Cara Mencari Ide Masakan Untuk Bisnis


Bagaimana cara mencari ide masakan untuk bisnis? Kalau mencari ide masakan, tentu ada banyak tempat yang bisa anda tuju. Masalahnya, bagaimana cara mencari ide masakan yang kepentingannya untuk bisnis? Ini menjadi tandangan tersendiri, di samping melihat pasar alias peminat masakan juga melihat kemampuan diri dalam membangun bisnis. Tentunya, dari sekian banyak ide masakan tidak lantas bisa digunakan untuk bisnis anda sendiri.


Ide masakan tentunya ide yang berurusan dengan masak-memasak. Anda akan berbisnis kuliner dalam hal ini. Bila berurusan dengan masakan, kuliner, anda akan membuka rumah makan. setidaknya, anda bisa menjalankan bisnis masakan di rumah dengan bantuak online. Apakah ide masakan bisa dibangun selain dengan rumah makan, warung makan atau gerobak keliling? Masakan atau kuliner lebih mencirikhaskan makanan yang cepat basi. Karena itu, penjualannya lebih banyak menggunakan sistem rumah makan, warung makan atau sejenisnya.

Sekarang, bagaimana cara mencari ide masakan untuk bisnis? Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, baik untuk membuka bisnis secara ofline atau online bahkan keduanya.

1. Mencari Ide Masakan Berasal Dari Masakan Yang Anda Sukai

Lah, kalau sudah menemukan masakan yang anda sukai, mengapa mencari ide masakan? Bukankah cukup mengandalkan ide masakan dari yang anda sukai? Hal ini benar adanya. Masalahnya, apakah anda mau menjadi penjiplak ide masakan dari salah satu pemilik bisnis masakan? Tentunya, anda tidak bisa dan tidak boleh menjiplak demi sebuah bisnis masakan yang terpercaya. Maka dari itu, anda bisa berburu makasakan pada jenis yang anda sukai. Katakanlah, anda menyukai bakso. Maka, anda bisa mencoba berbagai hidangan bakso dari rumah makan. Hal ini akan membuahkan ide masakan untuk bisnis yang berbeda tentunya, hasil kolaboratif.

2. Mencari Ide Masakan Untuk Bisnis Dari Tempat Strategis

Memang, anda bisa mendapatkan ide masakan dengan hanya berkeliling di tempat menjual masakan. Tujuannya, anda bisa meniru dalam hal segi pelaksanaan bisnsinya. Tentunya, pemilihan yang tepat bila bisnis masakan berada di tempat strategis. Anda akan menemukan ide masakan yang mengkolaborasikan cara atau penerapan ide masakannya dalam kepentingan bisnis. Bisa jadi, suatu masakan, katakanlah pecel sayur, tidak cocok untuk dibangun di wilayah A tetapi cocok dibangun di wilayah B. Dengan berfokus pada pembangunan bisnis masakan di tempat strategis, ide masakan yang akan dijadikan produk bisnis pun akan menyesuaikan diri.

3. Mencoba Mencari Di Marketplace Kuliner Online Untuk Ide Masakan

Sekarang ini bermunculam situs marketplace, situs pasar online. Banyak pedagang online terbantu dengan marketplace di saat mereka sendiri kesulitan membangun toko online profesional. Bahkan, sekarang ini terbangun juga marketplace yang khusus menjual makanan khususnya masakan ibu rumah tangga atau biasa disebut bisnis rumahan. Dengan menggunakan aplikasi marketplace spesial kuliner, anda akan dengan mudah menemukan ide masakan untuk bisnis yang bisa dijalankan secara online dan juga offline. Sayangnya, aplikasi marketplace makanan tidak bisa menjangkau luar daerah sehingga bisa bisa terbatas dalam mendapatkan ide masakan untuk bisnis. Alangkahkah baiknya, anda memilih marketplace secara umum agar bisa selaluasa mendapatkan ide masakan untuk bisnis. Biasanya ada kategori makanan khususnya masakan yang bisa dilihat dari berbagai daerah.

4. Tentukan Kata Kunci Ide Masakan Untuk Bisnis

Pada dasarnya, kata kunci yang akan dijadikan ide masakan tidak diperlukan. Mengapa? Karena kuliner biasanya makanan yang hanya menjangkau satu kota. Kalaupun bisa lintas kota, tentunya kata kunci yang ada terbatas jumlahnya dalam menarget kata kunci kuliner tertentu. Tetapi, pemilihan kata kunci memiliki manfaat sendiri dalam mengatur ide masakan. Apalagi, anda berkeinginan membuat blog untuk memarketingkan produk kuliner kemasan anda seperti rendang atau lainnya. Di samping itu, jenis makanan anda akan mudah dikenali dalam golongan apa bila mengetahui kata kunci. Misalnya, kata kunci “bakso”. Bagaimanapun anda membuat bakso, kata kuncinya tetap bakso.

Masalahnya, bagaimana menentukan kata kunci ide masakan? Anda bisa mencari dengan kata kunci “masakan”, “resep masakan” dan lainnya. Memang, cara ini hanya bisa dilakukan hanya bagi mereka yang sudah terjun dalam dunia online sebelum berkeinginan membuta bisnis masakan.

5. Bangun Konsep Ide Masakan Untuk Bisnis

Memang ide masakan untuk bisnis banyak betebaran di mana-mana tanpa perlu berpikir. Tetapi, itu hanya ide dasar. Ide dasar memang tidak perlu menjadi pemikiran panjang. Yang perlu menjadi pemikiran panjang adalah ide impelentasi ide dasar itu. Bila anda memiliki ide membuka bisnis bakso khas anda, ini masih membutuhkan ide yang mengarah pada pengembangan. Maka dari itu, mau tidak mau, ketika anda sudah menemukan ide dasar, harus dikembangkan, harus dibangun agar menjadi sebuah konsep bisnis yang siap diterapkan.

Bisa dikatakan, dari ide masakan bisa memunculkan ide kembali sehingga membangun sebuah konsep tersendiri. Banyak orang sukses membangun bisnis khususnya bisnis rumah makan karena keberhasilan membangun konsep ide bisnis masakan.

6. Rahasiakan Ide Masakanan Anda

Setelah anda menacri ide masakan untk bisnis, tentunya, anda harus merahasiakannya bila memang ide masakan untuk bisnis anda terbilang unik, hasil pemikiran mendalam anda. Ide masakan untuk bisnis anda bisa dibajak oleh orang lain bila tidak dirahasiakan. Makanya, pakar bisnis menyarankan untuk melindunginya dengan hukum. Tetapi, untuk bisnis maskan rumahan, bisnis ibu rumah tangga, hal ini sulit dilakkan. Langkah terbaik adalah membangun segera ide bisnis anda dalam bentuk rumah makan atau lainnya.

7. Ide Masakan Anda Harus Berprinsip “Murah Tapi Enak”

Hal ini bisa anda lakukan bila memang anda masih pemula dalam membangun bisnis masakan. Anda bisa mencari ide masakan untuk bisnis yang memang bisa menggunakan prinsip “Murah Tapi Enak”. Tetapi, percayalah, bila anda memegang prinsip “murah tapi enak” pada bisnis masakan anda, masakan anda akan diburu banyak orang. Ya, masakan merupakan makanan harian kebutuhan rumah tangga. Bila sampai makanan kebuuthan rumah tangga terjual murah tapi enak, akan banyak pelanggan.

Inti dari menerapkan prinsip “murah tapi enak” pada ide masakan anda adalah agar anda tidak perlu memikirkan hal yang mahal di awal membangun bisnis masakan. Ada beberapa usaha maksakan yang pada awalnya dibangun dengan konseo “mahal”. Arti mahal tentunya berurusan dengan tempat dan masakan. Ketika terbangun, si pemilik tidak memikirkan bagaimana mendapatkan penjualan. Si pemilik tidak memahami medan dan tradisi dimana lokasi bisnis masakan didirikan. Kebetulan di daerah itu berada di area kampung, yang tentunya memiliki prinsip “murah tapi enak”. Akhirnya, tidak perlu membutuhkan sebulan, usahanya bankrut. Padahal, di untuk laku dalam menjual makanan di daerah kampung itu sederhana: murah tapi enak.

Anda bisa melihat makanan bakso seharga 15.000, apakah murah? Untuk rasa yang enak dengan kesukaaan yang berat, harga seperti itu murah tetapi enak. Banyak lidah kampung yang menyukai bakso daripada makanan sejenis hidangan pakai nasi. Jadi wajar, usaha bakso dimanapun selalu laku. Jadi, memikirkan ide masakan untuk bisnis yang memiliki prinsip “murah tapi enak” harus juga memikirkan bagaimana kencenderungan lidah masyarakat sekitar.