usaha

Anda sebenarnya disulitkan dengan rasa malu anda meminjam uang kepada orang tua. Sebagian orang memang seperti ini. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan uang orang tua untuk kepentingan bisnis. Dalam hal ini, biasanya, anda berhutang kepada orang tua untuk kepentingan usaha, dalam hal ini usaha pecel. Tetapi, dalam hal lain, anda bisa mengandalkan uang orang tua untuk dibuatkan investasi. Kalau anda memiliki konsep usaha pecel yang bagus, orang tua pun akan memberikan sebagian uang untuk usaha. Tentunya, orang tua mendapatkan jumlah persen dari usaha.

Apakah orang tua anda mampu dalam hal keuangan? Bila tidak mampu, anda jangan mengandalkan cara ini untuk mendapatkan modal usaha pecel spesial sambal dari Sambal Bu Kaji.

2. Cara Mendapatkan Modal Usaha Pecel Dari Teman Terdekat

Apakah berbeda cara mendapatkan modal usaha lewat orang tua dan teman terdekat? Tentunya berbeda. Perbedaan ini terletak pada ikatan batin. Sosok orang tua akan peduli dengan nasib anaknya sehingga rela memberikan uangnya untuk modal usaha pecel spesial sambal dari Sambal Bu Kaji. Bagaimana dengan teman? Sepertinya, sebagian besar teman sulit untuk dipinjami uang, apalagi dimintanya. Apalagi, si temen sendiri tidak memiliki uang banyak.

Di sini, anggap saja teman anda memiliki banyak uang sehingga anda berkeinginan meminjaminya. Maka dari itu, anda perlu beberapa langkah.

a. Memecah Peminjaman Menjadi Beberapa Bagian

Artinya begini, anda meminjam uang untuk kepentingan modal usaha pecel jangan mengandalkan satu teman. Uang 1000.000 akan lebih ringan didapatkan dari 10 orang daripada hanya pada satu orang. Cara seperti ini jauh lebih bisa berhasil mendapatkan modal usaha.

b. Berhutang Dengan Pemberian Hadiah

Apa yang salah bila anda memberikan hadiah pada orang yang menghutangi? Dalam kasus ini, anda tidak sedang menjalankan riba. Mengapa? Ini pemberian sukarela untuk orang yang dengan sukarela memberikan hutang untuk modal usaha. Memang, anda pun harus melakukan ini untuk orang tua juga. Dengan memberikan ini, teman anda lebih bisa mengeluarkan uang untuk kebutuhan modal usaha.

Berhutang ke teman seharusnya di atas kertas bermaterai. Bisa saja anda menjadi korban teman anda sehingga hutang menjadi membengkak.

3. Menjual Aset Anda dan Barang Berharga

Anda harus mengetahui mana aset dan mana liabilitas dan juga memahami arti barang berharga. Pemahaman aset adalah sesuatu yang bernilai harganya tanpa ada pengurangan nilai. Dalam hal ini, rumah mewah anda bukan aset ketika tidak ada penambahan nilai. Pemambahan nilai berarti adanya arus kas rutin seperti rumah kontrakan. Bentuk yang tidak memiliki arus kas adalah emas murni dan surat berharga lainnya. Bagaimana pemahaman mengenai barang berharga? Ini bisa berbentuk aset. Karena aset sudah dijelaskan, barang berharga yang dimaksud adalah hal-hal yang bisa dijual dengan harga lumayan.

Nah, anda bisa memanfaatkan aset dan barang berharga untuk kepentingan modal usaha. Cara seperti ini sudah sering dilakukan walaupun seharusnya tidak diperlukan. Mengapa? Sekali kita masih membutuhkannya, mengapa dijual? Kalau dijual di saat kita butuh, kita akan membeli kembali. Lah, kalau begitu, mengapa dijdual hanya karena modal usaha pecel?

4. Gadaikan Barang Berharga Anda

Anda pasti sudah mengenal istilah gadai. Disini, anda bisa mendapatkan uang pinjaman dengan resiko barang tidak akan kembali jika hutang tidak dibayarkan. Cara seperti ini masih dalam kontek berhutang. Bila anda tidak bisa mendapatkan utang atau tidak mau menjual barang berharga anda, anda bisa mengandalkan pegadaian dalam mendapatkan modal usaha pecel.

5. Mengikuti Inkubasi Bisnis

Langkah ini dianggap sulit. Bagi anda yang menginginkan mendapatkan modal lewat inkubasi bisnis, usaha pecel harus sudah ke tahap pengembangan perusahaan bersistem. Artinya, anda sudah memiliki produk dengan ciri khasnya. Hal ini pernah dilakukan Sambal Bu Kaji. Sebelum mengikuti inkubasi bisnis, Sambal Bu Kaji berbenah diri akan bisnisnya. Hal yang pertama yang dilakukannya adalah mendaftarkan merek dan hal lainnya yang dibutuhkan dalam pengemasan produk. Hasilnya, ketika sudah mendaftarkan diri ke inkubasi bisnis, Sambal Bu Kaji lolos dari seleksi. Menurut informasi yang ada, ketika perusahaan lolos seleksi dalam inkubasi bisnis, perusahaan ini akan menuju tahap berikutnya dalam pengembangan bisnis dan suntikan modal.

6. Menjadi Orang Yang Dipercaya Membangun Bisnis

Katakanlah, anda ahli dalam berbisnis. Anda sudah berhasil membangun bisnis dan sudah behasil mendirikan beberapa bisnis milik orang lain. Skill ini tidak mudah didapatkan. Skill ini yang dibutuhkan para pebisnis agar bisa membangun bisnis yang bertahan lama. Anda sudah memilikinya. Kalau ada orang yang mau bekerjasama lagi, anda tidak perlu banyak mikir persoalan kualitas skill yang dimiliki.

Di kemudian hari, Sambal Bu Kaji meminta anda membangunkan bisnis waralaba pecel khas Sambal Bu Kaji. Anda menyetujui hal ini dengan kesepakatan bagi hasil. Anda sudah mampu mewujudkan perusahaan. Sekarang, anda mewujudkan keinginan Sambal Bu Kaji mendirikan waralaba pecel. Beberapa tahun kemudian, bisnis waralaba pecel milik Sambal Bu Kaji berjalan sukses. Anda mendapatkan hasil keuntungan dari kesukssan ini.

Baca: Manfaat Modal Bisnis Kuliner

Dari pembahasan di atas, apakah anda mendapatkan modal secara cuma-cuma? Yang jelas, ini bentuk lain dalam mendapatkan modal. Inti utamanya adalah anda mendapatkan sebagian saham yang dikelola Sambal Bu Kaji. Ini sama saja seperti anda memiliki bisnis.