Usaha Warung Makan Sambal Bu Kaji Menu Pecel Nasi Sayur


Penulis ingin membahas seputar usaha warung makan pecel nasi sayur yang dihadirkan Sambal Bu Kaji. Menurut cara pandang pengelola sambal pecel, “Kenapa kami tidak membuka warung pecel di saat memiliki sambal yang sudah tidak diragukan enaknya?” Nah, akhirnya, Sambal Bu Kaji memanfaatkan sambal pecel olahanya untuk membuka usaha warung. Di samping menarget pelanggan pecel nasi sayur, ini juga sebagai strategi penjualan sambal kemasan. Bila penjualan melimpah memenuhi target bahkan lebih, ini bisa mengalahkan restoran elit.


Di kawasan jawa, khususnya Semarang, banyak sekali warung makan pecel. Mereka pun mengolah sambalnya sendiri untuk kebutuhan taburan di sayur dan nasi. Tentunya, bagi mereka yang sudah jualan pecel kemasan untuk para ibu rumah tangga tidak mau ketinggalan membuka usaha pecel dalam warung makan pecel. Hal ini dilakukan oleh Sambal Bu Kaji. Dengan tampilan warung makan sederhana, ada warung lesehan dan berkursi, Sambal Bu Kaji mengharapkan mendapatkan banyak pelanggan setia.

Usaha warung makan Sambal Bu Kaji berisi aneka sayuran untuk hidangan pecel sayur. Mulai dari bayam, kol, kacang panjang, tauge, daun turi, cikra cikri, wortel dan kenikir, anda bisa menikmatinya. Tentunya, ada hidangan sebagai makanan pokok yakni nasi dan gendar. Anda bisa memakan enak sekaligus mengenyangkan. Kalau mau menambah gizi, anda bisa memesan beberapa telur karena warung makan Sambal Bu Kaji menghidangkan menu komplit.

Usaha Warung Makan Sambal Bu Kaji Pembuktiakn Kelayakan Produk

“Saya menawarkan rasa pecel yang murah, enak dan lezat. Saya membuat berbagai sayuran lengkap yang disiram bumbu pecel disajikan di atas piring rotan plastik beralaskan kertas minyak.” Salah satu ucapan dari pengelola Sambal Bu Kaji yakni Ibu Maya. Ini menandakan bahwa produk olahan sambal pecel yang dikelola Ibu Maya memang menghadirkan rasa yang enak dan lezat. Ya, Sambal Bu Kaji memang sudah dikenal enak, gurih, tentunya lezat. Dengan membangun warung makan seputar pecel, ini sudah sebagai upaya pembuktian kelayakan produk yang lebih serius.

Warung Makan Pecel, Cara Lain Memanjakan Pelanggan Sambal Bu Kaji

Mereka ingin menikmati sambal pecel yang dihadirkan Sambal Bu Kaji. Tetapi, sebagian pelanggan tentu ada yang ingin menikmatinya dengan cara yang lain. Tentu, mereka ingin menikmati langsung dalam hidangan pecel. Alasannya, mereka berkeinginan makan bersama dalam suasana ramai. Atau, bisa jadi mereka adalah para pekerja, pelajar yang membutuhkan hidangan pecel instan dari warung yang menjadi langganannya. Sebagai pengelola Sambal Bu Kaji, Ibu Maya, tentunya memanfaatkan kondisi ini. Menghadirkan warung makan sebagai cara lain menghidangkan sambal pecel untuk para pelanggan.

Tentunya, warung makan pecel tidak hanya menghadirkan pecel sayur. Sambal Bu Kaji menghadirkan variasi lainnya seperti pecel sayur campur nasi, gendar pecel campur sayur, bahkan ada yang ditambahi telur. Di warung makan pecel, pengelola menghadirkan aneka gorengan sehingga bisa menjadi teman dalam menikmati pecel.

Menginpirasi Para Reseller Sambal Bu Kaji Untuk Membuka Warung Makan Pecel

Sambal Bu Kaji memang menyediakan sambal harga reseller. Artinya, anda bisa mencari keuntunan dengan menjual sambal. Tetapi, anda pun bisa membangun usaha warung makan yang sudah dijalankan Sambal Bu Kaji yang dikelola Ibu Maya. Tentunya, anda memilih harga reseller yang lebih murah. Di Sambal Bu Kaji, anda bisa memilih sambal kemasan kelas biasa bukan premium. Berikut kemasanya.



Kelas kemasan biasa berharga lebih murah sehingga cocok untuk reseller yang mau membuka usaha warung pecel atau gerobak pecel. Pada intinya, para reseller bisa terinpirasi oleh Sambal Bu Kaji.

Memang, sebenarnya pengusaha warung makan pecel bisa mengolah sambal sendiri. Mereka bisa berkreasi dalam membuat sambal yang sebagai bumbu pecel. Namun masalahnya, hal ini akan selalu merepotkan penjual setiap harinya. Mereka harus selalu mengolah sambal pecel dengan tetap mempertahnkan rasa. Bahkan ada yang mengolah untuk kebutuhan beberapa hari sampai sudah berubah kondisi aromanya, sudah tercium agak tengik. Padahal, usaha warung pecel tidak hanya mengurusi sambal. Ada beberapa hal yang harus diurus seperti memilah dan memotong sayuran, menggoreng adonan, merebus makanan lainnya. Ini sudah memakan waktu.

Solusinya, penjual warung makan bisa mengandalan sambal buatan orang yang lebih profesional mengusi sambal. Apalagi, anda tidak memiliki resep unggulan. Jadi, anda bisa mengandalkan sambal kemasan biasa yang bisa didapatkan di Sambal Bu Kaji

Warung Makan Sambal Bu Kaji Ikut Serta Melestarikan Kuliner Jawa

Sambal Bu Kaji pada awalnya hanya mengelola sambal pecel. Ini sudah sebagai bentuk melestarikan kuliner jawa. Tetapi, olahan sambal bisa dikatakan seperti olahan bumbu pada umumnya. Tidak ada warung makan yang menghidangkan menu sambal. Anda bisa meliaht di semua warung, kebanyakan sambal khususnya sambal pecel hany digunakan untuk campuran atau teman menyantam sesuatu, misalnya adalah sayur kangkung sehingga disebut pecel sayur. Olahan sambal belum sempurna dalam upaya melestarikan kuliner jawa. Maka dari itu, Sambal Bu kaji menghadirkan warung makan pecel yang khas jawa dengan memanfaatkan olahan sambal pecel buatanya sehingga bisa memaksimalkan dalam melestarikan kuliner jawa.

Warung Makan Sambal Bu Kaji Membangun Kedekatan Dengan Pelanggan

Membangun kedekatan dengan pelanggan itu penting. Sambal Bu Kaji dalam menjual sambalnya tidak hanya cukup mengandalkan toko atau warung. Jelas, ini belum cukup. Mengapa? Toko atau warung hanya menjual sambal. Harusnya, ada produk yang lain agar para pelanggan selalu berdatangan dengan semangat. Bagaimana mau bersemangat menyantap bila tidak menghadirkan menu makanan di dalam tokonya. Maka dari itu, Sambal Bu Kaji membangun warung makan pecel. Ini dalam bentuk membangun kedetatan dengan pelanggan. Bahkan, inilah sebagai wadah ajang silaturahmi antar pembeli.

Bila seperti ini, apakah penjualan sambal akan tetap laku? Kan sudah dibilang, penjualan olahan sambal ada yang dialihkan ke penjualanp pecel di warung makan yang sudah dibuat. Artinya, semakin banyak pembeli pecel, ini mendandakan bahwa penjualan sambal terjual dalam porsi yang banyak juga.

Ini bisa menginspirasi warung makan anda dengan mengandalkan sambal olahan sendiri. Tetapi, anda bisa memanfaatkan sambal pecel yang dikelola Sambal Bu Kaji bila hanya mau serius di warung makan pecel saja.

Warung Makan Sebagai Tempat Terpercaya Dalam Marketing Online

Nah, ini menjadi penting ketika sambal pecel dijual secara online. Warung makan menjadi tempat penguat atau tempat yang bisa dianggap terpercaya dimata pengunjung. Ketika mempromosikan sambal, para pengunjung sering bertanya mengenai tempat penjualannya. Waktu itu, Sambal Bu Kaji masih mengandalkan ruko yang bercampur dengan penjualan lainnya yang non makanan, tidak berfokus dalam penjualan pecel atau sambal. Sekarang, warung makan pecel dari Sambal Bu Kaji bisa menjadi tempat penjualan sambal. Pengunjung online bisa dengan percaya membeli sambal secara online bila sudah tahu lokasonya.