Cara Membuat Blog Resep Masakan Untuk Usaha Kecil


Bagaimana cara membuat blog resep masakan untuk usaha kecil? Kali anda ingin menjual bumbu masakan seperti sambal pecel ala Sambal Bu Kaji. Atau, anda menginginkan membuat murni blog seputar resep masakan, alias makanan seluruhnya. Tentunya, membuat blog resep masakan pada intinya terus menghadirkan aneka masakan setiap harinya sebagai konten.


Mengapa cara membuat blog untuk resep masakan harus disertai dengan kegiatan menghadrikan anek amasakan setiap hari untuk dijadikan konten? Simpel jawabanya: kalau sekedar resep, copas saja di internet. Sehingga, membuat blog resep masakan tidak bisa sembarangan. Sekalipun blog resep terlihat spele, tetapi, pembuatanya hanya ahli masak yang bisa. Ahli tulis tidak bisa membuat.

Waktu itu, penulis melayani membuat blog tentang resep masakan jawa untuk pengelola Sambal Bu Kaji (termasuk blog ini). Penulis berpikir, “kalau sekedar menulis resep, copas saja.” Saya memiliki pikiran copas karena blog resep tidak memiliki perbedaan dengan yang lain kalau sama-sama membahas salah satu resep masakan, misal resep rendang. Sehingga, penulis mengakalinya dengan membuat narasi soal resep masakan terlebih dahulu, baru menulis resep.

Nah, ketika kita memiliki keahlian memasak, maka pembuatan kontennya bisa dengan mudah berbeda dengan resel yang lain, yang ada di internet. Si ahli masak bisa share harga, bahan-bahan, pengalaman belanja, pengalaman memasak dan sebagainya. Ketika Cuma mahir menulis, tidak akan bisa menyentuh area narasi menulis resep masakan. Lagi pula, ketika memiliki keahlian, kita bisa membuat konten disertai demo memasaknya.

Mmbuat Blog Resep Masakan Harus Sesuai Aturan Seperti Pada Umumnya Blog

Bagaimana maksud membuat blog resep masakan harus sesuai dengan aturan seperti pada umumnya membuat blog? Hal ini berurusan dengan membuat blog sesuai standar SEO. Mengapa harus standar SEO? Karena anda memiliki tujuan mendapatkan pengunjung gratis dari google.

Memang, kunjungan alias pengunjung bisa diperoleh dari berbagai cara. Anda bisa beriklan di Google atau Facebook sehingga menghasilkan kunjungan. Langkah ini memang cepat menghasilkan kunjungan, sekalipun tidak bisa bertahan lama. Tetapi, bila mau gratis dan terus-menerus, blog harus dimaksimalkan dalam kondisi terbaik dalam hal SEO.

Minimal Satu Masakan Setiap Hari Hasil Kreasi Resep Masakan Sendiri

Membuat blog resep masakan atau makanan, memang mengharuskan anda rajin memasak. Ya, kalau tidak rajin, anda pun tidak bisa menghadirkan konten tulisan resep masakan di blog. Apakah anda mau mencopas resep? Mencopas resep justru merusak nama baik anda. Memang, bisa dengan tetap mencantumkan sumber. Tetapi, anda menghadirkan konten resep dari sumber lain harus dicoba terlebih dahulu, bagaimana kondisi rasanya.

Intinya, minimal anda bisa menghadirkan 1 resep masakan yang sudah diuji-coba terlebih dahulu.

Tetap Blog Mengandalkan Referensi Resep Masakan Dalam Membuat Konten Resep Masakan

Keahlian seseorang pemasak juga memiliki keterbatasan. Makanya, mereka yang ahli kuliner biasanya banyak membaca, mendengarkan resep masakan atau makanan milik orang lain. Dari sini, anda bisa menghadirkan variasi resep terbaru hasil kegiatan membaca dan lainnya. Ketika mengandalkan asli dari orang lain, tentu harus menggunakan sumber.

Jadi pada intinya, dengan mengandalkan referensi dari orang lain, blog resep masakan anda tetap berjalan dalam pengembangan konten.

Pengunjung itu suka keunikan, sesuatu yang baru. Bila anda benar-benar meniru, sekalipun sah-sah saja asalkan memberikan sumbernya, pengunjung anda akan mengurangi rasa minatnya mengunjungi blog anda. Jadi, pastikan bahwa anda menghadirkan keunikan.

Membuat Vidio Demontrasi Memasak

Membuat vidio demostrasi sebagai bagian dari konten blog resep masakan dianggap kekuatan dari blog itu sendiri. Jadi, anda bisa mengandalkan youtube dalam mempublikasi vidio demontrasi memasak resep.

Memang, tulisan memang ciri khas blog. Tetapi, untuk masalah hal teknis memasak, paling enak dividiokan. Menulis resep masakan di blog sekedar memfasilitasi mereka yang stok kuota datanyaa terbatas atau mereka yang ingin gerak cepat dalam memanfaatkan resep.

Nah, manfaat membuat vidio demostrasi memasak adalah agar bisa menempuh jalur sukses lain dalam youtube.

Membuat Variasi Resep Masakan, Makanan dan Minuman

Ada baiknya, cara membuat blog resep masakan tidak melulu pada fokus resep masakan. Anda bisa mengambil banyak resep makanan. Kalau resep masakan biasanya berhubungan dengan makanan konsumsi harian bersama makanan pokok seperti nasi, dan lainnya. Jadi, anda berfokus juga pada makanan sehingga bisa menarget resep membuat apapun makananya. Tentunya, tidak lengkap sebuah resep masakan bila tidak menghadirkan resep membuat minuman.

Gunakan Template Yang Tepat Untuk Blog Resep Masakan

Sebenarnya, masalah template blog tidak menjadi persoalan. Hanya saja, bila memang ada template yang cocok untuk blog resep masakan, anda bisa memakai template yang cocok ini. Mengapa? Konten tulisan resep juga butuh didukung dengan template yang menyesuaikan tema.

Namun, yang penting dari sebuah template blog resep masakan adalah bisa untuk pengunjung yang mengandalkan ponsel dalam melihat tulisan. Artinya, template blog resep masakan menggunakan template responsive.

Variasikan Konten Dengan Tips dan Berita Selain Persoalan Resep

Banyak penjelasan sebenarnya bila membahas resep. Dari bahan-bahan resep seperti sayuran dan buah-buahan juga sudah bisa menjadi bahan tulisan di blog resep masakan. Bila ingin membahas persoalan bisnis kuliner, ini pun bisa menghasilkan banyak pembahasan. Alasannya, blog anda bisa menghasilkan pelanggan atau pembaca setia. Ini perlu diperhatikan agar setiap waktu menghasilkan banyak pengunjung.

Jadi, sati blog bisa untuk menjadikan pembaca memiliki keahlian yang bisa dibilang lumayan untuk kebutuhan kehidupannya, baik persoalan resep atau pemanfaatan masakan untuk kebutuhan bisnsinya.
   

Manfaatkan Blog Resep Masakan Untuk Kebutuhan Bisnis Adsense

Barangkali blog anda sudah berhasil mendapatkan 1000 pengunjung per hari atau 30.000 pengunjung per bulan. Daripada blog anda cuma menghasilkan penjualan produk, lebih baik memanfaatkan blog untuk bisnis adsense. Hal ini karena bisnis adsense tidak membutuhkan upaya apapun, kecuali memasang iklan saja.

Manfaatkan Blog Resep Masakan Untuk Online Shop

Mungkina anda bisa menjual perabotan rumah tangga secara online. Atau, anda bisa menjual bumbu resep. Intinya, blog resep masakan pada dasarnya bisa untuk kebutuhan mengenalkan toko online anda. Tentunya, toko online harus masih berkaitan dengan blog resep masakan.

Manfaatkan Blog Untuk Menjual Sambal Pecel Bu Kaji

Nah, ini sebuah kasus dari pengelola sambal bu kaji. Yakni, pengelola sambal bu kaji memang sengaja membuat blog resep masakan untuk kepentingan menjual sambal. Sekalipun blog yang dibangun mengandalkan penulis yang bukan ahli membuat masakan, tetapi, ini sebagai tanda bahwa blog resep masakan pengelola sambal bu kaji dimanfaatkan untuk menjual sambal pecel.

Pengelola sambal bu kaji memiliki 3 blog yang bisa membantu penjualan sambalnya, sekaligus warung pecelnya. Penulis sendiri yang mengurusi 2 blognya. Tetapi, yang masih berjalan di urus adalah blog ini.