Cara Menjual Barang di Facebook Online Shop


Cara menjual barang di Facebook Online Shop sepertinya sudah kurang efektif bila menarget market lintas kota. Masalahnya, Facebook tidak cocok dijadikan panajangan produk online shop. Apalagi, Facebook perpaduan update tulisan dengan foto yang membuat tampilan kurang rapi dan tidak membangun ciri khasnya yang sebagai media penjualan. Bandingkan dengan Instagram, media ini bisa dibilang mewakili media online shop. Walapun Facebook kurang bagus tampilannya yang sebagai online shop, anda bisa memanfaatkannya dengan cara-cara menjual barang di Facebook yang benar.


Mungkin, anda berkeinginan menjual barang di Facebook Online Shop dengan alasan bahwa penjualan di Facebook Online Shop tidak perlu selalu mengandalkan foto. Atau, menjual barang di Facebook Online Shop karena jauh lebih bisa dalam menambahkan pertemanan daripada di Instagram sehingga bisa berpotensi menambah jumlah penjualan. Menjual barang di Facebook Online Shop pun tidak perlu menguras kuota bila berinteraksi dengan para konsumen karena bisa dijalankan di Facebook browser dengan menghemat biaya. Mungkin, ini bagian dari alasan anda menjual barang di Facebook Online Shop.

Lalu bagaimana cara menjual barang di Facebook Online Shop? Dalam hal ini, pembahasan cara menjual barang sama seperti menggunakan media pada umumnya yaitu memenuhi standar penjualan online shop. Namun, penulis akan menerangkan cara-cara spesifik mengenai menjual barang di Facebook Online Shop.

Buatlah Facebook Pribadi Bukan Sejenis Online Shop

Menggunakan Facebook pribadi atau biasa disebut Facebook profil untuk kebutuhan online shop tentu harus mementingkan kebutuhan bersosial media atau komunikasi secara online dengan teman-temannya. Banyak yang tidak memahami bahwa media sosial adalah media komunikasi bukan media penjualan. Kecuali, anda membuat akun fanspage atau bisnis. Kalau berurusan dengan akun pribadi, anda seharusnya menggunakan Facebook untuk tujuan non penjualan.

Lalu bagaimana cara menjual barang di Facebook yang sudah dijadikan online shop? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan selalu menghadirkan gambar-gambar barang yang dijual. Tetapi, ini cara menjual yang sulit. Bagaimana bila anda menjual barang pakaian? Apakah haus memakai pakaian setiap kali ada pakaian yang baru? Tentunya tidak. Anda bisa memakai pakaian dari barang jualan anda untuk kebutuhan sehari-hari yang memang dibutuhkan. Bukankah anda membutuhkan pakaian? Mengapa tidak menggunakan dari barang yang anda jual? Ini cara menjualan yang bagus tanpa harus menawarkan.

Itulah yang disebut facebook pribadi bukan sejenis online shop walaupun tujuannya adalah untuk berjualan produk.

Tetapi, anda perlu mengupdate produk terbaru atau produk-produk di momen tertentu seperti lebaran atau tahun ajaran baru. Banyak para penjual yang melakukan cara menjual barang dengan selalu mengupdate informasi produknya. Jelas, ini bisa mengganggu pertemanan. Cara menjual yang salah ini jangan dilakukan, di samping memang pemborosan kuota.

Buatlah Halaman Fanspage Untuk Online Shop

Jadi, kalau anda mau mengupdate produk secara berkala tanpa perlu dituntut menjalin komunikasi sesama teman, anda bisa menyengaja membuat Facebook Online Shop dengan menggunakan halaman yang biasa disebut Fanspage. Mungkina anda tipe orang yang tidak sabaran melakukan cara menjual barang secara online. Dengan media yang tepat, salah satunya Facebook Toko Online, ketidaksabaran anda menjual barang di Facebook bisa terpenuhi dengan baik.

Hanya saja, anda akan kesulitan dalam membangun jumlah follower atau biasa disebut fans. Anda tidak bisa melakukan add fans mengingat mereka sendirilah yang seharusnya meng-add. Cara yang harus dilakuakan dan satu-satunya cara terbaik adalah menggunakan media iklan berbayar di Facebook Ads. Dengan menggunakan media berbayar, anda bisa dengan mudah membangun para fans.

Tetapi, alangkah baiknya, bila mengandalkan iklan berbayar, anda bisa langsung beriklan produk. Ini cara menghemat permodalan menjual barang di Facebook Online Shop. Hanya saja, anda akan kesulitan memperbanyak fans.

Buatlah Sampul Menarik Seputar Online Shop Anda

Sampul ibaratnya adalah slide. Anda bisa membuat sampul Facebook Online Shop, baik untuk Facebook pribadi atau Fanspage. Sampul ini sebagai gambaran barang yang dijual di Facebook. Cara membuat sampul memang tidak bisa sembarangan, di samping untuk kepentingan gambaran produk yang dijual tetapi juga untuk menyesuaikan dengan desain Facebook. Anda jangan salah membuat sampul karena bisa tidak terlihat tulisan atau gambaran intinya. Tulisan yang ditulis pun harus jelas untuk menyesuaikan di smartphone.

Berfokus Menjual Barang Yang Mudah Repeat Order

Menjual barang di Facebook Online Shop memang memiliki beberapa kekurangan yang bisa merepotkan para pembeli. Biasanya, mereka akan membeli dengan melakukan penambahan produk secara sistem dan penjualan harga secara sistem. Tetapi, di Facebook, mereka alias pembeli harus menghubungi si pemilik untuk membeli produk. Kalau mereka membeli produk banyak, mereka pun menyetor ke pemilik untuk diurus masalah total harga dan pemesanannya. Biasanya, penjual memberikan kode barang tersendiri. Karena inilah, anda harus memiliki cara menjual barang di Facebook yang bisa meminimalisir kekurangan.

Tentunya, penulis ingin mencontohkan sambal pecel milik Sambal Bu Kaji. Sambal pecel adalah sambal yang berpotensi repeat order karena digunakan dalam keseharian. Hal ini bisa dijual online melalui media Facebook. Sekalipun tidak memiliki banyak produk, tetapi sambal pecel bisa berpotensi mendapatkan banyak pelanggan yang melakukan repeat order. Terpenting, si pemilik aktif berjualan di Facebook dengan menghadirkan konten masakan dan gambar.

Berjualan Produk Grosiran Cara Yang Bagus Menjual Di Facebook Online Shop

Umumnya, penjualan produk grosiran hanya memfokuskan pada beberapa jenis produk saja. Sekalipun hanya menjual sambal pecel, ini bisa menghasilkan penjualan besar hanya mengandalkan beberapa pelanggan saja. Bila seperti ini, untuk apa membuat toko online sendiri yang menghabiskan banyak biaya di awal menjual barang? Facebook bisa menjadi solusi yang bagus dalam menjual produk grosiran di awal menjual secara online.

Jangan Berfokus Pada Banyak Variasi Produk

Umumnya, toko online menjual aneka produk alias barang. Namanya toko online, berarti menjual aneka barang. Masalahnya, anda tidak bisa menjual barang dalam jumlah banyak di Facebook. Kalau anda menjual banyak barang di Facebook, menurut anda, apakah mereka akan membeli banyak? Tidak. mereka kesulitan mencari banyak produk yang anda miliki. Maka dari itu, cara menjual barang di Facebook Online Shop berfokus pada memperbanyak jumlah penjualan dan pelanggan. Anda jangan berfokus pada banyak produk.

Penulis melihat, banyak yang melakukan hal demikian: menjual banyak variasi produk di Facebook. Akhirnya, mereka selalu update produk setiap hari tanpa ada hasil. Hasilnya ada, yaitu mereka terganggu dengan aktifitas update produk oleh si penjual. Apakah anda mau menggunakan cara menjual barang seperti kebanyakan penjual di Facebook?

Tidak Perlu Menambahkan Orang Yang Di luar Perkenalan Anda

Sepertinya, anda harus menjadi teman Facebook yang mengakrabkan diri. Bila seperti ini, anda tidak perlu menambahkan banyak teman Facebook dengan niat untuk menjadikan mereka pelanggan. Di Facebook pribadi, anda akan menemukan beberapa kerugian bila memiliki banyak pertemanan yang di luar perkenalan anda bila Facebook digunakan untuk berjualan, salah satunya tidak menjalin komunikasi dengan teman yang anda kenal. Memang, Facebook memiliki penyettingan untuk teman-teman yang anda kenal saja. Tetapi, anda akan terganggu dengan yang lainnya seperti waktu anda karena harus melihat dan like status dari orang yang tidak anda kenal. Pada intinya, anda harus berfokus membangun pertemanan Facebook dengan orang yang anda kenal, seperti teman SD, SMA, kuliah, tetangga anda dan sebagainya.

Bagaimana bila sudah terlanjur banyak? Kalau sudah seperti ini,anda bisa menyetting teman-teman khusus yang anda kenal agar bisa mendapatkan update status paling pertama.

Tidak Perlu Menambah Fans Pada Fanspage, Cukup Beriklan

Banyak fans atau tidak, sepertinya kurang efektif dalam penjualan bahkan tidak efektif. Dari pengalaman penulis, 1000 fans hanya bisa menjangkau puluhan saja. Padahal, modal mengiklankan untuk meraih 1000 fans dianggap cukup banyak. Karena itu, anda tidak perlu menambah fans. Biarkan para fans mengikuti anda secara otomatis dari setiap iklan yang anda pasang.