Usaha Bakwan Goreng Teman Setia Pecel


Usaha bakwan goreng bisa menjadi usaha tersendiri dengan menghadirkan aneka jenis bakwan goreng. Dengan mengandalkan gerobak atau dengan penjualan pada umumnya, bisa mendapatkan keuntungan tersendiri. Karena penikmat bakwan goreng pun tidak sedikit. Namun, usaha bakwan goreng bisa berdampingan dengan usaha lain sehingga tidak perlu menghadirkan banyak variasi. Sebagai misal, usaha bakwan goreng bisa berkolaborasi dengan usaha pecel. Nah, kolaborasi inilah yang saling menguatkan.

Sumber:lifestyle.okezone.com

Bakwan goreng pada dasarnya membutuhkan temen pecel. Begitu juga dengan pecel yang membutuhkan bakwan goreng. Jadi, kalau bakwan goreng sebagai teman setia pecel, memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak penjual pecel yang selalu menghadirkan bakwan. Memang, ada rempeyek yang menjadi ciri khas sebagai teman setia pecel. Tetapi, menurut penulis, paling cocok sebagai teman pecel adalah bakwan goreng. Logikanya sederhana. Kalau bakwan goreng dipotong kecil-kecil sebagai taburan ke atas pecel, taburan bakwan goreng ini tidak mengganggu pengkonsumsian pecel. Berbeda dengan rempeyek bila ditabur di atas pecel, ini bisa mengganggu pengonsumsian pecel. Jadi, bakwan goreng memang teman setia pecel.

Agar maksimal memanfaatkan bakwan goreng sebagai teman setia pecel, alangkah baiknya memperhatikan hal berikut:

Bakwan Goreng Rasa Bawang Cocok Untuk Teman Pecel

Variasi bakwan goreng sebenarnya memiliki beberapa variasi seperti bakwan udang, bakwan jagung dan bakwan murni sayuran+daun bawang. Namun bakwan goreng harus memenuhi bahan dasar utama yaitu tepung dan sayuran. Dari beberapa variasi bakwan goreng, bakwan goreng rasa daun bawang atau bakwan sayur yang memang cocok sebagai teman setia pecel. Mengapa? Rasa bakwan sayur yang terasa daun bawangnya memang serasi bila dikonsumsi dengan kelezatan pecel. Penjelasan ini memang agak susah. Tetapi setidaknya anda bisa membayangkan sendiri bila sudah mencobanya atau silahkan mencoba.

Hal inilah yang membuat usaha bakwan goreng bersama pecel akan mendapatkan tempat di banyak pelanggan.

Hadirkan Bakwan Goreng Cetakan Tebal Tapi Tetap Gurih

Ada bakwan khusus yang hasil penggorengannya bagus, mirip serabi. Entah bagaimana cara membuat bakwan gorengnya, yang jelas, bakwan seperti ini cocok sebagai teman setia. Memang, pembuatannya agak merepotkan karena hasil akhirnya sendiri rapih seperti serabi. Tetapi, paling tidak, inti bakwan goreng cetakan tebal yang menjadi prioritas. Tujuannya, pertama, tentunya agar bakwan tidak kering. Kedua, bakwan cetakan tebal akan mempertahankan kekenyalan dengan tetap mempertahankan kegurihan dibagian luar. Kondisi bakwan seperti ini akan menambah keserasian sebagai teman setia bersama pecel.

Biarkan Bakwan Menjadi Hidangan Di Meja

Mungkin anda ingin mempertahankan tradisi menghidangkan pecel dengan rempeyek di atasnya. Di samping memang sulit untuk dihargai per bijinya sehingga mengharuskan menghidangkan rempeyek di atas pecel tanpa harus pembeli itu memesen rempeyek. Kecuali, pembeli tidak mau diberikan rempeyek dengan bonus tambahan sayuran, misalnya. Tentunya, pelayanan seperti ini akan mengabaikan pemberian bakwan goreng di atas pecel. Untuk itu, biarkan bakwan goreng berada di atas meja agar para pengunjung bisa mengambil sendiri. Cara seperti ini memang seperti cara yang digunakan para penjual bakso.

Tangani Penjualan Bakwan Goreng Berada Dalam Satu Tempat

Sepertinya, usaha pecel seperti usaha warteg yang segala pemenuhan menunya diurus pengelola warteg. Kalau seperti ini, tidak menjadi persoalan. Lagi pula, cara seperti ini jauh lebih aman. Di samping itu, cara seperti ini berguna untuk kebutuhan pemesanan pecel secara online. Warung Bu Kaji sering mendapatkan banyak pemesan dengan pemesanan yang bervariasi. Artinya, pemesanan pecel dan teman pendampingnya dilakukan secara online. Karena ini, lebih baik menggunakan teknik warteg.

Alternatif Bakwan Goreng Aneka Rasa

Konsumen ada masa dimana kejenuhan hadir dalam menikmati bakwan goreng. Memang, kejenuhan menikmati bakwan goreng bisa diatasi dengan mengandalkan hidangan pecel. Tetapi, tidak salah juga bila memang menghilangkan kejenuhan dengan menghadirkan aneka bakwan goreng sehingga konsumen dengan leluasa memilih. Asalkan, porsi tiap-tiap aneka bakwan seimbang, dengan tetap memperhatikan tingkat penjualan. Bila memang ada bakwan yang tidak selalu laku, ya lebih baik untuk tidak menghadirkannya.

Bagaimana dengan Hadirkan Saos Untuk Solusi Kepedasan?

Anda bisa melihat bagaimana taburan sambal pecel pada sayuran. Kondisi seperti ini tidak sampai bisa memberikan campuran sambal pada bakwan goreng. Kecuali, bakwan goreng sudah menjadi paket pemesanan pecel, tidak perlu membutuhkan sambal karena sudah pasti tertaburkan. Tetapi, pada umumnya, bakwan goreng atau rempeyek tidak mendapatkan taburan sambal. Padahal, kenikmatan lebih bakwan bila ditaburi sambal juga tetapi untuk sambal pecel sepertinya tidak mungkin. Maka dari itu, lebih baik anda menghadirkan saos untuk hidangan menikmati bakwan goreng bersama pecel.

Masalahnya, saus apakah yang haris dihadirkan di atas meja? Untuk masalah ini, anda tidak perlu menghabiskan banyak modal. Anda bisa menggunakan saos yang sudah terbiasa dipakai para pengusaha bakso.

Memang, agak tidak penting bila menghadirkan saos kalau sekedar untuk cocolan bakwan goreng. Jadi, lebih baik untuk menyampingkan pemberian saos.

Penggunaan Minyak Goreng Jangan Sampai menghitam

Mungkin anda menginginkan hemat biaya dalam membeli minyak goreng. Tetapi, jangan sampai penghematan anda menghancurkan usaha bakwan goreng anda. Banyak pedagang gorengan khususnya bakwan goreng menggunakan minyak goreng sampai menghitam. Memang, cara ini untuk penghematan biaya dalam membeli minyak goreng. Sebaiknya, penggunaan minyak goreng tidak sampai menghitam pekat, ya menghitam. Di samping tidak sehat, minyak goreng yang sudah menghitam bisa merusak rasa bakwan goreng.

Mengatasi Bakwan Goreng Yang Tidak Terjual

Mengatasi bakwan yang tidak bisa terjual memang susah. Ya, tidak ada jalan lain kecuali memang diberi bahan pengawet. Ini juga salah. Seharusnya memang harus terjual habis dalam sehari. Bila memang masih ada lebihan, terpenting masih mendapatkan keuntungan dari modal yang dikeluarkan. Jadi, intinya harus menghabiskan terlebih dahulu.

Caranya? Lebih baik pelayanan bakwan goreng bersamaan dengan pelayanan pecel yakni bersamaan dengan pecel. Ketika selesai menyiapkan pecel, anda bisa menyiapkan bakwan goreng dan gorengan lainnya. Cara ini jauh lebih bisa terkontrol, baik dari tangan jahil atau melakukan strategi penjualan. Tentunya, cara seperti ini jauh lebih bisa menghemat stok bakwan goreng. Bayangkan bila ditaruh tiap meja, apakah bisa menjamin menguntungkan penjualannya?

Bakwan Pecel, Tambahan Solusi Menu Pecel

Apa salahnya menghadirkan bakwan goreng pecel? Tidak ada yang salah kan? Tentunya, masalah bakwan goreng pecel dicampuri sayuran atau tidak, ini persoalan lain. Terpenting anda bisa menghadirkan solusi pecel. Keuntungan lainnya, anda bisa menambah jumlah pelanggan yang memang hobi mengkonsumsi bakwan, apalagi bakwan campur sambal pecel.

Masalahnya, bagaimana cara penyajiannya? Tentunya, cara penyajiannya sama seperti mengolah pecel pada umumnya yaitu menyisir-nyisir. Masalahnya, bakwan goreng memanng sulit di suir karena memang makanan gorengan. Nah, bila seperti ini, anda jangan membuat bakwan yang tipis. Anda harus membuat bakwan goreng yang tebal yang biasanya mirip serabi. Bakwan goreng ini bisa disisir seperti halnya otak-otak atau naget.



Dunia Tulis-Menulis dan Kesastraan Pesantren Serta Jaringan Teks-teks Aswaja-Keindonesiaan Dari Era Wali Songo Ke Abad 19

Penulis: facebook.com/ahmad.baso.1
Hubungi Via Wa 0812 9383 1266