Belajar Affiliate Marketing Sederhana Contoh Sambal Bu Kaji


Bagaimana belajar affiliate marketing sederhana dengan contoh produk sambal? Hal terpenting dalam menjalankan bisnis yang menerapkan program affiliate marketing adalah menyediakan website affiliate yang mana akan menciptakan kode-kode affiliate. Kalau tidak ada ini, apakah bisa dijalankan? Tentu tidak bisa bila memang menghadirkan sistem/program yang berkepentingan untuk menciptakan kode-kode affiliate. Namun, anda bisa membuka program affiliate marketing dengan cara lain yang memang peralatannya atau situsnya sederhana namun membutuhkan media lain. Di sinilah anda akan belajar affiliate marketing yang sederhana ini alias menggunakan alat affiliate apa adanya tanpa perlu membuat website affiliate.


Mari membahas seputar belajar affiliate marketing sederhana menggunakan Sambal Bu Kaji.

Mengapa Menggunakan Sambal Bu Kaji?

Penulis menghadirkan pembahasan belajar affiliate marketing dengan menggunakan contoh Sambal Bu Kaji, dalam hal ini dengan sambal pecel yang sudah dikelolannya secara profesional. Mengapa demikian? Dalam pembahasan bisnis affiliate marketing memang si pemilik membutuhkan produk. Jadi, untuk menjalankan bisnis affiliate marketing, anda harus memiliki produk. Tentunya, produk yang akan dijual bukan sekedar produk, apalagi produk fisik yang berupa makanan. Ini membutuhkan persyaratan seperti halnya produk yang akan dijual secara ofline. Intinya, anda harus memiliki produk yang berstandar baprik. Mencontohkan pada sambal pecel buatan Sambal Bu Kaji karena memang produk ini sudah mendekati standar pabrik dalam hal legalitas produk dan kemasannya. Jadi, untuk contoh produk yang bisa digunkan untuk belajar affiliate marketing, produk Sambal Bu kaji sudah layak.



Apakah Bisa Produk Fisik Dijalankan Dengan Program Affiliate Marketing?

Bisa saja produk fisik dijalankan dengan program affiliate marketing. Hal ini bisa dilihat dari produk yang ada di situs Amazon.com. Perusahaan Amazon.com menerapkan program affiliate marketing, yang mana mereka bisa memanfaatkan produk untuk dijadkan produk penjualan dengan mengandalkan kode link affiliate yang sudah diciptakan dan berbeda. Jadi, bila pertanyaan itu dilontarkan untuk sambal pecel sari Sambal Bu Kaji. Tentu bisa saja terjadi. Masalah ada yang berminat atau tidak, ini menjadi permasalahan lain.

Bagaimana Proses Dalam Belajar Affiliate Marketing?

Sepertinya, anda harus belajar terlebih dahulu seputar bisnis online yang membahas seputar affiliate marketing. Jadi, anda belajar terlebih dahulu bagaimana bisnis online, hal teknis media online dan bagaimana pembahasan seputar program affiliate marketing. Memang, ini langkah yang berat menurut pengalamanku. Tetapi, ini sekedar pengetahuan belajar bisnis online khususnya masalah belajar affiliate marketing. Dengan mengetahui bagaimana angkah belajar affiliate marketing, bisa jadi anda akan membuka bisnis produk sambal atau lainnya yang bersisitem affiliate marketing.

1. Belajar Bisnis Online Affiliate Marketing

Belajar bisnis online pada dasarnya luas, mengingat jenis-jenis bisnis online sendiri luas. Maka, anda bisa memfokuskan diri belajar bisnis online yang berhubungan dengan affiliate marketing, khususnya belajar affiliate marketing itu sendiri. Anda bisa mencoba praktek bagaimana sih menjadi marketer walaupun anda tidak mengalami kesuksesan. Paling tidak, anda bisa menjalankannya secara teknis.

2. Belajar Menggunakan Fanspage Facebook Untuk Affiliate Marketing

Anda terlebih dahulu mempelajari seputar teknis sosial media Facebook, dalam hal ini dikhususkan masalah fanspage. Mengapa demikian? Ini berurusan mengenai membuat fanspage dan penambahan admin saja. Sepele kan? Tetapi, mengenai penggunaan fanspage seharusnya tidak sepele walaupun nanti anda membutuhkannya sekedar untuk menambahkan anggota anda. Jadi, setiap anggota akan memiliki fanspage masing-masing yang bertujuan untuk kebutuhan hasil dari penjualan atau transaksi.

3. Belajar Membangun Tim Affiliate Marketing

Membangun tim affiliate marketing memang penting untuk bisa menjalankan program affiliate marketing. Masalahnya, anda harus membutuhkan tim affiliate marketing yang memang handal. Mengapa? Banyak para affiliate marketer atau marketer saja bisa menyulitkan dalam mengatur fanspage yang sudah dibuat.

Untuk itu, anda harus belajar seputar bisnis online khususnya affiliate marketing pada mentor berpengalaman. Tujuanya, agar anda berpihak sebagai ahli yang menangani para marketer anda. Ilmu anda bisa diberikan kepada mereka yang menjadi tim marketing dalam bisnis anda.

Namanya juga belajar affiliate marketing sederhana. Jadi,

Bagaimana Proses Affiliate Marketing?

Dalam hal ini, penulis perlu membutuhkan gambar agar bisa memudahkan anda belajar memahami proses affiliate marketing. Walaupun sederhana, anda perlu berulang-ulang memahami bagaimana proses kerja program affiliate marketing. Kalau anda sudah belajar mengenai fanspage Facebook, anda akan bisa memahami proses kerja affiliate marketieng.


Pertama-tama, si pengunjung mengunjungi situs penjualan sambal pecel dari Sambal Bu Kaji. Setelah membaca mengenai karakteristik sambal pecel dari Sambal Bu kaji, si pengunjung berminat. Bila seperti, bagaimana tahap selanjutnya? Seperti dalam gambar, si pengunjung atau disebut konsumen meng-inbox (istilah pesan private di Facebook) guna untuk melakukan transaksi. Di dalam inbox, hanya si pemilik produk dan satu marketer yang mengetahui komunikasinya. Pihak marketer hanya melihat komunikasi yang dilakukan si pemilik produk mengingat inilah yang harus dilakukan agar para marketer tidak disibukkan dengan komunikasi.

Jadi, di dalam inbox, semua percakapan termasuk informasi pembayaran dikirim. Sebagai markeker akan mengetahui keberhasilan transaksi. Dari sinilah si marketer akan mendapatkan bayaran. Si owner mencatat jumlah keberhasilan transaksi.

Bila anda memahami sekilas, memang operasional affiliate marketing yang dibangun memang sederhana, lebih condong tidak profesional. Tetapi, cara inilah yang memang tepat. Anda silahkan menggunakan media sosial lain bila memang ada kemiripan. Bisa menggunakan grup Whatsapp. Tetapi, tetap, setiap member atau marketer terpisah satu sama lain yang tidak bisa melihat transaksi masing-masing affiliate.

Masalah Keuntungan Sambal Pecel Yang Dibagi

Ini salah satu yang menjadi permasalahan. Menjual sambal secara online tentunya akan mengurangi operasional. Keuntungan pun sedikit. Belum lagi akan dibagi. Hal ini perlu anda siasati bagaimana bentuk penjualannya. Apakah akan menjual dalam jumlah tertentu agar mendapatkan jumlah keuntungan yang banyak dalam waktu satu bulan? Memang, masalah besar dalam penjualan produk fisik adalah minimnya keuntungan. Apalagi, bagi affiliate, keuntungan yang diperoleh bisa dibilang mungkin belum sebanding dengan pengeluaran yang dilakukan. Bagaimana agar bisa menutupi biaya opersional? Tetapi, sekali lagi, hal ini masih bisa disiasati dengan cara yang lain. Hal

Fasilitasi Tim Affiliate Marketing Dengan Bimbingan

Anda harus memfasilitasi penjualan mereka. Ini bisa anda rumuskan. Pada intinya, fasilitas ini agar mereka mau bergabung bersama bisnis affiliate marketing sambal. Mungkin, setiap member bisa diberi fasilitas website gratis dengan syarat tertentu seperti membeli sambal dalam jumlah tertentu. Atau, anda bisa memberi mereka website murah. Cara memberikan website tentu diawali anda mengandalkan jasa pembuatan theme/template website agar bisa dijual-belikan. Pada intinya, memang ada beberapa fasilitas yang bisa anda hadirkan guna menarik mereka untuk mau berjualan sambal.

Kesimpulan

Anda bisa belajar dan menerapkan affiliate marketing di atas dalam penjualan sambal pecel. Memang, operasional affiliate marketing di atas dianggap sederhana yang bisa mengurangi kepercayaan. Tetapi, ini sebagai langkah awal saja, untuk menguji bagaimana efektifitas program affiliate marketing produk sambal.