Sambal Dan Rujak Buah Persembahan Sambal Bu Kaji


Sambal rujak adalah sambal bagian dari Sambal Bu Kaji. Sebelumnya, Sambal Bu Kaji memang sudah menghadirkan beberapa sambal untuk kebutuhan pemesanan sana. Satu di antaranya, yaitu sambal pecel, memang sudah dihadirkan untuk pasar luas, termasuk untuk kebutuhan sambal di warung pecel. Namun, Bu Kaji rupanya ingin menghadirkan kembali sambal sebagai teman hidangan pecel dengan sambal pecelnya. Sambal rujak sepertinya cocok sebagai pendamping hidangan pecel. Memang, temanya sudah bukan warung pecel lagi kalau sudah menghadirkan sambal rujak untuk kebutuhan rujak di warung pecel Bu Kaji. Tetapi, bisa saja hal ini dilakukan asalkan produk-produk yang ada lebih untuk pecel, seperti gorengan, kerupuk dan lainnya.

Penulis belum mengetahui rencana selanjutnya mengenai sambal rujak yang dikelola Sambal Bu Kaji, apakah cuma menerima pemesanan atau menghadirkan sambal rujak kemasan. Yang jelas, sambal rujak sedang mengalami uji-coba dengan menghadirkan para pencoba sambal, termasuk dari orang yang sudah terbiasa dalam meracik sambal. Dengan tujuan, sambal rujak yang dikelola nanti untuk penjualan memiliki citarasa yang enak dan khas.

Walaupun belum tahu langkah berikutnya, penuis ingin menelaskan bagaimana nasib atau masa depan sambal rujak dan rujak buahnya dalam penjualannya di warung Bu Kaji. Tentunya, warung pecel Bu Kaji hanya menjadi sampel saja. Sehingga, penjualan sambal rujak atau rujak buah bisa untuk warung pecel siapa saja.

Manfaat Menjadikan Makanan Rujak Sebagai Pendamping Pecel Bu Kaji

Tentunya, menghadirkan rujak buah atau sambal buah di dalam warung pecel harus disambut dengan baik. Bisa jadi, mereka ingin sekali menikmati yang lain yang mirip dengan pecel yaitu rujak buah. Sekalipun mirip, kemiripannya memang sudah cukup jauh karena bahan utamanya terbuat dari buah. Ketika mereka ingin beralih ke menu makanan lain yang ada di warung pecel Bu Kaji, peralihannya memang bukan sekedar beralih di sekitar pecel, melainkan meloncati pecel. Atau, mungkin setelah menikmati pecel, cuci mulutnya menggunakan rujak buah, bisa jadi. Hal ini pun yang menjadi alasan untuk disambut.

Pengunjung tidak kehilangan minat berlangganan bila memiliki variasi dalam warung pecel Bu Kaji. Tetapi, tetap, ciri khas warung sebagai penjualan pecel harus tetap terjaga.

Potensi Tingkat Penjualan Rujak Buah

Rujak buah menjadi salah satu makanan yang memang digemari banyak orang. Bila rujak buah hadir di warung pecel Bu Kaji, tentunya, bisa menambah jumlah pelanggan. Tidak semua orang menyukai pecel, hal ini yang perlu disadari. Tentunya, sebagian lagi menyukai rujak buah yang akan dihidangkan warung pecel Bu Kaji. Bila warung Bu Kaji menghadirkan rujak buah, hal ini masih bernafaskan hidangan yang mengandalkan sambal walaupun pecel menadi menu pokok. Inilah yang akan mempengaruhi dalam pertambahan pelanggan. Semakin banyak pelanggan, tentunya semakin besar saja keuntungannya.

Potensi Penjualan Sambal Rujak

Bila Sambal Bu Kaji ingin membuka penjualan sambal rujak, ini menjadi tantangan tersendiri. Masalahnya, jarang orang mengandalkan sambal rujak untuk pembuatan rujak buah. Biasanya, mereka menikmati rujak buah dengan taburan sambalnya dari hasil membeli dari tukang rujak buah. Artinya, sekalipun rujak buah memiliki banyak peminat, penjualan sambal rujak belum tentu memiliki peminatnya. Lebih baik, tidak perlu melanjutkan rencana pembuatan sambal untuk kebutuhan penjualan sambal itu sendiri. Penjualan rujak buah dengan sambalnya yang enak dan khas justru akan mendapatkan penjualan yang banyak.

Kecocokan Mengkonsumsi Rujak Buah Setelah Pecel

Apakah ada kecocokan dalam mengkonsumsi rujak buah setelah pecel? Kecocokannya sebenarnya ada pada aktifitas mengkonsumsi buahnya. Masalah mengkonsumsi sambalnya, tentu agak kurang cocok. Kurang cocoknya karena mengkunsumsi sambal dua kali. Padahal, buah berguna untuk cuci mulut yang artina tidak perlu memakai sambal. Tetapi, hal ini bisa dianggap memiliki kecocokan jika sekedar menikmati variasi makanan bersambal. Apalagi, sambal rujak dan pecel terbuat dari bahan yang sama. Hanya saja, sambal rujak memiliki rasa manis yang kuat sebagai penyesuaian dengan pengkonsumsian buah.

Hanya saja, pengemasan rujak buah jauh lebih bisa diterima memakai plastik es. Adi, penghidangan untuk pengkonsumsian senenarnya tidak cocok bersamaan dengan pecel.

Mengenai Bahan Baku Buah-Buahan Untuk Kebutuhan Rujak Buah

Rujak buah biasanya terdiri dari pepaya, bengkoang, melon. Rata-rata ketiga buah ini yang banyak dijual para penjual rujak buah. Soalnya, ketiga buah ini memang tidak memiliki kadar air yang banyak, cenderung keras sehingga cocok untuk kebutuhan pembuatan rujak. Memang, ada satu lagi yaitu mangga. Tetapi, buah mangga cenderung asam sehingga tidak cocok untuk penjualan rujak yang memang pedas. Jangan sampai pedas dan asam bercampur menjadi satu karena jelas bikin lidah tidak tenang. Memang, buah nanas juga bisa menjadi buah untuk rujak walaupun memang asam namun masuh bisa ditolelir. Inti dari bahan baku buah ini adalah pemilihan buah yang tepat untuk kebutuhan rujak agar bisa diterima banyak orang.

Harga Jual Rujak Buah

Walaupun rujak buah terkesan mahal, bisa melebihi penjualan pecel, tetapi, hal ini masih bisa disiasati agar harga jual rujak buah menjadi murah. Waktu itu, pecel Bu Kaji seharga 4000. Tentunya, harga jual rukak buah bisa berbeda dengan selisih 1000 atau bahkan sama, yakni seharga 5000 kalau pecel sudah naik menjadi 5000.

Mengenai Kemasan Rujak Buah dan Cara Menikmatinya

Kebanyakan para penjual rujak buah memanfaatkan plastik es. Namun, sekarang bergeser pada kemasan yang biasanya digunakan untuk penjualan buah. Tentunya, pengemasannya memiliki perbedaan dengan kemasan pecel. Hal ini yang membuat anda merasa butuh suplier baru yang khusus untuk stok rujak buah. Bisa jadi penjualan rujak buah akan dijual secara online sehingga pengemasannya harus rapih dan aman. Kecuali, rujak buah hanya dijual ofline yakni diwarung saja, maka pengemasan atau cara menghidangkannya bisa menggunakan kemasan yang sama.

Bagaimana cara menikmati rujak buah? Tentnya, cara menikmatinya agak berbeda dengan pecel. Dalam hal ini adalah cara mengambil rujak buah. Biasanya, para penjual mengandalkan tusuk lidi, entah bagaimana pun bentuk tuluk lidinya. Tetapi, alternatif garpu kecil dari plastik bisa menjadi solusi. Jelas, langkah seperti ini membuat ada tambahan suplier kembali untuk kebutuhan menikmati rujak buah.

Penjualan Rujak Buah Secara Online, Bisa kah?

Penulis melihat para penjual rujak buah secara online. Jadi, para penjualnya memang banyak dalam penjualan rujak secara online. Memang, sebagian kecil ada yang berfokus pada penjualan sambal atau bumbu rujaknya. Tetapi, penjualan rujak buah memang banyak dengan variasinya. Kalau anda atau warung Bu Kaji ingin meng-online-kan penjualan rujak buah bersama pecel, tentu sah-sah saja bahkan dianjurkan bila memang sebelumnya atau berencana menjual semua kulinernya secara online.

Hanya saja, kalau penjualan secara online, sambal rujaknya harus dibungkus saja.