Cara Membuka Pesan Makanan Online


Bagaimana cara membuka pesan makanan online? Jasa pesan makanan online biasanya dibutuhkan untuk kepentingan acara besar. Sebenarnya, jasa pesan makanan online bisa juga untuk kebutuhan makanan sehari-hari seperti halnya retoran untuk para penikmat kuliner. Tetapi, pesan makanan online sebenarnya kurang efektif bila tidak mengandalkan sebuah aplikasi yang sudah populer seperti aplikasi ojol. Pada intinya, ada upaya yang lebih serius dalam pelayanan jasa pesan makanan online. Jauh lebih disarankan jasa pesan makanan online adalah untuk pemesanan kelas sedang atau besar. Sebutan lain jasa pesan makanan online adalah katering online.


Pada intinya, anda membuka usaha katering yang akan dijalankan secara online sebagai upaya marketing. Membuka usaha katering secara online memang sudah banyak yang menjalankannya. Bila anda membuka usaha pesan makanan online alias katering online, anda tidak sendirian. Anda bisa mencontek caranya.

Baca: Usaha Makanan Nasi Tumpeng Gudangan

Bagaimana cara membuka usaha pesan makanan online?

1. Menentukan Fokus Menu Pesan Makanan Online Katering

Menentukan fokus pesan makanan online katering sebenarnya untuk memilih pacar ceruk, niche market. Tujuan memilih pasar ceruk, niche market adalah untuk menghindari persaingan. Anda memilih pasar ceruk yang memang diminati anda yang kebetulan anda menguasainya agar para pelanggan memiliki kepercayaan pada usaha pesan makanan online anda. Di samping itu, memilih niche atau spesifikasi menu katering bisa menciptakan sebuah keunikan usaha itu sendiri walaupun, tidak semua spesifikasi membuahkan keunikan. Apalagi, bila berurusan dengan bahan baku, spesifikasi menu makanan bisa mempermudah dalam pemenuhan bahan-bahan pembuat makanan sesuai yang dipesan.

2. Menentukan Market Katering Untuk Pembuatan Katering

Pada intinya, usaha jasa pesen makanan online anda harus bisa menarget beberapa tempat walaupun tidak semuanya. Mengapa demikian? Biasanya, masing-masing acara dan tempat memiliki selera yang berbeda-beda. Bila anda memfokuskan pada perkantoran saja, bisa saja keinginan perkantoran memiliki selera katering yang berbeda-beda. Biasanya juga mereka ingin mengganti tempat atau menu katering. Anda bisa mengamati katering-katering yang banyak beredar. Mungkin anda akan kebingungan mengenai penentuan menu pesan makanan onine ini, mengingat akan berurusan dengan bahan dan para pekerja.

Tetapi, anda harus menentukan. Bagaimana cara menentukan agar usasa pesan makanan online anda laku?

3. Menghadirkan Rumah Makan Online dan Ofline

Agar anda memantapkan usaha pesan makanan online dan agar tidak disia-siakan dengan penantian para pemesan, lebih baik anda membuka rumah makan. Untuk kelancaran bisnis pesan makanan online anda, sebaiknya anda membangunnya. Mengapa demikian? Anda berurusan dengan karyawan. Jangan sampai anda mengandalkan gaji dari layanan katering. Katering bersisitem pemesanan yang belum tentu berlangganan. Bila sudah membangun rumah makan, tentunya sistem operasional sengaja disiapkan untuk menerima pemesanan dalam jumlah yang banyak.

4. Bekerjasama Dengan Beberapa Pihak

 Logika pesan makanan online sejenis katering adalah semakin banyak pemesan, semakin banyak membutuhkan bahan baku. Bila anda kesulitan memenuhi stok bahan baku membuat makanan, berarti anda kehilangan beberapa pemesan. Bila seperti ini, anda sudah dianggap tidak profesional dalam bisnis makanan katering. Maka dari itu, anda harus menargetkan kerjasama pada para suplier yang membantu dalam pemenuhan stok bahan makanan, terutama adalah dus makanan.

Pada tahap selanjutnya, mungkin anda memiliki pabrik tok makanan sendiri sehingga tidak perlu bekerjasama dengan pihak lain. Namun untuk tahap awal, anda memang masih membutuhkan pabrok dus makanan untuk bungkus makanan yang dipesan. Pada intinya, ini menjadi penting ketika rumus semakin banyak pemesan, makin membutuhkan stok bahan.

5. Siapkan Tenaga Kerja Profesional

Tahap ini juga salah satu tahap yang menyulitkan yakni anda harus menyediakan tenaga kerja profesional. Artinya, mereka bisa mengelola masakan sesuai keinginan anda. Anda bisa saja mengandalkan tenaga anda sendiri. Tetapi, bagaimana bisa jumlah pemesanan online anda selalu banyak. Apakah anda tetap mengandalkan anda sendiri? Tentunya, anda mengandalkan tenaga orang lain. Arahan untuk mereka tetap berada dalam tangan anda. Memang, mereka bisa memasak. Tetapi, apakah mereka mengerti mengenai pemasakan sesuai kemauan anda? Apakah mereka mengetahui resep-resepnya? Tentunya, anda harus menangani ini untuk mengurusi mereka. Bagi yang sudah terbiasa memasak, mereka akan dengan mudah memahami apa yang anda inginkan. Di sinilah akan terjadi kesemibangan rasa.

6. Siapkan Tempat Operasional Jasa Pesan Makanan Online Katering

Anda sudah memiliki rumah makan. Otomatis anda membutuhkan tempat untuk usaha jasa pesan makanan online. Tetapi, dimana tempat untuk menangani banyak pemesan makanan? Apakah melakukan ini di tempat rumah makan anda? Hal ini bisa dilakukan namun dalam ruangan yang terpisah. Mengapa harus berdekatan? Ini untuk memfokuskan pengontrolan. Anda hanya fokus berada dalam satu tempat usaha jasa pesan makanan.

7. Membangun Media Online

Media online adalah media yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan marketing. Ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan penjualan secara online. Pada intinya, bila anda berkeinginan mengembangkan market, harus membangun media online. Inilah yang disebut usaha pesan makanan online jenis, bisa katering atau pemesanan biasa. Media yang digunakan bisa didahului dengan yang gratis, ini untuk menghemat modal bisnis pesan makanan online.

Kalau bisa, anda membangun media online dengan media berbayar. Mengapa? sistem pemesanan membuat bisnis pesan makanan online anda harus terpercaya. Bayangkan, mereka harus mempecayai bisnis anda dalam menangani banyak stok pemesanan. Tetapi, sebelum mereka mempercayakan semua pada bisnis anda, bisnis anda harus tampil dalam kondisi terpercaya salah satunya dengan menggunakan media berbayar sebagai media utama.

Bila anda sudah memiliki media berbayar yang dianggap media utama, anda jangan menggunakan situs marketplace yang banyak beredar di internet. Ini sama saja anda menempuh jalur yang diragukan para konsumen.

8. Membuat Aturan Pemesanan

Anda harus membuat aturan jasa pesan makanan online guna menertibkan pemesanan. Seperti, pemesan harus melakukan pemesanan H-2 atau H-1. Anda juga bisa menetapkan standar minimal pemesanan seperti pemesanan minimal 15 biji. Aturan-aturan ini untuk mengamankan usaha jasa pesan makanan online. Apalagi, transaksi anda dijalankan secara online, maka membuat aturan sangat dianjurkan. Mungkin, anda bisa mengamankannya dengan memberlakukan harga non DP. Harga non DP membuat anda jauh lebih aman walaupun pemesan merasa tidak nyaman. Tetapi, bila anda membangun kepercayaan, mereka tidak mempermasalahkan pemesanan tanpa DP.

Kesimpulan

Bisnis atau usaha jasa pesan makanan online haruslah diawali dengan membangun rumah makan. Setelah itu, anda bisa menerima pemesanan makanan, baik ofline atau online. Tujuan memberlakukan sisitem pesan makanan online tentunya untuk meningkatkan pelanggan. Bila anda langsung membuat jasa pesan makanan online tanpa rumah makan, ada upaya yang harus diperjuangkan yang lebih berat lagi daripada anda memiliki rumah makan. Mengapa lebih berat? Anda harus mendatangkan pemesan setiap hari. Tetapi, bila anda berfokus pada menghadirkan rumah makan, banyak konsumen yang bisa datang setiap hari.