Usaha Rempeyek Kacang Tanah Renyah Online


Bulan puasa ini, tepatnya di bulan Mei 2019, penulis mendapatkan informasi bahwa usaha rempeyek kacang tanah dan rempeyek lainnnya--yang menyesuaikan pasar dan pemesanan---laku terjual. Artinya, banyak pemesan rempeyek sebenarnya. Pengusaha rempeyek yang diminati banyak pelanggan adalah pengusaha sambal pecel dan pecel sayur dalam naungan Sambal Bu Kaji. Jadi, sebelum melakukan penjualan, pengelola Sambal Bu Kaji sudah membuka usaha rempeyek dalam artian sekedar sebagai teman atau pendamping dalam menikmati rempeyek. Baru kali ini, Sambal Bu Kaji melalui Ibu Maya membuka usaha rempeyek harga kiloan. Ternyata, responnya positif, baik pelanggan yang biasa mangkal di warung atau lintas kota.


Maka disini, penulis akan menjelakan usaha rempeyek kacang tanah dan lainnya berdasarkan pengalaman Sambal Bu Kaji. Tentunya, anda sedikit memahami bagaimana pembahasannya nanti. Tetapi, anda perlu memahami lebih lanjut dalam pengembangan pembahasan usaha rempeyek kacang tanah dan lainnya agar lebih memantapkan lagi bagaimana proses menjalankan usaha ini.

1. Cobalah Membuka Usaha Warung Pecel

Sepertinya, usaha rempeyek kacang tanah dan lainnya membutuhkan naungan usaha lain agar bisa laris-manis. Kalau anda hanya menjual rempeyek kacang dan lainnya, sulit mendapatkan penjualan yang rutin setiap harinya. Sebagai contoh, Sambal Bu Kaji meraih omset dari penjualan rempeyek kacang tanah dan lainnya setiap hari seiring mereka mengkonsumsi pecel dan aneka menu lainnya di warung Sambal Bu Kaji. Mereka merasa kurang afdol bila mengkonsumsi pecel tetapi tidak ditemani rempeyek kacang tanang. Apalagi, rempeyek kacang tanah dan lainnya dianggap teman yang cocok untuk menikmati pecel sayur atau lainnya. Jadi, membuka usaha warung pecel memang sebuah solusi yang terbaik.

Untuk kebutuhan sambal pecel, anda bisa memanfaatkan sambal olahan dari Sambal Ibu Kaji yang sudah terkenal lezat, enak dan sehatnya. Anda tidak perlu ragu masalah kualitas. Tentunya, kuantitas pun terjamin mencukupi untuk usaha warung pecel dengan memesan paket sambal kiloan (hal ini harus diukur dengan tingkat penjualan setiap harinya).

2. Anda Harus Membuat Rempeyek Kacang Tanah dan Lainnya Sendiri

Kalau anda mengandalkan rempeyek kacang tanah dan lainnya hasil buatan sendiri. Ini memiliki nilai jual yang bagus. Dengan mengandalkan rempeyek kacang tanah sendiri, anda bisa menerapkan strategi penjualan harga kiloan. Tentunya, anda harus siap dengan beberapa bahan pembuat rempeyek kacang tanah, khususnya kacang tanang itu sendiri. Rempeyek hasil buatan sendiri bisa dijual di warung pecel atau toko khusus rempeyek, baik secara online atau ofline.

Tetapi, cara seperti itu bisa dilakukan untuk usaha rumahan ibu rumah tangga yang memang full mengurusi usahanya. Setiap hari, usaha rumahan ibu rumah tangga bisa menangani berbagai pemesanan rempeyek untuk para pelanggan. Jelas, mereka tidak disibukkan dengan pekerjaan lain kecuali mengurusi pembuatan rempeyek dan pecel. Bagi ibu rumah tangga yang aktif di pekerjaan lain, mereka tidak bisa mengurusi usaha rumahan modal seperti ini bahkan tidak bisa membuka usaha rumahan. Tetapi, tidak ada halangan agar bisa membangun usaha rempeyek dan pecel yaitu dengan mengandalkan pemesanan rempeyek salah satunya dari Sambal Ibu Kaji. Dengan memesan berjumlah kiloan, anda sudah memenuhi stok setiap harinya untuk usaha rempeyek bungkus dan pecel.

Baca: Usaha Rumahan Modal Kecil

3. Rempeyek Kacang Tanah dan Lainnya Harus Renyah

Apakah anda mau memakan kerupuk yang agak keras atau layu? Memang variasi kerenyahan kerupuk berbeda-beda. Tetapi, rata-rata kerupuk yang sebagai teman makan nasi biasanya menggunakan kerupuk renyah seperti kerupuk mi. Para pedagang biasanya menyediakan kerupuk mi karena memang kerupuk yang paling cocok sebagai teman makan. Mengapa? Di samping gurih, kerupuk mi biasanya renyah dan mudah hancur. Bahkan kerupuk ini bisa dimakan oleh anak balita.

Inspirasi kerupuk mi renyah harus diimpelentasi dalam pembuatan rempeyek kacang tanah dan lainnya. pembuatan rempeyek harus renyah sebagai pengganti kerupuk. Biasanya, lempengan tipis harus bisa dibuat agar menghasilkan rempeyek yang renyah. Masalahnya, pembuatan lempengan tipis membutuhkan keahlian tersendiri mengingat agak menyulitkan. Bagi pemula memang sulit membuat lempengan tipis. Belum lagi masalah pemanasan yang membutuhkan penyesuaian atas penggorengan rempeyek dengan lempengan tipis

Bukan hanya lempengan tipis yang harus diperhatikan. Bahan pembuatan rempeyek membutuhkan perhatian khusus. Biasanya, agar renyah, bahan pembuatan rempeyek, baik menggunakan kacang tanah atau lainnya harus diberi santan. Konon, santan bisa menghasilkan rempeyek yang renyah. Masalahnya, tidak semua rempeyek menggunakan bahan santan. Sebagai contoh, rempeyek ikan teri yang justru tidak cocok.

Ada banyak pembahasan cara membuat rempeyek renyah. Tentunya, anda harus bagaimana cara membuat rempeyek renyah yang tahan lama. Biasanya, rempeyek dari bahan udang tidak bisa berlangsung lama. Berbeda dengan rempeyek dari bahan kacang tanah, teri, kacang kedelai yang bisa bertahan lama kerenyahan rempeyeknya.

4. Siap Melayani Pemesanan Rempeyek Kacang Tanah Kiloan

Bila mau mendapatkan banyak pelanggan dengan pembelian kelas kakap alias kiloan, anda harus membuka pemesanan rempeyek kacang tanah atau lainya. Pada intinya, anda harus kreatif dan mampu membuat variasi rempeyek: rempeyek kacang tanah, kedelai, kacang ijo, teri dan lainnya. Pemesanan rempeyek skala besar memungkinkan bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu cepat. Biasanya, pemesanan rempeyek kacang tanah digunakan untuk kebutuhan usaha makanan seperti warung pecel. Tetapi, resikonya, anda harus mempersiapkan operasional yang matang. Kesiapan menerima harus selaras dengan kesiapan tenaga. Bagaimana bila banyak pemesanan tetapi tenaga tidak siap? Hal ini bisa dianggap sia-sia.

Melayani pemesanan rempeyek kelas kakap alias kiloan sudah dilakukan oleh Sambal Bu Kaji yang dikelola Ibu Maya dan ibundanya. Kesiapan operasional lah yang membuat Ibu Maya menerima pemesanan rempeyek kiloan. Terbukti, ibu maya mendapatkan banyak pesanan. Berikut data salah satu transaksi dari sebagian pelanggan rempeyek yang dikelola Ibu Maya.


5. Manfaatkan Aplikasi Yang Berhubungan Dengan Ojek Online

Sejak musim aplikasi toko online dan ojeg online, pelanggan atau pembeli sekarang sudah benar-benar menjadi raja atau ratu. Mereka tidak lagi berkunjung ke toko hanya untuk mencicipi sebungkus rempeyek kacang yang gurih dan renyah. Dengan mengandalkan aplikasi penjualan yang berhubungan dengan ojek online, mereka bisa menikmati rempeyek tanpa keluar rumah. Ojek online inilah yang akan melayani pemesanan anda. Memang, biaya ongkir bisa saja mahal. Tetapi, pembeli bisa menyiasati dengan membeli banyak bungkus atau membeli kiloan rempeyek gurih dan renyah, baik rempeyek kacang tanah atau lainnya.

Kalau masalah aplikasi penjualan yang berhubungan dengan ojek online, Sambal Bu Kaji sudah memanfaatkan ini. Kebetulan Sambal Bu Kaji bekerjasama dengan Madhang, Grabfood dan lainnya.

Bila anda berada di kawasaan Semarang, anda bisa memanfaatkan ojek online dalam menikmati rempeyek kacang tanah dan lainnya yang tentunya sudah terbukti renyah hasil karya Sambal Bu Kaji. Anda bisa memanfaatkan untuk menemani usaha pecel sayur anda. Atau, anda bisa memanfaatkan sambal dan rempeyeknya untuk kebutuhan usaha pecel anda di warung pecel dengan memanfaatkan alat transportasi ojeg online.


6. Tidak Perlu Repot, Bekerjasama Bersama Sambal Bu Kaji

Anda pemilik rumah atau warung makan, baik berbagai menu makanan atau berbagai pecel? Bila seperti itu, apakah anda membutuhkan rempeyek kacang tanah dan lainnya sesuai pemesanan anda? Bila membutuhkan, anda bisa bekerjasama dengan Sambal Bu Kaji yang dikelola Ibu Maya. Dengan bekerjasama, anda tidak perlu repot mengurusi aktifitas yang mengganggu fokus. Fokus anda hanya menghadirkan menu-menu makanan yang akan dikonsumsi pelanggan anda. Tentunya, anda membutuhkan rempeyek kacang tanah atau lainnya sebagai teman menu makanan anda. Anda tidak perlu mengolah rempeyek sendiri. Cukup mengandalkan Sambal Bu Kaji dalam stok rempeyek, mereka bisa menikmati menu makanan bersama rempeyek.