Tips Website Bisnis Online 1 Juta Visitor Per Bulan


Mungkin anda salah satu orang yang berkeinginan memiliki website bisnis online yang bisa menghasilkan 1 juta visitor atau pengunjung tiap bulannya. Ya, pemilik Sambal Bu Kaji, Ibu Maya, pun menginginkan website bisnis online yang bisa menghasilkan 1 juta visitor setiap bulannya. Tentu, alasan yang simpel adalah pengelola Sambal Bu Kaji menginginkan mendapatkan penjualan sambal pecel dari website bisnis online dan juga kesuksesan dalam bisnis adsense. Kebetulan, bisnis adsense adalah sampingan atau pemanfaatan website bisnis online yang memang sengaja digunakan untuk penjualan sambal pecel dan lainnya. Apakah anda memiliki alasan yang sama dengan Sambal Bu Kaji? sekali pun berbeda, tetapi, pada intinya, banyak orang yang menginginkan website bisnis online yang mampu menghasilkan pengunjung lebih dari 1 juta visitor.

Sumber gambar: cografik.com

Masalahnya, membangun website bisnis online yang bisa meraup satu juta visitor per bulan memang berat. Anda tidak hanya akan mengeluarkan tenaga yang banyak, tetapi juga mengeluarkan banyak uang demi meraup pengunjung lebih dari 1 juta visitor tiap bulan. Walaupun berat dalam membangun website bisnis online, bukan berarti tidak ada rumus untuk meraih apa yang anda inginkan untuk kebutuhan bisnis, seperti pecel atau sambal pecel. Anda perlu mengetahui rumusnya agar website bisnis online mampu meraih 1 juta kunjungan per bulan.

Lalu bagaimana rumus atau tips website bisnis online yang bisa menghasilkan 1 juta visitor per bulan? Berikit tips yang harus anda lakukan, dengan keberhasilan 70%.

1. Buat Website Bisnis Online Gado-Gado Secara Teratur dan Terukur

Website gado-gado bisa disebut juga website portal seperti yang diungkapkan sebagian pakar. Biasanya, website portal menghadirkan tulisan tips how-to dan juga tulisan berita. Namun, situs portal lebih dari membahas tips how-to dan juga berita. Namun yang menjadi titip tekan untuk anda adalah membuat website gado-gado alias website portal dengan fokus tips dan juga berita. Website seperti inilah yang berpotensi menghasilkan banyak kunjungan, baik pengunjung atau pelanggan. Masalahnya, banyak website gado-gado alias website portal yang asal-asalan dalam persoalan pembagian topik-topik pembahasan.

Hal yang harus diperhatikan, seperti pendapatnya pakar SEO, Ricki Pratama, sekalipun wesite bertopik campuran, per topik harus menghadirkan niche tersendiri. Biasanya, ditandai dengan pembagian kategori. Niche topik inilah yang akan dimenangkan dalam mesin pencari. Bila ada 10 topik, ke-10 topik ini akan diupayakan menang semua di halaman peryama Google. Jadi, pemenangan kata kunci tidak lagi pada homepage tetapi pada halaman topik alias niche kategori. Seandainya masing-masing topik memberikan sumbangan 100.000 kunjungan per bulan, tentunya bisa mampu meraih 1 juta kunjungan dari total 10 topik.

Berikut pembuatan kategori campuran yang teratur dan terukur
  • Kuliner
  • Pertanian
  • Usaha
  • Wisata
  • Budaya
  • Kesehatan

Anda bisa membuat kategori 5 atau 10. Terpenting, per kategori bisa mewakili jumlah pengunjung yang diharapkan. Tentunya, sumber kunjungan berasal dari tulisan-tulisan yang ada di dalam kategori dan juga dari halaman kategori itu sendiri.

Anda bisa melihat, itulah kategori yang mewakili produk atau usaha Sambal Bu Kaji. Ini akan membangun sebuah website bisnis online. Jadi, sekalipun kategori-kategori ada yang tidak berkaitan langsung dengan Sambal Bu Kaji dan produknya, ini masih bisa memiliki kepentingan website untuk kebutuhan bisnis online Sambal Bu Kaji. Karena, di sela pembahasan, bisa menyelipkan persoalan produk dan bisnis Sambal Bu Kaji.

Terukurnya bagaimana? Tentunya, ini bersesuaian dengan,
  • Jumlah pencarian: apakah jumlah pencariannya banyak per kata kuncinya
  • Jumlah variasi kata kunci: apakah jumlah variasi kata kuncinya banyak?
  • Jumlah referensi: apakah banyak referensi untuk menulis?

2. Tulislah Konten Website Bisnis Online Secara Variasi

Berapa banyak variasi kata kunci seputar kuliner? Tentunya, sangat banyak. Bila banyak, anda jangan berfokus pada satu kata kunci saja. Apalagi, referensi seputar kuliner sangat banyak, sangat memenuhi kebutuhan menulis. Jadi, dalam menulis, anda berfokus pada tema kuliner yang akan ditulis bukan seputar pembahasan “kuliner” itu sendiri. Sebagai misal, anda ingin membangun pembahasan kuliner rendang. Maka, anda bisa menghadirkan variasi pembahasan rendang. Anda bisa melihat sendiri bagaimana variasi kata kunci seputar rendang. Tentunya, bila banyak, itulah yang akan dipakai untuk menulis. Atau, anda hanya mau menggabungkan pembahasan seputar rendang menjadi satu tulisan. Ini juga tidak masalah. Nantinya, ada banyak variasi kata kunci seputar kuliner berbahan daging sapi. Inilah yang dimaksud variasi kata kunci untuk pembuatan tulisan. Jadi, antar artikel tidak saling bersaing kata kunci.

Dengan menghadirkan variasi kata kunci, ini berpotensi menghasilkan tumpukan kunjungan. Mengapa? Kalau setiap kata kunci berhasil memenangkan persaingan di mesin pencari Google dan masing-masingnya memiliki jumlah pencarian yang banyak, tentunya website bisnis online anda mendapatkan sumbangan kunjungan dari masing-masing tulisan yang memiliki variasi kata kunci.

Kalau masing-masing artikel menghasilkan kunjungan, katakanlah menghasilkan 500 pengunjung dari mesin pencari Google, maka bila ingin menghasilkan 500.000 kunjungan harus memiliki 1000 artikel. Lalu darimana lagi 500.000 kunjungan? Tentunya, blog yang berhasil mendapatkan 1 juta kunjungan adalah salah satu blog yang berkualitas tinggi. Ciri-ciri website bisnis online yang berkelas tinggi adalah memiliki jumlah pelanggan yang banyak. 500 Kunjungan berikutnya dihasilkan berasal dari pelanggan setia. Jadi, anda membangun kunjungan dari mesin pencari Google untuk menjaring pelanggan-pelanggan setia. Kalau tiap bulan menghasilkan lebih dari 100.000 saja, dalam jangka waktu 5 tahun bisa mendapatkan pelanggan baru minimal 100.000.

Jadi prinsipnya,
  • Menulis banyak tulisan dengan memperbanyak variasi kata kunci
  • Menulis tulisan yang berkualitas dan mengikuti perkembangan zaman
  • Menulis yang berdasarkan prinsip SEO

3. Membangun Backlink dengan Strategi PBN (Private Blog Network)

Sangan direkomendasikan membangun backlink, baik backlink secara alami atau buatan. Kalau membangun baclink secara alami, penulis tidak bisa menjelaskannya di sini karena pembahasan backlink alam diserahkan kepada pembaca. Maka dari itu, kalau website bisnis online anda menginginkan mendapat backlink alami, anda harus seriung membangun konten yang berkualitas. Anda harus bisa membuat para penulis melirik tulisan anda untuk menjadikan referensi. Nah, masalah backlink buatan, anda bisa membangun sendiri atau mengandalkan jasa. Biasanya, backlink permanen yang bisa diandalkan dalam upaya mencari kunjungan yang melimpah. Tentunya, backlink permanen bisa didapakan dengan strategi PBN atau biasa disebut Private Blog Network.

Lebih baik, anda mengandalkan jasa PBN terlebih dahulu yang menawarkan backlink permanen. Kalau anda membuat sendiri, anda akan membutuhkan banyak waktu. Belum lagi masalah mengurusi konten yang harus konsisten diurus. Dengan mengandalkan jasa orang lain yang harganya tidak lebih dari 2 juta, anda sudah bisa mengharapkan bahwa website bisnsi online anda bakalan dikunjungi lebih dari 1 juta pengunjung setiap bulan. Jadi, pikirkan baik-baik langkah mudah ini walaupun membutuhkan biaya.

***

Itulah tips membangun website bisnis online yang akan menghasilkan kunjungan lebih dari 1 juta per bulan.