Cara Pasang Iklan Online Dengan Hashtag Instagram


Apakah anda pemilik produk? Apakah produk anda adalah makanan pecel? kalau makanan pecel, ini sudah pasti sudah dimiliki Sambal Bu Kaji lewat pengelolaan Ibu Maya. Nah, produk inilah yang bisa diandalkan untuk menyambung hidup dengan keuntungan-keuntungannya dari hasil penjualan setiap hari. Ketika sepi penjualan produk khususnya makanan pecel, si pemilik produk bisa menyambung hidupnya. Untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan, tentunya membutuhkan banyak upaya. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah pasang ikan onine agar mendapatkan transaksi secara online.


Di sini, penulis akan menjelaskan cara pasang iklan online dengan menggunakan hashtag Instagram. Ya, hashtag Instagram bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan iklan alias marketing online. Tentunya, ini dalam upaya menjaring pengunjung. Rata-rata iklan yang dipasang memang kebutuhan untuk kunjungan, walaupun sebagian kecil iklan langsung mencantumkan data kontak. Tentunya, anda membutuhkan media Instagram yang sebagai tempat tujuan pengunjung melihat penawaran produk. Dari konten Instagram, anda bisa mengandalkan hashtag Instagram agar mereka melihat penawaran produk anda.

Diah Didi Saat Demontrasi Resep Menggunakan Sambal Pecel dari Sambal Bu Kaji, Sumber IG @bunda_didi

Lantas, bagaimana cara pasang iklan online lewat hashtag Instagram? Di sini, saya ingin mengambil contoh kasus makanan pecel sebagai targat pasang iklan

1. Buatlah Konten Berisi Iklan Online Produk

Sebagian konten iklan yang dipasang di Google Ads Atau Facebook Ads adalah iklan yang bertujuan untuk diarahkan ke halaman penjualan. Biasanya, si pemasang iklan memiliki media penjualan lain selain Instagram atau Facebook. Sebagian lagi, iklan untuk mempopulerkan konten sosial media si pengiklan dengan media Facebook atau Instagram. Tetapi, kalau iklan di Google, kebanyakan iklan yang dipasang untuk kebutuhan kunjungan ke media website selain media sosial. Karena anda memiliki niat untuk pasnagn iklan online gratis dengan menggunakan hashtag, cukup membuat konten gambar yang menarik sekaligus langsung pada to action penjualan.

Bagaimana contoh iklan online yang berisi produk? Berikut contoh iklan online dari Sambal Bu Kaji.



Secara visual, gambar di atas memang layak untuk kebutuhan iklan. Lebih bagus, gambar memiliki visual manusia, khususnya tokoh terkenal, yang sedang memvisualkan ekpresi kenikmatan pada sambal. Kebetulan, Sambal Bu Kaji mengandalkan fotografer profesional dalam pembuatan gambar-gambar menarik seperti di atas. Inilah yang haru anda tiru walaupun sulit. Tetapi, paling tidak, anda memiliki kamera bagus dan sedikit kemampuan editing foto.

Hanya saja, anda tidak perlu meniru cara penulisan panjang kalimat di atas karena bisa memusingkan pembaca. Lebih baik, anda menjelaskan singkat, padat dan mewakili produk yang ditawarkan.

Jadi, dalam konten iklan, terdiri dari:

- Logo dan Judul Produk
- Penjelasan produk
- Data kontak

Sebenarnya, anda bisa menambahkan penawaran spesial seperti diskon atau lainnya. Namun, ini untuk pasang iklan online di momen tertentu seperti hari raya dan lainya.

2. Siapkan Konten Pendamping

Menyiapkan konten pendamping bukan berarti dilakukan setelah pasang iklan. konten pendamping adalah konten update yang selalu anda lakukan. Anda harus menyiapkan konten-konten pendamping guna menyatukan kunjungan. Konten harus dibuat banyak sebelum pasang iklan online. Setelah pasang iklan online, anda harus tetap melakukan hal yang sama. Konten pendamping itu dianjurkan masih membahas seputar hal yang berkaitan dengan produk. Tentunya, tidak melulu selalu mempublish masalah produk.

Bagaimana membuat konten pendamping?

a. Konten harus memberikan manfaat

Jelas, anda harus membuat konten yang bermanfaat. Bagaimana konten untuk kebutuhan makanan pecel? Anda bisa menghadirkan wisata kuliner, masak-memasak, pengenalan seputar bahan-bahan masakan, dan sebagainya. Ya, konten pendamping tidak perlu spesifik seputar sambal pecel. Apalagi, anda membutuhkan pertambahan follower agar mereka dengan mudah mendapatkan informasi terbaru dari anda. Jadi, anda mengambil tema yang umum namun memuat hal-hal yang berkaitan dengan makanan pecel.

b. Konten lebih bermuatan soft selling

Setiap mengupload gambar, anda harus mencantumkan logo. Namun syaratnya, gambar yang anda upload adalah gambar hasil sendiri. Jadi, alangkah baiknya anda memiliki kamera atau vidio sendiri agar bisa merekam kegiatan anda. Anda bisa merencanakan sesuatu yang kebutuhannya untuk konten. Tentunya, anda merencanakan membuat konten foto alias gambar dan juga vidio. Konten yang anda buat harus memfokuskan pada produk yang anda jual, misalnya pecel. Mungkin, anda bisa merekan aktifitas pertanian cabai untuk kebutuhan pembuatan sambal pecel atau merekam kejadian lainnya. Inilah salah satu bentuk konten bermuatan soft selling.

3. Semua Konten Harus Diberikan Hashtag Instagram Populer

Andalan yang menjadi pintu sumber trafik kunjungan Instagram anda adalah hashtag. Jadi, jangan meremehkan hashtag bila Instagram anda belum memiliki follower lebih dari 10.000. Janganlah 10.000 follower, 100.000 follower juga banyak akun Instagram yang masih menggunakan hashtag Instagram populer. Karena ini cukup membantu dalam menambah jumlah viwers sekalipun tidak memfollow. Hal ini dialami penulis sendiri yang berhasil meraup ratusan tayangan di saat jumlah follower tidak banyak. Jadi, semua konten sebaiknya diberikan hastag, khususnya konten untuk iklan online.

a. Gunakan Alat Untuk Mencari Hashtag Instagram Populer

Instagram sendiri secara otomatis bisa menampilkan hashtag Instagram populer. Ini bisa menjadi alat untuk pencarian hashtag Instagram populer. Jadi, anda tidak perlu mengandalkana alat lain. Memang, kesulitannya adalah tidak langsung dalam pengelompokkan bila ingin memakainya. Anda harus mengetik satu per satu hashtag yang akan dipasang.

b. Mengkaitkan Hashtag Instagram Populer Dengan Konten Foto dan Vidio Instagram

Artinya, pemberian hashtag Instagram populer untuk pasang iklan online dan lainnya harus menyesuaikan konten foto/gambar atau vidio. Bila membahas makanan pecel, hashtag bisa memakai kata #pecel #sambalpecel atau lainnya. Ini yang disebut relevansi. Jadi relevansi hashtag bergantung konten, bukan bergantung produk yang dijual atau merek perusahaan.

c. Gunakan Banyak Hashtag Populer

Minimal anda memberikan hastag untuk pasang iklan onlone berjumlah 10 biji, maksimal 30. Tentunya, anda tidak perlu membuat kalimat narasi dalam jumlah panjang. Penggunaan hashtag bertujuan untuk saling memberikan sumbangan viwer pada konten anda, khususnya konten iklan online.

d. Memberikan Kata Hashtag Instagram Populer Yang Familiar

Banyak orang memberi hashtag yang tidak familiar, sekalipun hashtag Instagram yang popuper. Dalam upaya pasang iklan online yang berhasil, anda harus menyingkirkan kata-kata yang hanya dikenali oleh komunitas atau orang tertentu. Bila mau pasang iklan online Instagram, gunakan hashtag Instagram populer seperti ini:

#sambalpecel
#sambal
#sambalkacang
#sambalpedas
#pecelsayur
#pecelayam

Ada banyak pilihan hashtag. Maka untuk lebih memudahkan memilih, anda bisa menggunakan situs all-hashtag.com

e. Lakukan Pengulangan Pemberian Hashtag Instagram Populer Yang Sama

Ada ribuan bahkan ratusan ribu foto. Bila anda hanya memiliki satu konten untuk hashtag tertentu, bisa jadi anda akan terkalahkan dengan mereka-mereka. Maka dari itu, saran terbaik adalah selalu mengulang-ngulang hastag yang kepentingannya untuk iklan online ataupun konten pendamping. Hal ini untuk menumpukkan konten ke dalam hashtag. Terpenting, konten anda memberikan informasi yang berbeda-beda.

Masalahnya, pengulangan hasthtag sudah dilarang. Artinya, terus-menerus mengulang hashtag dari konten yang tidak relevan. Penulis sendiri belum memahami betul apa yang dimaksud pengulangan yang dilarang, pengulangan spammer.