Tips Usaha Katering Makanan Siap Sukseskan Resto Bu Kaji


Bagaimana cara menjalankan usaha catering makanan? Disini, saya ingin menjelaskan tips usaha catering makanan yang study kasusunya mengandalkan resto bu kaji. Bukan study kasus sih tetapi lebih kepada membangun tips usaha catering untuk kepentingan resto bu kaji. Kebetulan resto bu kaji baru launcing sekitar bulan juli 2020.

Sumber: bisnisukm.com

Jadi saya ingin membangun tips untuk kepentingan kesuksesan resto bu kaji walaupun tips ini bisa digunakan untuk resto yang sama produknya dengan resto bu kaji. Kebetulan, resto yang dibangun bu kaji adalah resto aneka olahan ayam.

Berikut langkah-langkah atau tips usaha catering makanan siap sukseskan resto bu kaji.

Menu Olahan Ayam Yang Sudah Familiar Dinikmati Masyarakat Sekitar

Resto Bu Kaji memang sudah menghadirkan menu-menu olahan ayam yang memang sudah laku atau diakui dipasaran seperti olahan ayam geprek, ayam penyet dan lainnya. Tentunya, cirri khas resto bu kaji dihadirkan untuk menyiasati persaingan rasa. Anda bisa meniru langkah yang ditempuh pengelola sambal bu kaji atas resto bu kaji.

Mengapa perlu menu olahan ayam yang memang sudah familiar atau sudah dinikmati masyarakat sekitar secara luas? Karena, mereka sudah tidak berpikir bagaimana rasanya. Yang mereka pikirkan, rasa apa yang unik dalam ayam geprek resto bu kaji? 

Seandainya resto bu kaji menghadirkan menu olahan ala resep sendiri, mereka masih ragu soal rasa. Akibatnya, biaya promosi soal ayam resep baru bisa membengkak akibat untuk mengenalkan resep khas resto bu kaji.

Anda atau resto bu kaji boleh menghadirkan resep terbaru bila memang siap membangun brand atas produk. Atau, ketika usaha aneka olahan ayam sudah berkembang maju, bisa menambah olahan ayam baru khas resep milik sendiri.

Membuka Warung Makan Lebih Dipercaya Mendapatkan Pemesanan Katering Makanan

Mengapa pengelola sambal bu kaji berani membuka bisnis katering makanan dengan aneka olahan ayam di resto bu kaji? Karena memang sebelumnya sudah memiliki tempat penjualan. Kebetulan, tempat penjualanya tidak besar, sedang saja. 

Tetapi, asalkan pengelola warung bu kaji memiliki tempat penjualan, sudah cukup untuk melangkah dalam bisnis katering makanan. Kebetulan, warung itu sudah di daftarkan di penjualan online mengggunakan aplikasi ojol. 

Hasilnya, warung selalu ramai. Bila anda mau sukses seperti pengelola resto bu kaji yang membuka bisnis katering makanan, anda bisa menyediakan tempat.

Ketika orang yang mau memesang katering minimal 10 nasi kotak, mereka tidak merasa ragu hanya persaoalan tidak ada warung atau tempat penjualan makanan hariannya. Memang, penulis sendiri merasa ragu memesan makanan pada orang yang tidak memiliki tempat penjualan.

Membangun Ciri Khas Katering Makanan

Tetap saja, sekalipun anda menjual ayam geprek, harus menghadirkan resep geprek khas anda. Tetapi, jangan lupa, jangan terlalu jauh perbedaaannya. Misal ayam gepreknya menggunakan sambal menteh dengan cabai tertentu. Atau, olekan sambal gepreknya dengan ciri khas tertentu. 

Mungkin saja, bisa menghadirkan resep bumbu tepung goreng yang lebih mengunggulkan cita-rasa tertentu. Pada intinya.a tetap menghahadirkan ciri khas dalam katering makanan. Hal ini juga dilakukan resto bu kaji dengan menghadirkan ayam geprek sambal pecel. Tentunya, ada bumbu lain sepertinya.

Terpenting lagi dari ciri khas katering makanan adalah kemasan. Kemasannya seperti apa? Jangan sampai orang memandang katering makanan anda menjadi tidak minat duluan. Atau, jangan sampai memandang katering makanan anda malah tidak bisa menebak, itu katering siapa. 

Boleh saja, anda menggunakan katering dengan gambar polos dalam kemasan. Tetapi, harus ada logo yang dicetak sebagai ciri khas katering.

Membuat Nama Brand Kuliner dan Mengamankannya.

Bu kaji dalam membuka warung pece, tentunya memakai brand. Brand dengan nama ‘sambal bu kaji’ sendiri sudah terdaftar di lembaga yang mengurusi hak cipta merek. Tentunya, ini memiliki keuntungan tersendiri. 

Ketika memiliki merek dan merek sudah terdaftar, kesuksesan warung dan sambal bu kaji tidak diganggi para pengusaha yang memakai nama sambal bu kaji, warung bu kaji.

Untu itu, anda bisa mengambil intisari dari kesuksesan pengelola warung bu kaji untuk brand usaha katering anda.

Jangan sampai bila anda yang bertanya, “ini katering siapa?” mereka tidak bisa menjawab. Kebetulan, yang makan adalah para hadirin. Tentu dong, hal ini seperti kehilangan rejeki anda sendiri. 

Barangkali, mereka yang bertanya mau mengorder besar untuk hajatannya. Jadi, penting sekali memberikan brand sekalipun belum terdaftar di lembaga terkait.

Terdaftar Ke MUI Sebagai Pengakuat Makanan Halal

Banyak pesaing yang berusaha mengalahkan usaha katering makanan anda, bagaimana cara yang bisa anda lakukan? Tentunya, hal ini bergantung dari target masalah persaingannya. 

Bila memang cara yang pesaing lakukan untuk mengalahkan usaha katering makanan anda adalah rumor makanan tidak halal, apa yang harus dilakukan? 

Tentunya, anda akan mengamankan makanan halal anda dengan label resmi dari MUI. Anda akan mendaftarkan usahanya ke lembaga halal MUI agar pesaing tidak bisa memakai cara isu makanan tidak halal.

Jadi, anda tidak bisa mengklaim makanan halal dengan cukup mencantumkan logo halal sekalipun makanan anda halal. Secara hukum, kehalalan usaha katering makanan anda belum resmi dan kuat. 

Jadi, anda harus mendaftar diri ke MUI, usaha anda bisa dicantumkan logo halal bahkan mengatasnamakan label MUI.

Bekerjasama Dengan Beberapa Suplier Bahan Pemuat Katering

Anda tidak bisa berjalan sendiri bila tidak bekerjasama dengan suplier yang memenuhi bahan-bahan pembuat katering makanan. Sebagai contoh, anda membutuhkan cabai. Maka, stok cabai akan didapatkan di suplier yang memang sudah nyaman bekerjasama. 

Bila memang anda tidak bisa bekerjasama, kemungkinan anda tidak mendapatkan harga spesial. Biasanya, pelanggan besar akan diberikan harga khusus sehingga bekerasama pada para suplier kebutuhan bahan memang dibutuhkan.

Bekerjasama Dengan Suplier Kemasan Print Logo


Kali ini, anda membutuhkan masalah kemasan. Yang ditekankan bukanmasalah kerjasama dengan suplier kemasannya. Tetapi, yang ditekankan adalah kebutuhan akan kemasan yang melayani print logo sebuah usaha ketering atau logo apapun. 

Nah, biasanya, ada suplier yang memang menyediakan kemasan yang disertai print logo.

Tujuan membutuhkan kemasan yang melayani print logo adalah agar anda tidak memiliki dua pekerjaan. Pekerjaan pertama mengenai pengemasan. Kerjaan kedua mengenai pemasangan logo pada kemasan. 

Tentunya, pemasangan ini juga membutuhkan tenaga lain yakni dari pekerja anda. Daripada ribet, lebih baik anda mengandalkan jasa kemasan yang melayani print logo.