Usaha Yang Menjanjikan Sambal Pecel Dengan Modal Kecil


Apakah anda tahu definisi seputar “usaha yang menjanjikan”? Apa definisi usaha yang menjanjikan? Hal ini perlu dijelaskan terlebih dahulu. Kalau istilah “usaha yang menguntungkan”, pengertian ini sudah jelas arahnya kepada mendapatkan keuntungan. Kalau istilah bisnis yang menjanjikan, ini masih menjadi pembahasan. Bagaimana arti “menjanjikan”? Kalau masalah ke arah “keuntungan”, ini sudah dianggap hal yang perlu diragukan. Bila seperti itu, antara kata “keuntungan” dan “menjanjikan” masih satu maksud bila dikaitkan dengan kepentingan bisnis. Namun, kemungkinan, kata “menjanjikan” memiliki banyak pemahaman. Bila seperti itu, usaha yang menjanjikan berarti lebih dari sekedar mendapatkan keuntungan.


Lalu bagaimana membangun usaha yang menjanjikan? Untuk pembahasan lebih rinci dan bisa diterapkan, penulis akan mencontohkan usaha yang menjanjikan dengan berfokus pada sambal pecel.

Apakah Sambal Pecel Bisa Untuk Usaha Yang Menjanjikan?

Untuk menjawab menjanjikan atau tidak, mari memperhatikan beberapa kata kunci. Hal ini untuk melihat seberapa menjanjikan usaha sambal pecel bila dijual secara online. Ya, pembuktian ini khusus untuk penjualan sambal pecel yang dilakukan secara online. Berikut beberapa kata kunci dan jumlah pencarinya.

• Sambal pecel: 400
• Sambal pecel lele: 1000
• Sambal pecel madiun: 100
• jual sambal pecel: 30

Dua kata kunci di atas saja sudah menentukan bahwa pasar online ada banyak peminat sambal. Memang, masih banyak variasi kata kunci yang ada hubungannya dengan sambal pecel. Masing-masing kata kunci memiliki pasarnya sendiri. Ini artinya, bisnis sambal pecel adalah bisnis yang menjanjikan bila dijalankan secara online walaupun nilai menjanjikannya tidak terlalu besar. Bukankah terpenting ada pencarian?

Memang, sambal pecel di pasar online kurang dicari orang. Alasanya, sambal pecel bisa dengan mudah dibuat kalau sekedar untuk hidangan harian. Di samping itu, mereka biasanya langsung membeli di supermarket. Kalau untuk usaha, sambal pecel kurang diminati dengan alasan biaya ongkir yang berat. Pelaku usaha biasanya membuat sendiri.

Walau demikian, sambal pecel di pasar ofline jauh lebih diminati. Ada banyak usaha kecil yang mengandalkan sambal pecel. Salah satu yang mengandalkan sambal pecel adalah warung pecel milik Sambal Bu Kaji. Banyak juga para ibu rumah tangga yang memborong sambal pecel dan ditaruh di dalam lemari es agar awet. Ini membuktikan di pasar online, sambal pecel mampu mengalahkan penjualan secara online.

Apakah Usaha Yang Menjanjikan Sambal Pecel Bisa Dengan Modal Kecil?

Semua usaha kecil yang menjanjikan berawal dari modal kecil. Jadi, apakah usaha yang menjanjikan sambal pecel bisa menggunakan modal kecil? Tentu bisa walaupun besar atau kecilnya bisnis bergantung pada modal usaha juga.

Modal usaha sambal pecel hanya sekedar takaran penjualan. Modal kecil ibaratnya takaran kecil untuk suatu isi. Semakin besar takaran, isi semakin banyak. Sebagai contoh takaran beras. Semakin besar takaran, beras semakin banyak dan semakin berat. Ini bisa terjadi pada usaha sekalipun menjanjikan. Bila usaha yang dianggap menjanjikan keuntungan dijalankan menggunakan modal usaha yang kecil, keuntungan yang dijanjikan pun sedikit. Modal usaha kecil beresiko pada pembelian bahan yang sedikit. Bila seperti ini, mau tidak mau, jumlah konsumen pun sedikit. Ini bukan dikatakan usaha sambal pecel yang tidak menjanjikan keuntungan alias tidak laku. Bukan seperti ini. Jadi, bila usaha sambal pecel ingin membuahkan keuntungan yang besar, modal usaha pun diperbesar. Ibaratnya, takaran berasnya diperbesar.

5 Alur Membangun Usaha Sambal Pecel Yang Menjanjikan Berawal Dari Modal Kecil?

Bagaimana kira-kira menurut anda cara membangun usaha yang menjanjikan produk sambal pecel? Pada dasarnya, usaha sambal pecel sudah dianggap usaha yang menjanjikan. Mengapa? Peminatnya banyak, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Variasi kegunaan sambalnya pun banyak, mulai dari pecel sayur, nasi pecel, gedar pecel, pecel lele, pecel ayam dan sebagainya. Namun di sini akan menjelaskan usaha yang menjanjikan dalam segi keberlangsungan suatu usaha sampai jangka panjang. Bukankah usaha yang menjanjikan adalah usaha yang menghasilkan keuntungan jangka panjang? Dari sini, anda mulai memahami bagaimana seharusnya membangun usaha yang menjanjikan dengan produk sambal pecel.

1. Membangun Sebuah Tim Usaha Sambal Pecel

Langkah membangun tim memang berat. Mengapa? Langkah awal berat ini untuk membangun usaha yang menjanjikan, lebih dari sekedar mendapatkan keuntungan. Membangun tim adalah unsur penting menghadirkan sebuah janji keberhasilan, keuntungan. Bukan janji sesungguhnya, tetapi, ini sebuah keseriusan membangun usaha yang mengarah pada keberhasilan. Bila anda berhasil membangun tim dalam usaha sambal pecel, ini pertanda bahwa usaha bisa menjanjikan keuntungan.

Apakah sulit membangun tim? Seperti takaran beras, semakin luas takaran, beras semakin banyak. Semakin besar sebuah usaha sambal pecel, tim inti yang terlibat semakin banyak. Apalagi, tim bawahan akan semakin banyak seiring besarnya usaha sambal pecel. Jadi, apakah sulit membangun tim? Tidak. Karena anda hanya masih tahap awal dalam membangun usaha yang menjanjikan.

Langkah awal adalah antara anda sebagai penjual sambal pecel dan suplier seperti Sambal Bu Kaji yang memenuhi kebutuhan stok sambal pecel. Langkah berikutnya, anda bersama ahli pembuat sambal pecel. Di sini, anda melakukan pengembangan tim.

2. Mengembangkan Sebuah Produk

Dalam hal usaha yang menjanjikan, pengembangan produk pecel memang diperlukan. Pengembangan ini bersangkutan juga dengan pembahasan poin satu. Anda tidak mungkin hanya berjualan sambal pecel. Bagaimana mau dianggap sebagai usaha yang menjanjikan bila tidak dipersiapkan sistem pengembangan sebuah produk sambal pecel? Inilah yang harus anda pikirkan.

Tahap awal, anda mungin mengandalkan sambal pecel buatan Sambal Bu Kaji. Tetapi, sebagai bisnis yang menjanjikan, anda harus mengkreasikan produk usaha sendiri. Memang, anda bisa saja masih bekerjasama dengan Sambal Bu Kaji dalam stok sambal. Namun, anda menghadirkan produk berupa usaha pecel. Anda menjual dua sekaligus, sambal pecel dan makanan pecelnya.

3. Melindungi Produk Dengan Paten

Banyak bisnis sukses menjanjikan keuntungan langsung bangkrut hanya persoalan paten. Produk mereka tidak dilindungi dengan baik. Akhirnya, banyak orang nakal mengklaim bahwa produknya adalah ciptaanya. Jadi, kalau usaha sambal anda sudah memiliki keunikan produk, karya cipta anda sendiri, anda bisa mendaftarkan hal ini ke bagian HAKI. Hal ini sudah dilakukan Sambal Bu Kaji dalam mendaftarkan produknya, yakni dalam pemerekan produk. Inilah sebagai salah satu upaya membangun bisnis yang menjanjikan.

4. Membangun Jaringan Marketing

Untuk apa produk bagus, manajemen bagus tetapi usaha sambal pecel kurang berkualitas dalam marketing. Maka dari itu, agar usaha yang menjanjikan bisa terwujud, anda harus membangun jaringan marketing. Jaringan marketing bergantung ofline atau online-nya. Bila ofline, anda bisa bekerjasama dengan banyak toko atau warung dalam penjualan sambel pecel. Bila online, anda bisa membuat situs blog sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung.

5. Strategi Mendapatkan Modal Bisnis

Seperti halnya kasus Sambal Bu Kaji yang sudah lolos dalam inkubasi, usaha yang menjanjikan milik anda seputar jualan sambal pecel pun bisa melanjutkan apa yang pernah dialaminya. Ini berguna untuk penambahan modal. Usaha yang dipercayalah yang akan lulus dalam inkubasi. Artinya, Sambal Bu Kaji bisa dianggap perusahaan yang dipercaya. Dipecaya dalam hal apa? Tentunya keuntungan. Tetapi, penulis kurang mengetahui lebih detail persoalan inkubasi yang dialami Sambal Bu Kaji.

Mengapa usaha yang menjanjikan seputar jualan sambal mengandalkan lembaga inkubasi? Rata-rata perusahaan yang baru muncul dipermukaan membutuhkan batuan ekstra berupa pengembangan bisnis yang lebih mendukung pertumbuhan keuntungan dan juga batuan modal. Perusahan alias usaha yang baru dibangun memang menjanjikan keuntungan jangka panjang dari hasil penilaian hal teknis pengelolaan produk, marketing dan lainya.

Alur mengikutsertakan dalam program inkubasi adalah bentuk strategi mendapatkan modal bisnis. Maka dari itu, anda tidak perlu ragu lagi dalam proses inkubasi.

5 alur di atas dalam membangun usaha yang menjanjikan sudah dianggap cukup. Memang, ada satu langkah lagi yait langkah Exit. Langah Exit adalah menjual perusahaan di bursa efek. Ini pembahasan yang terlalu jauh untuk sambal pecel kelas rumahan.

Dari 5 alur di atas, penulis akan mengambil satu pembahasan langkah membangun usaha yang menjanjikan. Apa itu? Penulis akan mengambil pembahasan alur poin 4 yaitu “Membangun Jaringan Marketing”.

5 Strategi Membangun Jaringan Marketing

Anda bisa kaya dengan menjual produk yang laris. Tetapi anda jauh lebih kaya ketika penjualan produk disertai strategi marketing. Inilah prinsip yang harus ditanam dalam usaha yang menjanjikan penjualan sambal pecel.

Penjualan produk adalah puncak atau hasil dari marketing. Marketing sendiri adalah sistem penjualan produk. Bedanya apa? Penjualan produk seperti sales yang berkeliliing menawarkan produk. Jadi sales sedang melakukan kegiatan jual beli. Sedangkan marketing sendiri adalah sisem kesalesan, sistem yang mengandalkan tenaga sales dalam menawarkan produk. Bisa dibilang, keduanya saling keterkaitan. Namun, penjualan belum tentu menggunakan kegiatan marketing. Sedangkan marketing sudah pasti mengarah pada penjualan produk.

Nah, bila mau dianggap usaha anda menjanjikan, dalam hal ini usaha sambal pecel, anda harus membangun jaringan marketing yang akan meningkatkan penjualan. Berikut jaringan marketingnya.

1. Menyebarkan dengan Teknik Dari Mulut Ke Mulut

Anda jangan meremehkan jaringan marketing “dari mulut ke mulut”. Dengan teknik ini, sambal pecel anda akan terjual laris. Di samping gratis karena hanya mengandalkan informasi yang disebar oleh ibu-ibu, tentunya ini menandakan kualitas. Tetapi, anda tidak bisa menyengaja untuk membangun teknik ini. Anda cukup menghadirkan usaha yang bisa dipercaya, dalam hal ini sambal pecel.

2. Membangun Situs Online

Walaupun penjualan ofline jauh lebih tinggi tingkat penjualannya, anda bisa membangun situs online. Situs online sebenarnya berguna untuk para suplier sambal alias pengelola sambal seperti halnya situs milik Sambal Bu Kaji. Dengan membangun situs online, anda sudah menghemat jangka panjang dalam biaya untuk iklan. Inti dari membangun situs online adalah untuk menampung iklan akan produk anda sendiri. Iklan sendiri salah satu teknik marketing yang patut diperhatkan.

Situs online yang mana? Sambal Bu Kaji sendiri membuat dua situs walaupun ini sebagai kekeliruan marketing Sambal Bu Kaji. Apa saja situs online milik Sambal Bu Kaji?

3. Kerjasama Dengan Produk Lain

Memang, langkah ini termasuk sulit dalam membangun jaringan marketing bisnis yang menjanjikan. Tetapi, langkah ini sudah dilakukan perusahaan besar. Sebagai contoh microsoft bekerjasama dengan laptop. Tentu, seiring lakunya penjualan laptop, penjualan microsoft pun laku. Ini bisa menjadi dasar bagaimana melakukan teknik marketing ini karema ini merupakan membangun jaringan marketing.

Masalahnya, anda menjual sambal pecel. bagaimana bekerjasamanya? Sebenarnya bisa. Hanya, anda sulit mendapatkan para penjual yang siap sedia mengandalkan sampal pecel anda. Anda bisa melakukan ini pada pengusaha pecel yang baru membuka. Bisa jadi, anda membuka usaha pecel yang akan didagangkan para penjual. Ini membutuhkan beberapa gerobak dan strategi panggalan.

Bisa juga bekerjasama dengan produk kecap. Artinya, anda bekerjasama dengan pengusaha kecap. Mengapa kecap? Biasanya sambal berkaitan dengan kecap walaupun tidak dipakai untuk campuran. Namun ini sekedar kerjasama semata. Jadi, ini bisa meningkatkan penjualan dalam waktu cepat. Kalau beli terpisah bisa mahal. Tetapi karena penggabungan, harga kedua produk menjadi murah. Pada intinya adalah bekerjasama.

4. Penyetokan Di Tiap Warung

Upaya ini bernama membangun distribusi. Ini masih dalam teknik marketing. Karena, apa yang anda lakukan adalah pendistribusian produk. Para pemilik warung atau toko lah yang bekerja berjualan porduk anda. Ini menjadi keringanan tersendiri. Tetapi, anda harus mengandalkan tenaga sales yang akan mengantar sambal.

5. Mengumpulkan Para Pedagang Pecel

Pembahasan usaha yang menjanjikan memang membutuhkan beberapa hal yang intinya bisa memperkuat penjualan. Salah satunya adalah mengumpulkan para pedagang pecel. Dalam hal ini, anda sebenarnya membuka usaha pecel dengan mempekerjakan para penjual pecel. Tentu, anda menjual sambal non kemasan sebenarnya. Ini sebenarnya mengaburkan konsentrasi penjualan. Tetapi, ada alternatif lainnya. Apa?

Anda bisa menyetok sambal kemasan di setiap gerobak para penjual. Ini memang koyol. Tetapi, sekali lagi, ini upaya membangun marketing usaha sambal pecel. Toh, si penjual pun akan mendapatkan keuntungan dari penjualan pecel dan sambal pecel.

Usaha Yang Menjanjikan Bergantung Diri Anda Sendiri

Anda lah yang membuat usaha sambal pecel menjanjikan atau tidak. Anda seorang ahli masak atau sebagai ahli bisnis. Intinya, anda menghadirkan keahlian dalam mengelola usaha sambal pecel sampai membuahkan usaha yang menjanjikan. Memang, produk sambal pecel sendiri sudah menjadi produk usaha yang menjanjikan dikarenakan banyak peminat. Namun belum tentu anda membawa perjalanan usaha sambal ini menuju pengembangan usaha yang lebih baik. Anda harus bisa menghadapi berbagai pesaingan dengan keputusan yang tepat.

Kesimpulan

Inti dari membangun usaha yang menjanjikan adalah menghasilkan keuntungan. Ini menjadi catatan penting dalam membuka usaha, dalam hal ini usaha sambal pecel. Tetapi, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisnis yang menjanjikan bukan sekedar meraih keuntungan semata. Tetapi, bisnis yang menjanjikan adalah bisnis yang mampu tumbuh, terus tumbuh dan bertahan sampai lama dengan menghadirkan keuntungan yang tentunya berjangka panjang. Tujuan akhirnya bianya perusahaan berada di dalam bursa saham, bursa efek atau bisnis terbuka yang biasa disebut Tbk.

Baca: Bisnis Rumahan Modal kecil Untung Besar

Mungkin, bagi anda usaha sambal pecel akan bernasib pada umumnya sambal yakni sebatas usaha UKM kelas kecil-menengah yang tidak mampu menembus bisnis bisnis besar. Namun, biasanya, bila perusahaan sambal pecel sudah besar, pemberian bahan pengawet pada sambal pecel harus dilakukan. Ini akan mengaburkan prinsip usaha sambal pecel yang menjanjikan itu ketika memberikan bahan pengawet. Maka dari itu, usaha sambal pecel yang menjanjikan tidak perlu sampai ke tahap pabrik, bahkan luar angkasa.