7 Tips Belajar Bisnis Online Bagi Pemula


Mungkin anda berkeinginan membuka bisnis makanan atau minuman secara online. Atau, anda berkeinginan membuka bisnis bumbu atau resepnya secara online. Pertanyaannya, apakah anda akan langsung membuka usaha? Langkah yang bagus memang harus menyegerakan membuka bisnis online sebagai langkah untuk belajar bisnis online juga. Karena langkah atau tips belajar bisnis online yang baik adalah langsung dalam praktek. Belajar praktek bisnis online menjadi catatan dan dasar yang penting untuk diperhatikan. Tentunya, tidak ada praktek bila tanpa teori. Banyak orang hanya mengurusi membangun bisnis online dengan resko kegagalannya dan memang sudah beberapa kali gagal. Tetapi, mereka lupa membangun teori bisnisnya. Mereka tidak belajar pada orang yang berpengalamn.
Ibu Maya, pengelola Sambal Bu Kaji dalam acara pelatihan wirausaha untuk mahasiswa

Lalu bagaimana tips yang mudah dijalankan yang diwujudkan dalam bentuk praktek dan pendalaman teori belajar bisnis online?

1. Banyak Aktifitas Berinternet Via Komputer

Banyak orang yang bisa beraktifitas internet tetapi sekedar beraktifitas bersosial media. Hal ini belum sebenuhnya mendukung kalau beraktifitas di media sosial hanya aktifitas rutinitas belaka. Perlu pengembangan aktifitas berinternet di media sosial dengan memanfaatkan pelayanan yang ada, termasuk beriklan di sosial media. Tentunya, ini sudah mencukupi namun belum maksimal bila hanya berfokus belajar pada memanfaatkan sosial media. Perlu juga belajar menguasai situs-situs media lain seperti Blogger, Wordpress dan peralatan untuk kebutuhan bisnis online lainnya. Ini cara belajar bisnis online langkah pertama untuk pemula.

2. Belajar Membangun Skill Pengembangan Produk

Mungkin anda berkeinginan bisnis online dengan karya sendiri. Bila niat anda seperti ini, anda harus belajar dari sekarang mengenai sebuah karya yang akan dijadikan produk. Sekalipun anda tidak memiliki kemampuan apa-apa, hal ini tidak berarti halangan untuk membangun skil pengembangan produk. Bukankah mereka yang pandai menciptakan karya produk berawal dari ketidakmampuan? Hal ini harus menjadi dasar dalam upaya belajar membangun skill untuk kebutuhan pengembangan produk. Anda bisa memilihnya berdasarkan hobi atau sekirannya anda mampu dalam membangun skill.

3. Belajar Blogging Target Bisnis

Banyak orang beraktifitas blogging sekedar iseng belaka di saat mereka sendiri berkeinginan belajar bisnis online. Arti iseng yang mereka lakukan adalah tidak menjadikan blog untuk kepentingan belajar bisnis online. Iseng membangun blog memang tidak menjadi persoalan bila keisengan ini bermuatan belajar bisnis online. Karena, kelas pemula memang mengharuskan banyak belajar termasuk aktifitas blogging. Keisengan dalam membangun blog pun dalam arti belum tahap serius. Pemula lebih banyak serius dalam belajar bisnis online. Hal ini yang penulis lakukan dengan hasil blogging yang lumayan mendapatkan uang. Jadi, beraktifitas iseng blogging harus bermuatan belajar bisnis online.

Titik fokus belajar bisnis online melalui blogging sebenarnya ada pada aktifitas menulis standar SEO dan membangun link building atau dikenal dengan sebutan backlink. Maka bila berkeinginan blog sebagai bagian dari langkah bisnis, harus belajar bagaimana membuat konten atau tulisan marketing. Tentunya, harus memenuhi pemaksimalan penerapan SEO.

Bisa disimpulkan, ada dua fokus belajar blogging untuk bisnis online yaitu:

- Belajar menulis dan menulis artikel marketing
- Belajar SEO dan backlink

Alangkah baiknya, bila anda berfokus belajar dunia blogging dengan menghadirkan konten-konten bertemakan bisnis. Hal ini untuk meringkas waktu belajar bisnis online anda.

4. Mengikuti Pembelajaram Bersama Pakar Sesuai Target Bisnis Anda

Ada banyak jenis bisnis online. Bila anda memilih banyak bisnis online untuk dipelajari, hal ini bisa menguras waktu anda yang berpotensi tanpa hasil. Jadi, sebagai pemula, anda harus fokus pada satu atau dua jenis bisnis untuk dipelajari sampai membuahkan keberhasilan. Fokus belajar bisnis online pemula bisa bersama program kursus atau pembelajaran online yang dibimbing oleh mentor berpengalaman. Mentor berpengalaman yang berbagi ilmunya biasanya menspesifikasikan materi belajar bisnis online untuk pemula. Jadi, anda harus menentukan terlebih dahulu target bisnis online anda sebelum memilih mentor berpengalaman. Anda bisa mengetahui target bisnis online anda bila anda sudah belajar terlebih dahulu lewat materi bisnis online gratisan yang memang khusus untuk pemula banget.

Setelah dipikir-pikir, anda memutuskan ingin menjual produk karya anda sendiri. Penulis mencontohkan membuat karya sambal pecel seperti yang dilakukan Sambal Bu Kaji. Karena memiliki karya yakni produk sambal pecel, langkah belajar bisnis online yang harus dilakukan adalah belajar seputar online shop. Dari sini, anda memilih mentor online shop yang sudah berpengalaman sukses berjualan produk fisik secara online. Dari belajar online shop, anda akan mengeluarkan modal untuk membangun situs online shop dan berjualan produk. Anda pun akan belajar kembali dengan fokus yang masih berkaitan dengan dunia online shop. Inilah kesesuaian target bisnis dengan langkah belajar bisnis online yang harus diterapkan untuk pemula.

5. Praktek Bisnis Online Secara Teratur Dimulai Dari Hal Kecil

Banyak pemula yang gagal menjalankan bisnis online dikarenakan tidak mengikuti langkah kecil membangun bisnis. Padahal, tahap pemula adalah tahap belajar mengawali bisnis bisnis online. Pemula masih membutuhkan banyak ilmu yang akan diterapkan dimulai dari langkah kecil. Jadi, bila anda ingin menguasai materi belajar bisnis online dari mentor, lakukan dengan langkah kecil dahulu. Anda bisa mengandalkan online shop lewat marketplace produk tanpa harus stok produk dulu untuk kebutuhan meriset produk. Dari langkah kecil bisnis online seperti ini saja, anda sudah terjun dalam dunia bisnis online. Sayangnya, sebagian besar pemula tidak sabaran dan cenderng ogah bermain kecil-kecilan. Memang, kegagalan suatu yang bisa datang pada pebisnis pemula. Tetapi, alangkah baiknya bila kegagalan itu hanya berdampak kecil saja yang mempengaruhi finansial atau mental.

Anda harus memulai langkah praktek dimulai dengan langkah kecil dengan cara memperhatikan kemampuan dan segala hal tentang diri anda dan lingkungan anda.

6. Melakukan Evaluasi Belajar Bisnis Online

Sebagai pemula, anda harus banyak melakukan evaluasi. Biasanya, evaluasi dilakukan ketika belum menemukan keberhasilan alias keuntungan. Anda harus mengewaluasi, apa yang menyebabkan sulit mendapatkan keuntungan. Evaluasi ini penting guna menemukan solusi atas masalah. Banyak bisnis besar yang sukses dikarenakan sering melakukan evaluasi. Biasanya, mereka melakukan rapat-rapat kecil dengan timnya. Tentunya, anda membutuhkan evaluasi secara mandiri terlebih dahulu sebelum mengandalkan tim.

7. Belajar Meningkatkan Penghasilan Bisnis Online

Tahap ini dijalankan bila anda selalu ingin meningkatkan penghasilan. Langkah ini dilakukan setelah anda sudah menajalani tahap awal atau pemula dalam belajar bisnis online. Tentunya, anda sudah mendapatan keberhasilan dalam membangun bisnis online, katakanlah dalam berjualan sambal pecel, walaupun keberhasilannya dikatakan masih kecil. Sekalipun berhasil mendapatkan keuntungan sekalipun kecil, ini menjadi modal bagaimana anda memperbesar atau meningkatkan penghasilan/keuntungan bisnis online. Tahap belajar ini tidak lagi menggunakan cara pemula. Anda harus belajar bisnis online ke mentor yang lebih menawarkan paket pembejalaran kelas menengah-ke atas. Biasanya, paket ini berharga mahal. Tetapi, keberhasilannya tidak perlu diragukan. Terpenting, anda sudah mmebangun brand dan produk anda sendiri.