Cara Bisnis Untuk Karyawan Tanpa Ganggu Kerja


Bagaimana cara bisnis untuk karyawan tanpa ganggu kerja? Kalau pembahasannya atau solusinya, “bisnis waralaba saja”, tentunya, ini sebuah solusi yang instan, tidak perlu menjadi pembahasan. Karena anda cukup mengeluarkan modal pembelian hak usaha atau waralaba, beres. Bila seperti ini, pembahasannya kurang greget dalam jiwa kepengusahaan. Memang, solusi karyawan seharusnya mengarah pada bisnis waralaba. Tetapi, apakah hanya waralaba yang bisa diandalkan? Padahal, waralaba tertentu belum bisa diterapkan di suatu wilayah. Makan dari itu, seorang karyawan bisa mengambil sautu bisnis apapun itu, termasuk waralaba, yang cocok untuk market di suatu wilayah.

Sumber gambar: dibaca.net

Namun disini, penulis akan menjelaskan cara-cara bisnis untuk karyawan yang merupakan pilihan jenis cara yang bisa anda pilih. Di sini, pilihan jenis cara bisnis mencoret pada bisnis waralaba. Bisnis waralaba bisa menjadi bagian cara bisnis anda walaupun penulis tidak menjelaskannya.

Berikut cara-cara atau jenis cara bisnis untuk karyawan tanpa ganggu kerja.

1. Bisnis Adsense Untuk Karyawan

Bisnis adsense adalah satu bisnis online. Mengapa bisnis adsense sebagai cara bisnis untuk karyawan? Karena bisnis adsense tidak mengganggu aktifitas karyawan dalam bekerja. Bisnis adsense bahkan bisa menjadi penghasilan utama karena penghasilannya bisa melebihi pekerjaan di kantor yang bergaji 3 jutaan per bulan. Tetapi, bisnis adsense untuk karyawan tidak mudah untuk mewujudkannya bila tidak diawali memiliki kemampuan dasar bisnis online dan menjalankan dunia internet.

Bagaimana cara bisnis adsense untuk karyawan? Berikut langkah-langkah yang bisa karyawan lakukan dalam membangun bisnis yang tidak mengganggu pekerjaan.

  • Memiliki Kemampuan Dasar Bisnis Online dan Internet

Karyawan harus memiliki kemampuan dasar bisnis online dan internet. Tapi, karyawan tidak memiliki waktu untuk menguasai dasar bisnis online. Kemampuan menjalankan internet dari berbagai media pun sering mengalami kesulitan. Bisnis adsense untuk karyawan ini bagi karyawan yang sudah memiliki dasar kemampuan internet dan tentunya bisnis online. Bila karyawan ingin menggunakan cara bisnis lewat adsense sebagai penghasilan lain tanpa harus menguasai hal dasarnya, bisa saja dilaksanakan.

  • Membuat Situs Informasi

Mengapa membuat informasi? Karena inilah yang membuat karyawan tidak perlu sibuk mengurusi berbagai konten. Mungkin, sebagian orang sukses dengan program adsense Youtube atau Admob Aplikasi. Tetapi, anda tidak perlu terjun pada adsense Youtube atau Admob Aplikasi. Anda akan sulit mengadirkan konten. Kalau konten di serahkan ke orang lain, berapa duit yang harus diberikan? Belum lagi, berapa nilai kunjungannya? Kalau anda berfokus pada adsense yang Cuma mengandalkans itus informasi, anda akan menemukan jalan keberhasilan di tengah kesibukan. Cukup mengandalkan tim penulis dan tim backlink SEO, sudah bisa menghasilkan aset penghasil dolar.

2. Bisnis Affiliate

Apa itu bisnis affiliate? Mungkin, bisnis affiliate kurang sepupuler bisnis adsense. Bisa jadi, karyawan tidak mengetahui ada peluang bisnis lain yang cocok untuk karyawan. Bisnis affiliate pada dasarnya adalah bisnis jualan produk. Namun, produk yang dijual milik orang lain. Tetapi, walaupun penjualan produk milik orang lain, karyawan tidak sampai melakukan belanja produk alias stok produk. Proses bisnis menghasilkan keuntungan untuk karyawan sama seperti menjalankan bisnis adsense. Bedanya dengan adsense, bisnis affiliate mengharuskan mendapatkan closing penjualan agar menghasilkan keuntungan.

Cara bisnis untuk karyawan lewat bisnis affiliate bagaimana? Sama seperti menjalankan program adsense. Bahkan, bisnis affiliate bisa bersamaan dijalankan dengan bisnis adsense dalam satu situs informasi. hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Membuat Review Produk

Reivew produk bisa dihalaman khusus. Atau, situs informasi memuat semua halaman informasi akan mengarah pada kepentingan penjualan produk. Tetapi, menghadirkan halaman review produk tetap penting walaupun situs informasi menghadirkan banyak tulisan yang mementingkan penjualan produk.

  • Membangun Pelanggan Situs Informasi

Membangun pelanggan situs informasi pada dasarnya diperuntukkan untuk bisnis adsense juga. Tetapi karena bisnis affiliate penghasilannya tidak bisa berjangka panjang, bergantung pergantian musim produk dan kelayakan, membangun pelanggan situs informasi menjadi hal penting. Tujuannya, setiap anda memperkenalkan produk baru yang berkaitan, pelanggan situs informasi yang akan menjadi pembeli pertama.

3. Bisnis Online Shop Patner Istri

Bisnis online shop untuk istri tentunya. Artinya, pihak pengelola adalah istri. Suami yang sebagai karyawan memberikan modal. Sebenarnya, antara istri dan suami adalah satu paket. Hanya saja, di sini ada pembagian tugas. Tentunya, si karyawan atau suami yang bertanggungjawab permodalan dan sumbangan ide. Sedangkan istri, ia sebagai pengelola operasional. Ini bisa dianggap sebagai solusi lain bisnis untuk karyawan.

Mungkin, anda terbiasa melewati para suplier ketika berangkat kerja. Daripada hanya lalu-lalang, anda memanfaatkan ini untuk berbelanja produk ketika pulang ke rumah. Tentunya, biaya transportasi masuk dalam dua biaya yaitu biaya tranportasi berangkat kerja dan pulang kerja. Dengan memanfaatkan mobil yang agak besar, anda bisa menampung beberapa produk setiap harinya. Strategi ini juga bisa dimanfaatkan untuk meriset produk dengan cara publish produk tanpa stok.

Online shop yang bagus tentunya bisa dalam hal makanan atau kebutuhan dapur ibu. Kue kering, bolu, dan hidangan makanan khas Indonesia lainnya bisa dijadikan online shop.

4. Bisnis Jasa Percetakan Digital Plus Photocopy

Seorang karyawan membutuhkan bisnis yang tidak merepotkan dalam pembuatan produk. Maka dari itu, seorang karyawan bisa memilih cara bisnis yang lebih kepada penawaran jasa. Biasanya, bisnis jasa lebih meringankan. Namun, tidak semua bisnis jasa bisa anda manfaatkan. Fokus utama bisnis jasa adalah bisa dijalankan sembarang orang. Artinya, pekerja tidak perlu memiliki keakhlian khusus yang canggih atau ahli. Cukup lulusan SMA, bisnis jasa bisa jalan. Salah satu bisnis yang bisa dikerjakan sembarangan orang adalah bisnis jada pecetakan. Seorang karyawan hanya membutuhkan peralatan yang akan dijalankan seorang pekerja dalam jangka panjang. Inilah enaknya bisnis jasa, khususnya jasa percetakan.

Salah satu pengusaha yang sering mengandalkan jasa percetakan adalah Sambal Bu Kaji. Setiap hari, Sambal Bu Kaji membutuhkan lembaran keterangan produk yang akan dipasang di botoh sambal. Sambal Bu Kaji juga sering mengandalkan jasa pecetakan dalam pembuatan banner, logo, dan sebagainya. Tentunya, banyak pelaku usaha makanan dan minuman yang mengandalkan jasa percetakan. Ini menandakan, bisnis jasa percetakan memang peluang yang bagus khususnya untuk usaha makanan dan minuman.

Cara menjalankan bisnis pecetakan digital untuk karyawan ini harus strategis yakni berada di kompel sekolah, perkantoran, perkumpulan beberapa pencetak digital. Dari kasus pelayanan digital, lebih banyak melakukan percetakan foto, cetak tugas dan hal lainnya yang ada kaitannya dengan sekolah, perkantoran dan tempat usaha. Memang, masalah yang akan dihadapi adalah, dimana posisi kios atau ruko percetakannya? Namun, ini menjadi pemikiran karyawan sendiri untuk memecahkannya.

Jangan lupa, jasa cetak digital harus dilengkapi jasa photocopy karena ini sangat erat kaitannya, bahkan sebagai strategi menjaring market.