4 Usaha Minuman Pendamping Warung Pecel


Mungkin anda pelanggan warung pecel milik Sambal Bu Kaji yang dikelola Ibu Maya. Apakah anda mengenai dan sudah merasakan olahan sambal pecel dari Sambal Bu Kaji yang berada di Semarang? Bagi yang berada di area Semarang, mungkin mereka sudah mengetahui Sambal Bu Kaji yang sekarang mengelola warung pecel dengan taburan sambal dari Sambal Bu Kaji. Anda bisa mampir ke warung pecel milik Sambal Bu Kai.


Pertanyaannya, sesudah makan, anda meminum apa? Mungkin anda hanya meminum teh manis hangat atau dingin. Bila seperti itu, pastinya anda mengeluarkan uang tambahan untuk membayar minuman teh manis hangat. Harganya pun cukup menguras kantong bila untuk 5 orang. Dari sinilah, anda bisa melihat bahwa minuman sederhana teh manis hangat dan dingin bisa untuk kebutuhan produk usaha minuman.

Memang, usaha minuman berdampingan dengan warung pecel seperti bukan usaha minuman seperti yang ada pada warung milik Sambal Bu Kaji. Tetapi, seadaninya usaha minuman nilai terjualnya sama antara yang bernaung dengan warung pecel Sambal Bu Kaji dengan yang tidak bernaung denganya, ini sama saja seperti memiliki dua usaha sekaligus. Lagi pula, apa pentingnya membuka usaha secara terpisah bila bisa disatukan? Bagaimana bila nilai penjualan usaha minuman jauh lebih tinggi ketika bernaung bersama warung pecel Sambal Bu Kaji daripada tidak bernaung? Usaha minuman jauh lebih menunjukkan identitesnya sebagai usaha idependen walaupun sebenarnya bernaung dalam warung pecel Sambal Bu Kaji.

Baca: Bisnis Franchise Minuman Coklat

Berikut adalah beberapa usaha minuman yang bisa dijadikan pendamping pada usaha warung pecel sebagai contoh warung pecel milik Sambal Bu Kaji.

1. Usaha Minuman Teh

Memang, minuman teh bisa sebagai pendamping. Tetapi, nilai pendamping minuman teh bisa saja bukan sekedar pendamping. Minuman teh bisa diilustrasikan dua perusahaan, usaha yang bekerjasama. Hal ini sudah umum dilakukan. Begitu juga saling kerjasama antara minuman dan dan pecel. Wadah dari kerjasama ini adalah warung peel.

Anda pernah melihat berbagai minuman berbahan teh? Nah, variasi minuman teh bisa dihadirkan dalam warung pecel anda. Kalau melihat contoh, usaha minuman teh kemasan cup diminati banyak orang. Padahal, usaha minuman teh sekedar memajang mirip meja sebagai tempat penjualan. Bagaimana bila penjualan teh seperti itu di tempatkan dalam wadah warung? Di samping minuman berada di area tempatnya, tempat usaha minuman pun berada di warung. Hal ini mengindikasi.

Sayangnya, banyak penjual makanan khususnya makanan pecel menghidangkan minuman hasil olahan dirinya yang biasanya: minuman teh. Memang, minumannya memiliki harga. Tetapi belum dikatakan independen. Walau tidak dikatakan independen, usaha minuman teh yang bernaug dalam warung khususnya warung pecel Sambal Bu Kaji tetap menghasilkan keuntungan tersendiri.

Baca: Minuman Segar Kemasan untuk Usaha Kecil

2. Usaha Minum Khas Daerah

Karena Sambal Bu Kaji dan warung pecelnya berada di Semarang, alangkah baiknya mengangkat usaha minuman yang memang menjadi ciri khas daerah tersebut. Apalagi, sebagaimana contoh, usaha warung pecel yang mencirikan makanan jawa secara khusus Semarang, tentu, usaha minuman yang dihadirkan seperti halnya usaha warung pecelnya yakni mengangkat khas suatu daerah, dalam hal ini Seamrang. Ini jauh lebih bersfiat penyatuan usaha yang sama-sama memperkuat tradisi kuliner nenek moyang.

Masalahnya, banyak orang yang sudah tidak berminat pada beberapa minuman khas daerah. Untuk itu, anda bisa menimbang-nimbang, memilih-milih sebelum memutuskan untuk dijadukan usaha minuman bersama hidangan lain, dalam hal ini hidangan serba pecel di warung pecel yang dikelola Sambal Bu Kaji.

3. Usaha Minuman Sirup Pabrikan

Usaha minuman sirup baprikan adalah usaha yang paling simpel. Anda tidak perlu menyiapkan bahan-bahan pembuat minuman. Hal ini karena sudah disediakan dalam kemasan minuman sirup baprikan. Hanya saja, minuman sirup kurang menyentuh untuk usaha pecel seperti warung pecel milik Sambal Bu Kaji. Bila dikaitkan dengan pendamping makanan pecel, katakanlah pecel sayur, minuman sirup jarang disebut. Apalagi, tradisi warung makan tidak menyediakan minuman sirup.

Lalu bagaimana usaha minuman sirup pabrikan bisa bekerjasama dengan usaha pecel dalam naungan warung? Hal ini bisa dilakukan dengan menghadirkan rumah makan lesehan yang di dalamnya menyediakan menu-menu serba pecel. Karena makan harus ada minuman, anda bisa menghadirkan minuman sirup sebagai pendamping makanan. Nah, di sinilah anda menulis daftar menu yang bisa dipesen. Karena sudah disediakan daftar menu minuman, mereka akan meminum sesuai seleranya yang ada pada daftar menu.

4. Aneka Macam Minuman Botol dan Gelas

Pembahasan ini masih sama dengan poin 3 yang mana mengandalkan produksi pabrik dalam pemenuhan usaha minuman. Usaha anda yang menjual pecel, ternyata, ini membuat anda harus membuka usaha minuman juga. Usaha-usaha makanan yang laris-manis biasanya akan menambah stok minuman sehingga menjadi usaha minuman tersendiri. Nah, minuman yang sering dinikmati oleh pembeli adalah minuman pabrikan dalam kemasan botol atau gelas. Dalam hal ini, anda bisa bebas memilih minuman apa saja, termasuk minuman teh.

Biasanya, minuman ini ditaruh di dalam meja. Tetapi, sebagian minuman ada yang ditaruh di dalam lemari pendingin. Nah, biasanya, minuman yang ditaruh di meja yang banyak diambil para pembeli. Justru minuman dingin yang ada dilemari yang tidak diambil, mengingat malas untuk mengambil. Nah, anda harus memberikan kemudahan dalam mengambil minuman. Bagaimana? Anda bisa menempatkan lemari pendingin di bagian depan karena mereka satu jalur perjalanan menuju tempat duduk. Kalau menempatkan minuman di bagian belakang, mereka yang duduk di depan tidak akan mau mengambil minuman. Mereka yang duduk dibelakang, tentu mereka sudah melewati minuman sehingga mengambilnya. Biasanya, mereka yang duduk dibelakang memang sudah direncanakan seperti ini.

Memang, resiko tidak terjualnya bisa saja besar. Mereka di warung makan tentu memesan makanan seperti pecel. Mereka memesan minuman yang memang berkaitan erat dengan makanan yang dikonsumsi. Makanan pecel biasanya cocok menggunakan minuman teh botol atau gelas.

Solusi: maka dari itu, anda menyediakan lemari pendingin. Ini sebagai solusi bagi mereka yang berkeinginan minuman dingin. Rata-rata, penikmat makanan pedas lebih melirik minuman dingin. Nah, anda bisa memperbanyak minuman yang diminati para pembeli. Bisa jadi, dalam lemari pendingin, isinya lebih dominan minuman air putih dan teh. Tetapi, minuman teh atau air putih jangan mengisi penuh lemari pendingin. Minuman aneka rasa harus dihadirkan juga mengingat penempatannya di lemari pendingin. Minuman sebagian bisa ditempatkan di luar untuk minuman yang tahan lama seperti teh dan minuman mineral kemasan botolan.

Baca: Tips Bisnis Waralaba Minuman

Kesimpulan

Usaha warung pecel bukan melulu menjual pecel. Di sinilah berbagai jenis usaha seperti minuman, penjualan sambal, dan secara khusus pecelnya sendiri perpadu menjadi satu. Maka dari itu, warung pecel bisa dianggap seperti warung kelontong yang memadukan berbagai jenis produk usaha.