Usaha Ayam Geprek Sambal Pecel Resto Bu Kaji


Usaha ayam geprek seolah menyingkir usaha ayam pecel atau ayam penyet. Bukan berarti, usaha ayam geprek mematikan usaha aneka olahan ayam lainnya. Hanya saja, menurut penilaianku, ayam geprek menjanjikan usahanya laris manis. Hal ini sesuai bukti dari penjualan ayam geprek di area sekitar. Ada perbandingan penjualan yang berbeda, antara ayam geprek dengan ayam olahan lainnya. Jumlah pembelinya jauh lebih banyak kios yang menjual ayam geprek daripada ayam goreng biasa ala KFC. Ya, ketika penulis menikmati ayam geprek, enak juga, tidak ada rasa bosen. Berbeda ketika penulis menikmati ayam goreng ala KFC, lidah penulis cepet merasakan bosen. Titik letaknya memang dibumbu sambalnya. Padahal, olahan ayam geprek memang olahan ayam tepung, sebagai pembeda dengana ayam penyet.

Sumber: https://id.wikipedia.org

Masalahnya, bagaimana bila usaha ayam geprek menggunakan sambal pecel yang akan dilakukan Resto Bu Kaji? Setelah di lakukan pencarian mengenai ‘ayam geprek sambal pecel’, ternyata belum ada yang mencoba dengan sambal pecel (sesuai tradisi sambal pecel yang ada di jawa). Rata-rata memang menggunakan sambal mentah atau yang memang selain sambal pecel yang sering dipakai warung Bu Kaji. Ini menjadi tantangan ayam geprek yang akan ada di Resto Bu Kaji.

Pembahasan ini ditunjukkan untuk mereka yang ingin membangun usaha ayam geprek namun menggunakan sambal pecel. Bagaimana caranya?

Melakukan Uji Coba Menu Makanan Ayam Geprek Sambal Pecel

Produk baru atau produk kreasi baru yang sebelumnya belum ada sampel memang harus diuji terlebih dahulu dalam hal ini produk ayam geprek sambal pecel. Penggunaan sambal pecel memang bereda dengan sambal ayam geprek yang sudah ada dipasaran yang memang sudah memiliki banyak peminat. Apalagi, pembuatan sambalnya sendiri masih membutuhkan uji coba, apakah enak atau tidak sambalnya menurut lidah kebanyakan orang. Terkhusus usaha ayam geprek Resto Bu Kaji, memang sudah memiliki sambal pecel yang sudah dipecaya enaknya. Selebihnya, pengelola melakukan uji coba pemanfaatan sambal untuk ayam geprek, apakah memililiki keserasian rasa atau tidak; apakah bertambah enak atau justru berkurang.

Menciptakan Sambal Pecel Sendiri

Dalam hal sambal pecel, Resto Bu Kaji memang sudah memfasilitasi sambalnya hasil olahan sendiri. Apalagi, sambal pecel Bu Kaji yang disebut sambal semarang, sudah dikenal enaknya. Pelanggan pecelnya sendiri selalu datang dengan perwakilan driver. Ini membuktikan kualitas olahan sambal pecel Bu Kaji tidak main-main. Bila digunakan untuk kebutuhan taburan di ayam geprek, tentunya tidak diragukan lagi kualitas rasanya yang memadukan olahan ayam goreng. Jadi, untuk langkah menciptakan sambal demi kesuksesan usaha ayam geprek, Resto Bu Kaji sudah memenuhinya.

Bagaimana dengan stok sambal anda untuk kebutuhan saha ayam geprek sambal pecel? Tentunya, hal yang terbaik memang mengandalkan sambal olahan sendiri. Di samping nantinya punya ciri khas, permodalan sambal pecel jauh lebih sedikit daripada membeli sambal pecel sendiri.

Terkecuali, anda sedari awal memang ingin membuka resto aneka olahan ayam seperti Resto Bu Kaji, anda bisa memilih sebagian sambal dari pengusaha sambal lain. Misal, anda menginginkan sambal pecel dari perusahaan lain. Nah, bila anda berada di area semarang, bisa mengandalkan sambal pecel dari Bu Kaji.

Bumbu Ayam Goreng Harus Bisa Bersaing Dengan Ayam Goreng Biasa

Setelah penulis telusuri bagaimana olahan ayam geprek, ternyata sebagian besar menggunakan bumbu tepung sebagai lapisan luarnya. Hal ini memang serasi dengan sambal yang sebagai taburanya. Ini juga sebagai pembeda dengan olahan ayam pecel dan juga penyet. Ayam geprek tentunya akan bersaing bumbu tepung dengan ayam goreng tepung ala KFC. Walaupun nilai plus ayam geprek terletak pada olahan sambal, tetap saja, pengolahan ayam geprek harus menggunakan bumbu tepung yang berkualitas terbaik agar bisa bersaing dengan ayam goreng ala KFC yang menggunakan bumbu kualitas terbaik.


Menggunakan Strategi Penjualan Ayam Geprek

Pembahasan di sini lebih kepada bagaimana menggunakan strategi dalam penjualan ayam geprek. Strategi  ini bisa digunakan di semua penjualan aneka ayam, mengingat olahan ayam tergolong olahan yang spesial, sama seperti olahan daging.

1. Melayani Pemesanan Katering Ayam Geprek

Karena ayam olahan yang spesial, seharusnya penjualan aneka ayam goreng atau aneka ayam memanfaatkan pemesanan katering. Hal ini untuk menambah penjualan di kelas menengah-besar. Memang, membuka usaha ayam katering membutuhkan kematangan sistem melayani pemesanan. Tetapi, paling tidak, anda sudah menjadikan daftar “katering” sebagai bagian dari strategi penjualan.

2. Menyediakan Kemasan Yang Bisai Dibawa Jauh

Sekarang ini, sedang musmin pengemasan produk yang bisa dibawa jauh. Pembeli pun merasa diuntungkan dengan pengemasan yang rapih dan aman. Dahulu, penjualan ayam goreng Cuma mengandalkan bungkus kertas kresek semacam plastik kresek. Sekarang, banyak box kertas yang jauh lebih mengamankan produk yakni ayam geprek, ayam goreng. Apalagi, kemasan untuk katering, harus lebih serius lagi karena bagian dari harga diri si pembeli katering.

Jangan  lupa, kemasan harus diberi brand dan akun media sosialnya. Dengan ada brand, bisa membedakan ayam geprek dengan yang lain. Dengan adanya akun sosial media, bisa sebagai update info soal ayam geprek

3. Bertempat Pada Kios Penjualan Aneka Ayam Goreng

Begini, penjualan mengandalkan kios penjualan aneka ayam goreng berdasarkan kasus resto bu kaji yang mengandalkan warung pecel bu kaji. Tetapi, anda tidak perlu meniru persis seperti resto bu kaji. Maksud bertempat pada kios penjualan aneka ayam goreng adalah tempatnya benar-benar Cuma menjual aneka ayam goreng.

Namun, strategi yang harus dilakukan adalah, olahan ayam yang masih berhubungan dengan ayam geprek. Ayam geprek pada dasarnya adalah ayam goreng tepung. Jadi, aneka ayamnya lebih ke aneka ayam goreng tepung varian rasa. Ayam geprek juga berhubungan dengan ayam original. Nah, anda bisa menjual ayam goreng original dengan bumbu khas usaha anda.

4. Mengandalkan Jasa Pengiriman Sendiri dan Jasa Driver Online

Nah, penjualan sekarang banyak yang menggunakan jasa driver online. Namun, apakah anda mengharuskan memakai jasa driver online? Bila memang tidak perlu mengandalkan ini, anda bisa mengandalkan jasa pengiriman sendiri dengan jarak tempuh tempuh yang terjangkau. Menggunakan jasa driver online memiliki kerumitan sendiri yakni bagi mereka yang sudah berlangganan via aplikasi driver online. Jelas, bagi masyarakat kampung, penggunaan aplikasi driver online tidak dibutuhkan. Apalagi, ketika penjual melawaran jasa pengiriman gratis, jelas lebih memilih yang gratis-gratis.

Tetapi, pengecualian dalam penggunaan jasa pengiriman sendiri. Bila berada di luar wilayah dimana anda tinggal, tidak cocok menggunakan jasa pengiriman sendiri. Misal. Anda membuka usaha di dekat mal, misal. Ketika mengandalkan jasa pengiriman sendiri, jelas membingungkan pengiriman karena lokasinya menyulitkan pencarian. Jadi, anda bisa memakai jasa driver online sebagai langkah tepat pengiriman. Memariknya, orang perkotaan yang macet kendaraan biasanya lebih menyukai menggunakan driver online daripada menghampiri sendiri. Di perkotaan, di tempat pusat penjualan, banyak juga yang memakai aplikasi driver online.